Mohon Penjelasan dan Pemulihan Akun Facebook

Dear Admin Facebook (Indonesia) dan mohon diteruskan ke pusat,

Saya pengguna akun FB sejak tahun 2005, saya selalu berusaha menaati ketentuan yang Anda berikan. Seperti menggunakan nama dan foto yang jelas.

Namun, sejak 17 Agustus 2022 lalu tiba-tiba akun saya diblokir sementara dengan penjelasan tidak menaati peraturan Facebook, yaitu usia saya yang masih di bawah umur. Saya diminta upload ID untuk mengidentifikasikan bahwa usia saya sesuai syarat pengguna. Namun, dua hari setelah saya upload akun saya disabled permanent. Saya tidak bisa sama sekali mengakses akun saya, termasuk seluruh foto dan page, dan juga akun Instagram yang terhubung dengannya.

Saat saya mencoba akses akun pertama, saya akhirnya mengaktifkan akun kedua. Saya menggunakan email yang lain. Akun tersebut hampir tidak pernah saya buka dalam waktu yang lama, kira-kira 3 tahun lebih. Saya bermaksud akan mengaktifkannya dan menggantikan dengan memindahkan seluruh ‘dagangan’ ke sana, maksudnya: akan dijadikan akun untuk bisnis.

Tiga hari saya mengaktifkan akun kedua ini pun akhirnya diblokir juga. Saya ditanyakan apakah juga berkaitan dengan akun dengan alamat email lain. Saya jawab tidak, dan saya selalu berkali-kali diminta ID pengenal. Padahal bolak balik saya sudah mengirimkan ID juga sertifikat pernikahan.

akun terblokir

Saya sangat merasa tertekan dan kacau karena saya menjadi khawatir apakah ada yang mencoba mengejar saya? Bahkan Facebook tidak memberikan penjelasan lengkap mengapa akun saya semua diblokir.

Saya akhirnya membuat akun ketiga, dengan nomor telepon dan email lain. Saya tidak mengubah nama depan karena itu yang saya ingat dari peraturan FB untuk nama jelas, dan bukankah lebih baik seperti itu untuk teman-teman mengenali saya. Saya belum berani menghubungkan akun IG (Instagram). Saya masih sangat merasa takut jika kena blokir dan hilang apa yang sudah saya posting untuk kepentingan pribadi (termasuk berbisnis).

Kemarin, akun ketiga saya diblokir kembali. Saya merasa sangat cemas dan terus-terusan ingin menangis (tolong pahami, saya punya gangguan mental – terdiagnosa, saya juga menggunakan akun tersebut untuk mencari nafkah, koneksi jejaring saya hilang dan berkali-kali dilenyapkan Anda).

Saya hanya ingin akun saya salah satu dapat diaktifkan kembali, jika Anda menolak untuk mengembalikan data saya yang sudah hilang. Apalagi saya tidak tahu betul apakah data saya yang sudah diupload aman di tangan Anda. Apakah akun-akun saya yang terblokir DIJAMIN tidak akan dipakai ulang oleh pelaku penipuan?

Teman-teman lain menyarankan saya untuk menggunakan email, nomor telepon, nama lain, dan juga foto yang berbeda. Karena akan terdeteksi system Anda. Menurut saya ini tidak masuk akal. Anda membuat peraturan untuk menghindari penipuan tetapi malah membuat system sekuriti yang mengarahkan user berbuat demikian.

Tolong pulihkan akun saya. Mohon perhatikan beberapa hal ini juga:

  1. Jelaskan sejelas-jelasnya mengapa Anda memblokir akun saya berkali-kali? Tolong bimbing saya untuk memperbaiki akun versi Anda. Mengapa sulit menghubungi Anda? Saya sangat sedih karena kehilangan data, jejaring, juga data untuk hasil ujian sertifikasi saya. Berbicaralah layaknya manusia bukan mesin, apakah tidak ada Customer Service padahal pengguna Anda jutaan orang?
  2. Berikan penjelasan secara lengkap tidak ambigu. Terlalu banyak link padahal tidak membantu. Banyak teman saya juga diblokir hanya karena satu dua kata yang dianggap melanggar padahal bukan pada konteksnya, dan bahkan tidak melanggar (bukan kalimat atau kata kasar). Sistem Anda tidak bisa membaca sampai hal itu.
  3. Terlalu mengerikan jika saya menggunakannya sebagai alat marketplace jika hal sekuriti ini masih banyak kesalahan, bisa-bisa transaksi kami lenyap tak berbekas. Apakah Anda benar-benar tidak mempunyai Customer Service manusia di beberapa Negara? Apakah semuanya mesin? Tolong perbaiki. Tolong pulihkan kepercayaan saya kembali sebagai pengguna Facebook sejak tahun 2005.
  4. Hubungi saya, berbicaralah sebagai manusia dengan Bahasa Negara saya. Bukan mesin. Saya hanya ingin kejelasan pelanggaran dan bangun kepercayaan kembali sebagai pengguna Facebook, dan apakah data pribadi yang sudah diupload untuk verfikasi juga akun yang terblokir aman di tangan Anda?

Terima kasih.

Anna Maria
Tangerang, Banten

N.b. Terima kasih untuk Media Konsumen yang memberikan saya ruang untuk menuliskan perihal komplain saya.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:8    Rata-Rata: 4.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Mohon Penjelasan dan Pemulihan Akun Facebook

  • 1 September 2022 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Kl g salah fb ganti nama jd meta, kantonya di Capital Place Office Tower lt. 49, Gatsu.

    Makin gede perusahaan medsos, makin minim CS.

    Nomer tlp benernya sy ga tau, cuma ada info nomer operator gedungnya bisa tanyakan & coba ke (021) 2277-0808.

    Semoga membantu.

  • 1 September 2022 - (21:29 WIB)
    Permalink

    https://m.facebook.com/help/245058342280723
    Itu ada keterangan tidak boleh multiple accounts. Sebelum diblokir sementara apa ingat ada konflik di FB ? Bisa jadi ada yang melaporkan akun Anda. Saya juga pengguna FB sejak akhir 2006 ,2005 FB blum launching umum setau saya,hanya untuk kalangan tertentu khususnya komunitas Ivy League.

  • 2 September 2022 - (12:32 WIB)
    Permalink

    di fb terlalu banyak kata yg dilarang. ga ada maksud apa2, seringkali ditemukan bahwa akun terdeteksi melakukan pelanggaran. Padahal lg ngobrolin hal biasa. akhirnya dibanned 24 jam, kalo mengulangi lg bisa dibanned 7 hari, kalo mengulangi lg bs kena banned permanent. Masalahnya adalah disana kata2 makian seperti T*L*L, GOB*** , justru diperbolehkan. ironis memang. Makanya sy udah mulai mengurangi aktifitas disana

    • 2 September 2022 - (16:36 WIB)
      Permalink

      Akun fb bisnis atau fb fake bang ? Biasanya yg biasa bikin akun fb kebanyakan ya fake semua buat menghujat, mencaci, membully, ataupun penipuan, coba jujur aja abis ngelakuin apa atau komentar apa? Biasanya pada gak mau jujur sama sekali, jadi seakan-akan dia yg teraniaya.
      Fb tuh sekarang tuh ketat komentar kasar aja bisa langsung di batasi

      1
      2
      • 2 September 2022 - (16:47 WIB)
        Permalink

        fb ku selalu asli, ga pernah pake nama org lain utk mencaci maki. maksudnya tuh disana byk kata2 yg sensitif, asal komentarmu ada unsur2 kata yg dilarang, pasti kena pelanggaran. Tp masih bisa dibanding kalo memang ada yg salah pengertian. Ak pernah laporin komentar yg memuat kata T*L*L itu, dan fb menyatakan tidak melanggar peraturan. Tp kalo ketik “Ajak ribut / ribut” aja langsung kena semprit. entahlah, suka2 dia aja

      • 3 September 2022 - (14:25 WIB)
        Permalink

        Melihat hal ini, ko kita jadi seperti diperbudak ya..kita jadi merengek rengek tolong dewa sosmed berikan rahmatmu, karna itu untuk keperluan bisnisku.
        Sosmed bukan segala gala nya, mari kondisikan bisnis dan usaha kita agar tidak selalu tergantung pada sosmed.
        Sejujurnya saya merindukan tatanan kehidupan tanpa sosmed dan toktik…that good old days!

      • 5 September 2022 - (09:31 WIB)
        Permalink

        Betul, “b4nci”, “b3ncong”, penghinaan thdp LGBT. tp kalo penghinaan seperti T*L*L atau Gob*** tidak melanggar wkwkwkwk what a joke

  • 2 September 2022 - (17:10 WIB)
    Permalink

    akun facebooknya melanggar dan facebook diawal telah mengatur segala keputusan mutlak, disini anda sebagai pengguna harus mematuhi peraturan. sebagai gantinya pihak facebook memiliki hak penuh melakukan pemblokiran dan penonaktifan. jika tidak dipahami lebih baik baca dari awal panduan penggunaan dam pelajari bahasanya ( dengan bahasa inggris ) lebih banyak aturan aturan mereka dan lebih jelas maksudnya.
    anda sebagai pengguna , facebook / meta sebagai pemilik ( termasuk akun anda ) ini kebijakan dimana menggunakan fasilitas / akun Facebook.

    • 2 September 2022 - (17:18 WIB)
      Permalink

      sebagaimana pengguna jutaan lainnya yang menggunakan fasilitas akun Facebook / meta. artinya kesalahan mungkin dialami , sebenarnya jika tidak melakukan pelanggaran bisa karena pelaporan pihak lain.
      dimana saya juga mengalami namun pernah suatu ketika akun WhatsApp yang sebenarnya sama pengelola dan by facebook yang berubah menjadi meta.
      ternyata diblokir atas pelaporan orang lain atau pihak lain.
      dan saya menyerahkan bukti termasuk ID dan alasan yang kuat. sampai saat ini akun WhatsApp bisa digunakan.
      jika akun Facebook ( bukan pertama ) dan mungkin terakhir akun anda diblokir , dari 2010 banyak dikomunitas grup dan luar facebook kaskus dulu, dan sekarang di media konsumen. dijelaskan bahwa akun diblokir karena berbagai hal dan tidak bisa digunakan dikarenakan melanggar aturan. yang artinya bagaimana yang lain tidak terblokir sedangkan akun anda terblokir.

  • 3 September 2022 - (05:04 WIB)
    Permalink

    Akun FB di blokir mah sudah biasa bagi penggunan FB ads…
    Tinggal bikin baru aja…
    Kalau gak mu ribet tinggal beli aja sih…

    Joko Tingkir Ngumbe dawet, Ojo di pikir marai mumet…
    Akunq habis kena juga soale heheee

    1
    2
  • 3 September 2022 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Kenapa akun anda diblokir bekali-kali kemungkinan karena Anda buka di hp yg sama, mau anda daftar berapa x pun pasti akan diblokir lagi. Solusinya daftar di hp/perangkat lain atau bisa juga dgn format hp/perangkat anda sebelumnya backup dulu datanya sebelum format.
    Satu lagi masukan untuk pengguna FB yg sdh lama tidak login akun ya, jadi ketika kalian sdh tdk login FB dgn waktu yg lama ketika kalian baru login di perangkat baru jgn langsung ubah/edit pengaturan FB kalian biarkan dulu selama 2 Minggu sampai 1 bulan di perangkat baru setelah baru deh. Gitu aja sih tipsnya saya sih sdh malas main FB di sana sarang hate speech, hoax bertebaran.

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Mohon Penjelasan dan Pemulihan Akun Facebook

oleh Anna dibaca dalam: 2 menit
14