Shopee Asal Menghapus Produk Tanpa Peringatan dengan Alasan yang Tidak Sesuai

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen yang telah membantu menayangkan surat saya ini. To the point, saya ada penjual di Shopee dengan username/ID: keen. Man. Saya ingin mengajukan keberatan atas putusan sepihak Shopee yang menghapus produk saya dengan alasan: “Mengupload dan memperjualbelikan obat-obatan/suplemen kesehatan/kecantikan yang memerlukan resep dokter“.

Perlu diketahui, produk yang dihapus itu adalah produk kontrasepsi/kondom merk ANDALAN, yang sudah ada izin BPOM dan memiliki ijin edar Kemenkes dan bisa diperjualbelikan secara umum di toko obat/Apotek. Ditambah saya juga memiliki surat/keterangan resmi dari distributor, bahwa produk yang saya jual adalah original dan aman.

Dengan surat ini saya meminta pihak Shopee untuk kembali mengaktifkan produk tersebut untuk bisa diperjualbelikan kembali di platform Shopee.

Demikian disampaikan, atas itikad baik dan kerja samanya diucapkan terima kasih.

Muhammad Noor
Kab. Banjar, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Shopee Asal Menghapus Produk Tanpa Peringatan dengan Alasan yang Tidak Sesuai

  • 17 Desember 2022 - (23:57 WIB)
    Permalink

    Robot AI shopee nya musti minum obat dulu, baru bisa mikir kondom harus pakai resep dokter 😂😂

  • 18 Desember 2022 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Beberapa marketplace punya aturan sendiri soal kategori barang di aplikasi yang boleh dijual atau dipajang di etalase, meskipun pada realitasnya dijual bebas. Contohnya rokok.

    Pihak Sopi memang salah menggunakan alasan yang tidak tepat. Tapi setahu saya kondom memang tidak bisa dipajang di etalase yang muncul di aplikasi (mungkin untuk versi web boleh). Alasannya karena produk bukan untuk konsumen segala umur seperti halnya rokok, sex toy, dsb.

    • 20 Desember 2022 - (15:18 WIB)
      Permalink

      Kondom, pelumas, obat/suplemen vitalitas dll itu masih terlihat dan dan dipajang aplikasi mobile koq, kalo rokok emang gak tampil diaplikasinya kecuali di website. Silakan dicoba sendiri cek di aplikasi shopee/tokopedia keyword kondom pasti akan tetap muncul

      Yang jadi concern disinikan, produk ini sudah tampil sebelumnya, sudah ada penjualan, kemudian kita update varian, langsung kena moderasi dan dihapus tanpa peringatan.

      Jadi bukan karna produk kategori ini tampil atau tidak

  • 20 Desember 2022 - (09:46 WIB)
    Permalink

    Mon maaf bang, tapi K*ndom kan buat Tindakan tak senonoh, jadi ya Shopee anggap itu untuk tindakan tak senonoh

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Shopee Asal Menghapus Produk Tanpa Peringatan dengan Alasan yang Tidak…

oleh Muhammad dibaca dalam: 1 menit
5