Skor Traveloka PayLater Turun Terus

Dear Traveloka,

Sebelumnya saya informasikan, bahwa posisi saya di Platinum Level 2 dengan limit Rp50 juta.

Sebelumnya saya tidak ada masalah dengan PayLater Traveloka, baik pembayaran maupun skor. Itupula yang membuat skor saya naik terus sampai mentok. Namun akhir-akhir ini ada keanehan, yang mana setiap transaksi apa pun yang saya lakukan menggunakan Traveloka PayLater menghasilkan skor negatif.

Sebelumnya saya introspeksi dulu dan menanyakan ke CS Traveloka, di mana kesalahan saya pada tanggal 30 Oktober 2022 dan mendapat jawaban sebagai berikut:

Di sini CS mengatakan bahwa ada pesanan yang dilakukan pada hari yang sama, yang berakibat ke penurunan skor dan untuk menghindarinya jangan pesan di hari H atau H-1. Kemudian gunakan kredit limit maksimal 40% saja.

Baiklah, dua masukan itu saya terapkan untuk transaksi selanjutnya. Pada bulan November, saya melakukan pemesanan hotel jauh-jauh hari sekitar 4 hari sebelum hari H. Kemudian limit yang saya pakai baru 6 juta dari 50 juta, jauh dari batas atas 40% tadi. Ditambah saya tidak pernah terlambat bayar cicilannya. Maka saya berharap skor naik, meskipun sedikit asal positif. Ternyata tidak, skor terus turun dan negatif terus. Bahkan setelah saya tanyakan apa kesalahannya kali ini, jawab CS-nya hanya seperti ini :

Dua poin yang disebutkan di atas yang bisa mengakibatkan penurunan skor itu tidak saya lakukan. Toh skor terus anjlok sampai hampir menghabiskan poin. Semakin saya gunakan PayLater dengan cara yang baik, semakin anjlok skor saya. Sebelum komplain hari ini tadi (tanggal 9 November 2022) penurunan skor saya -5, setelah komplain malah turun lagi ke -6.

Maaf Traveloka, saya tahu ini hak Anda untuk menurunkan skor atau menaikkan skor, tapi aturan main kan sudah Anda cantumkan di publik dan itulah pegangan yang dilakukan pengguna. Kalau kemudian aturan itu jadi tidak berlaku, bagaimana pengguna bisa fair dalam bertransaksi menggunakan layanan Anda? Ini namanya tidak ada aturan.

Saya sudah bertahun-tahun menggunakan Traveloka dan baru kali ini mendapat perlakuan aneh begini. Jika memang ingin menurunkan level saya, bilang saja alasannya, tidak perlu kucing-kucingan begini. Toh tidak masalah bagi saya kalo mesti turun level asal alasannya jelas.

Terima kasih.

Andi Riza Syafarani
Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka PayLater:
[Total:30    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Skor Traveloka PayLater Turun Terus

    • 14 November 2022 - (12:55 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal yg sama, pesan dan bayar setiap bulan lancar, tapi skor terjun bebas dari limit 50 jt menjadi 20 jt

      • 13 November 2022 - (17:30 WIB)
        Permalink

        Kejadian Yg anda alami sama spt yg saya alami. Skor kredit sdh msk level platinum. tp tiba2 bsk terjun bebas/merosot. tdk msk logika. itu saya sebut Alasan Klasik dr Traveloka.

      • 14 November 2022 - (12:57 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami hal yg sama, pesan dan bayar setiap bulan lancar, tapi skor terjun bebas dari limit 50 jt menjadi 20 jt

  • 12 November 2022 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Tentunya ada alasan yang kuat dari Traveloka membuat skor anda turun yang kadang kadang bersifat rahasia yang kalau diberitahu kepada customer, maka customer berusaha mengakalinya.

    1
    3
    • 13 November 2022 - (05:20 WIB)
      Permalink

      Jika Pengelola layanan sudah menginformasikan Syarat dan Ketentuan Berlaku secara Publik, maka tidak boleh ada ketentuan rahasia yang tiba2 membypass aturan. Kalo ada berarti pengelola tidak konsisten dengan aturan yang dibuatnya sendiri dan merugikan kosumen. Silakan pahami hal ini.

      4
      1
      • 13 November 2022 - (17:33 WIB)
        Permalink

        Sdh bos bawa santai saja tdk usah terlalu di pikirkan, Kl penting yg di pakai. jika tdk terlalu mendesak mending gak usah di gunakan limit nya. secara kan sdh konsisten bayar tepat waktu tp tdk ada nilai plus nya dr Traveloka.

  • 12 November 2022 - (22:39 WIB)
    Permalink

    Memang dampak negatifnya apa ya dengan skor diturunkan begitu?
    Apakah limit akan diturunkan kalau skor turun?
    50jt setahu sy sudah limit tertinggi Traveloka paylayer

    • 13 November 2022 - (04:04 WIB)
      Permalink

      Limit Traveloka bisa turun demikian juga dengan Levelnya. Silakan cek Syarat dan Ketentuan Traveloka Paylater.

  • 13 November 2022 - (01:01 WIB)
    Permalink

    Skor turun bisa juga dikarenakan karena masih ada cicilan yang berjalan. Sistem cicilan itu kan menahan limit sementara sisa tagihan belum terbayar sudah direimburse ke paylater. Skor traveloka itu bergantung kepada akumulasi transaksi. Jadi bisa dibilang skor negatif akan terus terjadi sampai cicilan anda lunas. Kalau mau naik skor lagi ya perbanyak transaksi lagi tapi jangan cicilan.

    Atau upgrade ke paylater card. Bayar penuh di traveloka nanti baru ajukan cicilan ke BRI selalu co branding traveloka card.

  • 13 November 2022 - (04:12 WIB)
    Permalink

    Kenapa tidak upgrade ke CC Traveloka PLC? Karena tidak ada penawaran. CC Traveloka PLC itu based on invitation (cek syarat dan ketentuan) bukan berdasarkan pengajuan seperti Tokopedia Card atau OVO Ucard. #cmiiw

    2
    1
  • 13 November 2022 - (05:15 WIB)
    Permalink

    Hidup kok hanya dibuat nyicil paylater

    Kerja keras kok hanya untuk bayar hutang
    🥲🥲

    1
    7
    • 13 November 2022 - (05:18 WIB)
      Permalink

      Hidupmu kok hanya digunakan untuk mengomentari hidup orang lain. Katanya kerja keras, kok sempet2nya mampir kesini.

      10
      1
        • 13 November 2022 - (05:23 WIB)
          Permalink

          Jadi kamu ada kewajiban harus mengomentari setiap artikel orang lain gitu? Wow kerja keras sekali itu. Mantab, lanjutkan!

          9
          1
      • 13 November 2022 - (06:19 WIB)
        Permalink

        Dan beginilah sifat dari jiwa penghutang kalau di singgung masalah hutangnya.
        Apalagi disebarluaskan lewat media dan dia sendiri yang menyeberluaskannya.

        Wow, mantab sekali lanjutkan!!

        Besok kalo pesanannya batal otomatis di share kesini aja biar ku komen lagi.

        2
        4
        • 13 November 2022 - (14:33 WIB)
          Permalink

          Sebelum komentar baca dulu ini uraian kasusnya. Datang2 main nyeprot Utang2. Ini bukan masalah utang, ini masalah Keluhan Konsumen produk Traveloka Paylater. Kalo Anda ga suka tulisan keluhan, jangan buka Media Konsumen. Disini isinya keluhan produk.

          • 13 November 2022 - (19:12 WIB)
            Permalink

            Ga pernah make paylater dan bingung dengan statement “ini bukan masalah utang…”

            Jadi paylater itu utang bukan sih?

  • 13 November 2022 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Saya malah mulai tahun ini & tahun depan mau tutup semua paylatter yang saya punya secara bertahap satu per satu, sebab kalau di hitung2 semua biaya nya lumayan tinggi, walau semua paylatter yg saya punya itu saya pakai buat beli barang jualan or barang pesanan ( bukan di pakai untuk keperluan pribadi or keluarga ). Tahun ini sudah saya tutup dua. Tahun depan rencana nya minimal saya tutup tiga. Total Limit all paylatter saya 150 jt.

    Mulai mencoba & membiasakan diri belanja barang jualan & barang pesanan / orderan cukup menggunakan cc & modal sendiri ( walau modal sendiri masih terbatas ). Paylatter memang simpel namun kalau di hitung2 biaya all nya, lumayan besar & penggunaannya masih terbatas cakupannya. Juga terkadang membuat saya menggampangkan beli sesuatu barang jualan ( saat sedang ada promo ) walau belum tentu barang tersebut habis terjual saat tagihan mau jatuh tempo

  • 13 November 2022 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Kalau saya sudah lama tidak pakai Traveloka lagi, karena kapok:
    1. Poin bonusnya cepat hangus
    2. Waktu rame2nya Covid Delta tahun lalu pembatalan uang tidak dikembalikan, padahal oleh hotel sudah direfund ke Traveloka. Tapi ditahan duitnya oleh Traveloka dengan jawaban formalitas bot.

  • 13 November 2022 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Jaman sekarang bnyk orang sudah kayak budak aplikasi atau robot untuk mengeruk uang dari perusahaan aplikasi, kerja dan gajian hanya untuk bayar hutang, namanya paylater itu adalah riba dalam islam, karena riba gak akan membuat hidup tenang, bnyk yg gak percaya kalau riba membuta hidup gak tenang, tapi lihatlah kenyataan nya, orang bijak akan berpikir kita bukan robot dan gak akan diperbudak paylater lagi, jika mau hidup tenang maka mulailah menabung dan dapatkan yg ingin anda impikan dengan tenang dan damai, hidup tidak akan ada lagi lalat yg berkeliaran disekeliling kuping kita

    1
    4

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka PayLater?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Skor Traveloka PayLater Turun Terus

oleh Andi dibaca dalam: 1 menit
30