Permohonan Restrukturisasi KPR PermataBank Tidak Ada Kejelasan dan Terkesan Tidak Profesional

Perkenalkan, saya nasabah PermataBank. Beberapa hari lalu saya mengajukan keringanan pembayaran KPR ke PermataBank berupa penangguhan pembayaran cicilan untuk sementara (6 bulan).
Ini janji 18 mei 2022
Sebelumnya biar saya jelaskan dulu situasi saya. KPR ini atas nama orang tua saya (a.n. Amin, karena pada waktu pengajuan, nama saya tidak tembus dalam persyaratan. Selama ini saya kerja di luar negeri. Namun karena sekarang situasi di luar semakin hancur dalam segi ekonomi karena covid-19, perusahaan saya bekerja melakukan pemutusan hubungan kerja, yang mulai berlaku dari awal Maret 2022.

Untuk itu, saya membutuhkan waktu untuk keringanan KPR dalam masa 6 bulan ke depan. Karena sekarang saya sudah tidak ada penghasilan tetap, dan uang yang ada di rekening untuk bayar cicilan KPR, termasuk biaya hidup saya dan istri untuk 4-5 bulan ke depan.

Dari awal saya menghubungi, customer service PermataBank sudah menjelaskan bahwa program restrukturisasi masih ada. Tanggal 25 Maret 2022 saya mengajukan semua persyaratan lewat email dan dibalas untuk menunggu 30 hari kerja, setelah lewat 30 hari kerja,Hanya janji 30 hari kerja Kembali saya hubungi lewat email, dibalas untuk menunggu sampai 18 Mei 2022. Sampai saat ini selalu dibalas akan disampaikan ke unit terkait. Tidak ada kejelasan untuk program ini, sementara cicilan terus berjalan dan keuangan saya semakin menipis.

Saya sudah berkomitmen untuk menunggu. Namun kalau seperti ini, PermataBank benar-benar tidak profesional, menjanjikan tanggal konfirmasi, tapi sudah lewat jauh dari yang dijanjikan tidak ada kejelasan.

Ivan Candra
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai KPR PermataBank:
[Total:7    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan PermataBank atas Surat Bapak Ivan Candra

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Bapak Ivan Candra, berjudul “Permohonan Restrukturisasi KPR PermataBank Tidak Ada Kejelasan dan Terkesan...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Permohonan Restrukturisasi KPR PermataBank Tidak Ada Kejelasan dan Terkesan Tidak Profesional

  • 1 Juni 2022 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Kalau KPR sepertinya susah ya, karena bank pegang jaminan. Jadi kalau debitur wanprestasi, bank lebih memilih sita dan gadaikan jaminan.

    Beda dengan pinjol atau pinjaman tanpa jaminan, bank berada di pihak yg ‘kalah’, asal bisa balik modal pokok saja, bank belain beri keringanan.

    Tapi ini pendapat pribadi saja sih. Moga-moga banknya berbaik hati diberikan keringanan.

    • 1 Juni 2022 - (12:01 WIB)
      Permalink

      Program restrukturisasi ini resmi dari pemerintah pusat selama pandemic covid-19, dan waktu pengajuan saya sudah tanya dulu sebelumnya kalau program ini masih ada atau tidak, dan mereka jawab masih bisa, dan kenyataannya prosedurnya tidak jelas, dan kita sebagai nasabah di ping-pong ke customer service yang kenyataannya mereka tidak mengerti secara menyeluruh prosedur restrukturisasi kpr, ini menandakan ketidak profesionalan PERMATA BANK, sementara teman-teman saya mengajukan ke bank BCA & CIMB NIAGA, proses dipermudah dan tidak bertele – tele.

    • 1 Juni 2022 - (21:01 WIB)
      Permalink

      Saran saya, mampir lah bapak ke Kantor Cabang dulu bapak mengajukan kredit. Toh dulu pas ngajukan kredit kan pasti akad kredit di kantor, siapa tau petugas yang dulu memproses masih dinas disana, kan bisa mengobrol sekalian silaturahmi, ceritakan kisah bapak. Jangan mengandalkan by email saja, yang lewat email kan tentu banyak sekali

      • 1 Juni 2022 - (21:31 WIB)
        Permalink

        Halo pak Galang, saya sudah datangi bank permata tempat saya akad dulu, tetapi selalu dibilang untuk restrukturisasi hanya bisa lewat telepon & email, padahal sudah saya jelaskan baik – baik keadaan saya kalaupun ada prosedur semua sudah saya ikuti, tetapi memang dari pihak bank yang terlihat seperti mempersulit dan tidak ada kejelasan dari departemen mana yang bisa saya hubungi tentang kpr saya, saya sudah kecewa sekali dengan pelayanan PERMATA BANK, cukup sekali ini, sedangkan semua teman saya yang kpr di BCA & CIMB hanya dengan mengikuti semua prosedur paling lama 2 bulan sudah diberi keringanan entah itu perpanjang tenor ataupun peninjauan margin kembali.
        Terima kasih atas sarannya, mungkin besok saya akan coba ke bank lagi untuk bertanya.

        • 1 Juni 2022 - (21:57 WIB)
          Permalink

          Semoga segera mendapat solusinya, Pak. Sharing sedikit saya pun mengalami pengalaman yang sama saat saya hendak mengajukan keringanan kredit saya karena usaha terdampak pandemi, sangat berlarut2 hingga akhirnya saya inisiatif untuk lebih sering mampir ke kantor sambil bertemu analis yang memproses kredit saya, bahkan saya beberapa kali ajak untuk sekedar makan siang. Alhamdulillah setelah lebih akrab dengan analis nya saya bisa jaga komunikasi hingga akhirnya proses bisa lebih cepat 👍

          • 2 Juni 2022 - (15:36 WIB)
            Permalink

            Halo pak Galang, terima kasih untuk sharingnya, saat ini saya sudah dapat telepon dari bank permata dan mereka bilang sudah approve untuk penangguhan tetapi masih proses dokumen, alhamdulilah suara saya dari media konsumen ini terdengar sama mereka, coba saya lihat dulu saja janjinya untuk proses dokumen.

  • 1 Juni 2022 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Teman2 krja ku banyak koq yg tembus bahkan hingga 1 th, KPR BTN, namun bukan berarti bebas bunga dan pokok hanya ditangguhkan pembayarannya, bunga tetap berjalan, skrg udah selesai restruk pembayaran angsuran perbulan naik, krn kena bunga berjalan tapi di bagi selama durasi tenor shg tak terlalu memberatkan.. Tapi gk tau y kebijakan Bank swasta sm BUMN..

    • 1 Juni 2022 - (21:34 WIB)
      Permalink

      Halo pak Heru,
      Memang rata – rata bank lain sudah pada tembus semua pak, teman saya di BCA & CIMB cuma proses paling lama 1-2 bulan sudah diberi keringanan kok, tapi PERMATA ini memang kurang profesional, saya di ping pong kesana kemari ditanya selalu bilang akan disampaikan ke pihak terkait sehingga tidak ada kejelasan sama sekali.

 Apa Komentar Anda mengenai KPR PermataBank?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Permohonan Restrukturisasi KPR PermataBank Tidak Ada Kejelasan dan Ter…

oleh Ivan Candra dibaca dalam: 1 menit
10