Batas Waktu Proses Pengepakan Produk oleh Penjual di Shopee Terlalu Lama

Untuk Shopee, maupun e-commerce lainnya. Pengalaman terbaru dan saat ini terjadi, pembelian sebuah produk di Shopee. Pembayaran dilakukan tanggal 25 Maret 2022, tapi barang baru dikirim pada tanggal 28 Maret 2022. Sedangkan di chat bilangnya sedang proses pengiriman dari gudang.

Yang saya mau protes terhadap Shopee maupun e-commerce lainnya adalah, kenapa sistem dibuat lama-lama proses pengepakan produk? Seharusnya, pembeli melakukan pembayaran > penjual dikasih waktu maksimal 1 jam untuk menerima pembelian dari pembeli dari waktu pembeli sudah bayar > batas waktu maksimal 3 jam proses pengepakan > menunggu kurir.

Apalagi saya pesanan saya urgent, rice cooker rusak ketika pindahan. Kalau mengikuti prosedur seperti yang aku sarankan yang tadi jelaskan, mungkin hari ini sudah sampai atau paling besok sudah sampai.

Tolong untuk semua e-commerce, jangan merugikan pembeli dengan memberikan waktu yang sangat berlama-lama untuk proses pengepakan produk dari penjual. Masa iya, ngepak produk sampai 3 hari? Niat jualan?

Muhammad Fadillah Rezha Ferianto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:124    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

71 komentar untuk “Batas Waktu Proses Pengepakan Produk oleh Penjual di Shopee Terlalu Lama

  • 29 Maret 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Kalau urgen ya pakai kurir instan langsung dikemas gk perlu nunggu lama langsung di kirim

    36
    2
    • 29 Maret 2022 - (20:57 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya bisa nunggu sampai sekitar 4 hari, dari pembayaran di tanggal 25 Maret 2022 malam. Seharusnya tanggal 26, sudah di pack apalagi saya sudah chat penjual dan penjual jawab iya di kirim hari ini (tanggal 26) juga. Tapi nyatanya, tanggal 28 malam baru di kirim. 26, 27, 28, sampai 3 hari hanya packing seukuran rice cooker? Kalau saja real tanggal 26 di packing lalu di jemput kurir, mungkin barangnya sudah sampai di sini (Jakarta) di tanggal 28 atau 29 dari lokasi Gresik. Yang di komplain, bukan durasi lama di perjalanan (Gresik – Jakarta) tapi durasi di packing barang apalagi barang seukuran rice cooker. Kalau misalnya sedang libur, seharusnya jujur sedang libur, jangan bilang iya di kirim hari ini juga. Kek niat tidak jualan, nipu berbohong mau kirim hari ini (tanggal 26) pula. ๐Ÿ˜’

      3
      21
      • 30 Maret 2022 - (03:37 WIB)
        Permalink

        Bisa jadi anda dpt toko reseller, yg TDK menyediakan stok barang. Proses paking perlu waktu bukan 1 / 3 jam. Jika tgl 26 / 27 resi blum kluar kan bisa d batalkan. Klu sudah ada resi minta bukti foto/vidio paketannya.

      • 30 Maret 2022 - (08:17 WIB)
        Permalink

        Ya enggak bisa lah mas kalo 3 jam semua toko bakal komplain apalagi star seller. Apalagi expedisi reguler. Klo anda dapet 3 hari memang tergolong lama, persoalan bisa karena penjual atau karena memang pihak expedisi gagal pickup mungkin ada persoalan. Karena itu ada ulasan pembeli apakah keterlambatan itu banyak dikomplainkan pembeli atau enggak.

      • 30 Maret 2022 - (08:29 WIB)
        Permalink

        lha kenapa beli nya di gresik, sementara bisa nyari barang nya lebih dekat misal sekitar jabodetabek kalo urgent mah. kan bisa lebih cepat pengiriman dan kurir pick up nya instan ( gosend / someday )

        15
        • 31 Maret 2022 - (00:44 WIB)
          Permalink

          kalo beli online tapi pengirimannya ga instant kurir itu artinya ga urgent bray… pahami & teliti dulu sebelum bertindak apalagi bawa kata2 urgent ya keputusan yg diambil juga harus mencerminkan urgensinya juga. Beli nya juga kurang jauh bray, laen kali beli dari Beijing aja…

      • 30 Maret 2022 - (09:29 WIB)
        Permalink

        Saya juga penjual di shopee juga beberapa Market place lain, setiap hari ada ratusan pesanan, sering dapet pembeli yang model begini, pengen beli harga termurah cepet sampe dia pikir packing ga butuh waktu, kurir standby nungguin paket dari dia langsung diantar sama kurir yang ambil kerumah pemesan, saya cuma saran untuk pembeli yang pengetahuan market place nya kurang faham pelajari dulu pola kerja market place, kenapa waktu 3 hari. Coba anda bayangkan kalo 100pesanan dikasih waktu cuma 1jam? Gimana kalo 1000pesanan, yang pesan bukan anda doank, dan anda pesan pada Jumat sore, toko ada yang libur Sabtu Minggu ada yang libur Minggu saja, jadi orderan di proses Senin pagi packing sambil nunggu kurir jemput di Senin sore. Kalo mau langsung dapat silahkan ke toko / pasar terdekat.
        Owh iya tanggal 25 itu shopee lagi event SMS (gajian) gratis ongkir bisa jadi orderan anda terdampak membeludaknya pesanan. Karna shopee dan tokped lagi gratis ongkir.

        45
        2
      • 30 Maret 2022 - (09:46 WIB)
        Permalink

        Owh saya baru baca ternyata anda sudah chat penjual, ini masalah toko yang kurang konsisten, apalagi sudah ajukan pembatalan tapi ditolak.

        Maaf kalau balasan sebelumnya ada yang salah, karna informasi ini malah adanya dichat, bukan di artikel,

        Saya cuma menyoroti pernyataan artikel anda
        “Yang saya mau protes terhadap Shopee maupun e-commerce lainnya adalah, kenapa sistem dibuat lama-lama proses pengepakan produk? Seharusnya, pembeli melakukan pembayaran > penjual dikasih waktu maksimal 1 jam untuk menerima pembelian dari pembeli dari waktu pembeli sudah bayar > batas waktu maksimal 3 jam proses pengepakan > menunggu kurir”

        Kaka yang terhormat permintaan anda sangat tidak memungkinkan untuk kami penjual terutama untuk penjual yang orderannya sudah banyak dan gudang packing terbatas. Kalo ada orderan terutama pas event gratis ongkir kaya tanggal 25 itu saya packing bisa 3000-7000pesanan packing siang malam 6orang x 2 shift aja butuh waktu 3hari kadang lebih. Mau tambah orang tempat sudah tidak memungkinkan.

        Semoga jadi pelajaran bagi kami, juga bagi penulis jangan order via MP kalo urget. Atau gunakan pengiriman instan karna setiap penjual ingin segera kirim barang biar cepet jadi uang, tapi packing dan kirim pasti butuh waktu.

        17
        1
      • 30 Maret 2022 - (09:48 WIB)
        Permalink

        Udah tau pakenya buru2 maksa beli lewat online,kalo mau cepat beli offline aja lgsg ke toko,beli online resikonya ya lama

      • 30 Maret 2022 - (14:06 WIB)
        Permalink

        Di market place ada namanya reputasi toko, dan pilihan expedisi dengan estimasi yg di mau. Reguler/economy mintak cepat yah. Pedagang palingan nyuekin yah kak. Shopee 2×24 jam terima orderan toped bl 1×24 jam untuk reguler masih kurang? Saya jg pedagang jadi paham dah ๐Ÿ˜

      • 30 Maret 2022 - (20:35 WIB)
        Permalink

        Halo, teknis packing dan pengiriman itu hanya penjual yg tahu. Belum pernah ya ngrasain order masuk ribuan. Itu perlu ketenangan, teliti agar semua orderan sesuai. Kalau cuma minta waktu 3 jam. Waduhhh bisa ketukar tukar tuh paket. Shopee dan ecommerce itu sudah tepat dg memberikan waktu karena mereka orang2 ahli dalam menentukan kebijakan. Kalau 3 jam waktu proses seperti simsalabim ya kacau semua dunia online shop

      • 30 Maret 2022 - (20:58 WIB)
        Permalink

        Jika kamu nggak berduit dan nyari barang murah..ikutilah aturan nya..sudah paham belum bro..kalau marketplace kasih waktu pengemasan buat penjual..
        Aku malah kasihan sama penjualnya..pasti kena teror chat.. aku pribadi kalau ketemu pembeli seperti ini..tidak akan saya kirim..serem kan ..karakter orang beginian dilayani..begitu sampai pasti kasih bintang 1.. dah pasti karakter beginian nyusahin doang..mending skip..untung nggak seberapa ..tapi dapet pembeli beginian..Catet penjual”..alamat pembeli..supaya klean waspada

      • 30 Maret 2022 - (21:51 WIB)
        Permalink

        klo mau cepet mah beli di toko offline aja bu
        yg beli di seller itu kan bukan anda doang
        yaelah

      • 31 Maret 2022 - (01:16 WIB)
        Permalink

        Kalau seperti anda tuliskan di artikel anda . Maka penjual atau karyawan tidak usah tidur lagi . Masa diberikan waktu maksimal 1 jam hanya untuk menerima pesanan ? 3 jam proses packing ? Ada pikir pakai otak gak ? 24 jam gak usah tidur gak usah makan gak usah ngapain , hanya bikin paket orang , diri sendiri gak diurus ? Emangnya pembeli cuma kamu seorang , kamu tahu gak dalam 1 jam mungkin pesanan masuk sangat banyak , atau si penjualnya itu pemula semua urus sendiri dari packing dan lainnya . Penjual emangnya gak usah urus lain ? Hanya urus pembeli yang mau cepat tapi gak mau pakai jasa kirim instant ?

        Mohon yah meskipun pembeli adalah raja . Tapi jadi seorang pembeli itu jangan EGOIS . Hanya mau menang sendiri pikirin diri sendiri. Pikirkan apa yang sedang terjadi di pihak penjual.

        Kalau anda gak pernah jadi penjual online sungguhan gak usah sembarang bicara pakai teori , praktekkan saja anda . Seperti di artikel yang anda tulis , menerima pesanan maksimal 1 jam , packing 3 jam .
        Apa anda tahu ada pembeli yang order di jam 12 malam ? Atau jam 1 pagi subuh ?

    • 30 Maret 2022 - (08:26 WIB)
      Permalink

      sabar aja mas mungkin tokonya banyak pesenan…sehingga butuh waktu untuk ngepak barang.Saya juga seperti itu contoh pesen sekarang pengiriman 3 atau 4 hari kedepan

    • 30 Maret 2022 - (09:50 WIB)
      Permalink

      Bisa langsung beli di toko fisik biar milih langsung bayar langsung bawa langsung. Tokoonline semua juga lama

    • 30 Maret 2022 - (21:39 WIB)
      Permalink

      Semakin lama dikirimkan barangnya, semakin lama uangnya mengendap di e-commerce. Tutup mata lah e-commerce nya.
      Pahamkan maksud saya๐Ÿ˜

  • 29 Maret 2022 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Semua ecommerce juga gitu, dikasih waktu proses beberapa hari untuk packing dan kirim. Ga mau nunggu lama ya pilih yang kurir instan, sebelumnya juga wajib chat penjual dulu. Stok ready dan bisa dikirim hari ini juga ?
    Ga sampai sejam juga udah nyampai kalau cara gitu. Semoga bermanfaat infonya

    • 29 Maret 2022 - (21:07 WIB)
      Permalink

      Aku bayar di tanggal 25 malam (sekitar pukul 10 malam), besoknya aku chat kapan mau di kirim? Di jawab, “Jangan takut, hari ini (tanggal 26) juga di kirim.”. Tanggal 27 chat lagi, di jawab sedang proses pengiriman dari gudang tapi di lacak tetap kurir belum menerima barang dari penjual. Tanggal 28 di chat lagi, bilangnya mohon menunggu karena sedang proses pengiriman dari gudang. Pas saya cek lagi, tanggal 28 malam baru di kirim. Kan bikin geram, segitu lamanya packing (dari tanggal 26 – 28) barang seukuran rice cooker? Saya tidak komplain di durasi pengiriman, tapi komplain di durasi untuk packing barang. Misal ente bayar tanggal 25 malam, besok ente chat ane tanya kapan barang di kirim? Ane jawab hari ini (tanggal 26), tapi nyatanya barang belum di packing juga. Yakin tidak kesel? Besoknya tanggal 27, begitu juga sampai tanggal 28 dengan janji-janji barang sedang proses pengiriman dari gudang. Masih tidak kesel? Hebat kalau tidak kesal ๐Ÿ˜‚ Sudah di ajukan pembatalan sebelum di kirim penjual (tanggal 27 sudah mengajukan pembatalan), tapi di tolak penjual. ๐Ÿคฃ

      10
      • 29 Maret 2022 - (21:18 WIB)
        Permalink

        Kalau pnjual ingkar kirim ya sebetulnya bisa dicancel lewat CS, screenshot chat waktu dia bilang bisa kirim kpn. Hub CS tunjukan chat itu, biasanya langsung dicancel kok. Semoga jadi pmbelajaran aja lain kali.
        Sekali lagi kalau urgent cari yang sekota, pakai instan. Hampir pasti aman soalnya dikirim hari itu juga.

        • 29 Maret 2022 - (23:08 WIB)
          Permalink

          Sudah, komplain via DM di Twitter tapi si CS cuma bisa bilang menunggu. ๐Ÿ˜‚ Masa iya, nunggu packing barang sampai 3 hari. ๐Ÿคฃ Karena komplain ke CS (di sertai capture) tidak ada efek, ya sudah komplain ke Media Konsumen. Saya cuma berharap, semoga semua e-commerce kedepannya tidak memberikan waktu berlama-lama apalagi sampai berhari-hari untuk packing barang kepada penjual. Ada di batasi waktu, misalnya berapa lama untuk packing. Misalnya oleh sistem di batasi 8 jam untuk packing, jika lebih dari itu tidak di kirim, otomatis sendiri akan batal. Saya ambil contoh beli kebutuhan kucing misalnya obat pembersih telinga kucing, beli langsung di kantor pusatnya di Semarang. Bayar malam ini, besok di packing lalu di kirim ke Jakarta, lusanya sudah sampai ke saya. Contoh kejadian sekarang, Gresik – Jakarta cuma 3 hari. Kemarin malam di kirim, malam hari ini sampai ke Jakarta, besok sudah di tempat saya. Jadi, bukan masalah di perjalanan tapi di lamanya packing barang.

          2
          13
      • 30 Maret 2022 - (03:42 WIB)
        Permalink

        Itu penjual hanya mengharapkan cuan az. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ TDK memikirkan buyer.

        1
        4
    • 30 Maret 2022 - (08:23 WIB)
      Permalink

      Dropshiper kali toko tempat anda beli, kadang ngeselin sih kalau dapat toko begitu, saya pernah juga beli ke toko seperti itu, pas kita butuh barang cepat tapi nggak di kirim kirim, mau beli lagi tempat lain nggak bisa karena kalau sdh di konfirmasi biasanya ribet batalin nya, jadi ya sabar sabar aja

  • 29 Maret 2022 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Jauh2 amat beli rice cooker dari Gresik. Di penjual lokasi Jakarta kan jg banyak dan tinggal pakai sameday. Jauh2 kan jg resiko penyok

    5
    1
    • 29 Maret 2022 - (22:26 WIB)
      Permalink

      Awalnya juga di lema, apa beli model rice cooker biasa tapi di Jakarta atau mencoba model Panci Elektrik Teflon Serbaguna yang belum pernah di beli (karena sebelumnya selalu beli rice cooker yang model standar) tapi lokasinya di Gresik. Apalagi, sudah di pakai asuransi barang, jadinya tidak begitu masalah beli yang jauh. Yang aku komplain, bukan berapa lamanya di perjalanan tapi lamanya si penjual packing barang selama 3 hari. Tanggal 28 malam di kirim dari Gresik, tanggal 29 (hari ini) sudah masuk Jakarta, paling besok sampai ke tempat saya. Kalau paginya tanggal 26 si penjual sudah packing lalu tunggu jemputan kurir, pasti kemarin sudah sampai di saya. Tanggal 26 di kirim dari Gresik, 27 sudah sampai di Jakarta, 28 sudah sampai di saya. Lebih cepat pengiriman, daripada durasi packing barang. ๐Ÿ˜‚

      1
      5
  • 29 Maret 2022 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Yaelah bu, emang yang beli ditoko sana ibu saja? Emang packing barang 5 menit? Dikira buka online shop yg jual santai2?
    Kalo urgent ga usah beli dimarketplace bu, langsung aja kepasar, mahal dipasar?? Resiko, mereka bayar sewa toko dlll, murah di marketplace, resiko waktu di pembeli. Sudah ya.

    12
    2
    • 29 Maret 2022 - (22:51 WIB)
      Permalink

      Saya bukan jadul, bukan orang yang baru beli di e-commerce. Saya setiap beli di e-commerce,bayar tiap malam agar besok pagi atau siang di packing si penjual lalu di kirim. Dari semua pengalaman saya beli di e-commerce, ada 2x yang lama. 1x pernah beli nomor perdana, tapi si penjual jujur bilang sedang di luar dan menanyakan balik ke pembeli “Apa mau menunggu?”,itu saya terima karena si penjual sudah berkata jujur (akhirnya saya menunggu si penjual balik dari luar kota sampai transaksi berhasil). Kejadian 1nya ini, kejadian yang sekarang di alami tapi si penjual berbohong dengan janji-janji mau di kirim. Saya tidak menyuruh si penjual lekas packing barang, ketika saya sudah bayar. Maksudnya gini, saya bayar pukul 22:00,saya tidak menyuruh si penjual langsung packing barang di pukul 22:00 juga. Saya juga punya otak kali, masa iya bayar pukul 22:00tapi langsung minta di packing barang pukul 22:00 juga. Tapi tidak punya otak juga, ketika pembeli sudah tanya kapan mau di kirim (tanggal 26) tapi malam si penjual yang ngegas “Jangan takut, barangnya di kirim hari ini (tanggal 26) juga.”. Tanggal 27 aku chat penjual, kapan mau di kirim? Di jawab, sedang proses pengiriman dari gudang. Aku mengajukan pembatalan, di tolak. Tanggal 28 aku chat lagi, kapan mau di kirim? Di jawab, sedang proses pengiriman barang dari gudang. Pas mau tidur di tanggal 28 malam, aku cek histori pengiriman barang, baru di kirim dari Gresik ke Surabaya. ๐Ÿ˜‚ Tanggal 29, aku cek sudah sampai ke Jakarta. Lebih cepat pengiriman barang, dari pada proses pengepakan / packing barang. ๐Ÿคฃ Gresik – Jakarta, jarak ratusan KM cuma 3 hari. Packing barang, apalagi seukuran rice cooker, bisa sampai 3hari juga. ๐Ÿคฃ Nah, yang saya komplain ke semua e-commerce adalah jangan memberikan waktu yang berlama-lama apalagi sampai berhari-hari untuk packing barang. Maksimal 8 jam proses pengepakan / packing barang, dari waktu penjual konfirmasi menerima pembelian dari pembeli. Misal pembeli bayar pukul 22:00 > penjual di kasih waktu misalnya maksimal 8 jam untuk menerima atau menolak dari pukul 22:00 > misal penjual konfirmasi pembelian barang di pukul 02:00 (anggap saja si penjual sedang terbangun mau pipis atau mau sholat tengah malam), nah penjual punya batas misalnya 8jam dari pukul 02:00 barang sudah selesai di packing. > pukul 10:00 sudah ready di jemput kurir. Bukannya cuma bilang iya hari ini juga di kirim, atau bilang sedang proses pengiriman barang dari gudang. Kalau sedang proses pengiriman, otomatis muncul di histori pengiriman.

      • 30 Maret 2022 - (08:32 WIB)
        Permalink

        Kalau memang urgent ya mending beli yang di deket rumah aja langsung bisa di pake, kalo harus online kan memamakn waktu beberapa hari, apalagi ni yang punya toko kaya orang nggak niat jualan proses barang butuh waktu ber hari hari, kalo saya setuju dgn mbak nya.

      • 30 Maret 2022 - (20:45 WIB)
        Permalink

        Kalau saran anda dituruti minta 8 jam maka bisa dipastikan banyak orderan akan batal dan terjadi kekacauan massal. Ada jam kerja bos, order masuk jam 22.00 malam terus minta jam 10.00 selesai packing..aduh2 kalau order ribuan atau pas event ya kacauuuuuu…jika jam kerja mulai jam 08.00 maka packing 1.000 paket gak mungkin 2 jam boss.. nah ntr pasti bilang ya karyawanya 1.000 haha makin kacau kalau diturutin..

    • 30 Maret 2022 - (00:52 WIB)
      Permalink

      Packing barang ga 5 menit tp 3 hari ya. Semua pembeli pun kalo tokonya bgtu jg pasti akan geramlah.

      • 30 Maret 2022 - (02:33 WIB)
        Permalink

        Nah, malah lebih cepat durasi pengiriman Gresik – Jakarta (ratusan KM) daripada durasi packing. ๐Ÿ˜‚

  • 30 Maret 2022 - (01:30 WIB)
    Permalink

    Ikut menjawab ya,,,pas tgl 25 3.3 pokoke pas lagi promo di marketplace manapun diperkirakan pesanan membludak naik bisa diatas 100% hingga tak terhingga saya pernah nyampe 10 kali lipat atau 1000%,,, contoh harian 100 paket bisa melonjak hingga 500-1000 paket dengan tukang kemas yang biasanya ,2 orang cuma nambah ,1 orang,,, iya terutama shopee parah belanja 500 perak saja gratis ongkir,,, 10.000 paket di bungkusin satu persatu yg nominalnya cuma 500 perak apakah bisa dibayangkan,, apakah mampu kita memperkerjakan orang untuk di bayar dengan keuntungan 10% dari 500 perak itu,,,
    untuk kasus ibu ini barangkali seller bisa jadi kehabisan stock, atau kesqlahan teknis seperti sistem eror tidak bisa print,, kurir overload,,, barang tertukar antar ekspedisi,,,karna biasanya 1 seller bisa punya banyak toko saya sendiri ada 5 toko dan stocknya jadi 1 gudang, kenapa karna yg mana yg bisa laku ya kita deal,, toh marketplace pembelinya tidak loyal semua cuma pilih yg termurah,kita jual 500 besok ada turunin450 eh pembeli pindah,, buat apa kita nimbun stock di 1 toko,, bisa juga laku di offline,,, karna ssya jugA melayani offline bahkan partai grosir,,, klo online beli 1 biji minta harga termurah ,, klo offline kasih harga promo langsung di borong toko pelanggan (saya grosir nyuplai toko2 kecil2),,,
    Saran saya klo beli online jangan urgent, butuh memdadak baru beli,karna bisa jadi ada kesahan penjual,, ekspedisi,, sistem dll
    Klo beli online karna murah atau memang susah nyari di offline mending pesan uda diemin aja,, nanti klo sekiranya penjual tidak mampu kirim juga di batalkan,, klo penjual mampu kirim entah kehabisan stock nunggu suplier dll
    Ohya suplier itu biasanya seperti toko order sama sales biasanya juga datang 3 harian sejak pesan aama salesnya
    Cari murah minta cepat belanja sedikit nunggu gratis ongkir dan cashback ya pelanggan shopee rata2 .. klo marketplace lain pembelinya biasanya sabar,,,
    sekian curhatan saya

    17
  • 30 Maret 2022 - (02:20 WIB)
    Permalink

    Sistem market place 3 hari msh standar sy pernah seminggu baru dikirim ditoko ijo official kalo sdh diproses penjual tdk bisa dicancel percuma hubungi adm juga, paling cuma ksh rating jelek kalo kurang puas dgn pelayanan toko sbg pengalaman aja kalo urgent beli pake instan/sameday karna waktu kirim mak. 2×24 jam

    1
    2
    • 30 Maret 2022 - (02:42 WIB)
      Permalink

      Nah, itu yang saya mau komplain ke semua e-commerce agar tidak memberikan waktu berlama-lama apalagi sampai berhari-hari. Misalnya 5 jam atau maksimal 8 jam untuk packing barang, sudah wajar menurut aku. Tapi kalau berhari-hari untuk packing, tidak wajar. Kalau penjual ada keperluan misalnya dalam keadaan duka, bisa di matikan dulu dagangannya agar pembeli tidak bisa membeli / melakukan transaksi. Atau kejadian ketika beli nomor perdana di e-commerce hijau, si penjual di awal memberi tahukan sedang di luar kota dan bertanya ke pembeli apa mau menunggu serta memberikan opsi di cancel saja jika pembeli mau mendadak. Kan enak seperti itu, pembeli merasa nyaman. Selama aku beli via e-commerce, ini proses packing paling lama dengan janji-janji sedang proses pengiriman dari gudang. Entah gudang apa ๐Ÿ˜‚

      • 30 Maret 2022 - (14:54 WIB)
        Permalink

        Saran juga ni buat penulis mendingan nggak usah beli di e-commerce dah daripada gara gara pengalaman buruk dengan salah satu toko online ngeluh dan ngasih saran yg membebani karyawan packing toko yg terkadang tanpa event aja orderannya perhari udah ribuan+ yg masuk. Belum lagi kalau event. Ribet juga nyesuaiin bagi yg punya toko online kalau orderan masuk memiliki batasan maksimal dalam jam bukannya hari.

        Kebetulan saya pernah kerja di toko online bagian packing. Sehari aja dikasih deadline packing perorang bisa 400+ paket kalau event. Itupun bisa sampai overtime waktu kerja.

        • 31 Maret 2022 - (00:59 WIB)
          Permalink

          ini komentar yg mantap. Jangan di generalisasi, tidak semua toko online seperti itu, ini gara2 pengalaman buruk di satu toko malah minta ke shopee ubah sistem. Paham keuntungan belanja online harus di imbangi dengan paham resiko belanja online…

          • 31 Maret 2022 - (06:56 WIB)
            Permalink

            Saya hanya ingin menanggapi soal saran lama maksimal paking 3-8jam. Coba penulis memposisikan diri sebagai seller yang menerima orderan 1 hari 100 pesanan, ato 50 pesanan sajalah, yang tiap orderan bisa beragam macam dan jumlah per barang. Kalau di berikan waktu maksimal 8 jam untuk paking, apa anda yakin bisa menyelesaikan 50 pakingan dalam 8 jam?
            Klo saya sendiri, angkat tangan bila harus paking pesanan maksimal 8 jam. Saya sendiri pernah menjual 1 barang (biasanya hanya menjadi pembeli) lewat MP, proses paking sampai ke update pengiriman otomatis oleh kurir(tidak lewat request jemput barang oleh kurir) memakan waktu kurang lebih 3-4jam. Krna saya harus mengatar barang ke drop point kurir yg agak jauh. Itu hanya 1 barang saja dan jika di lakukan oleh 1orang saja. Bayangkan jika ada 50 pesanan dan batas maksimal 8 jam? Angkat tangan saya, gak mampu.

      • 30 Maret 2022 - (20:59 WIB)
        Permalink

        Menurutku pembeli ini aneh2 aja dan gak relevan usulnya kepada marketplace, bahkan usul yg cenderung ngawur, tidak paham teknis jualan online.
        Kalau mau komplain soal penjual silakan itu hak anda.

        Tapi kalau usul konyol proses 8 jam itu ngawurrr sekali. Nah pendapat2 ngawur tanpa logika dan nalar yg jernih seperti ini yg membuat orang lain dan situasi makin kacau.

  • 30 Maret 2022 - (03:19 WIB)
    Permalink

    1. Status paket kamu pada 2022-03-28 18:28:59, di SIDOARJO, Paket telah diterima oleh KRIAN

    2. Status paket kamu pada 2022-03-28 19:05:17, di SIDOARJO, Paket akan dikirimkan ke DC_CENTERPOINT

    3. Status paket kamu pada 2022-03-28 20:23:37, di SIDOARJO, Paket telah sampai di DC_CENTERPOINT

    4. Status paket kamu pada 2022-03-28 22:32:02, di SIDOARJO, Paket akan dikirimkan ke SUB_GATEWAY

    5. Status paket kamu pada 2022-03-28 23:43:45, di SURABAYA, Paket telah sampai di SUB_GATEWAY

    6. Status paket kamu pada 2022-03-29 00:05:13, di SURABAYA, Paket akan dikirimkan ke JKS_TRANSIT_CENTER

    7. Status paket kamu pada 2022-03-29 18:52:32, di JAKARTA, Paket telah sampai di JKS_TRANSIT_CENTER

    8. Status paket kamu pada 2022-03-29 19:33:45, di JAKARTA, Paket akan dikirimkan ke JAT_GATEWAY

    9. Status paket kamu pada 2022-03-29 21:39:01, di JAKARTA, Paket telah sampai di JAT_GATEWAY

    10. Status paket kamu pada 2022-03-29 23:44:38, di JAKARTA, Paket akan dikirimkan ke TEBET

    11. Status paket kamu pada 2022-03-30 00:19:19, di JAKARTA, Paket telah sampai di TEBET

    12. Status paket kamu pada 2022-03-30 02:06:50, di JAKARTA, Paket akan dikirim ke alamat penerima

    Ketik *1* Untuk Kembali ke menu sebelumnya (Masukkan No. Resi)
    Ketik *0* Untuk Kembali ke menu utama

    • 30 Maret 2022 - (21:25 WIB)
      Permalink

      Klo ngasih info di media konsumen yang jelas jangan hanya tanggal 25 ( jumat ), jam berapa dan hari apa juga harus jelas, klo order sudah diatas jam 10 malam itu bukan hitungan tanggal 25 bagi seller, biasanya seller proses di hari kerja Senin-Jumโ€™at seller juga manusia tidak selamanya pelototin HP, perlu ISTIRAHAT, perlu PIKNIK, perlu kumpul dengan KELUARGA. Menurut ane saran-saran ente itu konyol dari proses sampai pengiriman ( cobalah ente berjualan online ) Tetap SEMANGAT untuk SELLER

  • 30 Maret 2022 - (03:32 WIB)
    Permalink

    Saya ga begitu respect sama shopee memang payah pengpakan seller bgt lama.
    Saya kl mau beli grosiran bila sellernya ada di shopee, sy liat dl apakah di tokped/bukalapak ada atau engga. Kalo gak ada sy suruh buka dl tokped/bukalapak . Kl dianya gak mau ya udah mending beli di tokped/bukalapak walau hrg agak tinggian dikit gpp asal ada kepastian durasi paking 2×24 jam.
    Kl pun batal otomatis ya dana balik lagi ke saldo dan lngsung bisa ditarik ke rekening.
    Kalo shopee jg sama tp pas mau transfer ke rek ditanya ktp & selfie. Bilang aja mau curi data pembeli, modus banget buat kemanan. Padahal keamanan shope amburadul.

    1
    1
    • 30 Maret 2022 - (08:09 WIB)
      Permalink

      Wah, yakin kalo ditanya KTP mau curi data. Setahu saya semua petukaran uang antar penyelengara diwajibkan oleh regulasi untuk memberikan data diri untuk menghindari tindakan pencucian uang. Baik dana, gojek, ovo, dan semua dompet digital mengharuskan KTP data diri untuk bisa transfer ke rekening lain penyelenggara

      • 30 Maret 2022 - (09:14 WIB)
        Permalink

        Lah kocak ANDA pertanyaan orang kenapa ngak di jawab bu, kalau emang butuh urgent kenapa ngak pilih saler yang di sekitar jabodetabek aja pilih pengiriman sameday? (Kelar kan masalahnya) orang ngak mau tau anda dilema mau beli panci atau teplon atau rice cookers๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…, anda terlalu berbelit dan buat susah diri sendiri.
        Kalau anda mau ecommerce yang pengiriman nya cepat BIKIN SENDIRI BU!, toh waktu 3 hari masih dalam batasan pihak ecommerce kan?

        Ini contoh customer yang ngak tau diri belanja ngak seberapa maunya di layani kayak raja๐Ÿ˜‚

        10
  • 30 Maret 2022 - (08:08 WIB)
    Permalink

    Begini y mba nya….namanya penjual itu bukan hanya melayani 1 pembeli, tapi ada banyak pembeli yg dilayani dlm 1 hari. Karena rata2 mereka g hanya punya toko di shopee, tapi juga di e commerce lain. Apalg mba nya pesan pas di saat event. Yg mana memang seluruh penjualan di semua e commerce terjadi lonjakan. Selain itu… yg diberi tenggang wktu bukan hanya pihak penjual. Pihak pembeli pun juga diberikan waktu 3×24 jam sejak barang diterima, untuk konfirmasi pesanan dan melepaskan uang ke penjual. Dan sangat banyak kejadian, pembeli selalu minta pesanan nya diutamakan, sedangkan saat barang sdh diterima, pembeli tidak langsung melepaskan dana pd penjual. Pdhl penjual juga butuh uang nya utk diputar kembali. Jd kalau g mau menunggu lama y lbh baik pesan yg bs dikirim instan, atau beli langsung di toko offline. Pembeli juga harus paham plus dan minus belanja online.

    14
  • 30 Maret 2022 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Kenapa Batas waktu sampai 3 hari ?…
    ya tidak semua seller nyantai….

    kadang ada jg seller yg ordernya membludak…

    klo di kasih batas waktu beberapa jam..
    kemungkinan seller yg punya ordernya membludak akan terjadi cancel otomatis dalam jumlah banyak….

    masih mending sekarg di kasih waktu 3 hari…

    dulu awal awal ada e-commerce itu ada yg sampai 1 Minggu,
    dan input no resi Manual… jadi banyak seller yg sengaja masukin no resi ngasal dulu. spy tidak di cancel customer pesanan nya ….

  • 30 Maret 2022 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Pintar pintar kita aja sebenearnya kalau belanja online kalau butuh barang urgent saya cari toko yang bisa dijangkau kurir instant dan chat seller pastikan bisa kirim hari ini tidak dan jelaskan kenapa harus dikrim di hari itu kalau sudah ada konfirmasi dari seller baru pesan,karena aturan pengemasan marketplace 3 hari saya disesuaikan dengan resiko yang akan timbul

  • 30 Maret 2022 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Bantu jawab juga ya gan
    orderan yg membludak pada hari event seperti akhir bulan/awal bulan. Tidak hanya menyibukkan seller, tapi yg paling kena imbasnya adalah pihak ekspedisi. Agent ekspedisi biasanya harus lembur mengerjakan paket2 pada hari event, sehingga bisa jadi paket tersebut harus pending/terlewat (human error).

    Pengalaman pribadi dulu saat jaman harbolnas agent ekspedisi itu tumpukan paketnya sudah sampai keluar kiosnya krn saking menumpuknya dan tidak ada tempat. Jadi mohon harap maklum, yg dikerjakan tidak hanya 1 paket saja. Kalau memang urgent bisa pake instant/sameday/offline/nextday. Biasa paket yg nextday dapat prioritas dikerjakan dulu oleh pihak ekspedisi

  • 30 Maret 2022 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Beli tgl 25 malam, berharap keesokan hr bisa dipacking dan dikirim? Gak bisa gitu ferguso, masih ada freeong alias acara masih belum usai, dipastikan pesanan masih membludak. Lagian kalau urgent ya lebih baik pilih instan, atau beli di pasar. Semua ada plus minusnya, tinggal anda mau nerima risiko yg mana.
    Masalah seller bilang akan kirim hr ini, bisa jd paket anda tdk sempat dipickup kurir atau ketlisut. Karena saya punya pengalaman seperti ini, udah janjiin ke pembeli akan dikirim di hr yg sama, pas barang telah dibawa kurir, status belum berubah sampai esok harinya. Dan kebetulan dpt pembeli yg cerewet, nuduh saya belum mengirim paket tsb. Setelah saya datangi counter kurir yg pick up, ternyata di sana sedang membludak antrian paketnya, dan paket saya nyempil di antara paket yg lain.
    Jd banyak kemungkinan yg terjadi, apalagi tgl 26 sudah memasuki weekends di mana ekspedisi maupun toko ada yg libur.
    Seharusnya sebelum anda memutuskan order di marketplace, anda memperhitungkan plus minusnya. Saya jg sering order keb rumah tangga di marketplace, jika urgent dan takut rusak, saya bakal pilih yg terdekat dan pilih pengiriman instan meskipun harganya lebih mahal.
    Untuk masalah packing yg anda mengusulkan hitungan jam, sangat sangat sangat tidak mungkin, kecuali pembeli mau barang dikemas ala kadarnya (di mana barang tsb akan rawan rusak) ya tdk apa-apa ๐Ÿ˜Š

  • 30 Maret 2022 - (11:02 WIB)
    Permalink

    Kalau ketemu Seller lelet, mending pake Ekpedisi kargo aja biar gak kecewa seperti JNE Truck, SiCepat Halu… dll.. ๐Ÿ˜

  • 30 Maret 2022 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Begitulah kalo belanja di sioren, lama proses checkout butuh waktu 2-3 hari baru keluar resi id, terkadang resi id keluar tapi barang belum terkirim.
    Berbeda dg platform yg lain, begitu chek resi bisa terlihat perjalanan paket.

    Belanja di toko yg sama di 2 platform berbeda, pasti di sioren lebih lambat checkoutnya.

    Dari pengalaman tersebut, akhirnya saya hapus dan say goodbye ke sioren

  • 30 Maret 2022 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Anda beli pakai kurir apa?
    Kalau mau cepat, pakai kurir instan. Pasti masuk prioritas, proses pengemasan juga lebih cepat dikasih waktu oleh sistem.
    Tapi kalau masih pake kurir reguler apalagi hemat, plus voucher gratis ongkir dan cashback pula, gausah banyak omong berharap penjual respon cepat. Sesuai urutan di packingnya, anda mau cepat, anda harus punya uang lebih, anda bokek apalagi mental gratisan, ya sabar ngantri. Gasuka belanja online? Beli di toko langsung, siapa tau bisa dapat cashback kalau bayar pakai ShopeePay, kocak. Pembeli adalah raja, tapi raja tak pernah perhitungan soal duit.

      • 30 Maret 2022 - (21:21 WIB)
        Permalink

        Klo ngasih info di media konsumen yang jelas jangan hanya tanggal 25 ( jumat ), jam berapa dan hari apa juga harus jelas, klo order sudah diatas jam 10 malam itu bukan hitungan tanggal 25 bagi seller, biasanya seller proses di hari kerja Senin-Jum’at seller juga manusia tidak selamanya pelototin HP, perlu ISTIRAHAT, perlu PIKNIK, perlu kumpul dengan KELUARGA. Menurut ane saran-saran ente itu konyol dari proses sampai pengiriman ( cobalah ente berjualan online ) Tetap SEMANGAT untuk SELLER

    • 30 Maret 2022 - (14:09 WIB)
      Permalink

      Proses pengemasan menggunakan tenaga MANUSIA, bukan tenaga JIN. BIMSALABIMMM. 1000+ Paket telah dikemas dan siap kirim dalam waktu maksimal 3jam. 3jam berikutnya ada lagi pesanan yg masuk sebanyak ratusan. Kasian nggak sih yg bagian packing ??

      Saya kalau URGENT ya beli di toko offline apalagi utk elektronik ataupun kebutuhan rumah tangga. Nyari di online pun minimal cari toko yg satu kota dan maksimal satu provinsi lah.

      • 30 Maret 2022 - (22:26 WIB)
        Permalink

        klo dapet customer modelan kek gini mah langsung gw cancel aja dah ribet, waktu pengepakan selama 3 hari itu bukan seller ngepacking barang ngebungkus, ngelakban selama 3 hari lamanya bu, rata” juga ngepacking cuma 5-10menitan, itu tu batas waktu pengepakan waktu buat seller, klo seller gabisa ngepacking hari ini dan baru bisa packing besok jd masih ada waktu, yakali seller 24 jam depan layar hp ga ada kegiatan lain ga ada istirahat. Apalagi beli di tanggal 25?! itu tanggal dimana banyak orderan bisa ratusan sampai ribuan karena ada campaign promosi shopee

        • 30 Maret 2022 - (22:30 WIB)
          Permalink

          trus dikata pas orderan masuk seller lagi didepan lakban kerdus buat ngepacking gtu??, ya ga lah, kadang juga orderan masuk pas lagi kerja atau apalah, gilaa aja 3 jam. kayak baru beli di online aja

  • 30 Maret 2022 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Mungkin saat penjual mengatakan “akan dikirim hari ini (tgl 26)” itu memang benar akan dikirimkan hari itu tp dikarenakan barang yg akan dikirimkan bnyk (bkn cuma barang anda saja) jd proses pengiriman barang anda antri makanya pd tgl 27 penjual mengatakan “sedang dalam proses pengiriman” dlm artian mungkin sedang antri. Setau saya kurir pickup itu ada yg memakai mobil dan ada jg yg memakai motor, klo memakai motor ya pastinya barang yg bs diangkutnya sangatlah terbatas. Saya pernah mengetahui proses pickup dmn si kurir pickupnya hanya memakai sepeda motor dan barang yg akan dipickupnya sangatlah bnyk yg dikarenakan pihak sellernya katanya menumpuk barang yg akan dikirimkan selama 3 hari, itu kurirnya sdh membawa sampai beberapa karung dan kardus tp msh ada yg ditinggal karena sdh tdk sanggup lg utk membawanya (sdh tdk ada tempat dimotornya).

  • 30 Maret 2022 - (16:27 WIB)
    Permalink

    Cari toko terdekat chat dulu toko ready gak barang nya dan send via ojeq 30 menit juga di proses telatยฒ nya hari itu juga di kirim tapi kalau kirim standard apa lagi antar propinsi 2 hari baru proses blom di perjalanan bisa 3 hari kalau kondisi lagi urgent jgn mikir berat di ongkir

  • 30 Maret 2022 - (17:33 WIB)
    Permalink

    Iyalah gatau kenapa penjual Shopee tuh kalau barang dikemas selalu lama, saya kalau check out di Shopee langsung saya uninstall aplikasi nya, soalnya kalau di tengok tengok bikin darah tinggi doang..
    Beda jauh sama Tokopedia, penjualannya sigap kita check out gak lama AnterAja atau SiGesit menjemput barang dan sudah dipastikan besok siang sampe Hwhehee

  • 30 Maret 2022 - (18:36 WIB)
    Permalink

    Kenapa gak beli offline aja… Kalau beli offline kan bisa lihat2 lanjut pilih lanjut bayar lanjut bawa pulang… Selesai.

  • 30 Maret 2022 - (18:40 WIB)
    Permalink

    Saya disini Netral ya…
    Kerja jadi karyawan Jualan Online. Sekaligus suka belanja di Marketplace. Semenjak kerja jadi karyawan Online ternyata jadi tahu sistemnya..

    Tgl 25 adalah gajian Sale ( cek kalender cantik oren),
    Selain gajian sale ada tgl Cantik seperti angka Double contoh 1.1 (1 januari )(2 Februari), (3 maret ) dll

    Jujur kalau lihat di posisi Seller, dan paketnya menumpuk, apabila pembeli mengajukan pembatalan dalam posisi Resi sudah diprint dan paket menumpuk, pasti pusing. Masalahnya Dengan segitu banyak paket harus buka ulang paket, sedangkan Jawab chat atau Paking paket pun rasanya entah kapan selesai ( karena sambil ngejar waktu kirim)

    3 jam untuk Paking rasanya memang sangat tidak cukup saat Campaign.

    Tapi disini penjual juga salah untuk mengatakan kalau Paket akan dikirim hari ini juga, sebaiknya sampaikan saja ” Mohon maaf hari ini Gajian Sale, Kami akan berusaha kirim di hari yg sama namun bila tidak memungkinkan maksimal 3 hari kerja, apabila ingin dikirim di hari yg sama bisa Instant atau Same day kami langsung tekan pencarian kurir”.

    Jasa pengiriman Hemat, Reguler dan Instant /sameday juga beda beda batas waktu bungkus yg dikasih untuk penjual. Biasanya saat Campaig masa bungkus ditambah lebih banyak.

    Dari beberapa chat diatas yg membandingkan antara hijau dan oren..Menurut saya, Sihijau dan Sioren sama sama bagus, namun sihijau itu cenderung stabil Gratis ongkirnya, bukan tiba tiba Campaign besar seperti oren. Jadi lebih sering yg membludak tiba tiba biasanya adalah Oren.

    Saya juga suka belanja online, Semenjak kerja jadi Admin jualanOnline dan kebetulan udah tahu sistem Jual beli Marketplace ..kalau campaign, saya order produk yg saya pengen tapi ga kecewa bila paket lama sampai, yg penting Ga salah kirim dan sesuai pesanan jadi ga perlu Bolak Balik Retur..

    Tapi Anda sebagai pembeli sama sekali tidak salah y, wajar namanya beli barang pasti pengen cepet dikirim cepet sampainya apalagi Urgensi.

    Senang dengan adanya Media Konsumen ini bisa saling berbagi info dan pengalaman.

  • 30 Maret 2022 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Salah satu Pengalaman saat Campaign , seperti biasanya saat Campaign banyak Chat minta dikirim di hari yg sama, contoh pesanan masuk kemarin sore atau malam, sore atau malam besoknya sudah mengajukan pembatalan dan waktu itu tidak dari satu orang ( kalau campaign biasanya kerja lembur)…. Bu Bos ku biasanya terima pembatalan bila ada yg mengajukan ..tapi beliau juga pusing, jadi minta aku dan temanku cari sampai ke karung karung paket yg Mana yg mengajukan batal dari pembeli pembeli tersebut. karena paketnya benar benar kayak menggunung. Mana paket yg masuk kemarin mana hari ini, karena setelah bungkus masukkan ke karung.

  • 30 Maret 2022 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Hidup mu penuh drama..kurang bahagia.. nggak ngaca dengan diri sendiri..tapi kritik orang lain..tahu urgent beli online.. ini pola pikirnya gimana ya kira”.. marketplace punya prosedur.. knapa anda yang ngatur..
    Bikin aplikasi sendiri bro..
    Dan jangan lupa piknik

 Apa Komentar Anda?

Ada 71 komentar sampai saat ini..

Batas Waktu Proses Pengepakan Produk oleh Penjual di Shopee Terlalu Laโ€ฆ

oleh r3zhas dibaca dalam: 1 menit
71