Menunggu Refund Uang Panjar Daihatsu

Pada awal bulan Agustus 2022, saya mengajukan Kredit Mobil Daihatsu Sigra di Astra Daihatsu Veteran Palembang, dengan sales a.n. Ag**. Lalu sales menyuruh kami transfer uang panjar Rp500.000. Pada tanggal 8 Agustus 2022 kami pun transfer ke rekening Astra Daihatsu Veteran.

Pada hari yang sama kami pun mengajukan Mobil Toyota Calya di Dealer Auto 2000 Soma Palembang. Tujuan kami memang mau ambil 1 unit, yang mana PO-nya duluan itu yang kami Ambil. Lalu kami mencoba transfer ke rekening Astra Toyota Auto 2000. Namun terjadi kesalahan transfer, malah ke rekening Astra Daihatsu Veteran Senilai Rp1.000.000 pada tanggal 8 Agustus 2022.

Kemudian keesokan harinya kami mendapat kabar dari Auto 2000 Soma bahwa pengajuan Toyota Calya kami sudah approve dari leasing ACC dan sudah PO. Kami pun mengabarkan ke sales Daihatsu dan minta uang panjar Rp500.000 dan kesalahan transfer Rp1.000.000 dikembalikan. Namun hingga hari ini belum juga ada progres.

Kami sudah mengunjungi Dealer Astra Daihatsu Veteran, tapi tidak ada hasilnya. Sales yang bersangkutan juga selalu mengatakan kami harus menunggu dan menunggu. Bagi kami uang senilai Rp1.500.000 itu merupakan uang yang besar. Tolong manajemen Astra Daihatsu Palembang, ditunggu bagaimana solusinya untuk masalah ini.

Adreo Titusema
Palembang, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Dealer Mobil Daihatsu:
[Total:17    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Menunggu Refund Uang Panjar Daihatsu

  • 30 September 2022 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Hiiihiii.. proses 2 brand begitu .. knp mesti ada tanda jadi.. udah tau uang 1,5jt itu besar..
    Mending proses tanpa tanda jadi, jadi ga repot skrng kan pas salah satu PO..
    Dah nikmati aja skrng, sales males proses uang pengembalian, dapat duit kagak, dapat poin jualan kagak, malah sibuk ngembaliin duit tanda jadi 500rb dan duit salah transfer 1jt..

    6
    3
  • 1 Oktober 2022 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Hak konsumen untuk memilih.. tp cara penulis memilih yang bikin semua kendala ini terjadi.. ada pilihan 2 (sigra/calya) tentukan mana yg paling diingkan prioritas 1 dan 2.. ambil priotitas 1 dl, ga berhasil, lalu coba ambil yang ke 2.. bukan 2-2nya di proses semua.. apalagi salah transfer segala haha.. astaga.. gw doain semoga cepet beres aja lah. Semoga jd pelajaran ke depannya supaya bs lebih sabar dan gak grasa grusuk

  • 1 Oktober 2022 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Biasanya kalau konsumen yang membatalkan uang tidak mungkin kembali. Karena perusahaan malas mengurus konsumen yang dianggap mancla mencle. Lain perkara kalau dealer yang membatalkan dengan ada alasan, misalnya kredit tidak di approve bank atau hal lainnya. Yg namanya panjar itu istilah nya tanda jadi suatu transaksi jual beli agar terlihat serius.

  • 1 Oktober 2022 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya sekitar 3 bulan yang lalu mau ambil Honda Brio. Saya chat via wa dengan salesnya, dan tanda SPK Rp 1 juta. Saya juga tanya ke salesnya apakah kalau batal uang tanda jadi itu bisa dikembalikan sepenuhnya tanpa ada potongan, sales menjawab ya. Singkat cerita, saya batal, dan uang tanda jadi itu dikembalikan 3 mingguan setelah mengisi form refund di atas materai disertai fotokopi KTP saya dan istri.

    • 1 Oktober 2022 - (20:49 WIB)
      Permalink

      Biasa nya kalo sudah transfer tanda jadi.. konsumen akan dapat SPK ( surat pemesanan kendaraan ) di SPK tersebut jelas disebutkan jika dibatalkan oleh konsumen maka tanda jadi akan dipotong 50%.
      Mengenai kesalahan transfer, saya rasa pihak astra daihatsu menganggap uang tersebut menjadi tambahan tanda jadi yang dibayarkan sebelumnya. Jika pun ada kemungkinan dikembalikan, karena ini dibatalkan oleh konsumen maka kemungkinan uang kembali hanya 50% dari total transfer ( tanda jadi + kesalahan transfer )

      Ini saya berkaca ke agung toyota ya..
      Beda dealer, mungkin beda lagi SOP nya.
      Namun biasanya di SPK pasti dituliskan mengenai tanda jadi ini

      • 4 Oktober 2022 - (12:22 WIB)
        Permalink

        Cuma sales Daihatsu males lah ngurus pengembalian begitu, kecuali dia ngurus di Daihatsu ditolak leasing Daihatsu baru lari k Toyota . Lah ini di split gtu proses nya maen dlu dluan.. proses itu kan tergantung leasing nya, selagi dpt cmo yg gercep, result bakalan cepet.. pas lg dpt cmo yg banyak kerjaan, yah bakalan lama

  • 4 Oktober 2022 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Kupikir orang khayaa, panjar 2 tempat sekaligus..

    Prinsip ekonomi, uang masuk susah keluarr

 Apa Komentar Anda mengenai Dealer Mobil Daihatsu?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Menunggu Refund Uang Panjar Daihatsu

oleh titu dibaca dalam: 1 menit
9