Sudah Hampir 6 Bulan Inden Yamaha Aerox 155 Connected, Yamaha Belum Memberikan Kepastian

Saya Rachmat Riyanto, ingin menyampaikan perihal pemesanan sepeda motor Yamaha Aerox 155 Connected yang telah saya pesan/inden sejak tanggal 30 Mei 2022 dan sampai dengan hari saat saya menyampaikan ini, belum ada kejelasan dari pihak Yamaha.

Saya melakukan pemesanan Yamaha Aerox 155 Connected secara cash melalui Sentral Yamaha Medan dengan Sales a.n Yudhi. Saya melakukan pemesanan menggunakan identitas Ibu saya, karena KTP saya sudah berdomisili di luar Medan. Sales menyampaikan bahwa indennya sekitar 2 bulan untuk unit seri Aerox 155 Connected ABS, sedangkan untuk seri yang saya pesan, tidak lebih lama dari ABS. Akhirnya saya memutuskan untuk memesan/inden serie Standar (Aerox 155 Connected).

Setiap bulan saya menanyakan info progress ketersedian unit yang saya pesan, namun jawaban dari Sales menyatakan bahwa belum ada info. Pertengahan Juli sempat ada keinginan untuk membatalkan pesanan, namun saya urungkan niat saya karena saya sangat menginginkan unit sepeda motor tersebut.

Pada pertengahan Juli, tepatnya tgl 13 Juli 2022 saya mendapatkan info bahwa pemesanan yang diutamakan adalah yang pemesanan yang dilakukan secara kredit, dan ada perbedaan antrean antara cash dan kredit. Informasi ini mengundang rasa penasaran saya, hingga akhirnya saya mencoba menghubungi Customer Service Yamaha via email.

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh CS via email, jangka waktu indent antara pembelian cash dan kredit sama saja, dan saya disarankan untuk menanyakan nomor antrean ke dealer pemesanan.

Berdasarkan email dari CS Yamaha, saya menanyakan nomor antrian saya di Yamaha. Saya berada di urutan ke-35 waktu itu (26 Agustus 2022).

Kemudian saya menanyakan terkait timeline pengerjaan dan distribusi sepeda motor dari Yamaha. Pertanyaan saya tidak direspon dan sales pun mulai sulit dihubungi.

Karena sulit dihubungi, saya datang langsung ke Sentral Yamaha Medan untuk mendapatkan jawaban, dan benar saja si Sales tidak dapat memberikan informasi terkait timeline pengerjaan dan distribusi. Apakah iya, perusahaan sebesar Yamaha tidak memiliki timeline pengerjaan dan distribusi unit sepeda motor?

Akhir bulan Oktober, saya mendatangi kembali Sentral Yamaha Medan. Kali ini si Sales sudah benar – benar tidak merespon WA saya, sehingga saya datang ke Dealer dan minta bertemu dengan atasannya. Saya bertemu dengan Sdr. Rizal. Dari sdr. Rizal saya mendapatkan info bahwa saat ini Yamaha Aerox yang saya pesan, kabarnya sudah berhenti produksi (sudah tidak keluar lagi).

Pernyataan ini seperti membenarkan perkiraan saya bahwa Yamaha memang tidak memiliki timeline pengerjaan dan distribusi unit sepeda motor. Jika Yamaha memiliki timelinenya, seharusnya Yamaha bisa memperkirakan kapan estimasi distribusi unit sepeda motor, dengan memperhitungkan berapa banyak jumlah inden yang sudah masuk dan berapa banyak unit yang sanggup diproduksi.

Selang beberapa hari setelah itu, Yamaha merilis serie terbaru untuk Yamaha Aerox 155 Connected Standard dan juga ABS. Saya sudah inden hampir 6 bulan, tidak ada kejelasan info mengenai unit yang saya pesan, Yamaha malah sudah launching serie terbaru. Mohon info dan kejelasan dari Yamaha, karna banyak customer yang mengalami hal serupa.

Terima kasih.

Rachmat Riyanto
Kota Madiun, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:27    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Sudah Hampir 6 Bulan Inden Yamaha Aerox 155 Connected, Yamaha Belum Memberikan Kepastian

  • 9 November 2022 - (20:30 WIB)
    Permalink

    udah jadi rahasia umum beli kredit selalu diutamakan dibanding beli cash
    kalo bayar kredit si dealer dan sales dapet komisi dari leasing buat nambah gaji
    kalo cash sales ga dapet komisi apa apa
    makanya diutamakan yg kredit ama sales dan dealer nya karena biar dapet komisi dari leasing

    12
    • 10 November 2022 - (00:16 WIB)
      Permalink

      tumben komentar lu benar, di surat pembaca yg lain lu bahkan gak tahu kalau pembelian di google play itu masuk dalam katagori sms konten.

  • 10 November 2022 - (07:53 WIB)
    Permalink

    Attah. Aerox produk gagal itu. Saran aja jng beli. Permasalahan Kode 12 blm terpecahkan. Saran aja beli yg lain. Klu udh kode 12 bakalan tiap 5bln keluar uang 1jtan. Utk mengatasi kode 12 itu. Kode 12 di motor aerox sy pada tahun ke 3 dan setiap 5bln muncul lagi.

    4
    4
    • 10 November 2022 - (11:59 WIB)
      Permalink

      produk gagal tapi kok laris ya om ? 😂
      semua tergantung perawatan nya. kan bisa di cegah kode 12 itu. asalkan kita paham cara perawatan nya. jangan asal pake kayak motor beat aja. namanya orang suka, kita gk berhak untuk menghakimi suatu produk.

      2
      2
      • 10 November 2022 - (12:24 WIB)
        Permalink

        Jangan menghakimi produk?lu sendiri bilang gitu wkwkwk pada dasar nya semua motor punya problem sekalipun mahal saya punya honda yamaha ada problem dibandingkan sama orang lain motor nya slow wkwk

      • 10 November 2022 - (13:58 WIB)
        Permalink

        Sales yamaha ya ? Dia cuma ksh tau klo produk sering bermasalah mau diterima atau gak ya terserah TS,

        • 11 November 2022 - (18:01 WIB)
          Permalink

          Ngaku konsumen tp gak terima motor nya ada case sampai msk MK padahal semua motor juga punya kelebihan kekurangan efek terlalu fanatik kesien

  • 10 November 2022 - (10:55 WIB)
    Permalink

    saya beli adv 160 cbs cash di indako medan, kronologi nya saya DP 30 agustus, 17 september motor sudah sampai. honda salam satu hati, yamaha semakin didepan.

  • 10 November 2022 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Mending ga usah beli aerox, motor banyak masalah juga, nmax mendingan gan,apa skalian pcx, saya beli pcx cash indent 2 bulanan unit udah di dealer, saya tunggu stnk ready baru saya ambil.

    1
    3
    • 10 November 2022 - (12:02 WIB)
      Permalink

      emang pcx gk ada yg bermasalah juga ? di media sosial banyak kok user pcx yg mengalami crankcase nya pecah. itu malah lebih parah loh. terus build qualty bodynya juga rapuh. saran saya jangan menjelekan produk lain klo mau menyarankan produk tertentu.

      1
      68
    • 10 November 2022 - (12:07 WIB)
      Permalink

      Halo gan… Yamaha tuh udah rahasia umum dealernya tukang main… Saya inden nmax connected bayar cash 3 bulan, ditawarin salesnya kalo mau 2 hari ready langsung dianter tapi nambah 2,5jt cash ke dia… Punya orang lain dipotong dulu kesaya… Udah kalo lebih dari 2 bulan gak ada kabarnya ganti dealer dan berdoa dapet dealer yang bener… Hahaha, kalo mo cepet tawarin bayar lebih, itungan hari langsung dateng….

  • 10 November 2022 - (11:55 WIB)
    Permalink

    maaf ya bang bukan maksud saya membela Yamaha, tapi semua itu permainan dari dealer nya. Pas Desember juga saya pesen aerox connected 155 warna black cyan dan langsung di tawari sama salesnya. malahan katanya motor nya sudah ada yg booking, tapi malah di kasih ke saya. saya juga belinya cash. hari itu saya booking, besoknya motor langsung turun. lebih baik cancel aja bang. cari dealer lain aja. klo ngga beli di online aja. yg menyediakan motor biasanya Bukalapak dan blibli. tapi unit sekarang unit yg terbaru. warna nya sudah berubah lagi dan menurut saya sih lebih bagus variasi warnanya. tapi klo masih suka yg warna abu kuning, tinggal repaint aja velgnya. decalnya ganti juga. gtu sih.

    1
    12
    • 10 November 2022 - (13:49 WIB)
      Permalink

      Itu delaernya yg gak bener kalau dilihat dr percakapan WA nya. Justru pihak prinsipal Yamaha mengatakan tidak ada istilah “diutamakan kredit”. Cash justru lebih cepat.
      @YamahaIndonesia
      Jewer tuh dealernya

  • 10 November 2022 - (16:22 WIB)
    Permalink

    harus cerewet nagih , saya beli merk honda buat perusahaan smpe indent 3 bulan , di bulan ke-3 sampai saya suruh dealer buat surat pernyataan kalo unit belum ready/masih indent , suruh dealer cari dikota lain kek , cari di dealer lain kek , suruh dealer tiap hari follow up pabrikannya ..
    karena terus2an komplen akhirnya di bulan ke-3 unit dikirim …

  • 11 November 2022 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Ya emang susah sih kalo mau beli cash… Kecuali ada kenalan orang dalam baru dipermudah. Kalo ga ya susah… Orang kalo kredit dilernya untungnya lebih gede

  • 12 November 2022 - (23:15 WIB)
    Permalink

    Emng susah sih beli cash
    Aku aja pcx 5 bulan belum turun, itupun katanya masih antri d nomer 27..
    Itu aku pesan dari harga 31 jutaan sampe 32 jutaan belum turun juga
    Karna enggak sabar ya akhir nya ambil adv dan pas kebetulan ada adv

    • 14 November 2022 - (22:03 WIB)
      Permalink

      Saya beli Lexi di Bintaro Tangsel cash, besoknya motor diantar. Bpkb dateng ma stnk sebulan kemudian, pa krna motor kurang peminatnya lexi ya?

 Apa Komentar Anda?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Sudah Hampir 6 Bulan Inden Yamaha Aerox 155 Connected, Yamaha Belum Me…

oleh Rachmat dibaca dalam: 2 menit
30