Pengiriman Shopee Bermasalah

Saya ada 2 pesanan di Shopee yang terkendala terkait pengiriman. Pesanan yang pertama dengan nomor pesanan/resi: SPXID02431270834A. Seller sudah proses dari tanggal 18 Oktober 2022 dengan menggunakan Shopee Express hemat, tapi stuck dari tanggal 21 Oktober 2022 sampai hari ini tanggal 30 Oktober 2022, masih menunggu jadwal keberangkatan operator. Saya sudah hubungi CS, tapi hanya diminta menunggu saja tanpa ada informasi lagi sampai saat ini. Ingin saya cancel, tapi kasihan seller-nya. Tidak ada solusi apa pun sampai saat ini.

Untuk yang kedua order dengan nomor 221028J8U4QAEF. Saya order hari Jumat tanggal 28 Oktober 2022 dengan menggunakan kurir same day. Info seller pemesanan sebelum pukul 13.00 akan dikirim pada hari yang sama.

Setahu saya biasanya pilih same day barang bisa sampai di hari yang sama, tapi sampai sore seller info ternyata masih dalam antrean packing dan tidak dikirim hari yang sama dengan alasan kendala dari Shopee tidak ada kurir yang mengambil orderannya. Saya keberatan, saya minta cancel tapi ditolak oleh seller.

Waktu pengemasan awalnya tanggal 31 Oktober 2022, tapi sekarang berubah sampai 2 November 2022. Saya pesan same day dan sudah membayar ongkir-nya, tapi pengirimannya malah seperti reguler. Saya sudah menghubungi CS Shopee, tapi jawabannya tetap sama disuruh menunggu. Kalau mau cancel info seller, tapi seller info hubungi Shopee saja. Tidak ada yang ingin disalahkan terkait kendala ini.

Saya kecewa dengan pengiriman Shopee. Saya minta cancel saja untuk order saya yang ini dan pengembalian dana. Karena rugi sudah bayar ongkir same day, tapi waktu sampainya bisa melebihi waktu reguler juga.

Mohon penyelesaiannya Shopee. Terima kasih.

Laela Siti Muzdalipah
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Pengiriman Shopee Bermasalah

  • 1 November 2022 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Belanja di marketplace ini kuncinya harus luar biasa sabar. Cocok untuk konsumen yang gabut. Sebagai konsumen biasa, masih ada rumput tetangga yang lebih ijo, biru, dan putih.

    Membaca puluhan (atau ratusan?) “korban” marketplace ini di Media Konsumen saja sudah bikin saya nggak sabar. Nanti kalau ada penyelesaian dan ANDA YANG DIMINTA KLARIFIKASI, traktir kita-kita makan bakso ya? Kita-kita cuma ada puluhan (atau ratusan?) 🙂

    11
    2
  • 1 November 2022 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Setahu saya biasanya pilih same day barang bisa sampai di hari yang sama, tapi sampai sore seller info ternyata masih dalam antrean packing dan tidak dikirim hari yang sama dengan alasan kendala dari Shopee tidak ada kurir yang mengambil orderannya.

    pernyataan seller nya sudah kontradiktif, katanya dalam antrian packing tapi alasan lain tidak ada kurir yang mengambil

    memang utk saat ini diecom sebelah (yang ijo sebagai pembeli plus) jadwal pembatalan pesanan bisa lebih cepat jika seller tdk segera mengirimkan/request driver.

    5
    3
    • 2 November 2022 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Betul, berati belum selesai proses packing kan. Tapi ketika saat itu saya request pembatalan alasannya berubah menjadi kurir yang tidak mengambil paketnya.

      2
      1
      • 2 November 2022 - (13:39 WIB)
        Permalink

        Seller blg ngantri packing jam 1 siang, kurir gak datang jam 5 sore. Wajar sih dlm waktu beberapa jam bs berubah utk alasan paket blm dikirimin.

        1
        1
    • 2 November 2022 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Kadang ga berlaku buat si orange ?, dr jakarta utara ke jakarta pusat aja kadang 2minggu lebih baru sampai.
      Sampe dus nya ga berbentuk ?

      • 3 November 2022 - (08:08 WIB)
        Permalink

        Untuk sameday biasanya dr request sampai dapet kurir biasanya 3jam
        Kl hemat expedisi tercepat adalah 12 hari.

  • 1 November 2022 - (13:21 WIB)
    Permalink

    Per tgl 26 october kan shopee memaksa untuk semua penjual mengaktifkan shopee Express padahal kinerja ekspedisi ini buruk sekali.
    Tidak bisa di nonaktifkan secara manual lagi, mungkin karena jasa ekspedisi buatan nya kaga laku jadi skr memaksa.

    12
    1
  • 2 November 2022 - (09:46 WIB)
    Permalink

    Setelah pembayaran berhasil dilakukan, customer bisa mengganti ekspedisi dari Shopee express menjadi ekspedisi lain (dengan catatan harus segera dilakukan sebelum seller mengirim)
    Kesempatan hanya diberikan 1x

    Saya sendiri sudah kapok dengan Shopee express sebagai customer. Pengiriman lama & cenderung selalu deadline day baru terproses.
    Bahkan setelah deadline paket bisa hilang atau terkirim di alamat yang salah. Walaupun di kasus saya lebih di kurir yang nakal; difoto ke pohon2 di gang depan rumahnya untuk batch paket yang dibawanya dari gudang & dicentang telah terkirim dengan diterima oleh buyer sendiri (padahal waktu itu saya di luar kota)
    Kurir waktu itu terpaksa harus saya paksa & ancam laporkan ke pihak berwajib, baru mau bergerak waktu itu.

    Sekarang kalau saya lupa untuk ganti ekspedisi & seller sudah merencanakan untuk pengiriman (beruntung pengambilan oleh Shopee express juga lelet); lebih baik saya kontak seller untuk cancel dulu & beli ulang, lalu gunakan ekspedisi yang lain.

  • 2 November 2022 - (10:19 WIB)
    Permalink

    saya pribadi sebagai seller selalu ngasih info jika instan atau sameday pembeli bisa mengganti kurirnya sebelum pesanan kami proses atau sebelum 1 jam.
    tidak seperti pasukan ijo yg selalu gercep saat ada orderan masuk malh sebaliknya pasukan orange ini bisa respon di atas 3 jam ntah mengapa seperti itu.
    asal paket belum di packing jika ada pembatalan dr pembeli pihak toko biasanya setuju dengan catatan pembatalan dr pembeli karena toko tidak akan mau membatalkan pesanan takut poin pinalti

  • 2 November 2022 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Sabar aja toh seller udah request pickup, namanya juga sistem pasti ada error. Seller mau untung, buyer juga mau cepet, tapi kalau seller sudah proses sesuai sop kalau ada error dishopenya ya maklumin aja jangan maksa cancel2

    • 2 November 2022 - (10:51 WIB)
      Permalink

      Boleh dong request cancel kalau tidak sesuai, karena barangnya kan mau dipakai hari itu juga makanya pesan pakai same day 🙂

      • 2 November 2022 - (11:41 WIB)
        Permalink

        Ya boleh boleh aja toh seller juga bisa tolak cancelannya, saya paling takut ketemu customer seperti Anda, belinya ga seberapa tapi maksanya minta ampun, dishopee ada batas maksimal kirimnya jadi meskipun sameday penjual tidak diwajibkan kirim dihari yang sama, mending Anda beli offline aja kalau urgent

        3
        2
        • 2 November 2022 - (20:44 WIB)
          Permalink

          Sebelum order saya udah konfirmasi loh Pak Rudi. Saya komplain juga lebih ke kurirnya. Saya ga menyalahkan seller sepenuhnya juga. Saya juga tidak merugikan anda. Hal ini buat pengalaman & pembelajaran bisa. Kalau saya punya waktu luang banyak pasti saya beli offline. Gitu ya pak.

          • 2 November 2022 - (23:48 WIB)
            Permalink

            Sebaiknya sebelum order tanyakan dl bisa kirim hari ini apa tidak.
            Kalo seller OK langsung di checkout.
            Dan usahakan pake instan kalo memang butuh hari itu juga.
            Seller packing paket bukan punya kk saja, tapi untuk pembeli lain juga antri di proses.
            Jika kk biasa beli online pasti paham kok, kalo masih protes dengan pelayanan yg kk alami berti masih baru belanja di online.
            Saran saya kalo memang butuh banget nyuruh ojol aja bisa lebih cepat.

      • 2 November 2022 - (13:46 WIB)
        Permalink

        Kalau mau cepat hrsnya pakai pengiriman instant kak, atau kalo mau pasti langsung ke toko offline aja. Belanja online gak bs dipastikan utk masalah pengiriman. Sy kmrn baru aja beli rantai doggy, pakai gosend instant (di toped), beli hari senin pagi, dikirim selasa pagi. Pengiriman 1 hari setelah order masuk msh wajar sih menurut sy pribadi, karna bisa aja dr malam udh bnyk order masuk, jd pasti prioritas yg duluan masuk. Sy pilih pengiriman sameday kalau pengen paket sy aman, instant kalo butuh cepet. Kalo urgent, sy cari toko offline. Selebihnya reguler it’s ok, apalagi kan msh pake gratis ongkir hahaha. Bayangin aja kalo kita order pengiriman instant tau2 di lokasi seller lg hujan deras, emang ada driver yg mau ambil? Apa kita jg mau kalo paket kita dibawa buat main hujan2an?

  • 2 November 2022 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Shopee express jangan harap bisa return uang saya 80 ribu hilang return ngak bisa .arahan tim shopee di ikuti malah pengajuan return di tolak padahal tim sendiri yg minta .
    Makan tu shopee gue dah ngak akan menguntungkan shopee lagi sebagai pembeli maupun penjual

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Shopee Bermasalah

oleh Lala Muzdalifah dibaca dalam: 1 menit
18