Terjebak Pinjol Dompet Kilat, Uang 1 Juta Dinyatakan Hangus

Sebelumnya terima kasih saya ucapkan kepada Media Konsumen atas dimuatnya artikel saya ini. Saya berharap semoga pengalaman saya menjadi pembelajaran untuk semuanya, agar tidak melakukan kebodohan seperti yang saya alami.

Di sini entah pihak Dompet Kilat (PT Indo Fin Tek) mau menyebut uang 1 juta rupiahย  hangus atau apalah, karena dianggap tidak mematuhi ketentuan mereka, yang saya bilang tidak jelas dan transparan. Namun saya masih berharap uang itu masih rezeki saya, dan bisa kembali ke saya.

Awalnya saya mencari pinjol dengan tenor panjang, karena jujur saya perlu dana, dan jika mengajukan ke bank, agak ribet. Akhirnya saya memutuskan cari pinjol, dan ketemulah dengan aplikasi Dompet Kilat. Saya sudah cek melalui WhatsApp ke OJK, katanya legal. Saya berpikir amanlah. Lalu saya klik pengajuan pinjaman Rp10 juta dengan tenor 12 bulan.

Tak sampai 1 hari, pinjaman saya disetujui (via pesan WhatsApp dari pihak Dompet Kilat) dan saldo di aplikasi saya juga sudah berubah. Saya berpikir oke. Lalu saya diminta oleh pihak Dompet Kilat untuk transfer uang 1 juta rupiah, yang dibilang adalah uang jaminan, bisa diambil setelah angsuran pertama. Saya masih berpikir, oke.

Lalu datang lagi pesan WhatsApp dari pihak Dompet Kilat, bahwa saya harus transfer Rp2.550.000 yang katanya untuk bea survey. Mereka bilang karena tidak memungkinkan survey ke lokasi saya, maka saya diminta transfer senilai itu. Dari sini saya mulai sadar keanehan sistem mereka.

Karena ketentuan mereka yang tidak disebutkan di awal. Saat mereka menyatakan 1 juta top up saya hilang, saya semakin merasa heran. Cara main mereka yang penuh jebakan, dan akhirnya merugikan orang yang kesusahan.

Semoga artikel saya ini bisa sampai ke pihak OJK, agar OJK juga mengawasi cara kerja sistem pinjol yang nakal dan menjebak seperti ini. Agar tidak ada lagi korban bodoh seperti saya ini.

Sekian, terima kasih.

Siti Amaroh
Bantul, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:358    Rata-Rata: 3.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

137 komentar untuk “Terjebak Pinjol Dompet Kilat, Uang 1 Juta Dinyatakan Hangus

  • 11 Agustus 2022 - (15:15 WIB)
    Permalink

    sy baru tau ad org yg mo minjem duit tp mau aja disuruh transfer dolo.. logikanya darimane yachh ???๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    • 11 Agustus 2022 - (17:24 WIB)
      Permalink

      saya upload sampe ke sini.. supaya tidak ada korban lagi ka. kadang jika orang dalam kondisi tertentu, logika tidak jalan. bersukur anda sangat pintar. ๐Ÿ™‚

      saya berharap OJK bertindak, dan PT yang bersangkutan juga ikut mengusut.
      karena sebagai pihak2 yang di rugikan secara nama baik. ๐Ÿ˜‰

    • 11 Agustus 2022 - (15:25 WIB)
      Permalink

      selamat sore bapak Dobleh, perkenalkan kami dari Customer Services PT Indo Fin Tek (Dompet Kilat).

      Terkait hal tersebut bukan resmi dari PT Indo Fin Tek dengan platform Dompet Kilat. Karena saat ini aplikasi Dompet Kilat yang asli belum terdapat di Play Store, tetapi hanya ada pada website kami https://www.dompetkilat.co.id, mohon dapat berhati-hati dengan pinjaman online illegal mengatasnamakan aplikasi Dompet Kilat dari PT Indo Fin Tek.

      Selain itu, saat ini pinjaman dengan aplikasi Dompet Kilat dari PT Indo Fin Tek bersifat closedloop (tertutup) sehingga hanya calon nasabah yang sudah bekerjasama dengan pihak Dompet Kilat saja yang dapat melakukan peminjaman, dengan artian pinjaman pada Dompet Kilat belum terbuka untuk perorangan/individu. Begitu pula pada dasarnya pada proses peminjaman tidak adanya pemungutan biaya diawal.

      Hal ini juga sudah kami laporkan kepada pihak Satgas Waspada Investasi (SWI) OJK, KOMINFO serta Cyber Polri untuk dilakukan investigasi dan tindaklanjut sebagaimana mestinya, karena melakukan transaksi dengan mengatasnamakan PT Indo Fin Tek dengan platform Dompet Kilat.

      Sebagai tambahan informasi bahwa official account Dompet Kilat, yaitu.
      Facebook: dompetkilatofficial
      Instagram: dompet.kilat
      Twitter: @DompetKilat
      Email: hello@dompetkilat.co.id
      No.Tlp/WA: 0877-7766-4888
      Apabila informasi yang didapat oleh Bapak/Ibu diluar dari channel yang kami sebutkan, maka infromasi tersebut bukan resmi dari Dompet Kilat.

    • 11 Agustus 2022 - (17:25 WIB)
      Permalink

      ya .. semoga tidak ada korban lagi ya ka. aplikasi ini segera di blokir pihak OJK ๐Ÿ™‚

  • 11 Agustus 2022 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Hati hati buat yg kurang melek IT..jangan asal install apk disembarang tempat ,kalo google play aja nolak bisa jadi kenapa2…

    Hati2 ga jarang apk2 rentenir udah disetup sedemikian rupa agar permission atau hak aksesnya sebagai root, biasanya apk yg macam gini yg direject saat disubmit ke google play…konsekuensi yg paling sering isi hp bisa diambil alih oleh IT dari pihak rentenir…makanya sering kejadian semua kontak yang ada di hp tiba2 dispam,atau yg lebih parah yang suka bugil pake kamera hp filenya bisa diambil dan dipake sandera oleh pihak rentenir…

    • 11 Agustus 2022 - (16:45 WIB)
      Permalink

      Selamat sore bapak Anton, Betul bapak, hal tersebut harus berhati-hati dalam mendownload aplikasi, pemberian identitas diri dllnya.
      Namun sebagai tambahan informasi, untuk aplikasi kami hanya ada pada website kami Bapak Anton. Dan untuk mendownload harus memiliki kode akses, sehingga tidak dapat sembarang orang untuk mendownload aplikasi kami. Karena saat ini peminjaman pada PT Indo Fin Tek platform Dompet Kilat masih tertutup dan belum terbuka untuk perorangan/individu.

  • 11 Agustus 2022 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Itu Penipuan menggunakan Payment Gateway Xendit. Ibu bisa coba hubungi mereka lalu kasih nomor VA nya seharusnya bisa dicek atas nama siapa.

    Silahkan hubungi kesini
    https://www.xendit.co/id/

    Terima kasih. Semoga membantu.

    • 11 Agustus 2022 - (16:57 WIB)
      Permalink

      Selamat sore bapak Daka, terima kasih atas informasi dan bantuan yang diberikan.
      Semoga sehat selalu bapak Daka

      • 13 Agustus 2022 - (12:36 WIB)
        Permalink

        Untuk pihak bank gak bisa langsung, yg punya akses pertama pihak payment gateway. Jadi yg bisa selesain si xendit karena nomor va itu yg membuat clientnya. Jadi nanti pihak xendit akan blokir si client dan semua data client ada di xendit.

  • 11 Agustus 2022 - (23:10 WIB)
    Permalink

    ky nya aneh jg sih kl PT indofintech smp ga tau ada apk yg memakai nama dompet kilat di playstore.. atau jangan jangan………๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

    • 12 Agustus 2022 - (10:05 WIB)
      Permalink

      Selamat pagi bapak/ibu Ada Dech, semoga dalam keadaan sehat selalu. Perkenalkan kami Customer Services PT Indo Fin Tek (Dompet Kilat).

      Terkait hal ini, memang kami tidak mengetahui dan baru mengetahui adanya aplikasi mengatasnamakan Dompet Kilat karena adanya keluhan yang masuk kepada kami. Kamipun turut merasakan dampak atasnya oknum yang menggatasnamakan PT Indo Fin Tek platform Dompet Kilat.

      Kami juga turut perihatin pada setiap korban yang tertipu oleh oknum tersebut, saat ini kami sedang tindaklanjuti kepada pihak OJK, Kominfo dan Cyber Polri. Besar harapan kami untuk Bapak/Ibu Ada Dech berhati-hati terhadap pinjaman online yang mengatasnamakan Dompet Kilat.

      Sebagai tambahan informasi bahwa saat ini peminjaman pada Dompet Kilat masih tertutup, yang dimana belum terbuka untuk perorangan dan official account Dompet Kilat, yaitu.
      Facebook: dompetkilatofficial
      Instagram: dompet.kilat
      Twitter: @DompetKilat
      Email: hello@dompetkilat.co.id
      No.Tlp/WA: 0877-7766-4888
      Apabila informasi yang didapat oleh Bapak/Ibu diluar dari channel yang kami sebutkan, maka infromasi tersebut bukan resmi dari Dompet Kilat.

    • 12 Agustus 2022 - (12:51 WIB)
      Permalink

      makanya saya heran ka .. yang utama adalah rekening virtual itu ,… semoga pihak DOMPET KILAT benar – benar melakukan pengusutan. dan OJK juga bertindak.

      • 12 Agustus 2022 - (13:30 WIB)
        Permalink

        Selamat siang ibu Siti Amaroh, baik bu Siti saat ini kami sudah pelaporan ke bank ybs dan pihak bank sedang melakukan investigasi. Dikhawatirkan menggunakan Payment Gateway, namun saat ini belum mengetahui menggunakan PG siapa.

        • 13 Agustus 2022 - (12:31 WIB)
          Permalink

          saya masih menunggu ya ka.. ini saya juga masi lapor lapor ke pihak2 yang bisa saya lapori…

          harapan saya yang utama agar aplikasi ini bisa di blokir pihak OJK

          • 13 Agustus 2022 - (17:17 WIB)
            Permalink

            Selamat sore ibu Siti Amaroh, untuk penarikan aplikasi tsb dapat dilakukan oleh kominfo. Saat ini kami sudah melakukan pelaporan dan laporan kami sudah diterima dan tahap pemeriksaan dan verifikasi. Mohon bantuan juga kepada Bapak/Ibu dapat mereport aplikasi Dompet Kilat palsu di Play Store.

  • 12 Agustus 2022 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Bu, itu saya baca di screenshoot WA nya dia bilang bisa kembali 2.5 nya, apa saya yang salah baca yah?. Coba deh ibu baca pelan pelan. Jika si pengirim bilang tidak bisa kembali sudah pasti itu scam/penipuan. Dari nomor HP nya dan gelagat minta uang besar untuk kebutuhan yang tidak masuk akal, sudah pasti orang tersebut adalah penipu yang sudah mengetahui nomor wa ibu dan detail pinjaman ibu. Modus apapun itu, terutama via media sosial, orang yang tidak kita kenal dan meminta uang besar, sudah tentunya penipuan apalagi nomor kontak yang menghubungi nomor HP biasa yang bisa dibeli dengan bebas diluar. Saya pernah tertipu juga, ingin uang tersebut kembali tapi tidak bisa, lapor polisi tidak pernah ditindak, pengakuan kita hanya diketik dan disimpan.

    Benar kata ibu, semoga ini menjadi pelajaran kita semua. Yang sabar yah bu ๐Ÿ™๐Ÿ™

  • 12 Agustus 2022 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Pak polisi nya masih sibuk ngurus kasus anggota nya sendiri ga kelar2, luar biasa sekali negara ini …

  • 13 Agustus 2022 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Selamat pagi bapak/ibu Dion, semoga dalam keadaan sehat selalu. Perkenalkan kami Customer Services PT Indo Fin Tek (Dompet Kilat).

    Terkait hal ini, kami tidak bekerja sama dengan dompet excellent. Dan saat ini kami belum memberikan pinjaman kepada perorangan, sedangkan pihak kerja sama dengan kami dapat dilihat pada website kami.

    Kami juga turut perihatin pada setiap korban yang tertipu oleh oknum tersebut, saat ini kami sedang tindaklanjuti kepada pihak OJK, Kominfo dan Cyber Polri. Besar harapan kami untuk Bapak/Ibu Ada Dech berhati-hati terhadap pinjaman online yang mengatasnamakan Dompet Kilat.

    Sebagai tambahan informasi bahwa saat ini peminjaman pada Dompet Kilat masih tertutup, yang dimana belum terbuka untuk perorangan dan official account Dompet Kilat, yaitu.
    Facebook: dompetkilatofficial
    Instagram: dompet.kilat
    Twitter: @DompetKilat
    Email: hello@dompetkilat.co.id
    No.Tlp/WA: 0877-7766-4888
    webiste: http://dompetkilat.co.id/
    Apabila informasi yang didapat oleh Bapak/Ibu diluar dari channel yang kami sebutkan, maka infromasi tersebut bukan resmi dari Dompet Kilat.

  • 17 Agustus 2022 - (17:48 WIB)
    Permalink

    PENTING : SEMUA PINJOL ILEGAL N LEGAL SAMA AJA.. SERUPA, HAMPIR GA ADA BEDANYA.. ๐Ÿ˜‚ DAN MENURUT SAYA PINJOL ITU SINDIKAT.. NTAH SIAPA YG BERMAIN DI DALAMNYA.. ๐Ÿคฃ SAMPAI DETIK INI PUN PINJOL ILEGAL N LEGAL MASIH ADA N BEBAS BERSANDIWARA.. ๐Ÿ˜…๐Ÿคญ HATI2.. YAH GUYS.. KUAT2 IN MENTALLLL.. ๐Ÿ‘๐Ÿ˜

    SALAM GALBAY.. AJA LAH.. ๐Ÿ‘๐Ÿคญ๐Ÿ˜…๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚

 Apa Komentar Anda?

Ada 137 komentar sampai saat ini..

Terjebak Pinjol Dompet Kilat, Uang 1 Juta Dinyatakan Hangus

oleh Siti Amaroh dibaca dalam: 1 menit
137