Mohon Bantuan untuk Refund Tiket Pesawat Citilink yang Dipesan melalui Traveloka

Saya Lilis Riana Tambunan. Pada tanggal 26 Januari 2022, saya beli tiket pesawat Citilink untuk langganan saya, atas nama Betty Sianipar. Kode booking: ZB5T3C, dengan ID pesanan: 767087056 di Traveloka, rute Kualanamu- Denpasar untuk tanggal 7 Maret 2022, keberangkatan pukul 07.00 WIB dan tiba pukul 12.35 WITA, dengan harga Rp1.199.300.

Pembayaran dengan menggunakan voucher Rp1.000.000 dan sisanya Rp199.300 saya bayar dengan kartu kredit BRI Traveloka. Dimana metode pembayaran yang saya lakukan adalah dengan menggunakan voucher diskon tiket pesawat yang saya beli dari program paket diskon Smart Fares. Dengan membeli 4 lembar voucher diskon @ Rp1.000.000= Rp4.000.000 dan diskon 10%, sehingga yang saya bayar Rp3.600.000.

Pada tanggal 28 Februari 2022, saya melakukan refund tiket dari aplikasi Traveloka atas permintaan dari Betty Sianipar, karena takut pergi ke Bali akibat kasus omicron yang cukup tinggi. Di samping itu, saya juga melakukan refund tiket pesawat untuk beberapa kode booking yang saya beli langsung dari aplikasi web Citilink, dengan rute perjalanan dan waktu yang sama.

Sesuai dengan peraturan Citilink, saya akan mendapatkan refund sebesar 75% karena melakukan refund sebelum H-3. Untuk refund yang tiketnya saya beli langsung melalui aplikasi web Citilink saya sudah menerima voucher refund dari maskapai, yang sudah dikirim ke email saya. Yang menjadi masalah adalah refund atas tiket yang saya beli dari Traveloka.

Setelah membaca di inbox aplikasi Traveloka, proses refund saya tidak disetujui oleh pihak Traveloka, dengan alasan saya menggunakan gift voucher Rp1.000.000. Saya sudah menginfokan melalui telepon langsung maupun chat di aplikasi Traveloka, bahwa saya bukan menggunakan gift voucher, tapi menggunakan voucher yang saya beli di Traveloka.

Saya menjelaskan pengertian gift voucher adalah hadiah kupon yang artinya gratisan. Seperti kode promo dari Traveloka ataupun dari bank. Saya jelaskan lagi, saya membeli, bukan menerima gratisan. Setelah saya perhatikan dan amati. Pada saat melihat program kupon tiket pesawat, yang tertulis adalah kupon tiket pesawat dan sama halnya dengan melihat di bagian kupon yang tertera juga kupon diskon pesawat Rp1.000.000. Namun di receipt berubah nama menjadi gift voucher. Saya tidak mengerti maksud dan tujuan dari Traveloka mengubah kata-kata kupon tiket pesawat menjadi gift voucher di receipt.

Selang beberapa saat tanggal 3 Maret 2022 saya menerima email yang dikirim saudara Ivan (intelelligent virtual assistant Traveloka) dalam case 23882586, bahwa metode refund bisa dalam bentuk travel credit atau travel voucher. Namun pada hari yang sama saya juga menerima email dari Global Travel Consultant, bahwa saya menggunakan gift voucher. Jadi sesuai dengan peraturan Traveloka, saya tidak akan menerima pengembalian refund 75% dari maskapai. Sudah saya jelaskan berkali-kali kalau saya bukan menerima gift voucher, tapi voucher yang saya beli.

Jawaban sama terus dari Traveloka support dengan yang saya chat di aplikasi Traveloka. Saya selanjutnya memutuskan untuk pergi ke kantor Traveloka untuk menanyakan langsung ke bagian refund. Sebelum saya pergi, saya chat dulu Traveloka support, menanyakan lokasi kantor Traveloka di mana dan dijawab kalau kantor Traveloka di Grand Slipi Jakarta Barat (terlampir chat yang mengatakan lokasi kantor di Grand Slipi).

Tanggal 7 Maret 2022 saya naik Gojek ke Grand Slipi dan setelah sampai di sana ternyata kantor Traveloka sudah pindah ke BSD. Betapa saya kecewa atas kebohongan dari pihak Global Travel Consultant. Habis waktu, tenaga dan uang dengan sia-sia.

Saya chat lagi Traveloka dan menanyakan status refund. Pihak Traveloka support memberikan informasi jumlah yang dikembalikan oleh pihak maskapai Citilink sebesar Rp921.263, dikurangi administrasi dari Traveloka Rp30.000 = Rp. 891.263, jumlah yang seharusnya saya terima tetapi tidak dikembalikan oleh pihak Traveloka dengan alasan saya menggunakan gift voucher.

Chat yang terakhir dengan Traveloka support, dana refund bisa dikembalikan bila pembatalan tiket atau reschedule dilakukan oleh maskapai, tetapi apabila diajukan dengan alasan pribadi tidak dikembalikan. Seperti yang saya ketahui dari peraturan maskapai, bahwa pembatalan atau reschedule yang dilakukan maskapai akan dikembalikan 100%. Pertanyaan saya, apa bedanya dengan refund yang saya ajukan sebelum H-3 keberangkatan? Tetap dikembalikan dana oleh pihak maskapai sebesar 75%.

Saya sangat kecewa atas jawaban yang diberikan oleh Traveloka support. Uang saya sebesar Rp891.263 menjadi milik Traveloka. Saya sudah menjalankan kewajiban saya membayar tiket dan hak saya untuk mendapatkan pengembalian dana yang diberikan oleh maskapai Citilink. Traveloka menikmati keuntungan dari yang bukan haknya. Mohon penjelasan dari pihak Traveloka. Karena saya merasa dirugikan oleh pihak Traveloka. Kewajiban saya juga untuk mengembalikan dana refund ke Betty Sianipar sebesar Rp891.263. Terima kasih.

Lilis Riana Tambunan
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:2    Rata-Rata: 3.5/5]
Surat Tanggapan Traveloka untuk Ibu Lilis Tambunan

Kepada Yth., Ibu Lilis Tambunan, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Ibu Lilis tujukan kepada...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Mohon Bantuan untuk Refund Tiket Pesawat Citilink yang Dipesan melalui Traveloka

    • 11 Maret 2022 - (22:33 WIB)
      Permalink

      Trimakasih saya ucapkan kepada mediakonsumen.com yang sudah memuat keluhan saya. Tadi sekitar pukul 19.00 pihak traveloka sudah menelpon saya dan sudah menyelesaikannya. Dan mengembalikan ke saya dana refund tiket pesawat citilink dalam bentuk evoucher sebanyak 3 nomor dengan total Rp. 900.000 melalui email saya.Trimakasih saya ucapkan kepada Traveloka yang sudah menanggapi keluhan saya dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

  • 11 Maret 2022 - (21:01 WIB)
    Permalink

    Tapi kalo sering begitu kan kita sebagai pembeli tiket rugi ,voucer kita beli mahal ketika,di refound voucer yang dibeli ga bisa kembali,semoga ada kebijakan dari pihak Traveloka

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Mohon Bantuan untuk Refund Tiket Pesawat Citilink yang Dipesan melalui…

oleh Lilis Tambunan dibaca dalam: 3 menit
3