iPhone 13 Tidak Sesuai Deskripsi, Studio Ponsel Official Store di Tokopedia Tidak Kooperatif Tangani Masalah

Halo Studio Ponsel Official Store,

Bersama ini saya sampaikan kronologis yang membuat saya sangat kecewa dengan penanganan pengaduan konsumen sebagai berikut:

Tanggal 26 Februari 2022, 12:58, INV/20220226/MPL/2080130669 saya membeli iPhone 13 Dual SIM Midnight Grey di Studio Ponsel, salah satu Official Store di Tokopedia. Didalam halaman produk berjudul “Ibox Iphone 13 256GB Dual Sim Nano/Mini Red Black Blue 256 not 12 – 13 Dual, Midnight Black” terdapat keterangan dan penjelasan produk termasuk “Status Sinyal” produk adalah “Sinyal Aktif”.

Halaman Produk di aplikasi Tokopedia
Judul halaman produk Halaman Produk di aplikasi Tokopedia

Tanggal 22 April 2022, saya melaporkan ke Studio Ponsel Official Store melalui fungsi “chat” di dalam aplikasi Tokopedia bahwa simcard di dalam HP yang saya beli melalui toko ini tidak terbaca. Sebelumnya saya telah bertanya ke iStore Ratu Plaza perihal hal ini dan dijelaskan bahwa HP yang saya beli tidak terdaftar dan tercatat belum dibayarkan pajaknya sehingga sim card tidak terbaca. Saya jelaskan hal ini kepada Studio Ponsel untuk membantu memastikan simcard saya dapat terbaca kembali.

Tanggal 22 April 2022, saya melaporkan ke Studio Ponsel Official Store lampiran berupa foto IMEI di belakang dus. Estimasi SLA dari CS toko tersebut adalah 3-7 hari, yang juga harus saya tanyakan berkali-kali perhitungan SLA berupa hari kerja atau hari kalender. Setelah didesak, SLA terhitung adalah 3-7 hari kerja yang akan jatuh tanggal 2 Mei 2022. Terdapat pemberitahuan dalam fungsi “chat” dalam aplikasi Tokopedia, bahwa dalam kurun waktu SLA tersebut, HP akan kembali dapat membaca simcard.

CS Studio Ponsel Official Store yang melayani saya selalu berganti-ganti, sehingga saya selalu mengulang kembali pertanyaan saya di dalam fungsi chat aplikasi Tokopedia pada tanggal 27, 28 April 2022 dan melalui fungsi “Diskusi Produk” aplikasi Tokopedia tanggal 22, 27, 28 April 2022, 3,5 Mei 2022.

Saya sangat putus asa dengan layanan Studio Ponsel Official Store ini sehingga saya meminta bantuan Tokopedia Care Prioritas tanggal 27 April 2022.

Saya meminta Tokopedia Care Prioritas untuk dapat menghubungi Studio Ponsel Official Store dan meminta toko tersebut menghubungi saya kembali melalui WhatsApp.

Tanggal 29 April 2022, Tokopedia Care Prioritas menghubungi saya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penanganan pengaduan saya serta permintaan saya agar Supervisor/Manager Studio Ponsel Official Store menghubungi saya.

Tokopedia Care Prioritas menghubungi Studio Ponsel Official Store tanggal 29 April, 2 Mei 2022 pukul 17:25, 3 Mei 2022 pukul 11:50, 4 Mei 2022 pukul 13:14, namun tidak pernah terhubung sama sekali dengan Studio Ponsel Official Store.

Saya sangat kecewa dan menyayangkan atas sikap penjual di toko Studio Ponsel yang merupakan Official Store di Tokopedia yang tidak kooperatif dan tidak ada indikasi untuk menyelesaikan pengaduan saya. Hingga hari ini, 7 Mei 2022, sinyal di HP saya belum kembali dan Studio Ponsel Official Store kembali memberitahukan informasi SLA yang sama tanpa ada progress sedikitpun atas laporan saya, kembali mempertanyakan nomor IMEI HP yang sebelumnya telah saya laporkan tanggal 22 April 2022.

Harapan saya:

  1. Studio Ponsel yang tercatat sebagai Official Store di aplikasi Tokopedia segera menghubungi saya dan beritikad baik untuk memberikan solusi atas pengaduan saya. Saya membutuhkan informasi yang jelas mengenai progress, timeline dan solusi pengaduan saya.
  2. Tokopedia memberikan peringatan kepada Studio Ponsel yang juga merupakan Official Store atas ketidaksesuaian penjelasan pada halaman produk (Status Sinyal Aktif) dengan fakta yang saya alami.

Saya bersedia untuk dihubungi melalui email yang tercatat di media konsumen. Terima kasih.

Regards,

Nita
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Studio Ponsel Official Store:
[Total:78    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan Studio Ponsel atas Surat Ibu Nita

Kami dari pihak official store Studio Ponsel sudah konfirmasi ke pihak pembeli atas mis komunikasi yang terjadi karena adanya libur...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “iPhone 13 Tidak Sesuai Deskripsi, Studio Ponsel Official Store di Tokopedia Tidak Kooperatif Tangani Masalah

  • 8 Mei 2022 - (16:28 WIB)
    Permalink

    Mending beli di ibox apa digimap jelas dah bayar pajak, drpd tergiur iming2 harga miring apa cashback ujungnya ngga jelas juntrungannya..

    19
    4
  • 8 Mei 2022 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Beli tanggal 26 Feb, komplain 22 April, kenapa waktu baru terima barangnya tidak langsung pakai menu komplain? kenapa tunggu 2 bulan?

    Lain kali lebih baik beli di distributor resmi saja lebih aman. Semoga bisa terselesaikan masalahnya.

    12
    5
  • 8 Mei 2022 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Setau saya iphone di indonesia hanya support single sim dan eSim Smartfren, yang support dual sim ialah produk singapore dll. Coba di cek belakang box nya, kode nya PA/A atau bukan? Jika bukan, berarti bukan iBox atau resmi indonesia. Iphone yg diterima sptnya terkena blokir Imei sehingga tidak muncul sinyal. Sudah coba pakai simcard smartfren di slot sim nya, muncul sinyalnya atau tidak? Karena smartfren sendiri bekerja sama dengan apple. Kalaupun terblokir, hanya bisa memakai simcard smartfren.

  • 8 Mei 2022 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Setau saya iphone di indonesia hanya support single sim dan eSim Smartfren, yang support dual sim ialah produk singapore dll. Coba di cek belakang box nya, kode nya PA/A atau bukan? Jika bukan, berarti bukan iBox atau resmi indonesia. Iphone yg diterima sptnya terkena blokir Imei sehingga tidak muncul sinyal. Sudah coba pakai simcard smartfren di slot sim nya, muncul sinyalnya atau tidak? Karena smartfren sendiri bekerja sama dengan apple. Kalaupun terblokir, hanya bisa memakai simcard smartfren. CMIIW

    4
    2
    • 9 Mei 2022 - (01:02 WIB)
      Permalink

      Cuma nambahin, seri indonesia ga cuma Pa
      Tapi ada Id/a, Sa/a, Pa/a. Jika tidak ada diantara ketiga itu. Fix itu adalag inter

      Dan. Untuk sim. Di shope ada banyak toko yg menyediakan jasa unblock imei. Cuma perlu dana 200rb an. Imei akan terdaftar di kemenperin secara permanen

      • 9 Mei 2022 - (01:24 WIB)
        Permalink

        Iya pakai jasa unblock imei aja dulu kalau emang benar2 butuh dan kepepet
        Aku juga pakai unblock imei soalnya 1 tahun ini dan lancar
        Tapi sebelum beli unblock sebaiknya difoto dan divideo dulu barang bukti sinyal tidak ada karena harusnya si penulis menang ni kasus karna memang tidak sesuai deskripsi dari toko

  • 9 Mei 2022 - (00:37 WIB)
    Permalink

    kalo pengen dual sim nano sampe saat ini ga masuk resmi di ibox ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ cari aja seler yang berani jamin imei tembus kemenprin meski inter ๐Ÿ˜…banyak kok seler yang jual imei tembus kemenprin minta garansi aja kalo ga tembus kemenprin minta retur ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

  • 9 Mei 2022 - (05:44 WIB)
    Permalink

    Mau ngakak tapi ini Indonesia (RIP budaya baca/miss Informasi).
    Ketika pengguna tidak lebih pintar dari Devicenya.
    Sanggup beli hape mahal, tapi gak mau bayar pajak (belix unit Inter).
    Jgn terjerumus dengan Tren pake Ip13 mas/mba. Hanya karna ada yg jual ip13 dual yg murah tanpa mencari info, langsung CheckOut.
    Solusix ya bayar pajakx atuh mas/mba. Biar tuh IMEI bisa diunlock lagi.
    Buat yg lain yg baca tulisan ini, FYI jgn pernah dekati dan jgn coba-coba deh beli Ip seri up 12, karna “PEMERINTAH LAGI GENCAR-GENCARNYA MUNGUT PAJAK KE RAKYATNYA”. Meskipun Keputusan ini sdh duluan dicanangkan oleh Menkominfo Chef Rudi, untuk menanggulangi Black Market. Bravo Chef Rudi ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘.
    Jika ada yg menawarkan Ip12-ip13 series dgn embel-embel garansi Inter (Singapore-USA-HK Dual)e lbh baik dihindari. Daripada kedepannya terjadi kasus seperti ini lagi. Lagian law dihitung-hitung beli unit ID/PA itu gak lebih mahal koq law dibandingkan dengan unit ZN/LL, terkecuali law memang incarnya HK (Dual SIM) yg hanya dirilis di ngra tsb. Maka mau tidak mau yah beli unit HK dan pas masuk di Indo ya jgn lupa dibayar BEA Cukainya ya ๐Ÿคญ๐Ÿ˜‰. CMIIW

    7
    9
  • 9 Mei 2022 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Makanya saya paling anti sekali beli iphone garansi inter. Mau baru atau second. Kalau blum ada duitnya mending sabar aja nabung bentar sampe kebeli yg ibox. Selisih harganya ga smpe 2 jt kok. Beli iphone inter itu walaupun ada embel2 garansi IMEI seumur hidup, rata2 dia cuma berfungsi 3 bulan karena IMEI nya sementara. Repot amat beli HP tiap 3 bulan harus ngurusin IMEI. Belum lagi kalau sellernya ga koperatif untuk ngurus IMEI nya.

  • 9 Mei 2022 - (19:42 WIB)
    Permalink

    Tanggal 8 Mei 2022, Tokopedia Care Prioritas memberikan solusi tenggat waktu kepada Seller sampai dengan Tanggal 9 Mei 2022, 23:59 jika simcard tidak juga terbaca, maka akan dilakukan retur barang dan refund dana 100%. Tanggal 9 Mei 2022 11:35-19:30 Seller mulai berusaha menghubungi dan menjelaskan bahwa terjadi miskom di internal mereka dan kembali meminta buyer untuk menunggu beserta iming2 kompensasi yang bukan kebutuhan utama Buyer. Namun, Seller tidak mengindahkan tujuan utama buyer yaitu memastikan simcard kembali terbaca di HP dengan cara apapun, dan berusaha kembali memberikan timeline yg berbeda (lagi dan lagi). Sudah ga bisa dipercaya, sangat kecewa dengan layanan Studio Ponsel Official Store, mengapa miskom di internal dibebankan ke Buyer, solusi yg diberikan tidak menjawab kebutuhan utama Buyer.

    3
    1
  • 9 Mei 2022 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Ini kasus juga terjadi di official store tokopedia
    Kronologi
    Saya ada pembelian produk Miband 6 2pcs tgl 28 April di official Dua Hari Jakarta Tokopedia menggunakan promo mandiri, dengan ekspedisi kurir anteraja
    Info pelacakan sistem tgl 28, 29 paket belum siap di pick up, tgl 30 April toko tutup, tgl 1 Mei toko meminta membatalkan pick up.
    Tgl 4 toko buka kembali,
    Mulai dari tgl 3~8 Mei setiap harinya saya reminder unt pengiriman. Toko terus berdalih sudah di pick up kurir sejak tgl 30.
    Saya tunggu hingga tgl 8 Mei barang belum saya terima, Saya minta bukti pengiriman tanda terima resi/foto kirim barang tidak di berikan.

    Saya crosscek ke pihak ekspedisi anteraja apakah benar paket sudah di terima oleh kurir dan jawaban tidak di sistem sudah di cancel sejak tgl 1 Mei.
    Kemudian saya konfirmasi ke toko perihal ini. Namun toko berdalih tetap sudah di kirim, saya mencari bukti kembali konfirmasi anteraja Jakarta, dan pihak anteraja Jakarta konfirmasi via telepon yang saya rekam menyatakan bahwa tidak ada paket yang di terima.

    Jadi toko mulai dari tgl 3 berbohong setiap harinya menyatakan bahwa paket sudah di bawa kurir.
    Hingga kini tidak ada itikad baik pihak toko mengirimkan barang orderan saya, padahal stok ready ada 527 stok produk.
    Statement chat pihak toko *semua pesanan yang masuk pasti kami proses dan kirim* itu bohong.

    Saya keberatan jika transaksi gagal/dibatalkan dikarenakan voucher potongan mandirinya hilang.

    Jadi melalui surat pembaca menyatakan bahwa official shop Dua Hari Jakarta Tokopedia tidak rekomendasi untuk pembelian produk di semua online shop terutama di Tokopedia, hal kecil tidak dapat melayani dengan baik dan benar.

    1
    2
  • 10 Mei 2022 - (05:11 WIB)
    Permalink

    # saya pernah kejadian beli apple watch di studio ponsel,dikirim yg akun icloudnya nyangkut,padahl disitu saya beli kondisi yg baru….akhirnya saya komplain dan diretur kembali dengan barang yang baru.
    # untuk komplain kesana memang agak ribet klau masuk waktu libur kerja,karena mereka hanya melayani waktu jam kerja saja
    # saya kompalain via tokopedia dan via aftersalesnya langsung via wa,no wa dikasih admin salesnya langsung via tokopedia

    menurut saya pelayanan aftersalesnya cukup enak cuma bener2 harus sabar menunggu,saran sih klau beli ditoko ini memdingan COD aja karena mungkin bagian qc pengiriman brangnya g ada jadi asal kirim aja.

  • 10 Mei 2022 - (21:34 WIB)
    Permalink

    Kalau ini termasuk kategori penipuan, laporkan saja ke pihak berwajib, sekalian dengan marketplacenya. Karena marketplace setidaknya bisa sebagai fasilitator. Marketplace juga ga boleh diam saja.

  • 11 Mei 2022 - (08:42 WIB)
    Permalink

    Tanggapan Atas Case yang terjadi dengan pembeli

    Kami dari pihak official store studio ponsel bahwa sudah konfirmasi ke pihak pembeli atas miskomunikasi yang terjadi karena adanya libur hari raya. Dan kami sudah konfirmasi ke pihak pembeli bahwa casenya sudah clear dan signal sudah on dan bisa digunakan kembali

    mohon maaf atas misskomunikasi yang terjadi antara kami pihak penjual dengan pembeli
    kami pastikan hal2 seperti ini tidak terjadi lagi di pelayanan toko kami dan kami bisa improve pelayanan kami
    terimakasih atas bantuan pihak tokopedia dan pihak pembeli yang sudah membantu untuk penyelesaikan case ini dengan baik

    sekali lagi kami mohon maaf kepada pihak pembeli dan pihak tokopedia

    saya sudah memberikan melakukan tanggapan terhadap atas surat pembaca tapi dikarnakan belum terposting hingga sekarang sehingga saya balas melalui komentar

    terimakasih

    • 11 Mei 2022 - (20:45 WIB)
      Permalink

      Halah ber*k.. admin2 kalian juga harusnya punya catatan sendiri klo ada komplainan masuk. Jadi customer tuh nggak ngulang2 omongannya cerita dari awal lagi, jadi kalau chat ulang bisa tinggal update perkembangan casenya bagaimana.

  • 15 Mei 2022 - (18:35 WIB)
    Permalink

    Tips untuk beli produk Apple device apapun..

    Belilah produk rilisan untuk negara tersebut. Misalnya untuk indonesia product number belakangnya ID/A atau custom spek untuk product Mac juga bisa Zxxxxxx (tapi ada label khusus yang menandakan untuk Indonesia)

    Kenapa? Karna dukungan aftersales dr service centernya cepat misalnya ke iBox/QCD/iStore/Mitracare dibandingkan dengan garansi internasional.

    Bisa juga klaim ke 4 SC diatas tp waktu yg dibutuhkan lama. Mereka cari dulu headcount paymentnya kesiapa? Kenapa banyak yg komplen kalau grs inter ini lama ya dari keadaan di sistem paymentnya itu yg bikin bingung.
    Kan SC juga setiap periksa dan penggantian komponen juga ada billingnya yang dia harus tagihkan ke prinsipal.

    Makanya ga jarang authorized SC malas dan nolak dengan alasan “maaf bukan resmi, silakan klaim ke penjualnya”.

    Demikian sekedar tipsnya

 Apa Komentar Anda mengenai Studio Ponsel Official Store?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

iPhone 13 Tidak Sesuai Deskripsi, Studio Ponsel Official Store di Tokoโ€ฆ

oleh nita aji dibaca dalam: 2 menit
23