Pengiriman Paket Retur Shopee di J&T Bermasalah

Saya penjual di salah satu e-commerce, yaitu Shopee. Jika ada pesanan dengan sistem COD sering memakai jasa kiriman JNT. Entah ada apa, setiap paket yang diretur selalu bermasalah oleh pihak J&T, hingga berulang kali.

Tanggal 21 April 2022 yang lalu saya menanyakan kepada staff di cabang lokasi paket diretur awal nya sudah ada namun belum dibongkar dan akan menghubungi saya setelah dibongkar. Berikut percakapannya melalui Whatsapps:

Saya mencoba kembali menghubungi hari ini tanggal 7 Juni 2022 (lebih kurang 2 bulan setelah itu), pihak staff J&T mengatakan bahwa paket sudah datang namun tak kunjung dibongkar.

Tercatat dari 2021 yang lalu sampai hingga kini pihak J&T mengklaim belum menemukan barangnya karena masih ada tumpukan barang-barang di gudang. Berikut ini hasil percakapan saya:

Tercatat 18 Resi dengan detail 4 Toko, paket retur yang belum dikembalikan kepada seller oleh pihak J&T :

Berikut ini detail tanggal retur yang sudah sampai pada cabang j&t inpress (Lokasi dimana barang di retur)

Yang jadi pertanyaan saya adalah selama ini paket saya menumpuk ? hilang atau bagaimana tidak ada kejelasan sama sekali, tiap di hubungi cuma bilang “Baik kami akan cek dan kabarin lewat WhatsApp” begitu terus dari tanggal 21 April 2022 yang lalu sampai saat ini, padahal paketnya sudah sampai di lokasi retur awal 2021 yang lalu.

Saya mohon dan minta tolong kepada pihak J&T benahi aturan, seharus nya tolong paket penjual dikembalikan, pihak penjual hanya mengambil untung 1-2rb rupiah, apa jadinya jika paket tidak kembali tentunya bisa diprediksi penjual lah yang dirugikan, sudah lah pembelinya COD, paket diretur dan hasil retur tak kunjung dikembalikan.

Terima kasih.

Yopi Andika
Kota Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:32    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Pengiriman Paket Retur Shopee di J&T Bermasalah

  • 9 Juni 2022 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Tercatat 18 Resi dengan detail 4 Toko, paket retur yang belum dikembalikan kepada seller oleh pihak J&T

    jika sudah sampe sebanyak itu coba pertimbangkan untuk nonaktifkan COD nya

    • 10 Juni 2022 - (10:59 WIB)
      Permalink

      hei para SELLER! Tolong selalu berkomunikasi dengan kurir pick up kamu,
      Jadi… Utk return paket biasanya kembali lagi ke dc (drop center) atau cp (collection point) .. Hubungi lagi ke org yg suka pick up.
      Orgnya sama.. Karena masuk pick up VIP istilah dari jnt nya.
      Saya eks jnt 6 tahun.
      Terimakasih semoga bermanfaat.

    • 10 Juni 2022 - (11:29 WIB)
      Permalink

      Sya pernah Alami sendri paket gagal ke Maluku status penggalian tidak aktif boro2 ada resi pengembalian tiba2 pad sya drop of ke gerai lgi ada retrur Sri maluku 😂

      • 12 Juni 2022 - (08:34 WIB)
        Permalink

        Ini adalah pengalaman pahit pakai kurir J&T dengan metode pembayaran COD di Shopee. Saya merasakan hal yg sama, transaksi pada 17022022, dikirim tanggal 17022022 dan pengiriman gagal tanggal 27022022, tapi sampai saat ini barang saya belum dikembalikan ke saya, alasannya persis sama seperti diatas. Banyak Setan Gundul tukang embat barang return berkeliaran di J&T. Solusinya, bye…bye J&T.

    • 10 Juni 2022 - (11:36 WIB)
      Permalink

      Macem2 pak TPI klw buyer ga mau bayar kecil kemungkin kebayakn ga sampe kurir ga mau cari alamat ga mau pusing ,terkecuali pembayaran cash walaupun nilai barang kecil pasti sampe ,

  • 10 Juni 2022 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Apa lagi punya saya lebih parah paket cod tidak di Antar sama kurir alasannya pembeli menolak paket…padahal pembeli tidak menerima paket ..pembeli chat berulang x menanyakan paketnya kurir di TLP tidak di angkat…kenapa cod J&T bermasalah sekarang paket retur saya jalan jalan ga tau arah tujuan..sekarang saya non aktifkan COD karna sering bermasalah..sudah menghubungi pihak J&T pusat sampai cape jawabannya tidak jelas..

  • 10 Juni 2022 - (10:15 WIB)
    Permalink

    Seharusnya paket yg di tolak pembeli lgsg di retur ke penjual biar ga numpuk di ekspedisi. Kalau di lihat dari pihak JNT, SDM nya kurang sehingga paket yg seharusnya lgsg di retur jadi terbengkalai dan akhirnya menumpuk

  • 10 Juni 2022 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Aku juga paket, ada yg di return, hilang, pernah juga sampai ke aku sudah berjamur. Bebrapa paket gak dikirim tp gak di kasih ulang ke penjualnya. Setiap di tanyakan jawabannya belum ketemu. Padahal sudah beberapa bulan lalu.

  • 10 Juni 2022 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Sering dpt kurir males gtu buat ke alamat tujuan, alasan sipenerima ngda nga bisa dibungi… Tapi sipenerima sllu WA mengenai paketnya. Kejadian kmrn blm lama kirim ke riau onderdil mtr oranyanya sy WA paket knpa di tolak mas, dia jwb loh ngda paket datang mas, stlh sy hubungi jnt ktnya penerima ngda ditempat no nga bisa dihubungi, sy tnya oranya itu barang sy kirim kebengkel mas sy sllu stay dibengekl malah tutup jam 10 trus. Dr sini sy berfikir ini kurir yg mls, keesokn harinya sy ambil paket digerai jnt. Trus sy srh order lagi costumer nya dia mau COD pke Si cepat nyampe ketujan

  • 10 Juni 2022 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Dulu kejadian yg sama sering terjadi di toko kami. Keterangan di system sudah di retur padahal barang tidak di kembalikan pada penjual. Waktu itu di shopee tidak ada pemberitahuan kalau transaksi di batalkan dan barang di retur.
    Jadi penjual harus seting aktif ngecek manual transaksi batal dan menanyakan pada J&T nya. Bila tidak di tanyakan barang tidak di kembalikan.
    Mau tidak pakai J&T waktu itu cuma &T yg bisa COD.
    Tapi sekarang sudah ada beberapa perbaikan system di shopee dan pada j&t nya

  • 10 Juni 2022 - (17:23 WIB)
    Permalink

    Selama jd penjual sy ga pernah tertarik mengaktifkan fitur cod.. Entah kenapa ga tertarik sama sekali..

 Apa Komentar Anda?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Paket Retur Shopee di J&T Bermasalah

oleh yopiandika dibaca dalam: 1 menit
17