Surat Pembaca

Pembelian Handphone Baru di Tokopedia, Isinya Dus Kosong

Pada tanggal 24 Februari 2022, saya membeli handphone Vivo y15s 3GB/64GB di Tokopedia dari salah satu toko bernama Alfastore, seharga Rp 1.769.000. Estimasi tiba paket tanggal 26-27 Februari 2022, menggunakan pengiriman kurir Anteraja, nomor resi: 10003745258363. Saya merasa tenang karena sudah beberapa kali berbelanja di toko tersebut.

Pada hari Minggu tanggal 27 Februari 2022, paket saya terima. Kondisi paket baik, paking rapi. Lalu saya unboxing paket tersebut, dan betapa terkejutnya saya karena paket tersebut hanya berisi dus handphone kosong.

Saya mencoba menghubungi toko itu dan mengirimkan video unboxing yang saya rekam. Kemudian menghubungi Tokopedia Care untuk mencari solusi masalah yang saya hadapi. Butuh beberapa waktu untuk Tokopedia merespons komplain saya.

Penjual mengklaim telah mengirim paket sesuai pesanan saya, tetapi kenyataannya barang yang saya terima bermasalah, yaitu sebuah dus handphone kosong. Karena saya masih belum berpengalaman, video yang saya rekam kurang terlihat jelas. Namun video tersebut benar-benar asli tanpa editan atau tidak terputus-putus. Lebih jelasnya bisa dilihat di link YouTube saya:

Saya berusaha menunggu solusi, tetapi sampai hari ini tanggal 09 Maret 2022, masih proses investigasi oleh Tokopedia dan Anteraja. Butuh berapa lama saya harus menunggu? Hal ini jelas merugikan saya. Saya memohon pihak Tokopedia segera menemukan sumber masalah ini, mengirimkan barang sesuai pesanan saya.

Teguh Rahayu Prabowo
Semarang, Jawa Tengah


Update (14 Maret 2022):  Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa pihak Tokopedia telah mengembalikan dana transaksi pembelian:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Teguh Rahayu Prabowo

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Teguh Rahayu Prabowo yang berjudul: “Pembelian Handphone Baru di Tokopedia, Isinya Dus Kosong” di...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kok belum ada yg ngebuzz : uninstall tokopedia, kapok belanja di tokopedia, tokopedia banyak penipunya, dll. Coba kl kasus ini di shopee, pasti rame :D

    • kenapa kapok belanja di Toped?
      saya malah selalu di Toped dan Blibli aja kalo belanja online.
      beli HP, laptop, blender, case hp, dll.. so far aman² aja sampai sekarang.
      belum pernah belanja di shopee, walaupun pny akun disana.

    • Menurut saya ini bukan masalah Tokopedia shopee dll sih. Ini lebih ke penjual atau kurir aja. Saya sering kok beli elektronik di toko ijo dari laptop, hp (3x) bahkan mesin cuci aman aman aja kok, ga ada masalah....

    • Saya bbrp kali beli hp dan set komputer baru di tokped. Pernah realme c11 1jtan, redmi 9 2x seharga 1jtan, redmi note 10s 2jtan, xiaomi 11T 5jtan, 6 set nuc pahi3 36jtan, 5 set asrock x300 25jtan, 1 set dell pc 12jtan, dll, alhamdulillah aman. Adapun transaksi yg bermasalah itupun bisa selesai dan uang saya kmbali, melalui proses bbrp hari tentunya tapi ada yg cepat juga, tergantung kasusnya. Selama ikut aturan, semua bisa sama2 enak kok.

  • Berarti toko belum terpercaya 100%.
    Saran aja klw bisa saat video unboxing harus disaksikan kurir saat itu jga sblm plng. Biar lbih meyakinkan videonya

    • bukan masalah toped/shopee nya sih mereka kan cuma platform penyedia layanan aja . ini mah masalahnya di toko atau kurir nya . gw sering belanja di toped dan shopee . aman aman aja walau kadang barang gak sesuai ekspektasi ya namanya jg beli online harus pinter milih. liat rating, komen dan star seller sih . tp at least di shopee ada opsi guaranteed 100%

  • maaf, apa saya salah liat ya itu video di youtube nya?
    khan kata nya beli '"'VIVO"'"
    LAH KOK DUS NYA "OddO"'' sih ??
    anda beli baru apa second ?

  • dari awal terima paket tdk merasa curiga berat paket yg enteng? dus+hp pasti akan berasa banget bedanya dgn dus saja, apalagi katanya penulis sudah sering beli hp online

    • @Ka Tama
      Iyaa packing rapi ka,tapi sedikit was was
      Kurir habis nganter paket langsung pergi ka
      Karena itu saya vidio unboxing,
      Emang sedikit lebih ringan ka
      Tapi saya lanjut unboxing biar lebih jelas
      Kalau saya menolak menerima paket itu dalam keadaan baik,apa bisa di kembalikan langsung ka?
      Saya bayar pakai saldo bukan cod ka

      • Kurir anter paket langsung pergi kenapa om ? Salah ?? Kecuali cod yah ditunggui , kalo masalah nipu paket yang lu anter ya tanggung jawab kurir kalo ada case atau apa , dari gudang bentuk kek gitu pas di foto bentuk begitu , jangan prasangka buruk , gue kalo kasih paket dari emas sampai surat penting kelar anter foto langung jalan , dikasih tips alhamdulillah

  • Gimana perkembangan kasusnya? Saya turut prihatin. Sejauh ini saya tidak pernah mengalami hal tersebut di Tokopedia. Saya pernah beli laptop Lenovo, hp Samsung, hp Xiaomi beberapa kali dan ga pernah ada kejadian seperti itu. Kalau menurut saya mungkin ini kesalahan ada di penjual atau kurir. Oh ya apakah pengiriman digaransikan atau tidak ya?

    Saya pernah sih dulu beli air purifier, toko ngasih garansi 10 hari uang kembali dan ada masalah dibarangnya ternyata. Saya kembalikan berangnya dan Uang pun balik lagi ke saldo Tokopedia saya.

  • Dulu saya pernah beli HP BB, kena tipu 1.5 jt tahun 2012, uang 1.5 jt lumayan lo waktu. Yang dikirim sampah malahan.
    Terus beli lagi via marketplace HP baru, puji syukur dapat hp baru yang sesuai plus dapat diskon juga. Tapi melihat banyaknya kasus penipuan kayaknya agak takut beli online kalau barang mahal sekarang .
    Jujur pas beli yang kena tipu itu kita pegang paketnya enteng itu sudah curiga, tapi namanya penasaran ya tetep kita buka. Semoga segera selesai masalahnya ya kak.

    • Saya juga mengalami hal yg sama. Barang yg saya beli tidak seberapa. Sama menggunakan ekspedisi anteraja krn mmg promo ongkir dr tokopedia yaitu gratis ongkir extra.
      Saya pesan 3 barnag tp yg datang cuman 1. Sy komplain dong. Dan ksh video unboxing. Setelah itu penjual jg ksh bukti cctv. Ini pengemasannya dr toko cabang loh. Tp divideo itu dikemas pakai dos dan plester fragile saja. Tapi paket yg saya terima itu terbungkus lg plastik dr anteraja. Dan setelah liat video cctv dr penjual sy liat maka sy periksa video unboxing sy ternyata itu paket saya ad plester bening lg. Padahal dr penjual tidak ada plester bening. Dan dus sudah berlubang. Tokopedia care nyuruh nunggu 7x24 jam. Yg kardusnya sdh benar tp entah bagaimana barang yg sy terima itu ada plester bening tambahan dan ada lubang di kardus dan dibungkus lg plastik oleh pihak ekspedisi anteraja

  • Yg di beli Vivo yg Dateng Oppo (dus) kejanggalannya jelas banget, cek video penjual yg d bungkus dusnya apa?!. Kalau sekelas handphone kayanya harus tegas deh.. siapapun yg salah sebaiknya di sanksi atau hukum penipuan/pencurian. Biar ada efek jera juga dan ga terulang.

  • Saya dr pihak alfastore yg selaku penjual..
    Disini kita sebagai seller official store dan berbadan hukum
    Kecurangan ada pada pihak ekspedisi..dan kuta juga salah satu pihak yg dirugikan
    Semua bukti cctv dr saat siapkan barang sampai packing kita uda lampirkan..

    Mohon untuk tidak berprasangka buruk pada seller yg mmg benar2 amanah

    • Itu hampir bisa dipastikan manipulasi video oleh pembeli sih. Di awal sudah diputar - putar berulang kali seperti itu. Harusnya pihak kurir mengambil gambar ketika proses serah terima sebagai bentuk penanggulangan tindakan pengakuan sepihak seperti ini. Semakin kesini semakin marak perilaku seperti itu, kita juga menghadapi kasus yang sama dimana pelanggan mengaku menerima paket dalam keadaan kosong.

      Padahal jelas - jelas kita punya video pengemasan tanpa terpotong dan teredit.
      https://www.youtube.com/watch?v=CF3U4E5t-tU
      Kalo ada video pengemasan di upload di youtube dan di attach ke team dispute aja. Beberapa toko online sekarang memiliki selotip dan stiker khusus untuk mengetahui apakah paketnya dikemas ulang oleh pembeli atau tidak.

      Semoga bisa membantu gan.. :)

      • Perasaan saya klu emang kita mau unboxing semua sisi packingan/kemasan harus terlihat jelas mau dari atas,bawah sisi kiri atau kanan untuk memastikan bahwa packingan tersebut tidak ada yg rusak atau apalah
        Wajarlah saat unboxing di bolak balik

        • Terima Kasih,
          Hari ini kendala saya sudah terselesaikan
          Pembatalan transaksi dan Pengembalian Dana sudah saya terima
          Tapi saya belum mendapat informasi terbaru untuk kasus yang saya alami ini
          Semoga kedepannya ada peningkatan pelayanan agar kendala seperti ini tidak terulang kembali
          Selamat beraktifitas Teman teman semua

  • Kalo melihat kasus yang udah sering terjadi itu rata2 kecurangan ada di pihak kurir, begitu pula kasus ini kelihatannya ada oknum kurir yang bermain. Ngga tau dari tingkatan mana yang "bermain" tapi kelihatannya pihak kurirnya yang tersangka mungkin dengan asumsi penerima ngga bakal bikin video unboxing. Maka laporan dari penerima akan lemah. Karena penerima juga masuk dalam "tersangka" tapi dalam kasus ini penerima ternyata bikin video, dan untungnya pengirim juga bikin video (Lagipula kalo Toko terpercaya ngga bakal kirim barang kosong, mereka ngga bakal mau menghancurkan reputasi Toko yang sudah baik)
    Jadi pihak kurir dalam hal ini Anteraja silahkan di audit secara internal dimana letak kesalahannya, cari "tikus" yang bikin rusak nama baik perusahaan. Perusahaan jasa antar itu perlu kepercayaan konsumen, kalo kasus2 seperti ini di biarkan tinggal tunggu hancur nya bisnis anda

    • Salah besar menurut saya malahan kalo mencurigai kurirnya. Dalam kasus seperti ini ketika toko online memiliki video pengemasan dan isinya sudah sesuai, mana yang lebih mungkin dilakukan ?
      Kurir yang punya tanggung jawab mengirim paket dalam jumlah banyak, mengambil isi paket dan mempacking ulang ? Atau pembeli yang punya cukup waktu untuk mengerjakan pengemasan ulang ?

      4 Tahun kami berjualan di marketplace Shopee https://shopee.co.id/xplodcompany tidak pernah sekalipun ada kurir mengambil paket yang dikirimkan di toko kami. Mengapa ? Karena kalo kurir mengambil isi paket sama saja membunuh karir nya sendiri. Semua informasi kurir sampai nama kurir yang membawa paket saja terlihat di website jasa kirim. Jadi biasanya kurir tidak akan melakukan itu.

      7 Tahun kami berjualan di Lazada https://www.lazada.co.id/shop/xplod-company/ tidak pernah sekalipun kurir nya yang mengambil. Justru klaim ketidaksesuaian isi paket biasanya datang dari pembeli. Hal ini bisa ditanggulangi penjual dengan membuat video pengemasan, memberikan seal atau selotip khusus pada paket, dll namun tetap saja ada pembeli yang mencoba peruntungan dengan melancarkan klaim palsu.

      Penjual pun sebetulnya sudah tahu sih bagaimana sebetulnya kasus ini, hanya agar tidak menderita kerugian biasanya memang kita lebih meminta pertanggungjawaban pihak jasa kirim. Yang harus dilakukan pihak jasa kirim di masa mendatang adalah mengambil gambar ketika paket diterima pembeli.

      • Yang saya maksud malah bukan kurir akhir yang mengantar. Justru yang bahaya rantai atas dari mulai barang di terima pihak kurir/ekspedisi sampai di bawa ke gudang2nya. Apakah ada celah yang bisa di gunakan? Coba lihat kasus barang hilang Anteraja?? Toped juga harus menilai dari rekam jejak penjual dan pembeli. Kalo pembeli sudah puluhan bahkan ratusan kali beli tanpa ada kasus itu bisa jadi nilai plus, Begitu juga untuk penjual.

        Saya belum memperhatikan dengan seksama video diatas, terutama untuk nomer resi nya sudah sesuai apa belum? Terus bentuk packing apakah sama dengan sistem packing penjual? Saya lihat video tersebut ada kekurangan saat menyobek paket ngga terliput, tapi masih dalam satu video kelihatannya. Kalo di masukkan barang baru juga ngga mungkin sebab lubang yang terbuka terlalu kecil.

        Menurut saya khusus untuk handphone apalagi masih segel dan baru lebih baik menggunakan packing transparan, kasih asuransi. Nanti ada plastik transparan seperti di JNE. Yang penting pihak kurir/ekspedisi sudah cek dan ricek barang

        • Memang perusahaan jasa kirim di era Revolusi Industri 4.0 ini jadi ujung tombak keamanan proses jual beli di marketplace dan e-commerce sih. Seharusnya SOP ketat diterapkan ke kurir seperti mengambil gambar paket ketika proses serah terima atau bahkan memvideokan proses membuka paket.

          Ketika ada paket gagal kirim dan kembali pun, kami merekam di kantor jasa kirim agar tidak ada celah manipulasi oleh internal perusahaan seperti pada video ini https://www.youtube.com/watch?v=MS4BMynTiB4

          Tetapi itu jadi hambatan tersendiri nnti mengingat tidak banyak kurir yang akan benar - benar menerapkan. Sudah ada perkembangan sih memang, dimana beberapa jasa kirim sudah memiliki gambar bukti proses serah terima paket. Tetapi memang belum sempurna dalam pelaksanaannya.

          Sayangnya sampai hari ini, reputasi pembeli dan riwayat akunnya hanya ditunjukkan secara transparan oleh Marketplace Shopee. Lama waktu akun bergabung, bisa terlihat. Penjual bisa memberikan bintang kepada pembeli secara dua arah. Marketplace lain tidak menunjukkan informasi tersebut dengan alasannya masing - masing.

          • Jgn jg salahkan pembeli gitu aja. Sy jg ngalamin hal yg kurang lebih sama. Sy video unboxing terima cuman 1 dan cctv penjual kirim 3 barang.
            Tp packingan yg saya terima ad perbedaan dari video cctv pengemasan produk. Kalau video dr pengemasan itu cuman pakai dos tokocabang dr Tokopedia. Sedangkan yg saya terima itu udah ada tambahan plester bening dan ada lubang dikardus dan diluarnya dipakaikan plastik dari anteraja. Jd paket waktu sy terima sy pkir itu baik2 aja krn mmg plastiknya baik tidak ad lubang. Dan sudah sering sy buka paket itu biasa ad plastik dr ekspedisi.
            Skrg lg masa investigasi.

          • Teman saya jualan di lazada, iphone 4 unit jadi batu bata, barang cod an. return. Setelah di viralin ke selebgram, baru dah perusahaan pengiriman tanggung jawab. Pfftt
            Anda msih hoki bro

          • Baca noh, dia udh di konfirm dari ekspedisi yang salah. Masih aja nyolot nyalahi pembeli aowkaoa

          • Saat ini sedang di proses pengembalian dana Ka
            Nunggu 7hari kerja
            Komplain sudah ditutup pihak Tokopedia dengan solusi pengajuan barang hilang oleh pihak Toko
            Dan pihak Ekspedisi sudah mengajukan BAP Ka
            Semoga semua pihak bisa menerima solusi ini
            Terima Kasih Kaka Semua
            Saya juga berharap ada peningkatan keamanan supaya kejadian seperti ini tidak terulang lagi

        • Bener bgt gan, bs aja malah agen2 (agen yg pertama menerima paket) dr pihak ekspedisinya yg nakal, karena kebanyakan agen2 itu hanyalah merupakan mitra dan bknlah cabang yg dibuka sendiri oleh pihak ekspedisinya. Jujur saya sering melihat disalah satu agen dr salah satu pihak ekspedisi sedang membongkar paketan, pernah saya coba beranikan diri utk bertanya kenapa koq paketan itu dibongkar dan pihak agennya itu beralasan klo mereka sedang mengecek apakah isi paketannya itu sesuai apa tdknya. Nah mungkin disitulah letak celah yg bs dimanfaatkan para agen2 nakal utk mengambil ataupun jg menukar isi paketannya. Saya pernah kerja di ekspedisi jg dan sepengetauan saya klo isi dr paketan itu adalah rahasia bahkan klo ada orang yg menanyakan apa isi paketannya, kita sebagai kurir dilarang utk memberitahukannya.

  • Saya meminta maaf jika ada kata kata saya yang salah,
    Saya juga tidak tau siapa yang salah
    Dan tidak mau berburuk sangka terhadap Toko ataupun Ekspedisi
    Jujur saja ini pengalaman saya yang pertama mengalami kejadian seperti ini
    Dan dari akhir bulan febuari sampai hari ini
    Masalah ini belum clear
    Saya sudah ke 2 kali ini berbelanja di toko tersebut,dan sudah beberapa kali pengirim ekspedisi yang sama
    Tapi tidak terjadi masalah apa-apa
    Tanpa saya vidio unboxing
    Karena saya sering baca berita online
    Maka saya mulai berani membuat vidio unboxing,walau vidio saya kurang jelas
    Tapi vidio saya benar apa adanya tidak saya edit atau potong potong
    Saya masih menunggu informasi sumber masalah ini ada dimana