Tiang Listrik PLN yang Mengganggu

Sudah lebih dari 30 tahun, tiang listrik PLN berdiri dengan gagahnya di atas tanah milik saya di Jl. Kopo Bihbul no. 20 Bandung, Jawa Barat. Sudah berulang kali saya kirim surat keluhan ke kantor PLN di Jl. Holis.

Masalah timbul karena sering terjadi ledakan dari tiang tersebut, kabel yang menjuntai ke jalan raya sehingga mengganggu lalu lintas Bandung – Soreang, dan tiang sudah miring. Saya minta agar tiang digeser karena mengganggu manuver mobil saya dan pasien.

Saya sudah komplain melalui akun Facebook, Twitter, Instagram PLN dengan beratus komen, tapi tetap berdiri sampai detik ini. Entah kenapa PLN tidak pernah menggubris, padahal sudah jelas ada Undang-Undang nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan, PLN harus beri kompensasi.

Surya Kontjara
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Tiang Listrik PLN yang Mengganggu

  • 11 November 2022 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Pak. Kasus ini melibatkan banyak pihak. Mending ke lapor.go.id, tunggu 2 minggu. Kalau tidak ada tanggapan, laporin ke ombudsman RI dengan melampirkan screenshoot nya dari lapor.go.id.

    54
    7
    • 11 November 2022 - (13:45 WIB)
      Permalink

      Dateng aja k kantor PLN terdekat, minta bertemu Kepala cabang y, disertakan foto2 tiang/kabel yg berada d tanah milik kita. Minta penjelasan dipindah atau saya potong karena menancapkan tiang PLN tidak izin kepada yg punya tanah. Klu pake surat, atau aplikasi tdk pernah d tanggapin. Saya sdh mengalaminya. Sekarang sdh selesai, kabel yg melintang dan tiang sdh d pindahkan. Tdk ada yg nama y bayar, itu hanya oknum.

      37
      2
      • 18 November 2022 - (07:33 WIB)
        Permalink

        Idea nya bagus dan memang sebaiknya begitu. Tapiii tdk bisa melakukan HAL Ini pada PLN. percumah, habiskan waktu.. Baiknya tulis Surat terbuka pada menteri Terkait melalui medsos

  • 11 November 2022 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Setahu saya malah bapak harus ganti biaya pemindahan tiang pak, dan lumayan mahal.
    Bukan bapak yang dapat kompensasi.

    8
    36
      • 11 November 2022 - (10:07 WIB)
        Permalink

        Ko sy yg hrs byr pemindahan tiang? G ada perjanjian pln tancap tiang di tanah milik sy!

        31
      • 11 November 2022 - (19:36 WIB)
        Permalink

        Kompensasi pemindahan tiang listrik hanya monopoli oknum logika juga ga nyambung masa dia yg matok tanah orang begitu suruh pindah yg punya tanah kena bayar logikanya dimana

        14
        1
  • 11 November 2022 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Lebih dulu tiang listriknya atau anda memiliki tanahnya? 😀 sekalian tiang telkomnya suruh pindah, itu juga mengganggu 😀

    8
    12
    • 11 November 2022 - (13:19 WIB)
      Permalink

      pasal mana uu 30 2009 bilang dapat kompensasi tiang PLN? UU gk jelaskan detailkompensasi tapi permen esdm yg ngatur rinci

      2
      4
    • 12 November 2022 - (10:19 WIB)
      Permalink

      Kalo lebih dulu tiangnya memang kenapa, menang tiang? Hak penggunaan & penguasaan tanah bukan milik PLN

    • 11 November 2022 - (13:40 WIB)
      Permalink

      Mungkin teknisi lapangannya waktu disuruh pindahin udah geleng-geleng liat banyak kabel numpang gelapnya.

    • 11 November 2022 - (20:49 WIB)
      Permalink

      Kalau PLN mau tegas gampang aja melalui OPAL (Operasi Penertiban Aliran Listrik) atau skrg namanya P2TL. Masalahnya, abis dicopot²in kabel yg numpang, bukan tanggung jawab PLN kl berserakan di jalan. Kalau utk PJU (Penerangan Jalan Umum) mmg dibolehkan nempel di tiang PLN.

  • 11 November 2022 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Biasanya sih malah anda yang disuruh bayar biaya pemindahan , pln mah gitu seenaknya , nancepin tiang gaijin giliran disuruh pindah eh malah kita yang dimintain duit buat biaya pindahan tiang ,

    15
    1
  • 11 November 2022 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Behhh,, rakyat yang melanggar tampa sepengetahuan orang tsb langsung di kasih denda dengan alasan yang tidak jelas
    Tetapi,, berbeda dengan tingkah PLN selaku Badan Usaha Milik Negara,, memakai tanah orang,, di minta di suruh pindah tetapi yang mempunyai tanah harus membayar untuk perpindahan tiang,,
    Ini tanda nya,, negara telah menjajah rakyat nya sendiri,, sudah banyak orang yang melapor tentang ini,, aparat pemerintah yang berhubungan dengan ini,, cuman hanya diam,,
    Sungguh ngeri nya negaraku ini,, seakan hanya di perbudak. ?‍♂️?‍♂️?‍♂️

    17
    1
  • 11 November 2022 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Hah? Masih ada tiang PLN besi? Ngeriiii!
    Di tmpt saya semua sdh lama pakai beton cor. Itu sekalipun digeser paling mepet tembok, tp apa masuk dlm jarak aman yg sdh diatur dlm peraturan? Mengenai utilitas umum detailnya diatur dlm Perda setempat.

  • 12 November 2022 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Sama nih, Tiang PLN juga ada di tanah saya, ga ada izin ga ada permisi tau2 udah ada tiang aja.

  • 12 November 2022 - (10:15 WIB)
    Permalink

    PLN suka gitu, gada aturan bayar sewa guna tanah, giliran kita minta pindah tiang kita suruh bayar.

  • 13 November 2022 - (15:18 WIB)
    Permalink

    Masalah penempatan di pemindahan tiang listrik diatas tanah milik orang seenaknya oleh PLN ,yang sangat mengganggu pemilik lahan, tidak ada kompensasi, malah harus bayar ketika minta dipindah nampaknya bukan masalah lokal karena korbannya yaitu pemilik lahan bukan 4 atau 7 orang saja di cabang PLN tertentu saja, tetapi sangat banyak dan kemungkinan terjadi di beberapa propinsj di tanah air. Oleh sebab itu ini harus ditangani oleh Ombusman dan atau gugatan secara hukum bersama sama, kepada PLN. Mudah mudah an Bang Hotman Paris bersedia membantu.

  • 14 November 2022 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Tuntut ajah ke jalur hukum, bakal kalah PLN dan akan langsung dipindahkan, gw udah lihat di TV, yg punya tanah minta pindahin dan oknum PLN minta bayaran dan di viralkan, besok nya langsung disuruh cabut ama atasan dengan cepat dan gratis, parah emang harus diviralkan dulu kayaknya

  • 15 November 2022 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Dirumah mama saya malah uda bertahun2 tiang listriknya numpang. Ada 2 malah.
    Sudah dtg kPLN setempat ga digubris2, malah satu tiang listrik kita pindahin krn kita mau masang pager, eh malah kita yg dimintain duit buat mindahinnya, pdhal selama bertahun2 tu tiang numpang ditanah kita, malah yg satu lagi belom dipindah2in sampe hari ini.
    Giliran bayar listrik turun (bulan sebelumnya 1.6jt, bulan depannya bayar 600ribu) krn emang mama sybga dirumah sebulan lebih krn nmenin saya yg abis lahiran. Itu juga mnrut saya mahal krn gda org drumahbbayar listrik 600rebu? Eh tukang PLN malh dateng ke rumah meriksa listrik mama saya
    Dikira kita maling
    Yg ada yg bisa maling listrik ya ordal nya PLN
    Mana bisa kita rakyat biasa preteli kwh
    Aneeh???.Pas periksa sampe bawa2 polisi, ya g bakal ada yg ditemuin krn emang kita ga maling.

 Apa Komentar Anda mengenai PLN?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Tiang Listrik PLN yang Mengganggu

oleh suryakontjara@yahoo.co.id dibaca dalam: <1 menit
25