BPKB Mobil Saya Masih Ditahan oleh Pihak Bank ACC

Tahun 2018 saya mengajukan kredit 2 mobil Avanza, dan pada tahun 2019 mobil yang 1 ditarik oleh pihak bank ACC cabang Malang karena saya menunggak cicilan 2 bulan dan melanjutkan cicilan yang mobil 1 lagi.

Tanggal 16 September 2022 saya melunasi kredit mobil saya di bank ACC Malang. Pada saat saya minta BPKB pihak ACC malang mengatakan 14 hari lagi balik ke sini pak karena BPKB mobil bapak ada di ACC Surabaya 2 (mers). 2 hari kemudian saya ke ACC Surabaya 2.

Pada saat saya mau mengambil CS mengatakan bahwa saya memiliki tanggungan kerugian lelang atas mobil yang pernah ditarik dulu sebesar 29 juta. Saya kaget kenapa di ACC Malang baik-baik saja tetapi di ACC Surabaya ada tanggungan kerugian lelang? Saya tidak sanggup membayar. Dan pihak ACC Surabaya pun mengatakan kepada saya bapak sanggup bayar berapa? Dan saya bilang 5 juta, dan saya disuruh untuk membuat surat pernyataan kesanggupan bayar 5 juta.

Dari pengajuan itu sampai sekarang (sudah berjalan hampir 1 bulan) masih belum ada kejelasan. Dan saya pun datang kembali ke ACC surabaya 2, dan mereka mengatakan masih nunggu tanda tangan. Saya sangat kecewa, beginikah pelayanan di ACC?

Mobil yang ditarik dulu saya deposit 25 juta dan kredit sudah berjalan 11 bulan dan mobil pun saya kembalikan. Pihak ACC melelang mobil tersebut tanpa ada informasi ke saya dan kenapa pihak ACC mengatakan ada kerugian lelang? Kenapa sekarang pada saat saya ambil BPKB mobil saya yang satunya dipersulit seperti ini? Sudah 3 minggu ini proses BPKB saya masih belum selesai, masih ditahan oleh pihak bank ACC.

Maulana Habib
Kota Probolinggo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:24    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “BPKB Mobil Saya Masih Ditahan oleh Pihak Bank ACC

  • 12 Oktober 2022 - (19:48 WIB)
    Permalink

    jangan mau bayar sepeserpun karena itu permainan bagian kolektor biar dapet duit dari nasabahnya

    bilang aja yg saya tau mobil itu ditarik bukan dilelang jadi bukan urusan saya lagi tuh mobil mau dilelang harga berapa pun

      • 13 Oktober 2022 - (07:05 WIB)
        Permalink

        jangan takut ama ancaman kalo mereka maksa suruh tunjukin bukti bukti hasil lelang dan kwitansi nya dan bilang aja masa mobil masih angsuran udah dilelang

        jangan mau dibodohi ama bagian kolektor nya,duit 5 juta itu berharga untuk saat ini

        6
        2
        • 13 Oktober 2022 - (14:36 WIB)
          Permalink

          Iya kak..belum lagi biaya saya bolak balik probolinggo surabaya or Malang..jarak tempuh sekitar 2 jam

  • 12 Oktober 2022 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Fix tuh akal akalan karyawan ACC sby.

    Mobil A = Ditarik ACC
    Mobil B = Lunas

    BPKB Mobil B HARUS diserahkan karena sudah lunas apapun alasannya.

    Mobil A yg ditarik ya itu urusan ACC mau rugi lelang kek mau untung lelang kek, mau digeprek kek masa bodoh. Yang jelas unit itu ditarik ACC!

    Wes, urusan kelar.

    Gak diserahkan BPKB ya lapor polisi, aduannya penggelapan surat kendaraan bermotor oleh leasing.

    11
  • 13 Oktober 2022 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Kalau mobil sudah ditarik leasing, sejatinya debitur sudah bebas dari tanggung jawab apapun. Soal untung/rugi pihak leasing ketika dilelang, itu bukan tanggung jawab debitur. Kebijakan ACC yang meminta ganti rugi adalah kebijakan sesat.

    Disamping itu, pihak leasing juga tidak boleh mengkaitkan dengan unit yang lain, karena tidak ada hubungannya. Sebaiknya jangan dibayar, tapi karena udah dibuat kesepakatan, tentu leasing gak mau dibatalkan. Seandainya belum dibuat kesepakatan, bisa dilaporkan ke pihak terkait, karena leasing telah melakukan kecurangan atau pemerasan berat.

    Sekedar saran, coba di somasi aja leasing tersebut, jika dalam dalam waktu tertentu tidak diserahkan BPKB mobil, kesepakatan dianggap batal dan lanjut ke proses hukum. Jika perlu tuntut balik pihak leasing karena mempersulit pengambilan BPKB dan melakukan pemerasan.

    • 13 Oktober 2022 - (14:35 WIB)
      Permalink

      Iya kak..saya sangat bingung dengan semua itu..tpi di satu sisi saya sangat butuh dengan BPKB itu

    • 18 Oktober 2022 - (15:22 WIB)
      Permalink

      Saya juga ada pengalaman serupa di ACC beberapa tahun lalu

      Saya melanjutkan cicilan unit teman yang tidak mampu lagi membayar karena terkena phk. Saat pelunasan ternyata BPKB unit yang saya pegang tersebut tidak bisa langsung diambil dengan alasan ada 1 unit lagi atas nama teman yang juga dioper dan ternyata cicilannya tersendat

      Teman saya diminta untuk menghubungi dan “memaksa” orang yang pegang unit kedua untuk melunasi tunggakan cicilannya kalau mau BPKB unit saya dikeluarkan

  • 13 Oktober 2022 - (14:32 WIB)
    Permalink

    Hari ini saya telah membayar secara cash kepada pihak ACC surabaya 2 mers. Sebesar 5jt (kerugian lelang) secara cash kepada pihak bank ACC Dan BPKB mobil saya telah di serahkan kepada saya. Dengan proses hampir 1 bulan dari pelunasan kredit saya. Jujur saya sangat kecewa dengan semua ini.

    1
    2
  • 13 Oktober 2022 - (15:05 WIB)
    Permalink

    sebagai informasi, jika nilai penjualan/lelang mobil yg ditarik itu masih kurang dr sisa tagihan yang ada maka selisih kekurangannya itu akan ditagihkan kpd nasabah.atau akan dilaporkan sebagai piutang yg tdk tertagih. nah utk kondisi piutang yg tdk tertagih itu nantinya akan dilaporkan leasing ke dalam laporan publikasi APPI. konsekwensinya adalah ketika nasabah ybs mau ajukan kredit kembali dan dicek oleh leasing ternyata msh ada piutang yg tdk tertagih dr fasilitas kredit sblmnya,maka pengajuan kreditnya akan ditolak.

    dan kalau nilai penjualan/lelang mobil yg ditarik melebihi sisa tagihan yg ada maka selisihnya berhak diminta oleh nasabah.

    dalam konteks ini saya sarankan anda minta bukti penjualan/lelang mobil yg ditarik sebelumnya dan rincian sisa hutang kredit anda pd saat mobil ditarik.dr situ bisa dilihat apakah benar nilai penjualannya kurang dr sisa hutang yg anda miliki saat itu

  • 13 Oktober 2022 - (15:42 WIB)
    Permalink

    Leasing kere itu…dimn2 kl unit sdh ditarik ya bukan tanggung jawab yg kredit lg.krn kreditur jg sdh menanggung kerugian dp sm cicilan yg sdh dibayarkan.itu fix permainan org dlm.kl rugi pas lelang minta ganti ke kreditur,coba kl ada untung?jamin diem2 bae tuh…

  • 13 Oktober 2022 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Kalau unit ditarik dan dilelang sama leasing, tentu harga lelangnya sudah diperhitungkan, termasuk biaya-biaya dan pelunasan kredit. Debitur sudah tidak ada urusan dan lepas dari tanggung jawab.

    Kasus leasing minta ganti rugi setelah unit ditarik, tampaknya baru kali ini terjadi, itu bisa dianggap pemerasan, apalagi dengan menahan BPKB unit yang lain yang pembayarannya lancar. Itu sangat tinggi manusiawi.

  • 14 Oktober 2022 - (23:37 WIB)
    Permalink

    Seharusnya ga bisa tuh, kalo muncul kayak begitu lgs buka hp videokan.. katakan sama mbaknya saya videokan ya, trus ngmg depan kamera, saya di kantor ACC ceritakan kejadiaannya.. pasti lgs takut viral.. itu permainan org dalam aja buat dapet duit lebih. Kontrak mobil 1 dan 2 itu berbeda.. mobil 1 lunas BPKB menjadi hak debitur. Selesai perkara

    ACC kirain bagus, ternyata begini ya

    • 15 Oktober 2022 - (07:20 WIB)
      Permalink

      Yaaa begitulah kak ACC, mulai sekrang saya sebagai mantan debitur ACC tidak menyarankan kepada calon debitur lain untuk tidak menggunakan ACC.

  • 17 Oktober 2022 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Semua leasing juga gitu gak cmn ACC aja kalo ambil mbil LBH dri 1 yg lainnya macet /bermasalah yg 1 nya kita cicil sampe lunas pasti aja pas ambil BPKB di permasalahkan yg 1 nya lagi,,, pdhl itu gk bisa karna beda perjanjian dan kontrak nya TPI ya gitulah😂

  • 25 Oktober 2022 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Mau tanya kredit macet sampe sdh selesai tempo nya 5th terus ditarik mobil. Solusi nya gimana ya kata bisa di tebus tapi mau saya nego sampai deal angka nya ga tinggi

 Apa Komentar Anda?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

BPKB Mobil Saya Masih Ditahan oleh Pihak Bank ACC

oleh bromotravel dibaca dalam: 1 menit
23