Kuitansi Pelunasan Dipercepat Kredit Kendaraan Bermotor Tidak Sesuai dengan Nominal yang Saya Bayar

Pada tanggal 13 September 2022, saya melakukan pelunasan dipercepat kredit kendaraan bermotor roda dua jenis Honda Vario 150, di FIF Atambua Kabupaten Belu, Provinsi NTT. Nomor kontrak: 901001360021. Adapun kredit motor tersebut telah berjalan 10 bulan dari total jangka waktu 32 bulan, per bulan setoran sebesar Rp1.064.000.

Sebelumnya saya telah berkomunikasi dengan sales FIF Atambua dan disampaikan bahwa apabila angsurannya berjalan normal, maka total nilainya sebesar Rp23.408.000. Akan tetapi apabila melakukan pelunasan dipercepat, maka saya harus membayar Rp21.500.000.

Saya sempat keberatan, mengapa nilainya sebesar itu? Padahal menurut perkiraan saya, nilai maksimal yang harus saya bayarkan sekitar Rp20.000.000. Namun sales-nya mengatakan bahwa itu sudah sesuai sistem perhitungan dari kantor pusat FIF. Mereka hanya menyesuaikan saja. Karena disampaikan seperti itu, singkat cerita saya langsung membayar Rp21.500.000 dan diberikan Surat Keterangan Pelunasan senilai Rp21.500.000.

Namun saat sampai di rumah, saya mendapat notifikasi pada aplikasi FIFGROUP, kuitansi pembayaran yang saya peroleh, nilai pelunasan kreditnya hanya sebesar Rp19.377.000. Berarti ada selisih nilai sebesar Rp2.123.000.

Di tengah situasi pandemik yang belum pulih seperti saat ini, nilai tersebut adalah jumlah yang sangat besar bagi saya. Pertanyaan saya untuk FIF, yang notabene merupakan perusahaan leasing terkemuka, yang telah menerapkan sistem IT komputerisasi dalam kegiatan operasional, apakah mungkin bisa terjadi selisih harga antara kuitansi dan jumlah riil yang saya bayarkan dalam proses pelunasan kredit kendaraan bermotor saya?

Servatius Frederikus Suri Luan
Atambua, NTT

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai FIFGROUP:
[Total:286    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan PT Federal International Finance (FIFGROUP) Atas Keluhan Bapak Servatius

Kami mengucapkan terima kasih atas masukan yang disampaikan oleh Bapak Servatius Frederikus Suri Luan melalui Surat Pembaca Mediakonsumen.com pada hari...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Kuitansi Pelunasan Dipercepat Kredit Kendaraan Bermotor Tidak Sesuai dengan Nominal yang Saya Bayar

  • 17 September 2022 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Saran saja coba datangi lagi kantor FIF tempat pelunasan,kemudian tunjukan SMS Notif dari FIFGROUP yg ada nominal pelunasan terus selisihnya bisa diminta lagi Pak…itukan hak Bapak
    Semoga berhasil

    27
    • 17 September 2022 - (10:55 WIB)
      Permalink

      benar pak, apa bapak sudah ke kantornya.
      harusnya langs di pertanyakan langs kekantor, itu adalah HAK BAPAK mendapat penjelasan. atau kelebihan bayar atau PUNGLI

      16
      • 17 September 2022 - (20:07 WIB)
        Permalink

        Saya 100% yakin ada oknum yang melakukan pungli, karena pengalaman pribadi pernah mengalami di saat pengambilan BPKB ada saja cara mereka membuat sesuatu yang merugikan kita, biaya ini dan itu setelah kita tegas buktinya biaya yang mereka terapkan tidak ada.

        11
    • 19 September 2022 - (17:13 WIB)
      Permalink

      Harga OTR nya brapa pak? Cicilan berjalan 10bulan/bulannya brapa? DP berapa, itu harus dihitung dahulu, asuransi berjalan 32, apakah stop sampai 12bulan. Kalo berbeda dgn notifikasi SMS sebaiknya Bpk dtng ke kantor pusat FIF, biar langsung ditangani jgn k kantor cabang….. Nanti banyak berdalih nya.

  • 17 September 2022 - (12:40 WIB)
    Permalink

    datengin dong ke fif kenapa bisa terjadi perbedaan agar dicek. pas bayar di mana? langsung dikantor apa dimana, kenapa baru ketauan pas dicek di aplikasi. surat pelunasan nya juga simple banget ya.

    • 17 September 2022 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Surat pelunasannya dibuat manual, jadi sangat mungkin bisa direkayasa nominalnya oleh oknum pegawai. Jelas yang lebih bisa dipercaya adalah informasi dari sistem yg dikirimkan melalui sms. Tagih saja selisihnya ke oknum tersebut, dan ancam perkarakan ke pimpinan kantor cabangnya, bahkan ke kepolisian bila tidak bisa dijelaskan dengan baik alasan terjadinya selisih tersebut dan tidak mau mengembalikannya.

      • 25 September 2022 - (17:08 WIB)
        Permalink

        Belum tiap bulannya D teror suruh bayar meskipun belum jatuh tempo. Main tlp tnpa cek data riwayat pembayaran 🤣🤣. Ckup pke FIF

  • 17 September 2022 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Mungkin saja jumlah yg mereka setorkan ke sistim tidak sesuai nominal pembayaran manual di kuitansi. Artinya telah dipotong untuk masuk ke kantong. Gpp. sih yg penting sdh lunas motornya. Sy anggap potongan itu pinalti dri pelunasan di percepat

    1
    12
    • 20 September 2022 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Kirim email ke FIF pusat saja pak minta orang pusat investigasi karna biasanya klo kasus seperti itu pasti ada manipulasi/fraud biar dipecat skalian karyawan seperti itu …email ke FIF pusat cepat ko responny ,saya pernah rumah saya dibikin tagihan motor FIF didatengin kolektor saya laporkan ke FIF pusat tindak pemalsuan alamat ..direspon cepat asal kita benar

  • 17 September 2022 - (16:28 WIB)
    Permalink

    Wowo sekali..
    Lebih baik bapak telp Cs FIF pusat,tanyakan mekanisme pelunasan dipercepat..klo sdh dpt jaeaban dr CS datengin dah kantoh tempat pelunasannya..
    Kejar terus HAK bapak.

  • 18 September 2022 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Sdh jadi tabiat kantor2 cabang pembiayaan kendaraan jika mau melunasi lebih awal tidak sesuai dgn itungan pusat, banyak oknum2 selalu mencari ke untungan pribadi dgn alasan tetek bengek, segudang alasan ini itu selalu dibikin biar mendapatkan uang lebih untuk kantong sendiri.

  • 19 September 2022 - (00:20 WIB)
    Permalink

    Jadi ngeri kalau mau berurusan dengan Finance.. FIF yg kredibel saja bisa seperti ini.. semoga segera direspon..

  • 20 September 2022 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Jangankan pelangan yg dirugikan, karyawan sendiri pun kadsng dirugikan dengan seribu macam alasan… Fif perlu diaudit untuk seluruh cabangnya… Karyawan kerja di fif dgn status mitra ngk ada gaji sepeserpun, disuruh cri nasabah banyak2, habis itu insentif perhitungannya pun ngk sesuai dgn kontrak(bagi yg sudah kontrak). Mohon HO PT.FIF audit seluruh cabangnya, karens sudh banyak ngk betul di cabang

 Apa Komentar Anda mengenai FIFGROUP?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Kuitansi Pelunasan Dipercepat Kredit Kendaraan Bermotor Tidak Sesuai d…

oleh Servatius Luan dibaca dalam: 1 menit
17