Refund Booking Fee di Dealer Honda Sholeh Iskandar Bogor Tak Kunjung Cair

Surat ini tertuju kepada dealer mobil Honda Sholeh Iskandar Bogor. Sudah 31 hari, saya menunggu refund Booking Fee (BF) mobil Honda Brio. Namun hingga kini tidak ada kelanjutan dan itikad baik dari pihak manajemen Honda Sholeh Iskandar Bogor untuk menghubungi saya, terkait pengembalian BF tersebut.

Bermula dari rencana saya untuk membeli mobil Honda Brio yang di-handle oleh sales bernama Nad** di nomor +62 821-2412-3***. Saya membayar BF sebesar Rp5.000.000 melalui transfer wallet aplikasi DANA pada tanggal 28 Desember 2021. Kemudian SPK dikirimkan ke saya pada tanggal yang sama.

Sebelum transaksi, saya sudah jelaskan bahwa saya seorang single belum menikah, data pendukung orang tua saya jelek, tetapi sales meyakinkan bawa bisa bantu diproses dan saya dijanjikan oleh sales yang bersangkutan bahwa hitungan DP Rp25 juta dengan angsuran Rp3,8 juta/bulan, menggunakan leasing BCA selama 5 tahun.

Namun beberapa minggu setelah BF dibayarkan, tiba-tiba sang sales mengatakan unit 2021 sudah habis. Jadi saya terpaksa harus membeli unit 2022 dengan hitungan DP Rp31 juta, angsuran Rp3,8 juta/bulan.

Saya tidak bersedia membeli yang mana karena sangat jauh dari harga yang dijanjikan di awal. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak membeli mobil Honda Brio yang BF-nya sudah saya bayarkan dan meminta kepada Mbak Nad*** (Sales) bahwa saya ingin meminta pengembalian BF.

Saya TIDAK diminta untuk memberikan dokumen yaitu SPK, KTP, copy buku bank dan surat permohonan pengembalian BF, yang mana saya tahu dan sudah saya tanyakan di beberapa cabang Honda, persyaratan pengembalian harus memberikan dokumen tersebut. Akan tetapi sampai 1 bulan ini tidak ada dokumen yang diminta oleh sales terhadap saya.

Beliau berjanji akan menghubungi saya secepatnya. Namun tentu saja setelah itu dan hari-hari berikutnya tidak ada berita apa pun, digantung begitu saja tanpa ada informasi. Hanya bermodal ucapan yang berkata “akan diurus pengembaliannya”, “sedang diproses”.

Sekarang sudah memasuki bulan Ramadhan dan tidak satu pun pihak Honda menghubungi saya terkait pengembalian DP. Saya memiliki semua foto, history percakapan (chat) dan telepon dengan sales yang dapat saya buktikan secara sah. Saya mohon pertanggungjawaban dari pihak Honda Sholeh Iskandar Bogor Terima kasih.

Irma Amalia
Bogor, Jawa Barat


Update (8 April 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tanggapan dari pihak Dealer Honda Sholeh Iskandar Bogor sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Dealer Honda Sholeh Iskandar Bogor:
[Total:16    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Refund Booking Fee di Dealer Honda Sholeh Iskandar Bogor Tak Kunjung Cair

  • 8 April 2022 - (10:12 WIB)
    Permalink

    kenapa engga datang langsung? apa tidak ada hotline, email, no hp, alamat kantornya?

    semoga segera beres lumayan itu uangnya buat sehari hari mah

    • 8 April 2022 - (12:17 WIB)
      Permalink

      Karna info terakhir saya disuru menunggu oleh sales tsb pak, saya sudah email pun belum ada jawaban, tp alhamdulilah berkat media konsumen saya langsung di notice dan dihub oleh pihak honda sholis

    • 8 April 2022 - (12:26 WIB)
      Permalink

      Semoga ada jalannya untuk balikin BF nya, kalau emang rezeki pasti gakan ilang, kalau engga kembali lewat mereka Allah pasti punya cara kembalikan dari jalan yg gak disangka sangka semangat bismilah ramadhan

      • 9 April 2022 - (22:20 WIB)
        Permalink

        Nga gtu itu hak mu wajib,jgn pasrah pasrah gtu aja, klo niat bgtu lbh baik ksh yg lbh membutuhkan misalnya disumbangkan kepanti asuhan lebih bermanfat , dr pd dimakan tikus berdasi

  • 9 April 2022 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Saya pernah kerja sbg sales tp bukan dihonda biasanya cust honda itu keras2 alias sengke apalagi klo ada case batal ky gini, kalo soal BI check biasanya psti kembali mbk, tapi mbak nya ini udah sabar banget udh mau 5 bln donk dari desember, sales nya dzolim banget smngt mbak perjuangin itu hak mu,,,,

 Apa Komentar Anda mengenai Dealer Honda Sholeh Iskandar Bogor?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Refund Booking Fee di Dealer Honda Sholeh Iskandar Bogor Tak Kunjung C…

oleh Irma Amalia dibaca dalam: 1 menit
8