Kesalahan Pencatatan SLIK OJK oleh Bank Neo Commerce dan Akulaku

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen yang telah mengizinkan saya menyampaikan keluhan ini.

Pertengahan Oktober 2022, saya mengajukan fasilitas kredit tanpa agunan di salah satu bank. Namun setelah dokumen saya diproses, permohonan saya ditolak karena adanya laporan SLIK OJK dengan status Collect-2. Pelapor atas nama PT Bank Neo Commerce Tbk yang merupakan channelling dari Akulaku dengan rincian sebagai berikut.

Saya tidak pernah melakukan keterlambatan pembayaran atau memiliki tunggakan di Akulaku maupun Bank Neo Commerce dengan nominal tersebut. Seluruh tagihan yang ada di Akulaku selalu saya bayarkan tepat waktu bahkan sebelum jatuh tempo.

Saya sudah mencoba untuk menghubungi pihak Bank Neo Commerce dan Akulaku. Namun sampai saat ini permasalahan belum terselesaikan dan saya selalu diarahkan ke divisi lain. Padahal seluruh bukti sudah saya kirimkan lengkap, kalau saya tidak pernah melakukan keterlambatan atau memiliki tunggakan di Akulaku maupun Bank Neo Commerce.


Pihak Bank Neo Commerce dan Akulaku terkesan saling lempar tanggung jawab. Padahal saya hanya ingin agar nama saya direvisi dan diputihkan kembali dalam SLIK OJK, sesuai dengan ketepatan saya dalam setiap pembayaran tanggung jawab. Sampai saat ini pihak Akulaku dan Bank Neo Commerce belum memastikan kelanjutan dari permasalahan ini dan setiap saya follow up hanya dibalas jawaban template.

Saya merasa jadi korban dalam hal ini akibat ketidakprofesionalan pihak Bank Neo Commerce dan Akulaku dalam melaporkan riwayat pembayaran nasabahnya. Saya mohon kepada pihak Akulaku dan Bank Neo Commerce agar segera melakukan penyelesaian atas permasalahan ini karena sangat merugikan untuk saya baik dari segi waktu, materiil, dan moral.

Wahyu Roydoni Dwitama
Brebes, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Neo Commerce:
[Total:4    Rata-Rata: 1.3/5]
Surat Tanggapan Bank Neo Commerce atas Keluhan Bapak Wahyu Roydoni

Jakarta, 23 November 2022 Dengan hormat, Menindaklanjuti pengaduan dalam Suara Pembaca yang dimuat Mediakonsumen.com dengan judul “Kesalahan Pencatatan SLIK OJK...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Kesalahan Pencatatan SLIK OJK oleh Bank Neo Commerce dan Akulaku

  • 10 November 2022 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Menurut pengalaman saya mas Wahyu yg jg punya akulaku dan pernah kredit dibank.. memang untuk pembaharuan slik OJK butuh waktu, setidaknya 2/ 3 bulan setelah kita lunas berhutang di akulaku!! Jd usahakan jika ingin kredit ke bank, tdk ada pinjaman atau paylater di pinjol manapun selama 3 bulan.. contoh mau kredit dibank bulan November, anda TDK boleh ada pinjaman di pinjaman di bulan Agustus, September dan Oktober..

    • 10 November 2022 - (09:34 WIB)
      Permalink

      Iya mas, ini jg jadi pengalaman saya bgt. Karena saya fikir selama tanggung jawab pasti tdk akan ada masalah, ternyata pihak bnc dan akulaku malah melakukan kesalahan pencatatan.

      Saya lihat jg disini cukup banyak kasus serupa dan korban kesalahan pencatatan slik oleh bnc dan akulaku

    • 10 November 2022 - (09:41 WIB)
      Permalink

      Tim channeling kalian saling lempar tanggung jawab antar divisi. Setelah itu no respon saat bukti sudah dikirim sesuai permintaan via email alias tdk ada balasan.

      Giliran ditelfon malah balik nanya sdh kirim email blm, dijawab sudah blgnya suruh tunggu konfirmasi pihak “asetku”

      Dijawab kalau pihak “asetku” suruh hubungi ulang cs malah blgnya kalo udh ada konfirmasi harus bilang ke cs.

      Lah, jadinya gimana? Dilempar-lempar sana sini tapi nasabah yang harus konfirmasi terus. Memangnya gaada tim internal kalian yang langsung satset bertahap dari divisi satu ke divisi lain untuk menyelesaikan masalah ini? Toh keseluruhan bukti sudah lengkap.

      Jd saya harus buang waktu berapa lama lagi atas kesalahan tim kalian? Saya lihat juga banyak korban kesalahan pencatatan slik oleh akulaku dan bnc.

  • 15 November 2022 - (06:16 WIB)
    Permalink

    Ini juga terjadi pada saya…Pembayaran lancar dan tidak ada keterlambatan tapi ada pelaporan dari bank neo, ternyata dari akulaku. Entah rata rata mengeluhkan seperti itu. Ini kesalahan apa sih yang mereka lakukan. sudah merugikan nasabahnya. Masalah saya belum di tanggapi tapi di suruh CS menunggu. Jika belum di urus saya pun akan menulis surat pembaca

    • 15 November 2022 - (13:38 WIB)
      Permalink

      Iya memang disuruh menunggu, tapi tidak ada kejelasan lanjutan. Tiap difollow up selalu suruh tunggu, tapi ditanya progres tidak transparan. Padahal bukti yang dikirim sudah lengkap

  • 15 November 2022 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah up di MK, InsyaAllah akan mendapat tanggapan secepatnya dari tim Akulaku dan Bank Neo Commerce Pak. Itu pengalaman yang saya alami dua Bulang yang lalu. Ada ketidaksesuaian pencatatan riwayat pembayaran di Akulaku dengan riwayat pembayaran di SLIK OJK yang dilaporkan oleh Akulaku. Saran saya Bapak terus email kedua belah pihak. Lampirkan Screenshot bukti riwayat pembayaran tagihan di Akulaku kepada Bank Neo Commerce via email. Karena catatan di Akulaku sendiri memang sudah benar. Biarkan pihak Akulaku yang berkoordinasi dengan pihak Bank BNC. Alhamdulillah setelah satu bulan kemudian status kol 2 saya di SLIK OJK bisa direvisi oleh Bank Neo Commerce.

    • 15 November 2022 - (13:39 WIB)
      Permalink

      Baik bu, semoga ada kejelasan ya. Karena pihak akulaku dan bnc hanya bilang suruh menunggu terus tiap di follow up

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Neo Commerce?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Kesalahan Pencatatan SLIK OJK oleh Bank Neo Commerce dan Akulaku

oleh whyroy dibaca dalam: 1 menit
10