Mohon Bantuan Mediasi untuk Kekeliruan Transfer Dana Sesama BRI

Kepada Yth.
Pimpinan Bank Rakyat Indonesia
Di tempat

Mohon bantuannya dari pihak Bank BRI terkait kendala yang saya alami. Perkenalkan, saya Adi Puryanto, selaku bagian keuangan PT Padma. Pada tanggal 26 Juli 2022 pukul 18.04 WIB, saya melakukan salah transfer melalui ATM BRI ke rekening BRI atas nama Wahyudi dengan nomor: 003301043488***. Seharusnya saya transfer ke nomor rekening: 003301043468***.

Saya telah melaporkan masalah yang saya alami ini ke Bank BRI KCP Wates, pada tanggal 27 Juli 2022. Saya juga telah menghubungi melalui call center Bank BRI 14017, dengan mengirimkan surat pernyataan bermeterai melalui email ke contactbri@bri.co.id, dengan nomor tiket: 41214626. Namun belum ada kejelasan sampai saat ini.

Adapun kronologi kesalahan transfer sesama BRI yang saya alami ini, terjadi saat saya mentransfer uang sejumlah Rp4.899.472 ke rekening sesama Bank BRI. Yang seharusnya ke atas nama Iwan Jainuri, tapi saat itu memang keypad mesin ATM agak terkendala, sehingga salah input digit dan terkirim ke rekening a.n. Wahyudi. Hal ini juga dikarenakan juga fasilitas iBBIZ BRI juga masih terkendala, sehingga saya akhirnya transaksi melalui mesin ATM.

Semoga pihak Bank BRI dapat membaca permohonan saya ini dan dapat membantu sebagai mediator dengan pihak penerima salah transfer. Terima kasih.

Adi Puryanto
Kediri, Jawa Timur


Update (10 Agustus 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas penyelesaian masalah oleh Bank BRI sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai permohonan ini:
[Total:23    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Adi Puryanto

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada PT. Bank...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Mohon Bantuan Mediasi untuk Kekeliruan Transfer Dana Sesama BRI

  • 5 Agustus 2022 - (07:23 WIB)
    Permalink

    apakah anda ingin melanjutkan transaksi?

    Biasanya ada notif gitu, setelah ketik rek nonggol dong nama penerimanya setelah itu masukin pin. ada 2 langkah sebelum ter transfer. 6 & 8 itu jauh dari keypad.

    semoga ada mediasi ya dan semoga tidak terulang.

  • 5 Agustus 2022 - (13:17 WIB)
    Permalink

    aneh juga bisa lolos di ATM, padahal sebelum masukin pin sudah terpampang nama & no rek tujuan, sepertinya ga fokus lagi lalu main lanjut, lanjut, lanjut, hingga masukin pin. kalo salah transfer gini, harus ada itikad baik dari penerima. semoga bank BRI nya beneran menghubungi penerima Wahyudi, dan beliau mentransfer balik

  • 5 Agustus 2022 - (17:44 WIB)
    Permalink

    saya pernah ada saldo masuk salah transfer engga dihubungi bank tapi main langsung debet aja 🤣 sebenernya bank juga ada kuasa debet tanpa persetujuan nasabah bersangkutan

    3
    1
  • 5 Agustus 2022 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Iya, biasa ada notifikasi tentang rangkuman transfer seperti nama penerima, rekening tujuan dan nominal transfer. Biasa ada pilihan ya atau tidak.

  • 5 Agustus 2022 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Apakah anda tidak terbiasa bertransaksi di mesin ATM??? Apakah anda tidak teliti atau terburu -buru??? Anda hanya bisa berharap semoga si penerima dana salah transfer mau mengembalikan dana anda. Karena sesungguhnya dana salah transfer hari itu juga sudah jadi milik sipenerima (itu aturannya yg saya tahu, koreksi kalau salah). Pihak BANK hanya bisa membantu mediasi.
    Saya pernah menerima dana salah transfer, kemudian saya ditelpon pihak Bank, mengonfirmasi kalau ada salah transfer, kemudian saat itu juga saya kembalikan. Semoga sipenerima dana salah transfer itu orang baik.

    3
    3
  • 5 Agustus 2022 - (21:37 WIB)
    Permalink

    Saya pernah ada yg salah tf lewat bri link ke norek saya, trs saya biarkan saldony di rek krn nggak tahu rek pengirimny, besokny itu saldo langsung di blokir sama bri atas permintaan org yg kelebihan tf, trs dia minta dikembalikan, stlh saya tf balik, dia langsung hub org bri utk buka blokir nya, jd kesimpulannya, kalau cpt nyadar salah tf dan punya kenalan org bri, itu dana bisa di blokir dulu, tinggal tunggu iktikad baik si penerima tf utk di kembalikan. Tapi apa boleh pihak bri main langsung blokir gitu? Bahkan identitas nomor hp ssya di share ke si org yg salah tf itu, nthlah kalau memang boleh begitu y..

    • 6 Agustus 2022 - (06:14 WIB)
      Permalink

      Iya namanya mediator, tugasnya menghubungkan pihak pertama dengan pihak kedua.. Jadi? Dibantu deh dikasih nomor telp

  • 5 Agustus 2022 - (23:28 WIB)
    Permalink

    Apa yg menyebabkan anda bs teledor bgtu? Jgn blg karena terburu buru sehingga tdk melihat nama si penerima.

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Mohon Bantuan Mediasi untuk Kekeliruan Transfer Dana Sesama BRI

oleh ADI PURYANTO dibaca dalam: 1 menit
10