Kredit Mikro Mandiri Lambat dalam Penyerahan Agunan yang Sudah Lunas

Saya adalah salah satu nasabah Bank Mandiri cabang Kementerian Pertanian, Ragunan, yang ikut menikmati Fasilitas Kredit Mikro Mandiri. Saya telah melakukan pelunasan lebih cepat, pada tanggal 22 November 2022. Saya menerima Surat Keterangan Lunas pada tanggal 24 November 2022, dengan membayar biaya penalti dan denda dari Bank Mandiri.

Yang menjadi masalah adalah, agunan saya yang berupa Surat Keputusan dari tempat saya bekerja di salah satu Instansi Pemerintahan, belum juga dapat diambil. Pada tanggal 28 November 2022 pukul 10 pagi, saya mencoba untuk mendatangi KCP Mandiri tersebut dan ternyata belum dibuatkan order untuk pengambilan, karena ditempatkan di Pusat.

Berdasarkan keterangan dari petugasnya, baru terhitung 14 hari kerja mulai tanggal 28 November 2022 ini. Padahal surat-surat tersebut sangat saya butuhkan. Sebelumnya saya pernah melakukan pinjaman dan pelunasan juga di tahun 2012, bisa diambil hanya 3 hari kerja.

Hal ini sangat merugikan kami sebagai konsumen, karena sudah membayar cicilan dengan tertib dan melakukan pelunasan, yang mana dikenakan biaya penalti yang bisa saya maklumi, tetapi saat kami meminta hak kami diperlambat sampai 14 hari kerja, bahkan mungkin lebih buat saya. Sebagai catatan, hal ini juga terjadi pada teman-teman sekantor saya, yang akan meminta haknya berupa Surat-surat yang telah dijadikan agunan.

Petugas berdalih karena pelunasan tidak dilakukan di Bank Mandiri KCP tersebut dan adanya birokrasi di Pusat. Padahal sekarang adalah jaman online, di mana kita bisa melakukan hal di mana pun dan kapan pun. Selain itu kami sebagai pemerintah juga sudah memotong beberapa jalur birokrasi, tetapi kenapa Bank Mandiri malah mempersulit hak kami sebagai mantan nasabah Kredit Mikro Mandiri?

Padahal sudah memberikan dan membayar bunga dan biaya penalti sesuai kesepakatan kredit, dengan risiko yang akan kami tanggung saat mengalami kredit macet. Namun pihak bank malah mempersulit pengambilan hak kami, yang seharusnya dapat kami terima lebih cepat.

Arya Singgih Purbayanto
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Kredit Mikro Mandiri Lambat dalam Penyerahan Agunan yang Sudah Lunas

    • 7 Desember 2022 - (20:38 WIB)
      Permalink

      Iya betul pak, saya juga nasabah mandiri Solo, Penyerahan agunan sangat lama dibanding bank lain. Proses pengajuannya juga lama dulu saya ambil KUR, kena pinalty 8% pelunasan dipercepat juga lagi.

  • 1 Desember 2022 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Kenakan denda saja bgmn? Seperti nasabah klo bayar telat juga dikenakan denda … Sekarang gantian dong…

    • 2 Desember 2022 - (07:52 WIB)
      Permalink

      Nha saya setuju, kita dikenakan denda kalo telat, bayar lebih cepet kena pinalty, giliran minta haknya dilama2in

  • 1 Desember 2022 - (22:10 WIB)
    Permalink

    sptnya prosedurnya mmg bgtu. Waktu gue ambil bpkb mobil jg harus ada surat pengambilan & dari kantor pusat.

    • 2 Desember 2022 - (07:54 WIB)
      Permalink

      Prosedur tapi malah memperlambat proses dan mengalami kemunduran system kan jadi aneh aja sih om. Jaman sudah online masih lambat itu kan sebuah kemunduran.

      2
      1
    • 2 Desember 2022 - (07:56 WIB)
      Permalink

      Sabar sih, harusnya dari tanggal 22 sudah bisa dihitung prosesnya. Tapi malah dari tanggal 28, itu juga kalo gak disamperin saya gak tau.

      • 3 Desember 2022 - (08:39 WIB)
        Permalink

        Maka jangan gunakan pinjol legal dan ilegal karena akan membuat diri kita tidak nyaman. Biasa pegawai pemerintah ada koperasi. Pinjam ke koperasi saja.

  • 2 Desember 2022 - (08:55 WIB)
    Permalink

    Heleh, saya aja malas urusan sama bank satu ini.. serba ribet! Klo pas baru jadi calon nasabah aja apa2 gampang, pas udah jadi nasabah ada masalah malah jadi ribett!

    • 2 Desember 2022 - (10:14 WIB)
      Permalink

      Bank sebesar Mandiri gak punya System Online untuk hal terkecilnya, tulis aja masalahnya di surat pembaca kayak gini om ?

  • 2 Desember 2022 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah terima kasih atas penyelesaiannya dari Kredit Mikro Mandiri yang sudah menyerahkan agunan saya secara langsung, diantarkan ke tempat tinggal saya.

    Dengan ini saya menganggap masalah ini sudah dapat diselesaikan dengan penuh tanggung jawab dan kekeluargaan.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Kredit Mikro Mandiri Lambat dalam Penyerahan Agunan yang Sudah Lunas

oleh Arya dibaca dalam: 1 menit
18