Proyek Rumah Melalui Maswindo Terbengkalai, Padahal Pembayaran Sudah Lunas 100% di Muka

Perkenalkan nama saya Irfan. Saya salah satu klien Maswindo untuk membangun rumah di Bali. Saya sudah membayar lunas 100% di muka senilai Rp345.900.000.

Maswindo adalah kontraktor yang sering aktif di medsos (Facebook, Youtube, Instagram, Tiktok) dengan motto: “Amanah, Jujur dan Bertanggungjawab”. Namun setelah beberapa bulan progress proyek berjalan, saya mulai meragukan motto Maswindo tersebut.

Mengapa saya ragu? Karena proyek rumah saya mangkrak atau terbengkalai, gara-gara uang saya tidak dicairkan dari pusat untuk diberikan ke cabang Maswindo Bali. Saya proses tanda tangan pencairan dana tanggal 18 Agustus 2022, tapi hampir 2 bulan belum juga dicairkan. Parah bukan?

Di lokasi proyek, tidak ada sama sekali tukang kerja, bahan-bahan semua terbengkalai, bangunan ala kadarnya. Padahal sekali lagi saya tekankan saya sudah membayar lunas di awal.

Saya termasuk beruntung dapat cabang Maswindo yang amanah. Sampai-sampai cabang rela mengeluarkan dana pribadi agar klien tenang walaupun hanya beberapa hari. Justru Maswindo pusat yang jauh sekali dari kata amanah, jujur dan tanggung jawab.

Saya sudah komplain berkali-kali, hampir tiap hari, tiap minggu melalui WA Maswindo, Instagram, komen di Youtube. Bahkan saya chat pribadi langsung semua sudah saya lakukan. Jawaban mereka selalu sama “dimohon bersabar”. CEO-nya sendiri bahkan tidak membaca keluhan sama saya sama sekali.

Saya lihat akhir-akhir ini semua komentar dibatasi pada media sosial Maswindo. Saya berani menyimpulkan, pasti banyak klien yang mengeluh seperti saya tentang proses pencairan dana dari pusat Maswindo.

Pertanyaannya:

  1. Digunakan untuk apa uang pribadi saya? Sampai-sampai pencairan dana dari pusat lama diproses bahkan sudah hampir 2 bulan.
  2. Untuk Maswindo Pusat, apa Anda tidak malu dengan cabang Anda sendiri sampai-sampai dia menggunakan dana pribadi untuk menalangi sementara proyek rumah saya?
  3. Motto “Amanah, Jujur dan Tanggung jawab” kenyataannya jauh sekali di lapangan dengan motto tersebut.

Saya harap dengan adanya surat keluhan ini, Maswindo pusat mau menanggapi dan mencairkan dana saya segera serta memberi jawaban yang jujur dan transparan atas pertanyaan-pertanyaan yang saya sebutkan tadi.

Sekian, terima kasih.

Irfan Rofiansyah
Denpasar, Bali


Update (19 Januari 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak PT Maswindo sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai PT Maswindo?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Proyek Rumah Melalui Maswindo Terbengkalai, Padahal Pembayaran Sudah L…

oleh irfan dibaca dalam: 1 menit
69