Batas Waktu Proses Pengepakan Produk oleh Penjual di Shopee Terlalu Lama

Untuk Shopee, maupun e-commerce lainnya. Pengalaman terbaru dan saat ini terjadi, pembelian sebuah produk di Shopee. Pembayaran dilakukan tanggal 25 Maret 2022, tapi barang baru dikirim pada tanggal 28 Maret 2022. Sedangkan di chat bilangnya sedang proses pengiriman dari gudang.

Yang saya mau protes terhadap Shopee maupun e-commerce lainnya adalah, kenapa sistem dibuat lama-lama proses pengepakan produk? Seharusnya, pembeli melakukan pembayaran > penjual dikasih waktu maksimal 1 jam untuk menerima pembelian dari pembeli dari waktu pembeli sudah bayar > batas waktu maksimal 3 jam proses pengepakan > menunggu kurir.

Apalagi saya pesanan saya urgent, rice cooker rusak ketika pindahan. Kalau mengikuti prosedur seperti yang aku sarankan yang tadi jelaskan, mungkin hari ini sudah sampai atau paling besok sudah sampai.

Tolong untuk semua e-commerce, jangan merugikan pembeli dengan memberikan waktu yang sangat berlama-lama untuk proses pengepakan produk dari penjual. Masa iya, ngepak produk sampai 3 hari? Niat jualan?

Muhammad Fadillah Rezha Ferianto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

72 komentar untuk “Batas Waktu Proses Pengepakan Produk oleh Penjual di Shopee Terlalu Lama

  • 1 April 2022 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Pesennya 25 Maret malam (hari Jum’at), terus 26 27 (Sabtu Minggu) rata-rata toko libur, biasanya ya dihari jam kerja. Sehari jika memang tanggal 26 belum dikirim kalau emang urgent kan bisa dibatalkan? Kalau emang butuh banget kok gak beli langsung diwilayah terdekat atau ke toko offline nya langsung.

    Untuk prosedur waktu pengepakan e-commerce udah sesuai ya, jadi jangan di permasalahkan. Udah ada S&K nya masing-masing. Kasian dong penjual dan ekspedisi, kayak ngurusin hanya 1 orang doang. Mungkin kalau mau seperti itu pas belanja online, sellernya bisa naikin harga 2x lipat biar diprioritaskan.

  • 4 April 2022 - (03:39 WIB)
    Permalink

    Mudah2an admin / cs marketplace (orang yang bisa ubah sistem durasi packing) gak ada yang baca artikel / saran dari penulis ini….wkwkwk

  • 10 Juli 2023 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Buyer bukan hanya melihat faktor harga atau mutu saja, melainkan kecepatan kirim dan tiba ditujuan.
    Hal yg sama saya alami, Wilayah Jabodetabek biasanya paling lama 3×24 jam sudah diterima. Sekarang ini sepertinya memang lambat, super lambat alias lelet lebih dari 7×24 jam.
    Pembeli perorangan (seperti saya) juga punya pertimbangan perkiraan kapan bisa diterima.
    Mau tidak mau, saya akan beralih ke e-commerce sebelah yang menjamin kecepatan kirim.

 Apa Komentar Anda?

Ada 72 komentar sampai saat ini..

Batas Waktu Proses Pengepakan Produk oleh Penjual di Shopee Terlalu La…

oleh r3zhas dibaca dalam: 1 menit
72