Transaksi Kartu Kredit Mandiri Sudah Di-void, tapi Tetap Ditagihkan

Pada tanggal 19 Desember 2023, saya melakukan transaksi di Uniqlo Mall Of Indonesia sebesar Rp1.295.000, dengan menggunakan kartu kredit Mandiri. Namun pihak Uniqlo melakukan kesalahan penginputan produk, sehingga pada pukul 15.37 transaksi tersebut dibatalkan. Saya sudah mendapatkan bukti dari Uniqlo, tentang pembatalan transaksi tersebut. Namun pada tagihan kartu kredit bulan berikutnya, transaksi ini tetap masuk.

Kemudian saya melaporkan sanggahan transaksi ke Mandiri Call pada tanggal 15 Januari 2024, dengan nomor laporan: 170528132593. Customer service Bank Mandiri menginfokan akan membutuhkan waktu 10 hari kerja. Namun saat di-follow up kembali ke CS, jawabannya selalu belum ada hasil sampai detik ini.

Saya pun meminta percepatan proses sanggahan, tetapi pihak Bank Mandiri meminta waktu lagi perpanjangan 10 hari kerja dan terus berulang kembali hingga 4 bulan. Saat ditanyakan apakah transaksi harus dibayarkan terlebih dahulu baru dikembalikan dananya atau di-pending dulu? Ada perbedaan jawaban dari masing-masing customer service. Akibatnya bunga terus bertambah dan kartu kredit saya juga sudah tidak bisa digunakan.

Saya mengajukan sanggahan bunga dan denda keterlambatan pembayaran, tetapi tidak bisa apabila sanggahan awal belum terselesaikan. Saya memutuskan akan membayar saja terlebih dahulu, dengan harapan pemrosesan bisa dilakukan dan dana dikembalikan ke kartu/tabungan Mandiri.

Virna Agustriani
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Transaksi Kartu Kredit Mandiri Sudah Di-void, tapi Tetap Ditagihkan”

Menanggapi pengaduan Ibu Virna Agustriani melalui Surat Pembaca Mediakonsumen.com terkait sanggahan transaksi Mandiri Kartu Kredit, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Transaksi Kartu Kredit Mandiri Sudah Di-void, tapi Tetap Ditagihkan

  • 1 Mei 2024 - (15:09 WIB)
    Permalink

    ngga bisa cuma bekal struk void dari uniqlo lantas transaksi dianggap batal otomatis, aturan waktu itu cek livin, begitu transaksi tercatat langsung lapor sanggah.

    itu juga biasanya lama, diminta konfirmasi ke merchant, dll, palagi kalo udah terlanjur masuk billing, ribet.

  • 1 Mei 2024 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Tidak ada struk dari mesin EDC?
    Uniqlo sejauh yang saya tahu tidak menggunakan mesin POS yang all-in-one. Kalo cuma struk sales slip yang dijadikan bukti transaksi, kemungkinan besar belum di-reversal di pihak banknya?

    2
    1
  • 1 Mei 2024 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Nah ini,apa di livin gak muncul transaksinya sebelum cetak tagihan?
    Kalau di myBCA 1-3 hari serltelah transaksi biasanya muncul. Barangkali kalau sanggahanya sebelum cetak tagihan lebih mudah. Oh ya biasanya juga ada notifikasi email untuk transaksi sukses/gagal.

  • 1 Mei 2024 - (22:11 WIB)
    Permalink

    Print dari mesin EDC nya mana? Disitu ada apprival code nya. Tanpa approval code, ga kuat buktinya.

    Balik lagi ke Uniqlo, jgn2 kasirnya engga void transaksi.

    Anyway, TS polos banget.

    • 4 Mei 2024 - (23:53 WIB)
      Permalink

      Tanya ke Uniqlo, benarkah void itu diproses? Karena bukti Void yang anda pegang itu print dari mesin di kasir.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Transaksi Kartu Kredit Mandiri Sudah Di-void, tapi Tetap Ditagihkan

oleh Virna dibaca dalam: 1 menit
5