Pinjol Gila, Belum Jatuh Tempo Sudah Ditagih dengan Kasar!

Hati-hati dengan pinjol gila. Di sini saya mau melaporkan adanya pembohongan publik yang dilakukan oleh aplikasi induk pinjol (Yeah Dana) yang di dalamnya terdapat aplikasi-aplikasi pinjol lainnya.

Dalam aplikasi tersebut (beranda) dinyatakan pinjaman tertinggi Rp 8.000.000, dengan istilah pinjaman (jangka waktu) 91 hari dan bunga 0,05% per hari, dan biaya penundaan sebesar Rp 720.000 (yang saya kira itu akan memotong nilai hutang), tapi kenyataannya tidak. Padahal mereka sudah ambil bunga lebih dari Rp500.000 sebelum pencairan (aktual terima Rp.1.100.000, padahal tertulis Rp1.800.000).

Saya mengajukan pinjaman tanggal 7 Maret 2022 dan tanggal jatuh tempo 14 Maret 2022. Akan tetapi dari tanggal 12 Maret 2022 pukul 07.10 (2 hari sebelum jatuh tempo), saya sudah di-WhatsApp penagihan dan diancam akan disebarkan data saya ke kontak saya. Saya diharuskan membayar sebesar Rp1.800.000 dari pencairan sebesar Rp1.124.000.

Malah sebagian data WhatsApp saya sudah dikirim penagihan dan permalukan saya. Padahal masih 2 hari lagi tanggal jatuh temponya. Malah saya dibilang an**** dan ban****. Padahal saya sudah kasih informasi bahwa tanggal jatuh tempo saya tanggal 14 Maret 2022, tapi tetap bahasa tersebut masih keluar.

Di dalam logo pinjol itu ada logo OJK. Apakah OJK saat ini menaungi para lintah darat atau pihak pinjol tidak jelas? Mohon kepada pihak kepolisian atau OJK berantas pinjol tidak jelas, karena sangat meresahkan.

Saya tegaskan, saya menulis bukan karena saya menunggak, tapi saya cerita bahwa saya dipermainkan oleh pinjol karena masa waktu saya masih sisa 2 hari lagi, dan penagihannya sangat gila.

Agung Poernomo
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:621    Rata-Rata: 3.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

95 komentar untuk “Pinjol Gila, Belum Jatuh Tempo Sudah Ditagih dengan Kasar!

  • 14 Maret 2022 - (17:21 WIB)
    Permalink

    kalau saya sekarang lagi mengalami pinjaman online juga dari aplikas akulaku yang terdaftar di ojk tapi mereka si dc berniat dan sudah chat ke no kontak saya yang lain dan itu sudah penyebaran data namanya
    memang saya nunggak pembayaran tapi setidaknya jangan meneror sperti itu dan mengancamkan

    35
    12
    • 15 Maret 2022 - (02:13 WIB)
      Permalink

      ya kl mau aman ya pinjam di bank, sama pinjol dikasih duit mudah ya harusnya balikinya mudah, gak salah jg sih pinjol, cb kl anda anda dimintain utang sm orang yg ga dikenal, pasti mikir 1000x, kl nunggak jg psti gmn cara biar duit balik, so tergantung sih, kl lancar ya psti ga ditagih2 kok

      17
      136
      • 15 Maret 2022 - (08:22 WIB)
        Permalink

        Ini gak baca langsung coment jadi gak nyambung…itu jatuh tempo masih dua hari lagi. Mestinya pemberi hutang sadar diri.bukankah batas waktu mereka yg memberikan..tapi blum sampe batas waktunya kenapa mereka belingsatan sendiri.khianat diri.tunggulah sampe batas waktu yg disepakati baru dilakukan penagihan.

        90
        6
          • 23 Maret 2022 - (23:56 WIB)
            Permalink

            Kita sumpahin bareng…..biar kelindes tronton angkutan 25 ton smua dc pinjol….modar siahhhhhh

            3
            1
      • 15 Maret 2022 - (08:24 WIB)
        Permalink

        Jangan dibiasakan pinjam uang, apalagi sama pinjol, hidup apa adanya, semampunya.

        29
        10
          • 15 Maret 2022 - (12:38 WIB)
            Permalink

            Jadi sudah dibayarkan mas ??

            5
            14
          • 21 Maret 2022 - (17:22 WIB)
            Permalink

            Sama saya malah tertipu dgn reksa dana pjman atas nama saya sdh sy lunasi tiba” Ada telp masuk dan ada dana masuk ke rek saya senilai 2.412.000, padahal saya tidak pernah mengajukan pinjaman lagi, dan setelah saya cek di aplikasi reksa dana nama saya sudah terdaftar sebagai peminjam di 4 pinjol dgn nilai pjman 5.100.000, dalam waktu 7 hari 😱mereka mengancam akan menyebarkan data saya dan mempermalukan saya , padahal saya ada bukti klo pihak reksa dana mentranfer dana karena kesalahan sistem 🤦‍♀️sy disuruh mengembalikan dana tapi di situ tertulis dana topup jelas ini penipuan lagi, sy gak akan tranfer uang itu sebelum nama saya yg terdaftar sebagai peminjam di hapus, dan saya akan membuat laporan kepolisian secara tertulis, utklaporan cyberpolri msh di proses,,,, mari teman ” Kita jgn takut utk lapor pinjol” Yg merugikan dan mencemarkan nama baik kita. Percuma jg lapor ke OJK karena gak akan ada hasil!

        • 15 Maret 2022 - (17:05 WIB)
          Permalink

          Sy yg tdk pernah berurusan aja di wa terus ama akulaku.. sy disuruh bayar. Dan selalu ganti nomer. Ak ajak kepolres tdk pernah mau. Besuk2 ganti nomer lain.. akukalu gimana ini??? Kita selesaikan dipolres aja. Sy bawa ktp. Situ bawa bukti..

          13
        • 16 Maret 2022 - (15:55 WIB)
          Permalink

          Dari kasus agan.,
          Saya jadi bertanya.,
          Apakah kerja dari OJK ???
          Ada juga beberapa kasus., temen saya punya 1 pinjol., dia bayar tepat waktu sebesar apapun bunganya.,
          Padahal dia tidak pernah sebar data., pinjol juga cuma 1 di hpnya.,
          Tapi darimana pinjol” lain spam WA ke dia menawari produknya ya.., 🤔🤔🤔
          Bukankah perlindungan data nasabah adalah hukum wajib.. 🤔🤔🤔
          Ataukah ada oknum tertentu untuk mencari cuan ,
          Apalagi punya agan yg belum jatuh tempo., diterror.,
          Pasti data agan sudah tersebar itu..

          12
        • 19 Maret 2022 - (15:16 WIB)
          Permalink

          Bener bang sama saya juga di tagih padahal Lum waktu ny jatuh tempo tolong dong kepada BPK polisi berantas sampai akar” ny apa LG yg nama ny pinjol pinjaman now , udh nyebarin kontak potongan ny gede Lum jatuh tempo udh di tagih , kasar maki” LG klo nagih

        • 15 Maret 2022 - (10:43 WIB)
          Permalink

          JANGAN PERNAH BERURUSAN DENGAN PINJOL ! ABAIKAN SAJA BILA ADA PENAWARAN YANG SEMANIS MADU, TAPI AKHIRNYA AKAN PAHIT … 😇 BUKANYA PINJOL SUDAH DIBERANTAS ???

          19
      • 15 Maret 2022 - (11:48 WIB)
        Permalink

        Sepertinya anda kurang budaya membaca … jelas2 sudah tertulis belum jatuh tempo , dan bukan karena menunggak. Kecuali kalo menunggak … mungkin akan beda cerita nya.

        11
        1
      • 15 Maret 2022 - (14:15 WIB)
        Permalink

        Kebiasaan ga di baca dulu,langsung comen jeplak.itu msh kurg 2 hr,plg tdk diingatkn bukan dgn kata2 kasar bawa2 binatang

        11
        1
      • 17 Maret 2022 - (04:04 WIB)
        Permalink

        pinjol salah lah. kt siapa ga salah. ga mungkin ga kenal sama yg diberi pinjaman. kan sudah dikasi tau nama peminjam sama alamat ada ktp, ada data pekerjaan, data ec. lagian blm jatuh tempo ud ky gitu nagihnya. kasian tuh DC nyari makan dengan cara gitu

      • 17 Maret 2022 - (18:55 WIB)
        Permalink

        Wah..ini dc nih,,***** lu..lu qlo cantumin kontak darurat orang konpirmasi dulu sama yg punya, orang yg pinjam gua yg di maki2 lu ..woyyy,,anak mane luh

      • 16 Maret 2022 - (18:50 WIB)
        Permalink

        Emang begitu kak semua pinjol. Dari H-3 / H-2 DC nagih suruh bayar hari itu juga. Padahal customer bayar bunga langsung 14 hari/30 hari. tapi H-2 jatuh tempo uda harus di bayar dan ga di kasih diskon. Apalagi kalau bayar pas hari H, bisa2 kena spam Whatsapp , Miscall.
        Cust balas dengan alasan belum jatuh tempo pun percuma, malah yang ada ribut sama dc ga ngotak. Mending di cuekin selama belum jatuh tempo. Cuma kalau pinjol ilegal bahasanya lebih parah tuh kalau nagih

      • 17 Maret 2022 - (03:59 WIB)
        Permalink

        kenapa ga pajang dengan jelas nama pinjolnya di judul nya. kan ud terlanjur disebarin jg datanya. biar malu sekalian tuh pinjol dan DC nya

  • 14 Maret 2022 - (17:42 WIB)
    Permalink

    Bukan Gila.. Tuh lintah darat online.. Makin banyak yg beroperasi gini.. Cuannya gede..

    25
    2
  • 14 Maret 2022 - (21:13 WIB)
    Permalink

    Yah klo sampai SDH di sebar data..nggak usah di bayar sekalian..saran saya tetap sesuai jatuh tempo saja klo blm sebar data.masalah dia mengancam memang begitulah pinjol ilegal,dan yg legalpun jg banyak yg seperti itu.jd tetap tenang,fokus bayar sesuai aplikasi..dan bayarkan jg melalui aplikasi..jangan bayarkan diluar nomor VA yg bukan di aplikasi apapun alasannya.

    25
    • 15 Maret 2022 - (01:13 WIB)
      Permalink

      Sy liat dia itu kayaknya anakan KSP Coinku Indonesia, sebelumnya KSP Coinku Indonesia Bersama. Setahu sy sudah di hapus oleh Satgas Waspada investasi. Sekarang ada lagi yang baru…. parah sih. Mati satu tumbuh lagi.

      Email dan alamatnya: 325dfsda@gmail.com
      JL. Kapten Piere Tendean Lt. 5 No. 27 A Kuningan Barat

      Gak ada nomor telpon kantor dan email asal.
      Lain kali kalau mau minjem harus tau latar belakangnya dulu. Kalau uangnya dari KSP (Koperasi Simpan Pinjam) jangan coba coba. Itu kalau mas nelpon, bisa jadi yg angkat dia dia juga.

      Saran saya buat penganduan ke mabes polri. Soalnya kasusnya itu mas enggak telat atau nunggak, jadi kasusnya lebih ke arah kejahatan cyber karena data mas sudah gak aman lagi, takutnya digunakan untuk kejahatan. Buktinya ya wa itu.

      26
      • 15 Maret 2022 - (14:27 WIB)
        Permalink

        Jangan dibayar kalau sudah sebar data
        Ini murni penipuan, bukan salah anda
        Lain kali kalau pinjaman online harap liat dulu rating bintang 1 nya di playstore supaya tau sisi busuknya para lintah darat ini
        Saya juga sedang berusaha nutup pinjaman online meskipun cuma 1 aplikasi, saya faham kenapa banyak yang kena jebakan pinjol karena memang bikin ketagihan
        Dan kalau yang belum pernah pakai pinjol, saya sarankan jauhi pinjaman online

        14
        1
    • 14 Maret 2022 - (22:30 WIB)
      Permalink

      Saya jg dlu sama percis sprti ini, disebarkan data di H-2 jatpo dan akhirnya saya ga bayarin dan g lama kemudian ada pemberitaan bahwa untuk pinjol ilegal stlh data kita disebar makan kita berhak untuk g bayar

      13
      • 15 Maret 2022 - (12:54 WIB)
        Permalink

        Coba cari di FB, buat ngerjain pinjol ilegal, ada kok grupnya, bisa pinjam buat bayar pinjol yg SDH dpt data kita.

        • 23 Maret 2022 - (23:59 WIB)
          Permalink

          Sumpahin bareng..biar dc pinjol kelindes tronton angkutan 25 ton…pas d kepalanya….modar pasti

    • 15 Maret 2022 - (09:41 WIB)
      Permalink

      Itu penipuan bang, bukan pinjol..

      klo abang bilang blom ad duit, nanti akan di arahkan ke pinjaman” lain’a oleh pinjol tersebut..

      lumayan tmn saya dapet 25jt nipu oknum” ky gtu.
      kuras dulu duitnya, infokan ke semua kontak bahwa abang kena penipuan dan hiraukan semua wa dari dc” pinjol.

      udh dpt banyak tinggal ganti hp bang, ga bakal itu dc berani datang ke rmh, knp? karena mereka sadar klo yg mereka lakukan itu penipuan berkedok pinjol..

      • 15 Maret 2022 - (20:33 WIB)
        Permalink

        Mantap!!

        Jadi skema nya lo maling uang maling?
        Ambil uang haram dari yg haram juga

        Cerdas sekali anda, anak anda pasti jadi orang hebat ntar nya

        2
        2
  • 14 Maret 2022 - (23:17 WIB)
    Permalink

    jangankan pinjol ilegal pinjol legal sja dcnya pada ga punya etika, pinjol kredit pintar pdhl ojk tpi dcnya sama gilanya dngn pinjol legal .,.. mudah”an para dc gila itu secepatnya d berikan azab..aamiin ya Allah🤲🤲🤲

    21
    1
    • 17 Maret 2022 - (04:08 WIB)
      Permalink

      betul tuh kredit pintar seperti itu nagihnya gila. saya alami jg. terakhir berurusan ama mereka lah…dan buat yg butuh duit catat pinjol2 yg tidak punya etika dalam nagih lebih baik jgn ada niat buat pinjam ke pinjol. walaupun kita ga ada niat telat tp buat jaga2 kondisi keuangan kadang ga nentu jd jauhi pinjol.

  • 14 Maret 2022 - (23:20 WIB)
    Permalink

    Sama persis dengan yang saya alami mas agong poernomo

    3 hari lalu juga seperti itu cara mereka menagih dengan kata” kasar dan mengancam

    Saya tahu saya punya kewajiban mengembalikan atas hutang tersebut

    Tapi cara menagihnya tolong menggunakan etika kita ini juga manusia yang bisa dibilang secara halus pasti kami mengerti

    Tolong ditindak lanjuti kejadian ini hanya membuat masyarakat resah

    14
    1
  • 15 Maret 2022 - (03:03 WIB)
    Permalink

    Itu ilegal, ga usah dibayar biar bangkrut, itu yg chat mas prempuan… saya pernah telpon langsung, bahasanya memang kurang ajar, karena emosi sy keceplosan bilang dia ” betina gendut tolol ” dia makin marah2 :(.

    Dan biasanya yg ilegal2 itu anak2nya dr yg legal :), makanya hampir ga ada bedanya mau legal atau ilegal kalau yg namanya pinjol, bedanya legal cuma iming2 OJK, OJK pun hanya sekedar LOGO fungsinya 🙂

    18
    2
    • 15 Maret 2022 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Sebelum minjem dicheck dulu gak ke ojk.. Liat appnya ada tulisan ojk langsung jalan. Jgn liat di appnya dipasang logo ojk tapi beneran di check ke ojknya. Kan ada wa ojk buat ngecheck ilegal apa engak.
      Kalo cara ngadapin pinjol ilegal uda banyak diatas koment. Pinjem di yang legal aja masih ada yang kasar apalagi yang ilegal.

    • 17 Maret 2022 - (04:10 WIB)
      Permalink

      betul sekali legal sama ilegal sama aja. intinya jauhi pinjol apapun. bener2 sesat

  • 15 Maret 2022 - (05:10 WIB)
    Permalink

    Saya heran sama penulis. Kan udah ribuan org jadi korban pinjol seperti ini. Tapi kok masih aja mau ambil pinjaman dgn alasan terpaksa.

    ya sudah tau resikonya kan lintah2 darat seperti itu

    7
    5
    • 15 Maret 2022 - (09:43 WIB)
      Permalink

      Disini saya positif thinking dulu karena ada logo OJK Bro, masa iya pemerintah lebih pilih lintah darat daripada warganya

      2
      2
  • 15 Maret 2022 - (06:11 WIB)
    Permalink

    Pinjol produk nya ksp semua, bermasalah semua, ilegal tipu2 kalau terdaftar di ojk. Yuk rame2 report di play store dan kasih bintang 1

    12
  • 15 Maret 2022 - (06:35 WIB)
    Permalink

    Lebih bagus lagi kita galang gerakan bersama melawan pinjol, mau legal maupun ilegal… Kita jadikan hari utang pinjol Nasional, jadi bareng bareng hutang ke pinjol, kemudian bareng bareng nggak bayar, biar mereka bangkrut dan minggat dari negeri ini

    30
    • 15 Maret 2022 - (08:58 WIB)
      Permalink

      Itu namanya maling pak. Ide bapak ide maling teriak maling. Ide menyesatkan. Kalau anti pinjol ya GK usah pakai pinjol. Itu lebih bijaksana.

      9
      3
      • 15 Maret 2022 - (09:44 WIB)
        Permalink

        Saya bukan maling, saya sudah ingatkan bahwa jatuh tempo saya masih 2 hari lagi. Beda cerita kalo saya tidak niat bayar

        3
        2
  • 15 Maret 2022 - (06:40 WIB)
    Permalink

    Kenapa mau pinjam aplikasi ga jelas begitu. Ke bank saja. Bukan iklan tapi saya pengalaman pakai jenius punya btpn itu pinjam ga pernah ditagih, kadang hanya diingatkan itupun sesekali, malah ngingetin kalau udah mau lunas apa ga pinjam lagi. Lebih rekomen urusan dengan bank deh, apalagi bank sekarang udah full aplikasi ga ada beda dengan pinjol tapi jauh lebih bermartabat dan tentunya bunga masuk akal. Apalagi kalau nominal kecil saya rekomen jenius sih.

    3
    4
  • 15 Maret 2022 - (06:49 WIB)
    Permalink

    Sama sekarang dgn saya alami, ini juga hanya coba coba pake aplikasi yeah dana. Padahal hanya isi data dan tidak bermaksud meminjam tapi tanpa ada konfirmasi mereka langsung mentransfer dana dgn 3 pinjaman sama seperti anda, dan diterorr

    Pinjaman 1,8 x 3 tenor 7 hari dgn potongan 660rb lebih per pinjaman
    Sebelum 7 hari sudah di ancam n diteror

    Saya sudah lapor ke OJK ciberpolri Kominfo sepertinya juga sama saja tidak ada tindakan

    • 21 Maret 2022 - (17:35 WIB)
      Permalink

      Nasib kita sama mb lebih baik laporan ke kepolisian secara lngsng aja, sampai sekarang dana yg sdh ada di rek sy msh sy biarkan tidak saya pakai sama sekali

  • 15 Maret 2022 - (06:52 WIB)
    Permalink

    Ya jd pelajaran aja jgn sekali2 pinjam ke pinjol apapun alasan nya…mending pinjem ke sdr atau temen trs qt lebihin pas dipulangin…kecuali kl mau kuras habis tu duit pinjol dgn pinjam ke semua aplikasi trs ngga usah dibayar sekalian…krn dc ****** sialan tu emang kaya gitu,cm berani ngancem sm gertak di telpon doank…disuruh kermh jg kaga berani🖕

  • 15 Maret 2022 - (07:06 WIB)
    Permalink

    Sdh bnyk korbannya tapi mereka tetap langgeng…
    Pihak ojk seakan tutup mata mengetahui pinjol2 kasar yg kasar seperti ini..
    Pihak dc pinjol yg bersangkutan juga seakan lupa diri bagaimana seandainya ibu anak atau saudara mereka yg diperlukan seperti ini..
    Yg berhutang pasti ada itikad baik untuk membayarnya bila diingatkan dng kata2 yg sopan …dan sesuai dng tanggal jatuh tempo…

  • 15 Maret 2022 - (07:32 WIB)
    Permalink

    Berhentilah transaksi riba!!!! Riba hanya akan membuat kalian sengsara dan celaka dunia dan akhirat!!!! Rosululoh saw bersabda : dosa yang paling ringan dari riba adalah sama dengan bersetubuh dengan ibu kandung sendiri!!! Berhenti riba sekarang

    9
    3
  • 15 Maret 2022 - (07:48 WIB)
    Permalink

    – saran: sebelum melakukan pinjaman online lebih baik dicek dulu legalitasnya di website OJK.
    – Pihak OJK ga ampuh buat berantas dc kasar, OJK lebih banyak santainya daripada basmi para depkol natal.
    – kalo dapat WA berisi ancaman dari depkol, langsung blok, biar capek mereka WA terus sama ganti ganti nomor

    2
    2
  • 15 Maret 2022 - (09:46 WIB)
    Permalink

    kalo pinjol gila berarti yg minjem disitu apa dong namanya??🤣🤣🤣

      • 15 Maret 2022 - (10:13 WIB)
        Permalink

        wkwkwkwk mental terzolimi langsung keluar padahal saya cuma bertanya kalo pinjol itu gila berarti yg minjem disitu apa??eh malah dibilang DC
        yg makan duitnya situ,yg nerima duitnya situ,ya harus terima resikonya apa yg jadi pilihan nya

        2
        7
          • 16 Maret 2022 - (17:28 WIB)
            Permalink

            wkwkwkwk keliatan orang frustasi nya semua yg kontra dibilang DC
            ya biasanya emang gitu si orang orang gagal kalo dikejar masalah bawaannya curiga mulu
            pasti kalo hp nya bunyi langsung panik padahal yg nelpon saudara sendiri 🤣🤣🤣

            padahal pinjol yg resmi ada banyak eh malah minjol yg ilegall
            ya siap terima resiko teror aja
            bae bae bang jangan sampe bunuh diri kalo diteror ama pinjol ilegall

  • 15 Maret 2022 - (09:46 WIB)
    Permalink

    sudah banyak yg komplein masalah pinjol tp masih banyak juga yg tertarik padahal konsekwensinya sudah jelas mau legal ilegal sama saja

    1
    1
  • 15 Maret 2022 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Ada gak sih pinjol yang legal sekalipun yang DC nya gak kasar, gak ngancam sebar data, gak nagih sebelum waktunya??? Serius tanya… Karena sejak aktif memantau MK ini saya jadi tau kaya nya semua pinjol gitu deh… Maka seharusnya peminjam sudah tau resikonya dan kalau gak mau “di begitu kan” Ya jangan pinjam apapun alasannya…

    • 15 Maret 2022 - (19:22 WIB)
      Permalink

      Ga ada kak kalo mengingatkan sudah dianggap menagih, soalnya semua pinjol setau saya H-3 udah mengingatkan malah ada juga pinjol yang dari H-7 udah ada notif tanggal pembayaran

  • 15 Maret 2022 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Tugas dc di apk ilegal ky gni bukan untuk mengingatkan, tapi untuk menjebak peminjam untuk meminjam di apk rekomendasi dari mereka(gali lobang tutup lobang) dng cara mengintimidasi, mengancam, dan meneror si peminjam..

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 95 komentar sampai saat ini..

Pinjol Gila, Belum Jatuh Tempo Sudah Ditagih dengan Kasar!

oleh agung dibaca dalam: 1 menit
95