Refund tiket.com Bermasalah

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen atas dimuatnya keluhan saya ini. Pada tanggal 24 Februari 2022, saya membeli tiket pesawat lewat tiket.com dengan Order ID: 121168569 sebesar Rp5.816.500, menggunakan kode promo Citibank Diskon Rp500.000.

Namun rupanya saya ada meeting, sehingga saya tidak jadi berangkat dan lupa juga konfirmasi ke tiket.com. Sehingga akhirnya terhitung “No Show” dengan pengembalian 10%. Sesuai regulasi maskapai, benar bahwa refund No Show hanya 10%. Akan tetapi realitasnya refund hingga 20%, karena ada tiket penerbangan lain beli lewat Traveloka status No Show juga, tapi mengembalikan 20% sesuai yang diterima dari maskapai.

Saya pun sudah melampirkan bukti pengembalian dari Traveloka sebagai perbandingan. Namun pihak tiket.com tetap ngotot pengembalian hanya 10% dari total transaksi. Saya minta bukti pengembalian dari maskapai, tapi mereka tidak berikan. Artinya sudah jelas mereka mau mengambil selisih dana refund ini.

Hingga detik ini tiket.com tidak itikad baik mengembalikan selisih yang dimaksud dan bukti yang saya minta pun mereka tidak mereka lampirkan. Saya yakin dan percaya dana refund yang kembali tidak seperti yang mereka sampaikan.

Hitungan mereka, 10% jadi Rp581.650 – (Rp500.000 + Rp125.000), yang menyebabkan saya kurang bayar sebesar Rp43.350. Saya punya itikad baik mengembalikan sejumlah Rp43.350 tanpa mereka minta, dengan harapan bukti Rp581.650 mereka berikan agar saya setor ke kantor. Hingga detik ini mereka masih ngotot dan tidak mau berikan bukti yang dimaksud.

Sesuai pernyataan staf tiket.com yang terhubung lewat telepon (lupa namanya) yang menyatakan hal ini sudah berlangsung lama. Artinya selama ini pula mereka “menipu” semua customer-nya. Intinya, saya hanya meminta bukti refund dari maskapai sebesar Rp581.650,  agar saya setor ke kantor.

Saya siap melawan perusahaan ini dengan segala bukti yang saya pegang. Terima kasih.

Zulkifli
Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai tiket.com:
[Total:6    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan tiket.com atas Surat Sobat Tiket Zulkifli

Halo sobat tiket Zulkifli, Sehubungan dengan surat pembaca di Media Konsumen tanggal 11 April 2022 yang ditulis atas nama sobat...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Refund tiket.com Bermasalah

  • 11 April 2022 - (18:55 WIB)
    Permalink

    “Saya siap melawan perusahaan ini dengan segala bukti yang saya pegang. Terima kasih.”

    Ngelawan korporasi ya sewa lawyer lah, minta ganti rugi berkali2 lipat, masa ngelawannya dimari et dah, wkwkwk…

    2
    1
  • 12 April 2022 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Tidak bisa juga menyamakan refund ticket.com dg traveloka. Pastilah beda kebijakan setiap perusahaan..Meskipun harga dan maskapai yg sama. Anda ngotot meminta bukti pengembalian maskapai ke ticket com. Kayaknya agak sulit deh. Itu masalah privasi dan internal perusahaan. Nggak sembarang di kasih ke orang termasuk pelanggan.

    • 12 April 2022 - (12:19 WIB)
      Permalink

      Setiap perusahan beda peraturan. Anda tidak bisa menyamakan Traveloka, tiket.com dll nya. Yang anda cari tahu harusnya berapa persen setiap aplikasi. Jika di Traveloka 20%, Tiket.com 10%, Aplikasi lain 15%, lalu anda paksa tiket.com dan aplikasi lainnya harus mengikuti Traveloka, begitu? Kalau anda merasa dirugikan, harusnya anda dari awal setia saja ke traveloka.

  • 12 April 2022 - (13:11 WIB)
    Permalink

    Setiap perusahaan pasti punya kebijakan berbeda beda, jadi tidak bisa disama ratakan.dan yg pasti kesalahan ada pada bapak juga.jadi ya sabar.

  • 15 April 2022 - (06:47 WIB)
    Permalink

    Sebelum transaksi bacalah Syarat dan ketentuan dari tiap tiap penyedia layanan. Kan lucu membandingkan dua perusahaan berbeda dan memaksakan untuk punya kebijakan yang sama. Baru kali ini ya beli tiket pesawat online? Masih bagus ada refund walaupun tidak seberapa. Kan kesalahan pada penumpang.

 Apa Komentar Anda mengenai tiket.com?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Refund tiket.com Bermasalah

oleh Zulkifli Zulkifli dibaca dalam: 1 menit
5