Pembelian Handphone Baru di Tokopedia, Isinya Dus Kosong

Pada tanggal 24 Februari 2022, saya membeli handphone Vivo y15s 3GB/64GB di Tokopedia dari salah satu toko bernama Alfastore, seharga Rp 1.769.000. Estimasi tiba paket tanggal 26-27 Februari 2022, menggunakan pengiriman kurir Anteraja, nomor resi: 10003745258363. Saya merasa tenang karena sudah beberapa kali berbelanja di toko tersebut.

Pada hari Minggu tanggal 27 Februari 2022, paket saya terima. Kondisi paket baik, paking rapi. Lalu saya unboxing paket tersebut, dan betapa terkejutnya saya karena paket tersebut hanya berisi dus handphone kosong.

Saya mencoba menghubungi toko itu dan mengirimkan video unboxing yang saya rekam. Kemudian menghubungi Tokopedia Care untuk mencari solusi masalah yang saya hadapi. Butuh beberapa waktu untuk Tokopedia merespons komplain saya.

Penjual mengklaim telah mengirim paket sesuai pesanan saya, tetapi kenyataannya barang yang saya terima bermasalah, yaitu sebuah dus handphone kosong. Karena saya masih belum berpengalaman, video yang saya rekam kurang terlihat jelas. Namun video tersebut benar-benar asli tanpa editan atau tidak terputus-putus. Lebih jelasnya bisa dilihat di link YouTube saya:

Saya berusaha menunggu solusi, tetapi sampai hari ini tanggal 09 Maret 2022, masih proses investigasi oleh Tokopedia dan Anteraja. Butuh berapa lama saya harus menunggu? Hal ini jelas merugikan saya. Saya memohon pihak Tokopedia segera menemukan sumber masalah ini, mengirimkan barang sesuai pesanan saya.

Teguh Rahayu Prabowo
Semarang, Jawa Tengah


Update (14 Maret 2022):  Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa pihak Tokopedia telah mengembalikan dana transaksi pembelian:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja online di Tokopedia:
[Total:206    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Teguh Rahayu Prabowo

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Teguh Rahayu Prabowo yang berjudul: “Pembelian Handphone Baru di Tokopedia, Isinya Dus Kosong” di...
Baca Selengkapnya

87 komentar untuk “Pembelian Handphone Baru di Tokopedia, Isinya Dus Kosong

    • 13 Maret 2022 - (05:17 WIB)
      Permalink

      Jangan begitu.. Kalo nggak bisa membuktikan bisa jadi fitnah, ketiga fihak berpeluang jadi tersangka.. Tapi untuk sampai berstatus terdkwa kan perlu pembuktian..

      • 13 Maret 2022 - (07:50 WIB)
        Permalink

        Menurut gue sebagai kurir dan manusia bisa salah di kurir dan seller bisa jadi buyer juga tapi menurut gue disini diuji buyer sudah ada unboxing itu bisa jadi kebenaran , nah penjual bilang bener tinggal liat cctv dan foto dia packing , nah bisa jadi kurir juga nakal tapi 100% kurir kek gitu goblok karena paket yg berharga seperti hp laptop emas dan lainya di taro tempat yg banyak cctv kalo keluar dari ruangan juga barang sudah ke scan sama nik kita , pengalaman gue nganter paket retur yg isi nya bata , di anter sesuai 4 hp isi bata semua di terima sama pembantunya seminggu kemudian klaim masuk bilang isi paket ga sesuai , al hasil gue invetigasi liat cctv bentuk paket sama dan nerima diybs foto juga sama , dan ternyata dia mainin klaim asuransi al hasil gugat tuh toko , tapi balik Lagi sifat manusia berbeda bukan ekpedisinya yang salah , goblok yang bilng ekpedisinya salah , jangan kasih kendor om posisi pake asuransi gaaa ? Video dah bener tinggal push terus lu ga usah pusing biar tokonya yg pusing

        15
        4
      • 13 Maret 2022 - (12:48 WIB)
        Permalink

        Pihak management toko pedia harus mengetahui ini. Sekali kali tokopedia memberitahukan jati dirinya….sebesar mana tokopedia ? Apa cuma perorangan yang bisa saja menipu. Kalau toko ini besar dan profesional, kehilangan macam ini jelas ditelusur dari pegawai bagian pengiriman atau justru pihak jasa pengiriman yang pegawainya gak beres. Tentu saja pihak Tokopedia harus mau tahu akan hal ini supaya tidak dikatakan toko abal abal atau toko fiktif sarat penipuan yang wajib disebarluaskan agar tidak makan korban lagi.

    • 13 Maret 2022 - (09:16 WIB)
      Permalink

      Seharusnya sedari awal anda nenyadari ! Biasanya kalau hanya dus kosong pasti enteng , benar benar enteng seperti tdk ada beban !

      7
      5
    • 13 Maret 2022 - (11:49 WIB)
      Permalink

      @Ka Muhammad
      Setuju ka,saya juga begitu
      Status toko sudah official store
      Tidak punya prasangka apa apa
      Terlebih lagi saya sudah pernah berbelanja di toko tersebut
      Rasa aman dan tenang
      Andai saya tidak unboxing paket yang saya terima
      Komplain saya tidak akan ada tindakan apa apa
      Saya akan lebih berhati hati lagi
      Semoga kejadian yang saya alami ini tidak terulang lagi
      Terima Kasih

      • 13 Maret 2022 - (19:38 WIB)
        Permalink

        Lagian pake ekspedisi itu sih,gw aje KAPOK…!!! Hanya satu ekspedisi yg gw percaya yaitu : J&T udah langganan

        3
        4
          • 14 Maret 2022 - (09:21 WIB)
            Permalink

            Apa memang harus segitu seriusnya buat beli hape baru di toko online??? Kenapa nggak mencoba lebih aktif dengan menggerakkan badan ke pusat perbelanjaan sebentar saja….

            Kalo Anda beruntung, mungkin aja mas nya nemu hape selain Vivo second dgn harga terjangkau.

            Saya ini mau ketawa tapi takut dosa… Kok bisa ya mikirnya gak bisa luas, kok dikit2 beli online. Emangnya pergi ke mall di dalam kota sendiri itu capek ya?? Parkir motor 2ribu, kalo haus beli aqua, jalan2 cuma sebentar trus pulang. Takut kehujanan? Ya pergi lebih awal.

            Vivo Y15 3/64 harga Rp 1.7jt ya….?
            Kemaren saya hunting2 info hape second di Surabaya, Xiaomi Redmi 9 6/128 harga second rentang 1.6jt – 2jt.
            Hahahahaha….. Saya sarankan beli hape di mall aja. Kalo ada apa2, masih bisa di antisipasi. Kalo beli ONLINE, resiko silahkan TANGGUNG SENDIRI.

            1
            8
        • 14 Maret 2022 - (07:19 WIB)
          Permalink

          Sebelah kecewa sama ini dan sebelah kecewa sama itu , bukan ekpedisinya yang salah tapi manusia nya , masih aja ada orang model kek gini

          • 14 Maret 2022 - (09:28 WIB)
            Permalink

            awokawokaowk, orang kek gitu mending biarin aja, paling besok khilaf beli onlen 😂

      • 13 Maret 2022 - (22:47 WIB)
        Permalink

        Makanya Belajar Belanja Online yang benar… Lihat dulu bintang satunya kebanyakan masalah nya apa…
        Tuh ALFASTORE banyak bintang satunya lebih ke komentar banyak yg barang bekas di kemas ulang…. Rusak padahal baru beli…
        Menurutku sih official store abal2…
        Ya pasti penjual ini yg curang atau pegawainya… Saya ga percaya cctv ny perlihatkan dengan jelas,itu kemasan anda atau bukan…sblm dikirim diganti kita juga ga tau… Harusnya minta video yg jelas di zoom spt anda videokan dan terpampang jelas nama anda… Baru fair… Bukan cctv
        Kalo atasan toko menyangkal mungkin ikut main dia…
        Bintang 5 ny pun kebanyakan bisa pake BOT …
        Jangan fitnah Kurir dulu lihat dulu komentar2 di tokonya, wong jelas kemasan mulus gitu…

    • 13 Maret 2022 - (15:51 WIB)
      Permalink

      Toko atau oknum karyawan bisa aja bikin video packing lalu dibongkar dan dipacking ulang. Semua bisa terjadi. Klo masalah tdk selesai kepercayaan buyer utk belanja online bs turun. Mudah2an bs diuaut sampai tuntas

  • 12 Maret 2022 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Vidio & foto paking GK ada dri penjual? Harusnya d sertakan klu ada. Sekedar saran az saat paket d pickup seharusnya pada menu lacak ada foto paket. Selama ini yg ada foto paket saat pickup cuman sicepat. Yg lain masih blum brani.

  • 12 Maret 2022 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Itu beli hp baru kan?? Knp dus hp nya beda dgn yg dibeli? Bkn nya yg dibeli itu hp vivo tp knp dus nya oppo. Bukti cctv dari penjual itu tdk valid menurut saya, harusnya penjual memvideokan hanya barang yg dipesan itu, krn psti bnyk pesanan yg laen yg tercampur. Bnyk kemungkinan bisa jadi ada oknum nakal dari pihak penjual atau dari pihak ekspedisi. Harus diinvestigasi tuh.

    10
    • 12 Maret 2022 - (18:49 WIB)
      Permalink

      Selamat Malam Ka,
      Terima kasih untuk komentarnya
      Benar,yang saya beli hp baru
      Dan saya sudah berkali kali belanja hp di Tokopedia
      Tapi baru sekali ini mengalami kejadian seperti ini
      Padahal sebelumnya tidak pernah saya unboxing dan pesanan selalu sesuai
      Karena saya sering melihat berita online
      Jadi saya biasakan untuk membuat vidio unboxing
      Ternyata saya juga mengalami kejadian seperti ini
      Pihak toko sudah mengirim bukti pengemasan produk,dan bukti cctv
      saat ini masih di investigasi di pihak kurir
      Saya sudah cemas karena butuh waktu lama untuk menangani komplain saya

      10
      2
      • 13 Maret 2022 - (01:10 WIB)
        Permalink

        Kemungkinan Disikat Kurirnya itu
        Masa iya beli di tokped tapi packingnya jd id
        Lagian ente berani banget pake tuh expedisi

        1
        1
          • 13 Maret 2022 - (07:38 WIB)
            Permalink

            Kenapa sama ekpedisi itu broo ??? Salah apa gimana ??? Kalo emang salah menurut lu jelasin dong , gue kerja lama di ekpedisi yg umurnya lama ga sebut merk ya gue , lu kalo nuduh tanpa bukti itu fitnah , dan lu ga tau nakalnya seller buat mainin asuransi ?? Dan merugikan perusahan kan ? Belum tau kan permainan seller buat mainin klaim asuransi

            3
            1
        • 14 Maret 2022 - (07:20 WIB)
          Permalink

          Kenapa sama ekpedisi itu broo ??? Salah apa gimana ??? Kalo emang salah menurut lu jelasin dong , gue kerja lama di ekpedisi yg umurnya lama ga sebut merk ya gue , lu kalo nuduh tanpa bukti itu fitnah , dan lu ga tau nakalnya seller buat mainin asuransi ?? Dan merugikan perusahan kan ? Belum tau kan permainan seller buat mainin klaim asuransi

    • 12 Maret 2022 - (18:52 WIB)
      Permalink

      Iyaa Ka,beli hp baru
      Tapi saya unboxing ternyata isinya dus kosong

      3
      1
      • 13 Maret 2022 - (00:47 WIB)
        Permalink

        Coba cocokan dengan cctv penjual apakah dusnya benar Vivo yg di kirim.

        Jika benar Vivo yg di bungkus, berarti di ekspedisi yg nakal

        Karena kakak saya mengalami hal serupa dengan ekspedisi yg di gunakan itu..

  • 12 Maret 2022 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Masih mending punya videonya, saya kemaren beli vga card di tokped juga bermasalah.. saya pikir vga cardnya bagus karena saya terlalu percaya sama bintang penjualnya.. jadi saya langsung unboxing dan test aja, ternyata zonk tidak bisa hidup sama sekali.. tapi saya tetap positif thinking, mungkin rusak selama di perjalanan karena packing dari penjualnya kurang aman juga.. cuman rasanya agak keki aja seperti buang uang gitu aja.. tapi saya agak kapok beli barang online, mungkin pas benar benar lagi urgent aja..

    6
    1
  • 12 Maret 2022 - (18:22 WIB)
    Permalink

    coba di liat berat timbangan ekspedisinya berapa.kemarin sempet ada masalah juga jumlah brg kurang .walaupun transaksi selesai otomatis karena kebetulan brg tiba saat saya sedang keluar kota berberapa hari namun cs ijo tetap membantu menghub penjual dan penjual tetap mengembalikan uang karena brg yg dikirim kurang.karena ada bukti berat timbangan ekspedisinya

  • 12 Maret 2022 - (18:54 WIB)
    Permalink

    Cuma sekali pengalaman beli hp online, kebetulan beli di samsung official store blibli, so far aman tp ngirimnya aja lelet, sejak itu rada males beli gadget online, mending di store langsung dah apalagi baca kasus kek gini jd mikir 2x..

    8
    1
    • 13 Maret 2022 - (21:20 WIB)
      Permalink

      Kalau pake Anteraja , kemungkinan besar yg nyolong pihak kurir.

      Kalau ekspedisi lain misal sicepat, jne itu baru harus di teliti lebih lanjut siapa yg salah, buyer, seller atau ekspedisi

  • 12 Maret 2022 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Jangalnya banyak banget .. beli katanya lewat tokopedia tapi kardus pembungkus jd id trus dus hpnya oppo, sama gak ada reaksi waktu tau itu hanya dus kosong…

    6
    3
    • 12 Maret 2022 - (20:48 WIB)
      Permalink

      @Ka Anton
      Bener beli di tokopedia ka
      Itu packing asli dari kurir langsung saya unboxing
      Pengen teriak teriak ka,pengen banting hp pas vidio itu paket,tapi apa menyelesaikan solusi saya ka,kalau ada orang yang bertanggung jawab pasti saya seketika itu juga marah marah,emosi
      Maka dari itu saya lansung chat penjual dan tokopedia care untuk mencari jawaban “kenapa pesanan saya tidak sesuai?
      Tangan saya waktu unboxing sudah gemetaran kan,badan terasa lemas
      Pengen emosi tingkat tinggi
      Tapi Toko jauh di Tangerang
      Rumah saya di semarang

      • 12 Maret 2022 - (21:53 WIB)
        Permalink

        Juara sih tenangnya

        Klo aku pas terima paket udah enteng pasti unboxingnya bakal geradakan
        Trus pas liat dus nya oppo (padahal yg dibeli vivo) pasti udah teriak²
        Pas ngeliat dusnya kosong pasti langsung jejingkrakan histeris

        Itu penjual bisa kasih video pas ngepacking pesanan kah?

        • 13 Maret 2022 - (08:05 WIB)
          Permalink

          Sama ka. Aku ini introvert bgt, sependiamny aku, pasti msih ada reaksi suara dikit pas bikin vid unboxing apalg tuk brg mahal.
          Wktu megang dus ringan psti trucap “kok ringan ya”. Dan pas buka dusny oppo pdhl yg dbeli vivo, pasti trucap ” Loh kok dusny beda”
          Pas buka itu box isiny kosong “ya elah, ditipu gw”
          Terus gw videoin lbih teliti (zoom out) box tsb beserta bubble wrap, spy jd lbih jls klo kita kena tipu. Dan zoom in pembungkusny krn rapi bgt, krn itu bakal jd penilaian apakh sama/brbeda dr cara penjual menempel lakban dan apakh ada sobekan lain dilakban yg ditumpuk tsb.
          🤔

    • 13 Maret 2022 - (09:03 WIB)
      Permalink

      Saya sering belanja diTokped tp seller sering kasih box shopee atau lazada, jd wajar aja…

    • 13 Maret 2022 - (21:11 WIB)
      Permalink

      Mana neh yang daritadi belain kurir??? jangan-jangan itu oknum kurir tsb itu si pelaku nya.
      Klo lom pernah liat oknum kurir kerjasama ama orang gudang hub bongkar paket dirumahnya mending gak usah komen segala belain kurir sebab gw udah liat sendiri oknum kurir kerjasama ama oknum gudang hub nya bongkar paket lalu dipacking ulang dirumahnya pada tengah malem. Dan itu udah gw laporin ke PT kurir tsb ampe skrg gak ada respon ataupun tindakan dari PT. nya alias membiarkan para tikus paketnya berkeliaran mencuri isi paket

      • 13 Maret 2022 - (22:46 WIB)
        Permalink

        Coba tonton video nya gan. Di label Tokopedia yang dicetak penjual tidak ada keterangan apa isi paket tersebut. Di sistem jasa kirim Anteraja juga tidak menyertakan keterangan isi paket. Jadi kesimpulannya kurir tidak tahu apa isi paket tersebut. Sepintas melihat apakah kita bisa tahu kalo isinya Smartphone ? Simple kog sebetulnya dibantahkan..

        • 14 Maret 2022 - (10:39 WIB)
          Permalink

          ****** banget omongan lu kali ini, jelas2 kelihatan itu dari store mana, itu official store yang jualan hp, kurir pun punya smartphone, tinggal diketik nama tokonya, keluarlah jualan apa tuh toko, kalo liat toko nya ya jelas2 jualan HP lah

          dan ditulis atau tidak pun, ekspedisi mana yang tidak tahu isi paket dan mau mengirimkan? katanya sudah bertahun tahun jualan tapi tidak paham ekspedisi

          omongan mu yang simpe dibantahkan

          penulis dan toko nya sudah konfirmasi salahnya ada di ekspedisi dan kurir, tinggal tunggu waktu aja

  • 12 Maret 2022 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Kok belum ada yg ngebuzz : uninstall tokopedia, kapok belanja di tokopedia, tokopedia banyak penipunya, dll. Coba kl kasus ini di shopee, pasti rame 😀

    4
    6
    • 12 Maret 2022 - (20:26 WIB)
      Permalink

      kenapa kapok belanja di Toped?
      saya malah selalu di Toped dan Blibli aja kalo belanja online.
      beli HP, laptop, blender, case hp, dll.. so far aman² aja sampai sekarang.
      belum pernah belanja di shopee, walaupun pny akun disana.

      7
      2
    • 12 Maret 2022 - (20:53 WIB)
      Permalink

      Menurut saya ini bukan masalah Tokopedia shopee dll sih. Ini lebih ke penjual atau kurir aja. Saya sering kok beli elektronik di toko ijo dari laptop, hp (3x) bahkan mesin cuci aman aman aja kok, ga ada masalah….

    • 13 Maret 2022 - (02:10 WIB)
      Permalink

      Saya bbrp kali beli hp dan set komputer baru di tokped. Pernah realme c11 1jtan, redmi 9 2x seharga 1jtan, redmi note 10s 2jtan, xiaomi 11T 5jtan, 6 set nuc pahi3 36jtan, 5 set asrock x300 25jtan, 1 set dell pc 12jtan, dll, alhamdulillah aman. Adapun transaksi yg bermasalah itupun bisa selesai dan uang saya kmbali, melalui proses bbrp hari tentunya tapi ada yg cepat juga, tergantung kasusnya. Selama ikut aturan, semua bisa sama2 enak kok.

      4
      2
  • 12 Maret 2022 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Berarti toko belum terpercaya 100%.
    Saran aja klw bisa saat video unboxing harus disaksikan kurir saat itu jga sblm plng. Biar lbih meyakinkan videonya

    3
    2
    • 13 Maret 2022 - (00:37 WIB)
      Permalink

      bukan masalah toped/shopee nya sih mereka kan cuma platform penyedia layanan aja . ini mah masalahnya di toko atau kurir nya . gw sering belanja di toped dan shopee . aman aman aja walau kadang barang gak sesuai ekspektasi ya namanya jg beli online harus pinter milih. liat rating, komen dan star seller sih . tp at least di shopee ada opsi guaranteed 100%

  • 12 Maret 2022 - (20:40 WIB)
    Permalink

    maaf, apa saya salah liat ya itu video di youtube nya?
    khan kata nya beli ‘”‘VIVO”‘”
    LAH KOK DUS NYA “OddO”” sih ??
    anda beli baru apa second ?

    1
    1
  • 12 Maret 2022 - (20:41 WIB)
    Permalink

    dari awal terima paket tdk merasa curiga berat paket yg enteng? dus+hp pasti akan berasa banget bedanya dgn dus saja, apalagi katanya penulis sudah sering beli hp online

    • 12 Maret 2022 - (20:54 WIB)
      Permalink

      @Ka Tama
      Iyaa packing rapi ka,tapi sedikit was was
      Kurir habis nganter paket langsung pergi ka
      Karena itu saya vidio unboxing,
      Emang sedikit lebih ringan ka
      Tapi saya lanjut unboxing biar lebih jelas
      Kalau saya menolak menerima paket itu dalam keadaan baik,apa bisa di kembalikan langsung ka?
      Saya bayar pakai saldo bukan cod ka

      • 13 Maret 2022 - (13:33 WIB)
        Permalink

        Kurir anter paket langsung pergi kenapa om ? Salah ?? Kecuali cod yah ditunggui , kalo masalah nipu paket yang lu anter ya tanggung jawab kurir kalo ada case atau apa , dari gudang bentuk kek gitu pas di foto bentuk begitu , jangan prasangka buruk , gue kalo kasih paket dari emas sampai surat penting kelar anter foto langung jalan , dikasih tips alhamdulillah

  • 12 Maret 2022 - (20:49 WIB)
    Permalink

    Gimana perkembangan kasusnya? Saya turut prihatin. Sejauh ini saya tidak pernah mengalami hal tersebut di Tokopedia. Saya pernah beli laptop Lenovo, hp Samsung, hp Xiaomi beberapa kali dan ga pernah ada kejadian seperti itu. Kalau menurut saya mungkin ini kesalahan ada di penjual atau kurir. Oh ya apakah pengiriman digaransikan atau tidak ya?

    Saya pernah sih dulu beli air purifier, toko ngasih garansi 10 hari uang kembali dan ada masalah dibarangnya ternyata. Saya kembalikan berangnya dan Uang pun balik lagi ke saldo Tokopedia saya.

  • 12 Maret 2022 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Dulu saya pernah beli HP BB, kena tipu 1.5 jt tahun 2012, uang 1.5 jt lumayan lo waktu. Yang dikirim sampah malahan.
    Terus beli lagi via marketplace HP baru, puji syukur dapat hp baru yang sesuai plus dapat diskon juga. Tapi melihat banyaknya kasus penipuan kayaknya agak takut beli online kalau barang mahal sekarang .
    Jujur pas beli yang kena tipu itu kita pegang paketnya enteng itu sudah curiga, tapi namanya penasaran ya tetep kita buka. Semoga segera selesai masalahnya ya kak.

    • 13 Maret 2022 - (20:49 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal yg sama. Barang yg saya beli tidak seberapa. Sama menggunakan ekspedisi anteraja krn mmg promo ongkir dr tokopedia yaitu gratis ongkir extra.
      Saya pesan 3 barnag tp yg datang cuman 1. Sy komplain dong. Dan ksh video unboxing. Setelah itu penjual jg ksh bukti cctv. Ini pengemasannya dr toko cabang loh. Tp divideo itu dikemas pakai dos dan plester fragile saja. Tapi paket yg saya terima itu terbungkus lg plastik dr anteraja. Dan setelah liat video cctv dr penjual sy liat maka sy periksa video unboxing sy ternyata itu paket saya ad plester bening lg. Padahal dr penjual tidak ada plester bening. Dan dus sudah berlubang. Tokopedia care nyuruh nunggu 7×24 jam. Yg kardusnya sdh benar tp entah bagaimana barang yg sy terima itu ada plester bening tambahan dan ada lubang di kardus dan dibungkus lg plastik oleh pihak ekspedisi anteraja

  • 12 Maret 2022 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Yg di beli Vivo yg Dateng Oppo (dus) kejanggalannya jelas banget, cek video penjual yg d bungkus dusnya apa?!. Kalau sekelas handphone kayanya harus tegas deh.. siapapun yg salah sebaiknya di sanksi atau hukum penipuan/pencurian. Biar ada efek jera juga dan ga terulang.

  • 12 Maret 2022 - (23:10 WIB)
    Permalink

    Saya dr pihak alfastore yg selaku penjual..
    Disini kita sebagai seller official store dan berbadan hukum
    Kecurangan ada pada pihak ekspedisi..dan kuta juga salah satu pihak yg dirugikan
    Semua bukti cctv dr saat siapkan barang sampai packing kita uda lampirkan..

    Mohon untuk tidak berprasangka buruk pada seller yg mmg benar2 amanah

    • 13 Maret 2022 - (07:50 WIB)
      Permalink

      Itu hampir bisa dipastikan manipulasi video oleh pembeli sih. Di awal sudah diputar – putar berulang kali seperti itu. Harusnya pihak kurir mengambil gambar ketika proses serah terima sebagai bentuk penanggulangan tindakan pengakuan sepihak seperti ini. Semakin kesini semakin marak perilaku seperti itu, kita juga menghadapi kasus yang sama dimana pelanggan mengaku menerima paket dalam keadaan kosong.

      Padahal jelas – jelas kita punya video pengemasan tanpa terpotong dan teredit.
      https://www.youtube.com/watch?v=CF3U4E5t-tU
      Kalo ada video pengemasan di upload di youtube dan di attach ke team dispute aja. Beberapa toko online sekarang memiliki selotip dan stiker khusus untuk mengetahui apakah paketnya dikemas ulang oleh pembeli atau tidak.

      Semoga bisa membantu gan.. 🙂

      2
      2
      • 13 Maret 2022 - (08:39 WIB)
        Permalink

        Perasaan saya klu emang kita mau unboxing semua sisi packingan/kemasan harus terlihat jelas mau dari atas,bawah sisi kiri atau kanan untuk memastikan bahwa packingan tersebut tidak ada yg rusak atau apalah
        Wajarlah saat unboxing di bolak balik

        • 14 Maret 2022 - (14:06 WIB)
          Permalink

          Terima Kasih,
          Hari ini kendala saya sudah terselesaikan
          Pembatalan transaksi dan Pengembalian Dana sudah saya terima
          Tapi saya belum mendapat informasi terbaru untuk kasus yang saya alami ini
          Semoga kedepannya ada peningkatan pelayanan agar kendala seperti ini tidak terulang kembali
          Selamat beraktifitas Teman teman semua

  • 13 Maret 2022 - (07:37 WIB)
    Permalink

    Kalo melihat kasus yang udah sering terjadi itu rata2 kecurangan ada di pihak kurir, begitu pula kasus ini kelihatannya ada oknum kurir yang bermain. Ngga tau dari tingkatan mana yang “bermain” tapi kelihatannya pihak kurirnya yang tersangka mungkin dengan asumsi penerima ngga bakal bikin video unboxing. Maka laporan dari penerima akan lemah. Karena penerima juga masuk dalam “tersangka” tapi dalam kasus ini penerima ternyata bikin video, dan untungnya pengirim juga bikin video (Lagipula kalo Toko terpercaya ngga bakal kirim barang kosong, mereka ngga bakal mau menghancurkan reputasi Toko yang sudah baik)
    Jadi pihak kurir dalam hal ini Anteraja silahkan di audit secara internal dimana letak kesalahannya, cari “tikus” yang bikin rusak nama baik perusahaan. Perusahaan jasa antar itu perlu kepercayaan konsumen, kalo kasus2 seperti ini di biarkan tinggal tunggu hancur nya bisnis anda

    • 13 Maret 2022 - (08:31 WIB)
      Permalink

      Salah besar menurut saya malahan kalo mencurigai kurirnya. Dalam kasus seperti ini ketika toko online memiliki video pengemasan dan isinya sudah sesuai, mana yang lebih mungkin dilakukan ?
      Kurir yang punya tanggung jawab mengirim paket dalam jumlah banyak, mengambil isi paket dan mempacking ulang ? Atau pembeli yang punya cukup waktu untuk mengerjakan pengemasan ulang ?

      4 Tahun kami berjualan di marketplace Shopee https://shopee.co.id/xplodcompany tidak pernah sekalipun ada kurir mengambil paket yang dikirimkan di toko kami. Mengapa ? Karena kalo kurir mengambil isi paket sama saja membunuh karir nya sendiri. Semua informasi kurir sampai nama kurir yang membawa paket saja terlihat di website jasa kirim. Jadi biasanya kurir tidak akan melakukan itu.

      7 Tahun kami berjualan di Lazada https://www.lazada.co.id/shop/xplod-company/ tidak pernah sekalipun kurir nya yang mengambil. Justru klaim ketidaksesuaian isi paket biasanya datang dari pembeli. Hal ini bisa ditanggulangi penjual dengan membuat video pengemasan, memberikan seal atau selotip khusus pada paket, dll namun tetap saja ada pembeli yang mencoba peruntungan dengan melancarkan klaim palsu.

      Penjual pun sebetulnya sudah tahu sih bagaimana sebetulnya kasus ini, hanya agar tidak menderita kerugian biasanya memang kita lebih meminta pertanggungjawaban pihak jasa kirim. Yang harus dilakukan pihak jasa kirim di masa mendatang adalah mengambil gambar ketika paket diterima pembeli.

      2
      2
      • 13 Maret 2022 - (09:52 WIB)
        Permalink

        Yang saya maksud malah bukan kurir akhir yang mengantar. Justru yang bahaya rantai atas dari mulai barang di terima pihak kurir/ekspedisi sampai di bawa ke gudang2nya. Apakah ada celah yang bisa di gunakan? Coba lihat kasus barang hilang Anteraja?? Toped juga harus menilai dari rekam jejak penjual dan pembeli. Kalo pembeli sudah puluhan bahkan ratusan kali beli tanpa ada kasus itu bisa jadi nilai plus, Begitu juga untuk penjual.

        Saya belum memperhatikan dengan seksama video diatas, terutama untuk nomer resi nya sudah sesuai apa belum? Terus bentuk packing apakah sama dengan sistem packing penjual? Saya lihat video tersebut ada kekurangan saat menyobek paket ngga terliput, tapi masih dalam satu video kelihatannya. Kalo di masukkan barang baru juga ngga mungkin sebab lubang yang terbuka terlalu kecil.

        Menurut saya khusus untuk handphone apalagi masih segel dan baru lebih baik menggunakan packing transparan, kasih asuransi. Nanti ada plastik transparan seperti di JNE. Yang penting pihak kurir/ekspedisi sudah cek dan ricek barang

        • 13 Maret 2022 - (11:25 WIB)
          Permalink

          Memang perusahaan jasa kirim di era Revolusi Industri 4.0 ini jadi ujung tombak keamanan proses jual beli di marketplace dan e-commerce sih. Seharusnya SOP ketat diterapkan ke kurir seperti mengambil gambar paket ketika proses serah terima atau bahkan memvideokan proses membuka paket.

          Ketika ada paket gagal kirim dan kembali pun, kami merekam di kantor jasa kirim agar tidak ada celah manipulasi oleh internal perusahaan seperti pada video ini https://www.youtube.com/watch?v=MS4BMynTiB4

          Tetapi itu jadi hambatan tersendiri nnti mengingat tidak banyak kurir yang akan benar – benar menerapkan. Sudah ada perkembangan sih memang, dimana beberapa jasa kirim sudah memiliki gambar bukti proses serah terima paket. Tetapi memang belum sempurna dalam pelaksanaannya.

          Sayangnya sampai hari ini, reputasi pembeli dan riwayat akunnya hanya ditunjukkan secara transparan oleh Marketplace Shopee. Lama waktu akun bergabung, bisa terlihat. Penjual bisa memberikan bintang kepada pembeli secara dua arah. Marketplace lain tidak menunjukkan informasi tersebut dengan alasannya masing – masing.

          1
          1
          • 13 Maret 2022 - (23:54 WIB)
            Permalink

            Jgn jg salahkan pembeli gitu aja. Sy jg ngalamin hal yg kurang lebih sama. Sy video unboxing terima cuman 1 dan cctv penjual kirim 3 barang.
            Tp packingan yg saya terima ad perbedaan dari video cctv pengemasan produk. Kalau video dr pengemasan itu cuman pakai dos tokocabang dr Tokopedia. Sedangkan yg saya terima itu udah ada tambahan plester bening dan ada lubang dikardus dan diluarnya dipakaikan plastik dari anteraja. Jd paket waktu sy terima sy pkir itu baik2 aja krn mmg plastiknya baik tidak ad lubang. Dan sudah sering sy buka paket itu biasa ad plastik dr ekspedisi.
            Skrg lg masa investigasi.

          • 14 Maret 2022 - (01:35 WIB)
            Permalink

            Teman saya jualan di lazada, iphone 4 unit jadi batu bata, barang cod an. return. Setelah di viralin ke selebgram, baru dah perusahaan pengiriman tanggung jawab. Pfftt
            Anda msih hoki bro

          • 14 Maret 2022 - (01:36 WIB)
            Permalink

            Baca noh, dia udh di konfirm dari ekspedisi yang salah. Masih aja nyolot nyalahi pembeli aowkaoa

          • 14 Maret 2022 - (10:41 WIB)
            Permalink

            Saat ini sedang di proses pengembalian dana Ka
            Nunggu 7hari kerja
            Komplain sudah ditutup pihak Tokopedia dengan solusi pengajuan barang hilang oleh pihak Toko
            Dan pihak Ekspedisi sudah mengajukan BAP Ka
            Semoga semua pihak bisa menerima solusi ini
            Terima Kasih Kaka Semua
            Saya juga berharap ada peningkatan keamanan supaya kejadian seperti ini tidak terulang lagi

        • 13 Maret 2022 - (14:16 WIB)
          Permalink

          Bener bgt gan, bs aja malah agen2 (agen yg pertama menerima paket) dr pihak ekspedisinya yg nakal, karena kebanyakan agen2 itu hanyalah merupakan mitra dan bknlah cabang yg dibuka sendiri oleh pihak ekspedisinya. Jujur saya sering melihat disalah satu agen dr salah satu pihak ekspedisi sedang membongkar paketan, pernah saya coba beranikan diri utk bertanya kenapa koq paketan itu dibongkar dan pihak agennya itu beralasan klo mereka sedang mengecek apakah isi paketannya itu sesuai apa tdknya. Nah mungkin disitulah letak celah yg bs dimanfaatkan para agen2 nakal utk mengambil ataupun jg menukar isi paketannya. Saya pernah kerja di ekspedisi jg dan sepengetauan saya klo isi dr paketan itu adalah rahasia bahkan klo ada orang yg menanyakan apa isi paketannya, kita sebagai kurir dilarang utk memberitahukannya.

  • 13 Maret 2022 - (08:26 WIB)
    Permalink

    Saya meminta maaf jika ada kata kata saya yang salah,
    Saya juga tidak tau siapa yang salah
    Dan tidak mau berburuk sangka terhadap Toko ataupun Ekspedisi
    Jujur saja ini pengalaman saya yang pertama mengalami kejadian seperti ini
    Dan dari akhir bulan febuari sampai hari ini
    Masalah ini belum clear
    Saya sudah ke 2 kali ini berbelanja di toko tersebut,dan sudah beberapa kali pengirim ekspedisi yang sama
    Tapi tidak terjadi masalah apa-apa
    Tanpa saya vidio unboxing
    Karena saya sering baca berita online
    Maka saya mulai berani membuat vidio unboxing,walau vidio saya kurang jelas
    Tapi vidio saya benar apa adanya tidak saya edit atau potong potong
    Saya masih menunggu informasi sumber masalah ini ada dimana

  • 13 Maret 2022 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Hati hati kalau penjual suruh return barang khususnya dos hp dll, soalnya ada pengalaman di media konsumen indonesia membuat laporan di kepolisian ditolak karena tidak ada bukti fisiknya.

  • 13 Maret 2022 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Terima kasih Ka
    Pihak Toko sudah mengirim bukti kalau kesalahan ada pihak ekspedisi
    Saya menerima update terbaru dari Tokopedia care
    Pengembalian dana maksimal tanggal 18 Maret 2022

    • 13 Maret 2022 - (14:14 WIB)
      Permalink

      Nah kan…. Coba ini Anteraja di audit internal nya.. terlepas ada oknum yang jahil … jangan jangan ada oknum yang mau bikin jelek perusahaan.. jaman sekarang macem2 cara buat jatohin rival 🙂

    • 13 Maret 2022 - (15:53 WIB)
      Permalink

      jadi masalahnya ada di pihak ekspedisi ya, sudah konfirmasi juga, semoga cepat selesai saja ini dan menjadi penilaian kedepannya

  • 13 Maret 2022 - (11:39 WIB)
    Permalink

    Jadi inti kesalahan ada di pihak ekspedisi ka,
    Toko sudah benar mengirim pesanan saya
    Tapi ketika paket sudah sampai dan saya unboxing isi paket sudah berbeda,tidak seperti yang saya beli yaitu Vivo Y15s 3GB/64Gb
    Saya tidak bermaksud menjatuhkan siapa pun,
    Jika ada kata kata saya yang salah saya mohon maaf
    Terima Kasih

  • 13 Maret 2022 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Disini saya sbg seller dan buyer di tokped pernah kejadian kirim hp poco f2 EMG kondisi fisik body renggang, sblm kirim SBG seller saya slalu packing dan tes dg video tanpa jeda tanpa edit mau gambar goyang2 masa bodo saya Krn toh rekaman murni eh gak tau nya dikomplain buyer nakal profesi dia SBG teknisi hp bs dilihat saat tes dia unboxing suara logo bootanimasi Xiaomi aktif tiba2 dia komplain bilang hp gak ada suara, punya pirasat buruk saya Krn yg unboxing tuser hp pst komponen hp saya diganti2 dg hp dia yg rusak , komplain dia saya tolak Krn saya ada bukti otentik jd gini setiap saya kirim hp pasti saya rekam sendiri pake tripod hp dr proses tes dan packing tanpa jeda tanpa edit bisa makan durasai 30menit dan size 2-4GB file nya itu saya lakukan demi menjaga hal2 tak diinginkan dr buyer2 nakal…

    Singkat cerita video saya packing dan tes saya upload di kanal YT saya, disitu jelas ada tes suara hp mulai dr liat YT dr hp sambil tes jaringan internet nya terus saya tes rekam video kamera dpn dan belakang, Krn ada bukti jelas saya sbg seller gak mau dnk kalah ngegass debat panjang lebar di diskusi jelas2 dia unboxing ada suara tiba2 komplain gak ada suara selang 2minggu selama perdebatan malah buyer bilang hp nya skg mati pas admin tokped minta tes buat setel YT atau rekam video ada suara nya gak dari sini jelas buyer nakal cr2 kesempatan buat dpt klaim asuransi dan krm barang normal saya yg telah di oprek2 jd rusak tp admin tokped memenangkan gugatan seller Krn jls bukti tercover semua….

    Jadi diksus TS nulis ini gak bs bilang salah seller gak bs bilang salah kurir gak bs bilang salah kurir perlu ada penyelidikan makan waktu berminggu-minggu saya aja ngalamin 2minggu demi cuan 100k.

    Karena jika seller bnr krm Brg ada bukti otentik nya apa Lg barang baru bs saja pas dikurir, dikurir ini bs pas dipickup atau pas dibawa kurir ngirim Krn hny mrk berdua yg bs bongkar untuk ambil isi paket saat dijalan, dan

    Bisa juga buyer nakal hp sudah diunboxing ambil hpnya dan dilakban packing LG trs buat rekaman video unboxing bs saja demi cr cuan

    Jd disini semua bisa jd tersangka baik seller ,kurir, buyer tinggal kuat2 an bukti saja mana yg bukti kuat dan otentik dia yg memang

    • 14 Maret 2022 - (01:38 WIB)
      Permalink

      Udh dijelasin ama TS
      Yang bermaslaah dari ekspedisi
      Tinggal nunggu, ganti rugi doang itu
      Ga salah buyer ga salah seller

  • 13 Maret 2022 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Terima Kasih
    Sudah ada konfirmasi dari pihak ekspedisi
    Dan saat ini masih terus dilakukan investigasi untuk mencari sumber masalahnya ada dimana,
    Saya mohon maaf jika ada salah kata
    Saya berharap masalah ini tidak terulang lagi
    Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Tokopedia?

Ada 87 komentar sampai saat ini..

Pembelian Handphone Baru di Tokopedia, Isinya Dus Kosong

oleh Teguh Rahayu Prabowo dibaca dalam: 1 menit
87