Pengembalian Dana ke Aplikasi Pinjol Cash Maju Karena Nominal Tidak Sesuai

Saya ingin share kejadian yang saya alami. Pada hari Rabu tanggal 15 Juni 2022 saya coba untuk melakukan pinjaman online di aplikasi Cash Maju sebesar 1,2 juta dan tenor 30 hari. Tetapi begitu pencairan hanya tersedia 800 ribu di rekening saya serta kewajiban tenor 7 hari dengan pengembalian sebesar 1,2 juta dan tenor sisa 23 hari sebesar 120ribu.

Karena adanya ketidaksesuaian dengan penawaran awal, saya langsung menghubungi pihak Cash Maju melalui email yang tertera di aplikasi untuk melakukan pembatalan transaksi serta pengembalian dana. Singkat cerita email yang saya kirimkan dibalas oleh pihak Cash Maju pada tanggal 16 Juni 2022, dan terjadilah komunikasi mengenai proses pembatalan dan pengembalian dana.

Setelah saya mengikuti instruksi yang tertera dari email pihak cash maju, maka saya lakukan pembayaran via rekening BJB atas nama PT Cash Maju sebesar 800 ribu sesuai dana yang masuk ke rekening saya. Setelah saya melakukan pengembalian muncul WA yang mengatasnamakan Pihak Cash Maju, setelah berbincang kesana kemari.

Saya menanyakan kapan penghapusan tagihan di aplikasi karena saya sudah melakukan pengembalian. Dan pihak tersebut melalui WA memberi saya instruksi kembali bahwa saya harus mengikuti prosedur sesuai email yang nanti akan dikirimkan kembali. Maka tanpa pikir panjang saya mengikuti instruksi tersebut.

Namun ketika terdapat instruksi untuk mengaktivasi Oneklik BCA saya di situ saya mulai curiga, bahwa saya akan ditipu. Saya berusaha menekan pihak Cash Maju terkait update aplikasi kenapa masih belum hilang tagihannya. Setelah menunggu satu hari maka saya menanyakan kembali via WA kapan tagihannya di aplikasi akan hilang, pihak Cash Maju mulai berkelit.

Dari situ saya memutuskan bahwa hal ini saya sampaikan saja kepada pihak berwajib yaitu OJK dan Kepolisian, namun respon dari pihak Cash Maju langsung berubah, mulai mengancam saya dengan harus membayar sisa tagihan ke rekening BJB bukan ke rekening di aplikasi. Saya sontak langsung menolak dikarenakan ketika saya membayar 800 ribu saja di aplikasi tidak berubah apalagi kalau saya lunasi saya yakin pasti tidak akan berubah tagihannya.

Begitu mendengar hal tersebut saya langsung memberi ulasan di aplikasi Cash Maju di dalam Google play, dan pihak Cash Maju langsung membalas Via WA bahwa itu percuma. Nah dari sini saya yakin betul dari awal sampai akhir ini betul-betul pihak Cash Maju sengaja menjebak nasabahnya. Setelah merayu nasabah untuk mengembalikan dana tapi tagihan tetap ada. Setelah itu meminta aktivasi Oneklik BCA, bagi yang mengerti pasti tahu aktivasi OneKlik BCA itu untuk apa, ya tentu untuk belanja kan.

Saya yakin betul dari awal itu memang dari pihak Cash Maju bukan dari pihak yang mengaku Cash Maju, dan saya yakin bahwa ke depannya tetap akan terdapat tagihan kepada saya sebesar 1,320,000 bukan sisa dari yang mereka sebutkan.

Karena di aplikasi masih tertera tagihan awal, hal ini sudah saya laporkan ke OJK, waspada investasi dan info@cyberpolri.go.id hanya saja jawaban dari OJK dan Waspada Investasi kurang memuaskan. Akan tetapi dari Cyber Polri cukup untuk menindak pihak Cash Maju.

Guruh Aditya
Bandung Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:94    Rata-Rata: 4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “Pengembalian Dana ke Aplikasi Pinjol Cash Maju Karena Nominal Tidak Sesuai

  • 18 Juni 2022 - (20:28 WIB)
    Permalink

    itu mah bukan rekening tapi nomer va dompet digital kayanya apk dana itu
    coba hubungi aja nomer hp itu yg dibelakang angka 0041
    kamu kena tipu ama orang dalem aplikasi itu

    • 18 Juni 2022 - (20:43 WIB)
      Permalink

      saya curiga sudah jadi modus operandi ini, bukan orang dalam tapi memang cara mereka bekerja kemungkinan seperti itu. bahaya semoga banyak yang membaca surat pembaca ini dan jangan sampe mencoba pinjam seperti itu

      11
      • 18 Juni 2022 - (20:45 WIB)
        Permalink

        ya namanya juga aplikasi ilegall ya otomatis ga bener semua orang orang yg kerja di dalamnya

      • 19 Juni 2022 - (17:34 WIB)
        Permalink

        Langsung pinjem yang banyak sekalian terus hapus aplikasi nya, jangan lupa untuk hubungin teman2 dan keluarga di wa bilangin kalo ada nomer yang nagih suruh cuekin aja,katakan klo kamu kena tipu pinjol ilegal, kamu ketipu dan sudah pasti bakal ke terror, mau kamu lunasin pun pasti bakal di transfer lagi tanpa persetujuan dan ada tagihan lagi karena modus operandi nya emang begitu
        Sekalian pinjem yang banyak terus hapus app nya, toh kamu sudah dirugikan, mereka juga harus rugi dong, ngga akan masuk slik ojk ini klo gabayar

  • 19 Juni 2022 - (07:30 WIB)
    Permalink

    Setiap pencairan pinjaman pasti ada potongan biaya, provisi, biaya administrasi, dll, jadi dana yang diterima tentu tidak sebesar limit yang anda ajukan.
    Kalau anda tidak terima dengan kondisi tsb dan mau mengembalikan dana, berarti kewajiban yang harus anda kembalikan adalah sejumlah limit ditambah biaya pelunasan dipercepat, bukan hanya sejumlah dana yang masuk ke rekening. Hal ini karena perjanjian/akad pinjaman telah terjadi.
    Sebaiknya anda memperbanyak literasi/pengetahuan tentang pinjaman online dulu (bisa searching di google) sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman.

    9
    12
  • 19 Juni 2022 - (07:43 WIB)
    Permalink

    Aplikasi itu emang parah pernah pinjem masih 2 hari jatuh tempo udah di wa dan agak ngancam sebar poto saya dan poto2 anak saya

    • 19 Juni 2022 - (10:00 WIB)
      Permalink

      Tak Kunjung Usai Kemelut PINJOL…. Segera Pemerintah Tutup itu PINJOL yang Kesering Kasus

    • 19 Juni 2022 - (11:25 WIB)
      Permalink

      Kalo di pinjol ilegal begitu kita ngga bisa berapa uang yg bakal kita terima di rekening gan, Misal kita ngajuin 1,2jt ya rincian potongan biaya admin tidak tertera saat pengajuan!!

      • 19 Juni 2022 - (15:16 WIB)
        Permalink

        @Aditya
        Kang, apa gak curiga sebelumnya email CS nya pake gmail? Biasanya kalau korporat itu pake co .id.
        Gini aja deh, cobain datang ke BJB bandung. Pusatnya pan di bandung tu… cari tau itu aliran rekeningnya kemana.
        Bsk pan tgl 20 pas hr senen. Pagi2 kesananya agar ditindaklanjuti cepat.

        • 20 Juni 2022 - (03:28 WIB)
          Permalink

          Malah saya ngga dibayar, udh jalan 7 hari keterlambatan. Dan diliat bunganya sudah hampir 1jt. Melebihi jumlah yg didapat diawal. Gilaa banget

          • 24 Juni 2022 - (16:38 WIB)
            Permalink

            Klau ga di bayar,diteror kan kak. apa kk diam kan saja atau ganti no hp. kasus saya hampir sama kayak ini kak… tolong di bls kak chat nya,solusi nya kayak gimana kak. Makasih

  • 19 Juni 2022 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Kenapa masih banyak orang coba2 pinjol? Sblm coba cari tau dulu kalau di pinjol anda pinjam misal 1jt itu gak trima 1jt bisa kurang 20% paling dikit. Dan pengembaliannya ditambah 20% dari 1jt dalam 7 hari. Jd anda bayar bunga lebih dari 40%. Namanya jg lintah darat online. Kalau mau pinjam anda siapkan 1 hape dgn kontak palsu jika anda galbay anda masih aman kalau pinjol itu ilegal

  • 19 Juni 2022 - (14:19 WIB)
    Permalink

    Memang saya sudah sadar kena tipu,kalau pun nanti pihak Cash Maju mulai menagih kembali,justru itu yang saya tunggu

      • 20 Juni 2022 - (22:22 WIB)
        Permalink

        saya dapat 800rb di rekening…yang jadi aneh itu ketika saya coba email yang tertera di aplikasi untuk menanyakan cara pengembalian dan pembatalan,gak lama muncul email balasan untuk prosedur pembatalan terus muncul juga WA yang mengatasnamakan pihak CASH MAJU yang menanyakan hal itu,terus ketika saya membuat ulasan di google play aplikasi cash maju,langsung WA dari pihak yang mengatasnamakan CASH MAJU merespon “percuma ngasih ulasan buruk” berarti kan betul ini upaya penipuan berkelompok,untuk saat ini bnyak telepon dari Debt Call Cash Maju saya terima saja

  • 20 Juni 2022 - (01:00 WIB)
    Permalink

    Yg bikin saya bingung, masa aplikasi bisnis, balas email pakai domain gmail, harusnya cs@cashmaju , gtu2 kan, di akulaku juga banyak bgt yg ngaku ngaku2, tapi kalau ujungnya gmail.com kelihatannya itu yg hubungi penipu, bukan asli pihak cash maju, dari mana mereka tau? Orang dalam, mereka tau ketika kita dapat limit, dan langsung hubungi buat dapat detail. Hati hati, masalah duit, jangan langsung asal percaya

    • 21 Juni 2022 - (10:33 WIB)
      Permalink

      Saya yakin setelah baca dari jumlah dan tenor, ini pinjol ilegal. Seharusnya dana tidak usah dikembalikan. Ujungnya pasti sebar data dan teror debt collection yang kasar dsb.

      Dalam sekitar 1 bulan kedepan pasti akan banyak nomor nomor ga dikenal yang menghubungi untuk menagih atau menawarkan pinjaman lagi.

      Saran saya,

      1. Segera kabari kontak penting anda bahwa nomor anda sedang bermasalah dengan pinjol ilegal. Supaya mereka ga kaget.

      2. Setting WA anda supaya diluar kontak tidak bisa membuat grup WA dengan anda.

      3. ABAIKAN WA dari segala yang mengatasnamakan pinjol. Kecuali anda punya cukup waktu dan mental untuk meladeni mereka yang menurut saya ga ada gunanya.

      4. Anda sudah rugi dengan mengembalikan dana dari pinjol ilegal. Karena data anda pasti akan tersebar selama anda belum mengembalikan sejumlah yang TERTERA DI APLIKASI dan LEWAT VA YANG DIBERIKAN APLIKASI.

      5. Sekalian aja jadi pemain galbay. Tutorial di youtube banyak😁😁. Selama itu PINJOL ILEGAL, nama anda aman dari SLIK OJK. ga akan ada jeratan hukum apapun. Paling mengancam datang ke rumah (tidak mungkin), teror telepon hingga puluhan kali dalam sehari dsb.

      Pinjol ilegal ga ada hubungan dengan OJK. Ga ada kontribusi untuk negara karena ga bayar pajak.

  • 20 Juni 2022 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Sepertinya penulis baru turun setelah bertapa puluhan tahun digunung

    Mau Dosa tp takut ketawa. Turut prihatin aja deh ..

  • 23 Juni 2022 - (22:34 WIB)
    Permalink

    lapor saja ke polisi, lgs ke polda.

    kalo ada yg tahu alamat pinjol ini, ayo gebukin bareng2, saya siap meluncur dari surabaya

  • 24 Juni 2022 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Aku jg kena sama kasus nya hampir sama kayak ini… setiap hari wa dengan bahasa kasar,seperti ini bahasa nya. *BAYARKAN HARI INI SEBELUM JAM 15.00 SIANG JIKA TIDAK ADA PEMBAYARAN DI MALAM INI DATA ANDA AKAN SAYA SEBAR LUAS KAN AKAN SAYA BUATKAN DATA ANDA SEBAGAI BANDAR NARKOBA DAN OPEN BO!!!* Apa yang harus saya lakukan,tolong kasih saya solusi nya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana ke Aplikasi Pinjol Cash Maju Karena Nominal Tidak Se…

oleh Aditya Megayana dibaca dalam: 2 menit
28