Jika Terlambat Bayar, Tagihan Akan Kembali ke Awal dan Cicilan yang Sudah Dibayar Dianggap Hangus?

Saya peminjam dari Amarbank (Tunaiku) dengan nomor kontrak 54387669. Saya ingin mengadukan perihal tunggakan saya yang sebelumnya sebesar Rp15 juta dan sudah saya cicil sehingga berkurang menjadi Rp10 juta.

Di cicilan ke-4 saya belum bisa membayar dikarenakan tidak ada uang. Akan tetapi dari pihak bank mengatakan cicilan yang sudah saya bayarkan akan dianggap hangus dan kembali ke tagihan awal serta dikenakan denda Rp150 ribu/hari.

Bagaimana saya bisa melunasi hutang saya jika uang yang saya sudah setorkan dianggap hangus dan tagihan saya tidak berkurang? Bagaimana jika uang saya yang sudah masuk sebesar 10 juta karena terlambat 1 bulan tetapi dianggap hangus. Mengatasnamakan bank, tetapi berbunga melebihi ketentuan OJK.

Mita Zahera
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tunaiku Amar Bank:
[Total:347    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Mita Zahera

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Mita Zahera sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Ibu Mita Zahera...
Baca Selengkapnya

65 komentar untuk “Jika Terlambat Bayar, Tagihan Akan Kembali ke Awal dan Cicilan yang Sudah Dibayar Dianggap Hangus?

  • 1 Juni 2022 - (22:42 WIB)
    Permalink

    hanya ancaman secara halus saja dari DC, yyg jelas kalo kelamaan gak dibayar bisa aja bunga dan dendanya membengkak jadi seperti nilai pinjaman awal,

    12
    5
    • 2 Juni 2022 - (08:38 WIB)
      Permalink

      Gila banget emang jaman sekarang, mentang2 5 menit cair main ambil2 aja😅,, Udah tau bunganya segede gaban..
      Semoga bisa cepat lunas yaa..

      11
      3
    • 2 Juni 2022 - (15:43 WIB)
      Permalink

      Sebelum melakukan peminjaman berfikirlah Hal Hal buruk yang mungkin terjadi, minjam duit memang mudah semudah hal buruk yang akan menimpa anda.

      7
      6
    • 2 Juni 2022 - (22:41 WIB)
      Permalink

      Saya telat bayar pinjol selama 1 bulan ,Sebelumnya pembayaran lancar sebelum jatuh tempo , berhati-hatilah.. pinjaman sisa 1,4jt tagihannya menjadi 2,6jt..
      Saran saya ga usah pinjam selamanya melalui pinjol…

    • 2 Juni 2022 - (23:21 WIB)
      Permalink

      Maaf pak…saya selaku yang pernah minjam Disni,pernah mengajukan relaksasi,namun ditolak,dengan berbagai alasan,kalo saya pikir ini bukan langsung dari AMAR BANK,tapi ini atas nama pinjol TUNAIKU dimana mereka bekerjasama dengan AMAR BANK sebagai pemodal/pemberi pinjaman ke TUNAIKU lalu dipinjamkan kembali ke konsumen,makanya bunganya besar,dan TUNAIKU mengatasnakan sudah terdaftar di OJK,padahal itu statusnya punya AMAR BANK,dimana TUNAIKU hanya sebatas pihak ke 2 atau semacam perantara,dan iklan/promo yang terpampang diaplikasi hanya untuk memikat saja,tapi kenyataanya beda,telat 1 hari sama 1 bulan itu dihitung dendanya sama.saya sarankan untuk jangan pinjam Disni lagi.

      18
      • 3 Juni 2022 - (10:36 WIB)
        Permalink

        Keliru mas. Tunaiku itu nama produk. Amar Bank itu nama instansi. Tunaiku itu produknya amar bank, untuk segmen retail/ perorangan. Coba dilihat di website nya amar bank, itu bagian dari produk mereka. Jadi management tunaiku ya management amar bank.

        2
        1
  • 1 Juni 2022 - (23:34 WIB)
    Permalink

    Gak akan balik ke awal tetep berjalan kok bulannya tapi kalo untuk denda iya. Saya pernah pake ini dan pernah telat juga kalo gak salah sekitar 1-2 bulan, diteror tlp ke kantor, wa, sms, tlp hp, alhamdulillah gak tlp ke semua kontak cuma teror ke saya aja, hehehe… Semoga rejekinya lancar ya dan cepet lunas ya cicilannya. Aamiin

    32
    1
  • 2 Juni 2022 - (05:39 WIB)
    Permalink

    pasti akan semakin banyak keluhan seperti ini di MK.
    jaman sekarang orang sangat mudah berhutang, karena semakin banyak aplikasi hutang dengan syarat yang mudah walaupun dengan bunga mencekik.

    13
    4
  • 2 Juni 2022 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Tidak ada namanya balik ke tagihan awal jk kita sudah pernah mengangsur walau ada statement term and condition apply di perjanjian awal kredit,
    Ya kalo denda memang ada jk kita telat bayar.

    Insyaalah kita akan menang utk memperdebatkan kalimat ” balik ketagihan awal”
    Hanya saja akan butuh effort lebih utk mempermasalahkannya apalagi hanya lewat media online spt chat atau bye phone dan email yang sering kali hanya membuang waktu dan menguras emosi,
    Lebih baik langsung bertemu di Ojk agar masalah tdk berlarut larut,
    Tinggal kita perbanyak knowledge saja soal kredit dan bisa penyampaian bicaranya.

    Semoga permasalah penulis cepat selesai dan dilancarkan rezekinya utk melunasi pinjamannya.

    16
    • 2 Juni 2022 - (17:17 WIB)
      Permalink

      Iya betul, tidak mungkin balik ke tagihan awal. Itu hanya gertakan mereka. Jangan takut sama mereka, yg penting sudah ada niat untuk bayar.

  • 2 Juni 2022 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Salah bank Bumn lah….wkwkwk swasta kan ga pernah salah disini.
    Salah SD Negeri dibanding SD Swasta ho ho ho

    1
    11
  • 2 Juni 2022 - (09:00 WIB)
    Permalink

    Hiduplah sesuai kemampuan, kalau giliran ada masalah di umbar, pas minjemnya malah diem diem buat mendongkrak gengsi.
    Hiduplah sesuai kemanpuan, karna saat kita ga mampu bayar, yang pusing bukan orang lain tapi diri sendiri.
    Minjem karna gengsi, naek gengsinya paling bbrpa bulan atau bbrp taun aja.
    Tapi saat ga berhasil bayar/telat bayar sekalipun, malunya seumur hidup, bukan hanya kita dipermalukan kepada keluarga, teman, relasi, bahkan depkolektor jahat ampe sebar sebar satu kota.

    10
    16
      • 2 Juni 2022 - (23:45 WIB)
        Permalink

        Pinjam sgtu tuk usaha? Trus usahanya gmna?
        Pembelajaran, kalau mau melakukan sesuatu di pertimbangkan dgn matang, jgn tergiur omongan org yg blm tentu benar.

        1
        4
    • 2 Juni 2022 - (20:35 WIB)
      Permalink

      Bos ngg usah munafik pasti anda juga punya hutang Khan ngg usah pake ngatain orang ngaca dulu sebelum menilai orang lain
      Kita doain aja yg baik selesai
      Ngg usah pake blng gengsi atau segalamacem bos

      20
    • 3 Juni 2022 - (10:22 WIB)
      Permalink

      Anda koq pemikirannya gtu ya mas, siapa tau si ibu minjem karna emg bnr2 butuh, jgn berpsangka buruk dulu kalo ga tau masalahnya

  • 2 Juni 2022 - (09:02 WIB)
    Permalink

    Gak akan kembali ke awal kok. Tunaiku hanya akan menambahkan denda 150 ribu. Btw bunga tunaiku tuh gila banget, kalo jumlah gede, jangan deh minjem disini

  • 2 Juni 2022 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Saya gak akan nge judge peminjam, karena terkadang tidak ada pilihan apapun selain pinjol.

    Saran saja, klo bisa ambil pinjaman lunak. Lunasi semua utg pinjolnya.

    Pinjaman lunak ini bisa seperti pegadaian dan semacamnya.

    Melihat peminjam yang masih bekerja, rasanya gak akan sulit untk mengajukan pinjaman lunak.

    Semakin lama tidak di bayar, maka bunga pinjol makin besar. Kemungkinan tagihan akan kembali seperti sedia kala, sangat mungkin saja terjadi.

  • 2 Juni 2022 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Segala cara di pakai agar tagihan di bayar, mudah 2xan dilancarkan rejekinya dan terbebas dari hutang.
    Apalagi sekarang di masa serba sulit seperti ini, pinjaman online malah menjamur dan mudah dengan resiko bunga tinggi, cara penagihan dll.

  • 2 Juni 2022 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Silahkan di baca baik baik, ini sepertinya TS nya udah dapat keringanan dari tunaiku, sebelum nya udah macet jadi di suruh bayar 15 jt di cicil,tapi ternyata masih macet juga, ya mungkin saja jadi kebali ke tagihan sebenar nya yg lebih dari 15 juta karena kan ngga sesuai perjanjian

    3
    3
    • 2 Juni 2022 - (14:36 WIB)
      Permalink

      Oo kalau seperti itu kasusnya bisa jadi. Karena pihak debitur yg wanprestasi dari syarat keringanan sebelumnya. Jadi nominal tagihan dikembalikan ke awal sebelum mendapat keringanan. Bukan hangus pembayarannya.

  • 2 Juni 2022 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Bunga pinjaman di Indonesia maksimal 10% jadi bayar aja pokok plus bunga 10% sisa nya jgn kalau ngeyel ajak ke Polsek

    • 2 Juni 2022 - (23:32 WIB)
      Permalink

      Informasi mu palsu….tidak sesuai dengan keterangan diaplikasi,telat sehari disamakan dengan telat sebulan dendanya.situ melanggar ketentuan OJK,yg punya status OJK AMAR BANK…TUNAIKU belum ada,hanya sebatas penyedia jasa aj.

  • 2 Juni 2022 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Pinjol =lintah darat …mana nih pemerintah yg seakan menutup mata akan masalah yg disebabkan oleh pinjol….

    7
    2
    • 2 Juni 2022 - (16:22 WIB)
      Permalink

      Hadeh, minjem duit, duitnya dipakai sendiri, duitnya habis, engga bisa bayar, nyalahinnya pemerintah. Ada – ada saja.

      4
      4
  • 2 Juni 2022 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Anda terlalu nekad minjam Rp. 15 juta di pinjol, ya begini akibatnya, anda gak bisa bayar dan hidup anda menjadi tidak tenang. Bekerja pun menjadi tidak semangat.

    2
    4
  • 2 Juni 2022 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Wkwkw itu teknik Ancaman ya,,,
    tenang aja. walau nunggak bisa mengajukan restruktur tagihan.

  • 2 Juni 2022 - (15:52 WIB)
    Permalink

    Yang komen merasa paling hebat, gak pernah ngutang, lu pada tau gak situasi ekonomi orang? Jangan suka main hakim krn lu pada gak tau ekonomi seseorang. Pada peaaa semua yang komen jelek² itu, kudunya lu kasih solusi bukan menghakimi peaaa.

    16
    • 2 Juni 2022 - (23:50 WIB)
      Permalink

      Solusinya apa? Anda mau membayarkan sisa hutangnya?
      Yg komen kontra sdh bosan dgn keluhan2 yg ky gini, tp ga jd pembelajaran. Dia pinjam 15jt, bkn 15rb. Itu nekat namanya

  • 2 Juni 2022 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Selamat menikmati…..
    Jangan cuma mikir Proses cepat….
    Pikirkan bayarnya….. Mencukupi gak penghasilan anda untuk bayar cicilan dan lancar……

    Selamat menikmati utang

    1
    10
  • 3 Juni 2022 - (00:19 WIB)
    Permalink

    Terdaftar OJK ga? Lapor.. klo ga ya abaikan cukup hitung dan bayarkan sesuai perjanjian awal. Klo dirasa udah cukup dan sesuai tinggalkan.. klo bikin rusuh lapor polisi.

  • 3 Juni 2022 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Bingung mo ngomong apa?hanya bisa do’akan smga cepat terselesaikan masalahnya.akupun pernah diposisi ini…ada solusi asal mau duduk bersama.

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku Amar Bank?

Ada 65 komentar sampai saat ini..

Jika Terlambat Bayar, Tagihan Akan Kembali ke Awal dan Cicilan yang Su…

oleh Mita dibaca dalam: <1 menit
65