Keluhan Pengguna TV LED AQUA Japan

Kepada yang terhormat PT Haier Indonesia, selaku pemegang merk Aqua Japan.

To the point saja, singkat cerita pada tanggal 12 Desember 2020, kami (ibu saya atas nama Ibu Rohana) telah membeli 1 unit TV LED merk AQUA Japan. Pilihan kami jatuh pada TV tersebut, karena sejarah merk Sanyo (yang berubah nama menjadi AQUA Japan), dan telah dipegang merknya oleh PT Haier Indonesia. Mengingat Sanyo adalah andalan peralatan elektronik di rumah kami sejak dulu, karena terkenal bandel, awet dan brand dari Jepang.

Namun tidak disangka, belum setahun TV kami mengalami kerusakan pada panelnya. Gambar bergaris-garis tidak karuan. Kami sampaikan keluhan dan direspons baik, dengan mengganti unit yang baru lewat klaim garansi.

Tanggal 10 Agustus 2021, kami menerima TV baru dengan tipe yang sama, hasil dari klaim garansi. Awalnya kami sangat puas dengan pelayanan yang diberikan. Namun pada bulan Juni 2022, TV kami mengalami kerusakan yang sama. Tentu saja kami menghubungi pihak customer service PT Haier Indonesia dan kami mendapatkan jawaban bahwa garansi sudah habis dan penggantian unit hanya berlaku 1 kali.

Kemudian kami diberikan pilihan, apakah mau dikunjungi oleh teknisi? Kami harus membayar biaya servis dan penggantian spare part jika bersedia. Kami tidak sepenuhnya setuju dan mengatakan bahwa memang garansi sudah berakhir dan jika servis harus bayar biaya kunjungan sebesar Rp75.000 (belum biaya jasa servis), tapi jika mengacu pada surat garansi kami masih memiliki garansi panel. Yang artinya jika teknisi datang, kami hanya membayar biaya jasa servis, biaya kunjungan dan mungkin part kecil lainnya. Panel tidak termasuk, karena masih garansi sampai Desember 2022 dan kebetulan yang rusak kedua kalinya pada panelnya.

Akhirnya setelah perdebatan ringan, pihak customer service menyetujui bahwa panel memang masih garansi dan hanya dikenakan biaya yang kami sebutkan tersebut. Kemudian pada tanggal 11 Juli 2022, kami telah membuat laporan dan dikunjungi pada hari itu.

Namun yang terjadi kemudian, teknisi berkata ada aturan baru bahwa kami disarankan untuk trade in (tukar tambah ) dengan menambah uang sebesar Rp1.200.000. Kami kaget dan menolak. Teknisi berdalih itu aturan perusahaan yang baru. Kami disarankan ke kantor supaya percaya bahwa memang itu aturan kantor. Jawaban senada juga telah kami terima dari customer service, yang coba kami hubungi hari itu juga, dengan mengatakan memang itu benar aturan dari perusahaan.

Dari kejadian yang kami alami, jelas bahwa ini kerugian untuk kami. Perusahaan cenderung lepas tanggung jawab. Padahal seharusnya memberikan tanggung jawab sesuai dengan buku garansinya. Kalaupun ada aturan baru, itu seharusnya untuk pembelian yang dilakukan pada saat aturan itu diberlakukan. Sedangkan kami membeli dengan keadaan masih aturan yang lama.

Jika tetap dipaksakan, lalu untuk apa garansi yang tertera dibuku garansi? Haruskah garansi hangus karena ada aturan baru? Bukankah itu merupakan keputusan sepihak? Bagaimana Anda sebagai konsumen suatu produk yang di perjanjian awal diberikan garansi, tapi pada saat klaim garansi hangus, bukan karena habis masa berlaku, tapi karena aturan baru perusahaan ?

Saat ini kami hanya diberi pilihan jika mau bawa TV tersebut ke kantor Haier untuk di-trade in dengan menambah uang Rp1.200.000. Sangat mencerminkan ketidakprofesionalan dan lari dari tanggung jawab.

Catatan: Kami memakai TV tersebut dalam penggunaan yang wajar, bahkan bisa dibilang jarang. Sangat aneh dan sangat disayangkan merk sekelas Aqua japan yang notabene adalah Sanyo, produk yang kami kenal produk yang bandel, awet dan berkualitas, hanya bertahan kurang dari setahun dalam pemakaian wajar. Khusus TV kami, rusak pada panelnya dan sudah yang kedua kali. Apakah tidak sebaiknya perusahaan bertanggung jawab dengan mengadakan recall seperti perusahaan besar lainnya? Mengingat ini adalah kepercayaan masyarakat yang jadi taruhannya.

Apakah dengan berganti nama dan dipegang merknya oleh PT Haier Indonesia lantas produk Sanyo mengalami down grade dari segi durabilitas? Jujur kami sangat kecewa, terlebih TV ini sebelum rusak banyak sekali kami rekomendasikan kepada saudara dan tetangga kami. Sebaiknya secepatnya masalah ini diselesaikan oleh pihak PT Haier Indonesia. Tolong kembalikan kepercayaan kami kepada Sanyo (AQUA Japan), bahwa produknya memang terkenal berkualitas seperti yang dulu kami kenal.

Saat ini TV kami yang telah dicek oleh teknisi masih dalam keadaan rusak. Kami hanya meminta keadilan dan hak kami yang tertera pada kartu garansi. Jika memang tidak ada tanggapan, dengan berat hati mungkin inilah terakhir kalinya kami memakai produk Aqua Japan dan produk yang bandel, awet berkualitas itu mungkin hanya kenangan masa dulu kami pada saat memakai merk Sanyo.

Ferdi Febrian
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai TV LED Aqua Japan:
[Total:34    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Keluhan Pengguna TV LED AQUA Japan

    • 14 Juli 2022 - (11:23 WIB)
      Permalink

      Merk tidak menjamin barang yg dibeli bagus dan awet karena jaman sekarang semua produk ada lifetime,dan juga setiap merk itu mempunyai keunggulan dan kelemahan disetiap divisi,contoh sanyo yg berubah merk jd aqua dulu sanyo bandel di pompa air tp rapuh di divisi led tv,itu sdh hukum alam yg terpenting cari barang elektronik yg mempunya after sales bagus,kasus anda sama dengan saya cuma merk yg saya beli sharp bedanya sharp berani kasih garansi 5 tahun panel service dan spare part dan itu sifatnya unlimitted selama 5 tahun,contoh kasus saya kemaren panel bergaris itu dapat pergantian panel terus selang 2 tahun panel lagi yg kena dan dapat free lagi,pihak service pun mengatakan bahwa garansi bersifat unlimitted selama 5 tahun dengan kerusakan yg sama.

      • 14 Juli 2022 - (11:52 WIB)
        Permalink

        Betul pak , kalau garansi itu adalah salah satu daya tarik kita jika ingin membeli suatu produk ,sekaligus memberikan rasa nyaman kepada konsumen ,jika berani memberikan garansi berarti berani bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin akan terjadi kedepanya.

      • 14 Juli 2022 - (22:28 WIB)
        Permalink

        Kalo mau memastikan kualitas produk sih menurut saya salah satunya dr berapa lama garansi yg diberikan, semakin lama maka semakin bagus krn pabrikan udah percaya bgt dgn kualitas produknya

  • 13 Juli 2022 - (21:13 WIB)
    Permalink

    Langsung banting aja produknya di depan mereka. Lalu videokan, lalu share ke media sosial ceritanya dan lampirkan suart terbit ini. Mereka sudah penipuan produk itu.

  • 13 Juli 2022 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Ih sama banget kerusakannya ama tv aqua temen kantor. Padahal baru pake setahun dan pemakaian wajar. Saya pake T** udah 3 tahun, tiap hari dipake netflixan ama PS4 masih ok ok aja. Mau dibilang dapet produk cacat, kok banyak banget cacatnya. Ini aja TS udah ngalamin 2 tv dengan kerusakan yang sama. Ga recommended banget merk ini.

  • 14 Juli 2022 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Klu dulu produk elektronik memang hampir 80% lebih banyak impor komponennya dari Japan di situlah kita dapatkan kwalitas tapi skrng justru kebalikannya , klu membeli tv led zaman skrng jangan berharap membeli tv LED yg berkwalitas itu sifat nya untung untungan.. salam dari teknisi elektronik…

  • 14 Juli 2022 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Yg bandel itu merk sanyo. Itu dulu emang bagus kuat. Ud ganti merk yg skrg mah jelek kualitas jauh banget. Itu bukan japan lg tp china apalagi skrg dibeli haier

  • 14 Juli 2022 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Terlepas dari merk, garansi dan apapun itu. Buat saya pribadi ngeri banget ini qualitas barangnya.
    Des 2020 beli TV baru >> Agustus 2021 Unit sudah rusak dan diberikan claim garansi/penggantian unit baru
    Juni 2022 unit baru tersebut jebol lagi dengan masalah yg sama.
    Buset dah jelek kali itu qualitasnya.

  • 15 Juli 2022 - (15:42 WIB)
    Permalink

    Perlu dicurigai masalah listrik di rumah dan peletakan unit tv nya, soalnya kerusakan sama, panel LED…. kalau pemakaian sih saya oercaya pemakaian wajar, tp apa liatri di rumah ga naik turun tegangannya? Terus diletakkan dekat alat listrik yg mengeluarkan gelombang magnet ga?

    • 15 Juli 2022 - (15:58 WIB)
      Permalink

      Tv aman pak ,diletakan ditembok pakai breket ,samping kiri kanan atas bawah bebas dari alat elektronik yang menggunakan radiasi ataupun magnet ,terlebih ini sudah rusak yang kedua kali ,teknisi dari Aqua japan sudah mengecek tegangan arus listrik dengan alat yang dibawanya ,kesimpulan murni rusak di panel ,dan pastinya apa yang disampaikan customer service pasti berdasarkan laporan kunjungan teknisi .

  • 27 Juli 2022 - (18:08 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah sudah direspon pihak PT Haier Indonesia ,sudah secara personal meminta maaf kepada kami dengan datang bersama teknisi ,dan sudah diselesaikan masalahnya ,semoga kedepanya Aqua japan bisa lebih baik lagi ,terima kasih Media Konsumen sudah menjadi penyambung lidah konsumen ,terima kasih untuk semua pihak pihak yang terlibat membantu kelancaran baik dari admin dan bagian redaksi penerbitan

 Apa Komentar Anda mengenai TV LED Aqua Japan?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Keluhan Pengguna TV LED AQUA Japan

oleh Ferdi dibaca dalam: 3 menit
13