Barang Diterima dalam Keadaan Rusak karena Terlalu Lama dalam Pengiriman

Saya sebagai penjual, ada transaksi di Shopee pada tanggal 17 Oktober 2022. Produk susu cair 1 liter yang dikirim dari Jakarta ke Bali. Sampai tanggal 4 November 2022, barang masih belum juga sampai dengan menggunakan kurir JNE. Saat saya chat ke Shopee, katanya ada di Poso.

Dari pihak pembeli sudah mengajukan komplain ke Shopee, tapi selalu gak ada balasan yang tepat dari pihak Shopee. Jawaban dari mereka hanya disuruh menunggu, dan dari tim lacak bahwa barang tidak rusak dan tidak hilang.

Tanggal 8 November 2022 pembeli menginformasikan bahwa barang sudah diterima, tapi dengan keadaan bau dan ada cacing. Satu hal lagi, packing yang ditampilkan tidak seperti saat saya packing. Ini benar-benar JNE menambal barang tersebut agar pembeli mau menerima dan tidak kelihatan rusak, ckckck.

Tanggal 8 November 2022 tersebut juga saya lihat status komplain ditolak oleh Shopee, karena barang sudah diterima oleh pembeli. Padahal ada foto yang dikirimkan bahwa barang tersebut rusak, tapi masih aja Shopee membatalkan komplain tersebut dan tidak diusut ke pihak JNE untuk minta penggantian ganti rugi.

Ini sangat membuang waktu kami. Sebagai penjual, saya gak mau rating toko saya jelek, tapi dari pihak JNE dan Shopee juga tidak menolong saya untuk menjadi yang terbaik sebagai penjual. Intinya JNE sudah rusakin barang saya dan saya minta ganti rugi. Untuk Shopee, tolong dong dilihat lagi foto kerusakannya. Terima kasih.

Fransisca Novita
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE untuk Keluhan Ibu Francisca Novita

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen.com pada tanggal 13 November 2022 berjudul “Barang Diterima dalam Keadaan...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Barang Diterima dalam Keadaan Rusak karena Terlalu Lama dalam Pengiriman

  • 13 November 2022 - (15:19 WIB)
    Permalink

    Kesalahan jelas kurir, dan pasti kurir yg harus tanggung jawab.!!!
    Barang mentah dan bukan makanan minuman is oke..!

    8
    3
    • 14 November 2022 - (14:54 WIB)
      Permalink

      Kedua pihak dari JNE dan Shopee sebenarnya salah sih, dari JNE harus ad kepastian kenapa barang bisa telat dikirim dan dari pihak shopee pun harus jelas service nya, klo komplain dari customer di putar” trus di batalkan gitu siapa yg nggk kesel, cukup banyak artikel komplain tentang CS dari platform ini. Saya sendiri Jadi ragu beli barang di platform ini.

      • 14 November 2022 - (05:52 WIB)
        Permalink

        Kocak nih.. jelas lah ditolak shopee.. barang kalau diterima yah di cek dulu lah.. klo ada yg janggal pilih ajukan pengembalian… Jangan klik terima.. yah jelas ditolak sama shopee..
        jangan pernah kirim makanan lewat cargo, dikapal kita mana tau ada tikus atau ngk.. waktunya juga tentu lama.. kalau cuma 1 liter yah pakai reguler, pelit amat

        11
        8
        • 14 November 2022 - (08:44 WIB)
          Permalink

          Saya pernah mau mengajukan pengembalian di shopee, tapi di kolom ajukan pengembalian nggak bisa di klik, padahal di kolom pesanan diterima belum saya klik. Kocak juga shoppe, akhirnya toko kukomplain secara marathon dan barang yg kukomplain diganti toko dikirim melalui lazada…aneh bin ajaib

          3
          1
    • 14 November 2022 - (14:53 WIB)
      Permalink

      Kedua pihak dari JNE dan Shopee sebenarnya salah sih, dari JNE harus ad kepastian kenapa barang bisa telat dikirim dan dari pihak shopee pun harus jelas service nya, klo komplain dari customer di putar” trus di batalkan gitu siapa yg nggk kesel, cukup banyak artikel komplain tentang CS dari platform ini. Saya sendiri Jadi ragu beli barang di platform ini.

  • 13 November 2022 - (19:12 WIB)
    Permalink

    aku juga pernah beli sepeda di akulaku via jne, lama ga sampe2, seudah 1 minggu tiba2 ditracking nya ditulis sudah diterima oleh yg bersangkutan, seudah email berkali2 akhirnya barang dikirim juga dalam kondisi dus nya berantakan dan sepeda baret2 .. aku sih malas protes ya udah aja diterima sambil kesel banget sama jne, cuma gimana lagi klo beli di akulaku ga bisa pilih kurir

    8
    1
  • 13 November 2022 - (19:31 WIB)
    Permalink

    Jadikan pengalaman saja, suruh pembeli mengajukan pengembalian, nanti dananya masuk ke shopee pay pembeli, dan penjual ikhlaskan saja sebagai bentuk pelayanan, jangan mengaktifkan jasa kirim JNE, apalagi JNE CARGO, super lelet,

    7
    1
  • 13 November 2022 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Saya juga sudah kapok pakai JNE. Status barang sudah di bandara juanda, tapi kirim ke driyorejo gresik bisa seminggu lebih. Padahal jarak antara bandara juanda ke driyorejo gresik sekitar 30 km

    6
    1
  • 14 November 2022 - (01:32 WIB)
    Permalink

    Sebentar itu susu cair tapi pake JNE kargo? Sebecanda itu ya? Cargo kan pasti lama,bingung saya. Cargo itu kan waktunya bisa lamaa klo barangnya belum kekumpul, buat tujuan yg sama.

      • 14 November 2022 - (21:20 WIB)
        Permalink

        Jadiin pembelajaran aj gan, kalo produk makanan jngan mksa di kirim klo jauh, ap lagi pke cargo. Pilih instan atau sameday, reguler klo bisa di wilayah agan aj.

  • 14 November 2022 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Tak kasih tau trik JNE Trucking mengatasi barang/paket rusak berdasarkan pengalaman sendiri, pernah beli dari lazada dalam jumlah besar, isinya sabun cair dan skincare, paket diterima dalam keadaan, kardus lazada yang rusak basah kuyup karena salah 1 sabun cair bocor, kardus lazada yg udh basah kuyup itu di wrapping pake plastik wrap berlapis” dan ditempeli resi dari mereka, berhubung paket yg nerima ortu sy, ga merhatiin klo kaya gitu, jd drpd ribet ngembaliin ke ekspedisi, sy minta pengembalian dr lazada dan diterima.
    Beberapa hari yg lalu, beli dari shopee, isinya skincare dapet gratisan minyak goreng 1 liter, dan dateng dalam keadaan yang sama, diwrapping di tempeli resi ulang dan diplastikin lagi, lgsung sy kembalikan juga ke shopee karena kelihatan kardusnya basah kuyup juga, yg bikin ribet, kenapa paket dah ketahuan rusak tetep dikirim, trus klo diperhatiin di resi pelacakan shopee, tidak ada bukti paket datang dalam keadaan baik” saja (biasanya klo ekspedisi lain difoto di depan rumah, karena saya sering tidak ada di rumah, jadi paket ditinggalkan begitu saja di depan rumah)

    • 14 November 2022 - (10:03 WIB)
      Permalink

      Pihak sortir biasanya main buka2 paket. Dicek isi paketnya apa. Bocor kena silet cutter biasanya. Jne itu buruk pelayanannya. Ga amanah

  • 14 November 2022 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Kmaren baru baca brita ada masalah serius antara shopee, kurir anteraja, dan pelapak, korbanya pelapak, dr nilai barang hilang 5 koma sekian juta cuma diganti 10 x ongkir kisaran 650 ribuan , sekarang masalah lagi shopee dan JNE, jd trauma lama2 bikin kapok.

  • 23 November 2022 - (09:13 WIB)
    Permalink

    Pada tanggal 20 Nov 2022 pihak SHOPEE dan JNE telah berkoordinasi menelpon saya dan pihak pembeli untuk menyelesaikan kasus ini sebagai itikad baik dan sebagai bukti tanggung jawab mereka telah ada Penggantian sebesar harga barang tsb.
    Semoga ke depannya dapat lebih cepat menindaklanjuti masalah tanpa perlu ke media konsumen.
    Untuk media konsumen you are the best. terima kasih untuk menjadi media kami .
    support terus media konsumen.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Barang Diterima dalam Keadaan Rusak karena Terlalu Lama dalam Pengirim…

oleh Fransisca dibaca dalam: 1 menit
21