“Collfee” yang Memberatkan, Padahal Telat Belum Ada Seminggu

Salam buat semua pembaca MK dan pihak MK yang sudah menerbitkan keluhan saya. Saya mau tanya kepada nasabah FIF, Collfee itu apa ya? Kenapa setiap akan membayar angsuran selalu ketambahan biaya Collfee?

Awalnya saya mengira biaya Collfee akan dikenakan kalau telat angsuran lebih satu minggu. Namun saat ini saya mau bayar (yang mana telat saya belum ada seminggu), kenapa sudah dikenakan biaya Collfee?

Saya sebelumnya sudah membaca artikel-artikel MK yang sebelumnya, tapi di sana bukannya ada yang menjelaskan apa itu Collfee, malah pada adu nasib. Jadinya saya masih bingung.

Buat yang sudah baca ini ke depannya, tolong pertimbangan dulu sebelum kredit di FIF. Ada biaya-biaya gak masuk akal nantinya. Kalau ada rezeki, beli langsung cash aja, gak usah ada urusan kredit-kredit segala, bikin mangkel.

Terima kasih.

Dwi Mesti Febriani
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai FIFGROUP:
[Total:42    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan PT Federal International Finance (FIFGROUP) atas Keluhan Ibu Dwi Mesti Febriani

Kami mengucapkan terima kasih atas masukan yang disampaikan oleh Ibu Dwi Mesti Febriani melalui Surat Pembaca Mediakonsumen.com pada hari Minggu,...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk ““Collfee” yang Memberatkan, Padahal Telat Belum Ada Seminggu

  • 23 Oktober 2022 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Iya betul…mmng meresahkan sekali,byk yg merasa dirugikan dan menulis di MK ahir² ini

  • 23 Oktober 2022 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Kirain Coffee koq menarik nich ada kopi yg memberatkan.. Mungkin collfee collection fee, biaya penagihan.. Kyaknya terlalu banyak siluman fee

    • 26 Oktober 2022 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Halo OJK fungsimu apa????? Kenapa keluhan konsumen tentang lembaga keuangan tidak anda perdulikan, sudah banyak konsumen mengeluh tentang biaya di FIF yg seperti dipaksakan ada, contoh Collfee satu bulan bisa 25rb sampai 50rb yg pernah ditanyakan ke petugas sebagai biaya pengantar surat pemberitahuan terlambat… OHMEGOOTT… mengantar surat ke konsumen biaya dibebankan konsumen, belum lagi Denda berjalan… belum lagi biaya admin… apa begini cara memeras konsumen… klu OJK saja diabaikan apa fungsi OJK dalam mengatur lembaga kauangan seperti ini????
      Terimakasih…

  • 24 Oktober 2022 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Sebelum kesini uda ke FIF nanya?
    Coll fee itu alias collector fee.
    Biaya muncul 1 hari setelah tgl tempo, begitu lewat tempo collector akan kontak kita by phone atau pun visit rumah untuk ingetin tagihan kita dan pun kita bisa nitip payment kita ke collector tersebut.
    Atas jasa itu muncul coll fee.
    CMIIW ya,
    Info ini saya dapet saat pelunasan di FIF saya juga kena biaya “coll fee”

    16
    1
    • 26 Oktober 2022 - (10:30 WIB)
      Permalink

      Betul dan yg bikin jengkel lg denda collfee itu bnr2 untuk colector nya atau menambah keutungan si perusahaan tersebut klo di pikir2 collfee itu harus nya menambah insentif si collector tersebut pada saat berhasil menagih nasabah nya tp sedangkan colector nya tidak dateng ke rumah dan tidak ada wa tau2 ada denda tersebut saya sering memperhatikan pada saat bayar collfee itu akan muncul di 6 hari keterlambatan dan di 6 hari itupun tidak ada colector ke rumah ataupun wa yg ada by phone dari kantor

  • 24 Oktober 2022 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Kapal udah oleng, awak pada lapar……. Jadi segala bentuk fee pasti dibuat ada, fee yang tadinya ngga ada jadi ada demi isi perut. Bahkan saya dapat info kalau Telkomsel akan memberlakukan biaya admin bagi setiap pembayaran KartuHALO……..ini seh beneran parah

  • 24 Oktober 2022 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Yah begitulah di negara tercinta ini, tidak hanya swasta perusahaan plat merah juga banyak yang ikut2an memanfaatkan situasi dan kondisi masyarakat yang mudah dikecohkan, Telkomsel dengan berberbagai cara membuat informasi berbagai paket yang sering membingungkan pengguna, contoh peringatan paket itu dan ini akan habis lalu ditawari paket lain, padahal paket yang satu masih berlaku sayapun demikian awalnya dikira paket internet saya habis yang akhirnya paket baru yang ditawarkan saya beli, tau tau muncul informasi sisa paket lokal akan berakhir tgl, jam dan detik pada hari yang masih jauh…

    • 24 Oktober 2022 - (21:02 WIB)
      Permalink

      Konsekuensinya tau klo telat pasti dikenakan denda
      Tapi masalahnya Collfee ini harusnya diberlakukan setelah telat 1 Minggu dari tgl jatuh tempo
      Tapi ini, telat baru 3 hari udah dikenakan Collfee
      Parahnya lagi aku baca artikel MK ini 👉 https://mediakonsumen.com/2020/12/14/surat-pembaca/beban-collection-fee-fif-ditagih-meski-bayar-angsuran-tepat-waktu
      Bayar tepat waktu aja udah dikenakan coolfee
      Emang dikira kita yang musti bayar tu debt collection ? Kok kita yg dibebankan, klo FIF gak mampu bayar DC, gak perlu ada DC” an
      Dasar lintah darat !

    • 26 Oktober 2022 - (09:08 WIB)
      Permalink

      Telat sdh ada namanya Denda Bos… lah Collfee itu denda ke 2 dan admin denda ke 3 trus apa lagi besok untuk denda ke 4, 5 , 6 dan seterusnya… itulah yg ditanyakan konsumen… anda paham?????

  • 24 Oktober 2022 - (18:16 WIB)
    Permalink

    Baru tahu saya ada COLLFEE… Perasaan dulu nggak ada macam ginian…
    Kalau di KUR BRI telat beberapa hari masih aman, tak ada DC yg nagih dan tak ada DENDA, kecuali kalau udah akhir Bulan, pasti didatangi ke Rumah, yg datang pun dari kantor cabang, bukan DC sewaan.

    • 24 Oktober 2022 - (20:58 WIB)
      Permalink

      Iya, aku juga ada pinjaman KUR,
      Gak ada denda klo lewat jatuh tempo Asal jangan sampe lewat tanggal akhir bulan/tgl 1 bln depan

    • 26 Oktober 2022 - (09:25 WIB)
      Permalink

      Jangan samakan leasing FIF sama KUR BRI produknya jelas beda hitungannya juga beda FIF adalah finance swasta sedangkan KUR program pemerintah melalui bank yang ditunjuk Perjanjiannya pun berbeda walaupun intinya sama hutang kredit.

  • 24 Oktober 2022 - (20:48 WIB)
    Permalink

    sejak saya lunas di FIF, setiap ada penawaran auto blokir
    kapok saya pakai FIF,rentenir berizin

  • 24 Oktober 2022 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Yap bener
    Tiap habis pembayaran angsuran langsung banyak spam” penawaran pinjaman-pinjaman dari FIF
    Saya rasa bukannya membantu
    Malah nambah pikiran wae
    Auto blokir lah

  • 26 Oktober 2022 - (08:22 WIB)
    Permalink

    Sebelum akad kredit, dibaca isinya mas/mbak… nnti pasti ada alasan lagi “tulisannya kecil-kecil” dst… kalau mau dicari salahnya mmg pasti semua ada salahnya,
    Setau saya leasing ini jg ada yg namanya join finance (dg bank² lain) makanya itu kenapa ada yg namanya BI ceking, jika ada yg terlambat pasti datanya ngelink ke BI cek, mungkin dr pihak pembiayaan menerapkan coll fee agar mbak/mas nya jangan telat, biar gak kena BI Cek itu

    Kedepan dibaca ya… sampai tuntas… kalau gak sepakat… ya jangan diteruskan akad kreditnya

 Apa Komentar Anda mengenai FIFGROUP?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

“Collfee” yang Memberatkan, Padahal Telat Belum Ada Seming…

oleh Dwi dibaca dalam: 1 menit
29