Penagihan ke Telepon Kantor oleh DC Pihak Ketiga, Membuat Saya Terancam Kehilangan Pekerjaan

Saya sudah menulis mengenai keluhan ini, tetapi belum ada tanggapan dari pihak Indodana atau MBA Consulting, mengenai teror telepon tagihan dari staf DC yang bernama Esther. Hutang pinjaman saya di Indodana sisa Rp2.174.900, dari yang sudah saya bayarkan pada tanggal:

  • 10 Desember 2022: Rp200.000, saya kirimkan bukti transfer ke nomor WA 0838-5416-7556
  • 19 Desember 2022: Rp668.600, saya kirimkan bukti transfer ke nomor WA 0895-3851-85946

Namun nominal yang masih ditagih oleh DC sebesar Rp3.000.000, padahal di aplikasi hanya Rp2.174.900.

Saya sudah info dari awal akan cicil setiap akhir bulan, tetapi DC bernama Esther, dari tanggal 10 Desember 2022 sampai surat ini dibuat, terus-terusan telepon ke nomor telepon kantor tanpa jeda, teriak dan mengatakan hal ancaman. Seperti akan email ke atasan saya, akan telepon ke atasan saya, akan menyebarkan rekaman telepon ke seluruh karyawan kantor dan akan terus telepon supaya tidak ada telepon lain yang bisa masuk.

Telepon ke kantor ini sangat mengganggu staf lain. Karena di kantor hanya 1 line telepon dan telepon yang berkaitan dengan kantor tidak bisa masuk sehingga mengancam saya kehilangan pekerjaan.

Saya sudah ada itikad baik untuk menyelesaikan hutang ini. Namun teror via telepon dan WA tidak berhenti memaksa saya harus bayar Rp3.000.000 hari itu juga, dengan tenggang waktu hanya hitungan jam. Saya sudah info tidak sanggup dan hanya bisa pada akhir bulan.

Saya ada beberapa file screenshot WA dan rekaman percakapan via telepon, tapi tidak bisa saya attach. Tolong untuk tidak melakukan hal teror dan ancaman seperti ini karena saya sudah komitmen akan selesaikan. Terima kasih.

Leti Farida
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai INDODANA:
[Total:411    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Indodana Atas Keluhan Ibu Leti Farida

Berkenaan dengan surat pembaca yang disampaikan oleh ibu Leti Farida di Media Konsumen tanggal 21 Desember 2022 dengan keluhan “mengenai...
Baca Selengkapnya

101 komentar untuk “Penagihan ke Telepon Kantor oleh DC Pihak Ketiga, Membuat Saya Terancam Kehilangan Pekerjaan

    • 21 Desember 2022 - (22:15 WIB)
      Permalink

      jika DC ada lemah lembut / jinak /sopan itu sih bukan pinjol, tapi bank yang sudah pegang agunan/jaminan

      27
      13
      • 22 Desember 2022 - (12:10 WIB)
        Permalink

        Saya melihat ada itikad baik dari si ibu untuk membayar, walau baru bisa diakhir bulannya terbukti dari adanya transaksi pembayaran yang dilakukan, harap bijaklah dalam berkomentar jangan menjustifikasi tanpa tau mengapa si ibu tersebut menunggak, mungkin hal ini tidak atau belum terjadi pada anda saja, berikanlah solusi yang terbaik menurut kalian, saran saya pada si ibu adalah kalau ibu merasa terganggu ibu bisa melaporkan hal ini ke CS Indodana, ke OJK dan lapor ke Polisi atau mungkin dengan gugat perdata di Pengadilan tapi saya harap dapat diselesaikam dengan cara yg baik dan profesional.

        88
        5
        • 22 Desember 2022 - (19:08 WIB)
          Permalink

          Betul, si Ibu udh ada etikat baik buat tetep tanggung jawab sama hutangnya. Emg bener sebaiknya jauhin pinjaman online tapi kita ga pernah tau keadaan seseorg itu gimana. Resiko pinjaman online ya pasti penagihan yg berisik apalagi kelewat jatuh tempo. Cuma semua ada aturan yg udh di atur cara penagihan nya. Setau saya kalo peminjam ada respon dan ada etikat baik buat penyelesaian ga boleh hubungin di luar kontak si peminjam.

          23
          1
          • 22 Desember 2022 - (21:10 WIB)
            Permalink

            Laporin aja kalau diteror..indodana jg kena bunga gede lintah darat

            20
        • 24 Desember 2022 - (14:24 WIB)
          Permalink

          sebaik apapun itikad si ibu untuk melunasi, tetap aja begitulah cara kerja DC pinjol
          maka berurusan dengan pinjol itu sama dengan berurusan dengan iblis

          Sayangnya si ibu tidak memikirkan resiko dan akibatnya

        • 24 Desember 2022 - (15:04 WIB)
          Permalink

          Namanya debt collector kl waras & punya hati bkn debt collector,cb suruh debt collector dtg sendiri utk nagih pasti cipirit cm berani d tlp

          • 27 Desember 2022 - (13:38 WIB)
            Permalink

            Tapi kalau melihat transaksinya ibu itu pinjamnya dibulan November 2021 lho, dan itu berarti sudah satu tahun blm beres, padahal cuman pinjam dg tempo 3 bulan… Di chat dg pihak dc juga sepertinya ada keringanan penghapusan denda sebesar 1,2 juta. Dan dari pihak DC juga mengatakan ibu itu sudah berminggu-minggu dikasih waktu…
            Maaf bukannya saya ngebelain pinjol, saya juga kasihan sama si ibu itu, tapi kalau memang jangka waktunya sudah setahun lebih ya gimana ya…?

        • 23 Desember 2022 - (19:23 WIB)
          Permalink

          Untuk penulis yg sudah ada itikad.baik.., rekam itu dc., Catat, dan ingat baik” suaranya saat telpon.,
          Jika sampai ibu kehilangan pekerjaan., Time to revenge…, ( Krna uda ada itikad baik untuk bayar tapi disepelekan )
          Cari kantornya dimana., Gantian buru itu dc.., pasti akan ada yg bantu kok., Karna dalam diam., Bnyak juga yg pada nyari dc pinjol..,

          14
      • 24 Desember 2022 - (07:52 WIB)
        Permalink

        Seharusnya hukum di Indonesia leebih tegas, aksi penagihan/ premanisme gini, harus segera di musnahkan, tpi sayangnya dibalik para oknum DC, ada oknum yg backup…

        9
        1
    • 22 Desember 2022 - (04:12 WIB)
      Permalink

      Bu saya mau tanya, waktu pinjam uang untuk kebutuhan hidup apa gaya hidup ?
      Klu untuk kebutuhan hidup, berapa penghasilan ibu dan suami, kenapa buat makan masih kurang ?
      Klu masih kurang, Cari kerja atau usaha tambahan diluar pekerjaan
      Nah klu hutang untuk gaya hidup, itulah resiko yg akan diderita

      20
      144
      • 22 Desember 2022 - (14:13 WIB)
        Permalink

        Lupa tahun kemarin pandemi ya pak? Gagal paham. Bukan urusan anda perihal rmh tangga mrk. Kau bukan keluarha mrk, satu rmh juga enggak. Saya doakan kau juga terlilit pinjol biar minkem kau komennya

        83
        7
        • 22 Desember 2022 - (22:17 WIB)
          Permalink

          Itu mah salah satu DC yg juga menggunakan pinjol urusan org pinjan kok kepo ..dc kerja buat bayat utang juga..jd ga usah begtulah ..niat baik harus diappreciate ..coba suruh nagih ketemu di ktr polisi ajalah

          16
          1
        • 24 Desember 2022 - (02:33 WIB)
          Permalink

          Gak usah dibayar bu, itu sudah keterlaluan, memang kalo gak dibayar pinjol bisa apa??? Cari uang kok modal nakut2in ntar gak pada bayar bangkrut baru nyaho

          13
          1
          • 24 Desember 2022 - (03:09 WIB)
            Permalink

            Namanya juga setan ya pasti cuma bisa nakut2in.

          • 31 Januari 2023 - (08:34 WIB)
            Permalink

            pinjol itu smua ada asuransi meskipun gk bayar ada backup,, ini kan tugas debt collector,, nagih gk ada etika memang SOP dr sananya,, ngancem bunuh dan anceman ini itu biar takut dan nekat untuk bayar apapun jg

      • 22 Desember 2022 - (17:02 WIB)
        Permalink

        Saya jg punya teman terlilit hutang pijol, anak banyak masih pada kecil, usahanya menurun karna dampak covid sejak saat itu suaminya sakit selama 3 bulan dan usahanya bangkrut, gada yg membatu, cari kerja ke sana kmari blm dapet karna butuh untuk makan keluarga akhirnya pinjol sampai suami sembuh dan dia dapat pekerjaan, sibuk bayar pinjol, sikon orng beda2 kak ,ga pernah bisa d samain, kalau punya masukan komen kalau engga punya ambil pelajaran nya aja yg bisa kita ambil, jgn membuat mentalnya malah drop, saling menghargai

        75
        2
      • 22 Desember 2022 - (18:25 WIB)
        Permalink

        Narasinya lu kaya collector pada umumnya.. asal saran… Demi target akhir bulan tercapai. Kalo di tempat kerja saya kita sebut kang “cuci piring”.. padahal sebab akibat itu ya karena fokus ke booking sales, tanpa credit analyst yang mempuni. Makanya di aplikasi lowongan kerja banyak fintec pada buka lowongan Internal Audit & Credit Analysis.

        6
        1
      • 23 Desember 2022 - (19:27 WIB)
        Permalink

        Hey thapoeyman.. ngopi yuk..
        Belagu amat gaya loe di sosmed., Disamperin dan diburu nangis entar ??
        Demi insentif saja sampai merendahkan orang..,

        9
        1
      • 24 Desember 2022 - (21:04 WIB)
        Permalink

        Pak saya mau tanya, urusan anda apa nanya uang pinjaman dipake buat apa??
        Mau dipake foya foyq, mau dipake makan. Mau dipake apa kan urusan ibu nya. Disini ibunya punya itikat baik lho buat cicil dan udah ada buktinya, lantas salah ibu nya dmna??? Anda terlalu sarkas dlm berkomentar

        • 25 Desember 2022 - (01:26 WIB)
          Permalink

          Kalau cm itikad naik doang mah percuma. Ga mau di teror DC? Pinjam dl sama teman, sodara atau siapapun.

          1
          3
      • 27 Desember 2022 - (09:06 WIB)
        Permalink

        Hebat sekali anda memberi nasihat kpd org lain. Luar biasa seperti na hidup anda. Tanpa hutang n hidup dgn hitung2an yg tepat n jelas. Anda sudah msk org terkaya d Indonesia y? Bravo. Salut.
        Buat para DC yg cuma bisa n berani neror via tlp,anda belum pernah d pukulin 1 kampung y? Atau anda mau y d bikin putus itu lidah supaya gak bs ***** lg.

    • 23 Desember 2022 - (00:27 WIB)
      Permalink

      Sdh kapok pinjol hehe pdhl pjm paling bnyk 500 rb bisa jdi 1 juta .. Malah g bntu mlh tambah mumet dan stress

      12
      • 24 Desember 2022 - (03:23 WIB)
        Permalink

        Pernah mau minjem butuh 4juta buat usaha lihat rinciannya jadi 6jt selama 3bulan, menakutkan mending langsung di uninstall saja.

    • 23 Desember 2022 - (18:16 WIB)
      Permalink

      Sabar ya bu, saya pun ngalamin kejadian yang sama 😢 teror ke semua line telepon dikantor, semua orang dimarah marahin sama dia, padahal manajer saya sampai bantu jelasin kalo kami emang belum gajian saat itu

      • 31 Januari 2023 - (08:36 WIB)
        Permalink

        lebih dari itu untuk skrg 2022 2023 ada peraturan baru maksimal 100% dari pinjaman jdi misal 6jt pinjam maksimal + denda & bunga ya 12jt harus balik misal telat gk di bayar”

    • 25 Desember 2022 - (00:43 WIB)
      Permalink

      Kalo misal amit” ibu kehilangan pekerjaan, dah gausah bayar saja mreka gabisa apa”

  • 21 Desember 2022 - (21:24 WIB)
    Permalink

    @Leti
    Apa salahnya lapor ke polres jakbar, pasti dibantuin. Soalnya yuridiksi hukum masih seputar jakarta. Cepet itu penaganannya. Yang penting si DC itu ditangkap dulu deh. Perkara nanti ada nuntut balik ke pihak perusahaan ketiga itu baik pidana atau perdata urusan belakangan. Nanti di polres bakal banyak yg bantuin.
    Udah banyak di polres jakbar yg diproses.
    Ni perusahaan pinjol ga ada kapok2nya. Padahal udah ludes banyak dapet tuntutan balik dr nasabah.

    57
    3
    • 22 Desember 2022 - (06:31 WIB)
      Permalink

      Kalau anda rekan kerja sekantor saya, saya akan mempersilahkan DC untuk datang ke kantor dan pimpinan akan memaksa anda keluar ruangan/gedung kantor untuk menemui DC.
      Sama saja di tempat kerja saya, penunggak hutang dan tidak memiliki itikad baik tidak akan dilindungi oleh rekan kerja & perusahaan.

      8
      43
      • 22 Desember 2022 - (14:14 WIB)
        Permalink

        Tolong ksih tau nama perusahaan anda nanti diviralkan di tiktok perusahaan anda tdk ada empati nya. Yg bikin karyawan hutang siapa lagi kalo
        Perusahaan ga kasih gaji yg benar, lembur ga dibayar dll 🤣

        25
        6
      • 27 Desember 2022 - (09:10 WIB)
        Permalink

        Anda kerja d perusahaan mana? Mana pimpinan na? Biar d bikin rame sekalian. Anda baca atau tidak itu kronologis na? Baca itu jgn kayak anak TK yg setengah2. Otak kau dimana? Mana rasa empati kau bah?

    • 22 Desember 2022 - (19:39 WIB)
      Permalink

      Saran saya sih Ditunda dulu mba.. Kalo mau bayar nanti, minta ketemuan sama si dc ester itu.. Klo gak bisa, jgn mau bayar.. Pengen tau muka, fisik dan bacotnya segede apa kalo ketemu langsung.. Habis itu laporin polisi. Krn udh menyangkut uu ite dan pencemaran nama baik krn sudah melakukan penyalahgunaan penagihan diluar kontak darurat..

      21
      1
  • 21 Desember 2022 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Laporkan aja bu kalo sudah ada pengancaman, jerat dengan pasal perbuatan tidak menyenangkan. Kalo kolektor resmi bukan seperti itu menagihnya. Itu cuman oknum buat peras ibu.

    29
    1
    • 22 Desember 2022 - (06:10 WIB)
      Permalink

      Apa yg dilaporkan mas, lah wong TS nya aja telat sudah hampir setahun sejak November 2021 tenor 3 bulan aja gak dibayar2 kalau TS nya niat byr kan pasti lunas SDH lama

      13
      26
      • 25 Desember 2022 - (01:29 WIB)
        Permalink

        Mgkn TS pikir gada denda keterlambatan bayar, jd bayarnya ya sebesar yg dia pinjam.

  • 21 Desember 2022 - (22:11 WIB)
    Permalink

    Yang namanya pinjoL, umumnya DCnya berlagak Preman, jadi sudah tau resikonya, bahkan kalau nunggak atau selisih beberapa puluh ribu saja, ya resiko sudah…
    Harus siap malu, tertekan, terancam, dan lain lain….
    Ngerti??…

    11
    29
    • 23 Desember 2022 - (19:07 WIB)
      Permalink

      Sini ke jatim….
      Minta tangan buntung – kepala yerpisah – atau di bakar masa

      • 23 Desember 2022 - (21:14 WIB)
        Permalink

        fixs sudah ada bukti,tgl lapor ke polda biar ditindak lnjut,biar digulung sklian pinjol2 seluruh indonesia,,2023 pinjol hrs musnah dr negri ini.pinjol laknat bikin susah msyrakat,,

  • 21 Desember 2022 - (22:30 WIB)
    Permalink

    @Lety Farida
    Mending gak usah dibayar Bu, Menagih dengan cara mengancam = LUNAS !! Tinggal ibu pasang badan aja, cabut sim card yg terdaftar dipinjol tersebut atau blokir semua panggilan masuk by wa atau apapun itu..

    23
    7
    • 22 Desember 2022 - (06:09 WIB)
      Permalink

      Lah emang TS nya sudah gak niat bayar liat aja tagihan hutang sejak November 2021 skg dah Desember 2022,

      7
      10
    • 22 Desember 2022 - (09:57 WIB)
      Permalink

      Ga usah kawatir Bu,, tempat kerjaan ga ada hubungannya dgn aplikasi pin Jol,, kalau karna mereka neror ibu di PHK,, ya sekalian aja ga usah bayar itu tagihan… Ada aturan ojk nya Bu kalau penagihan sampai intimidasi apalagi diluar kondar… Lebih baik konsultasi sama polisi saja dan jangan lupa sertakan bukti bukti ,yakin kicep itu DC,nnti dr aplikasi juga minta maaf… DC itu kalau yg saya liat cmn bocil baru tamat dikasih kerjaan cmn neror neror nagih dengan dalih target.. apalagi aplikasi nya jelas…tinggal lapor saja yg terkait l….tim penagihan bank yg jumlah nya ratusan juta bahkan milyaran itu ketawa ketawa ngeliat kelakuan DC pinjol Bau kencur

      23
      1
      • 23 Desember 2022 - (19:33 WIB)
        Permalink

        Pemerintah kemana dan OJK juga kemana dalam menyikapi banyaknya keluhan masyarakat terkait model penagihan DC yg begitu meresahkan.harus ada penertiban pada perusahaan penyedia jasa penagihan agar kedepannya tidak terus terulang kejadian semacam ini.begitu menyedihkan dan berbanding terbalik dengan iklan2 yg ditampilkan di kanal2 youtub yg begitu getol menawarkan produk pinjaman mereka,sementara disisi lain para penagihnya gak punya etika sama sekali.miris

        • 24 Desember 2022 - (03:33 WIB)
          Permalink

          Adakami malah semua game yg saya install selalu ada iklan mereka suruh download, jelas tidak sudi😄

  • 21 Desember 2022 - (23:23 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya anda lapor ke atasan, minta maaf, dan mungkin bisa pinjam uang kantor untuk menutup pinjaman di pinjol, dan jangan pernah pinjam lagi, ga ada untungnya.

    14
    3
  • 21 Desember 2022 - (23:42 WIB)
    Permalink

    Dari SS pertama, akad utang anda dimulai Desember 2021 dengan masa cicilan 3 bulan, jatuh tempo cicilan terakhir anda seharusnya Februari 2022.

    Sekarang sudah hampir tahun baru 2023, pantas saja kalau cicilan membengkak karena denda dan DC ngamuk-ngamuk karena utang macet 10 bulan.

    Kalau anda bernyali karena korban teror, laporkan saja DC-nya sesuai saran bung @dhan. Sebesar nyali anda menunggak 10 bulan tapi mengklaim beritikad baik dan berkomitmen untuk membayar.

    26
    4
  • 22 Desember 2022 - (00:44 WIB)
    Permalink

    Aku kira telat beberapa hari atau beberapa Minggu gt, ternyata dari awal udah sering telat..

    Wes moga terselesaikan yah…

    10
    • 24 Desember 2022 - (15:40 WIB)
      Permalink

      3 juta mending pinjam kantor saja.
      Langsung lunasin.

      Nanti potong gaji.
      Insyaallah lebih aman.

      Sekantor kan sudah tahu kondisinya.
      Semoga bosnya membantu

  • 22 Desember 2022 - (03:15 WIB)
    Permalink

    Jual barang yg ada dulu, emas hp tv atau apa saja yang laku. Setelah lunas jangan pernah urusan sama pinjol lagi.

    9
    3
  • 22 Desember 2022 - (06:00 WIB)
    Permalink

    Semua berawal karena wa dan telp DC direspon .. Makin direspon makin disudutkan .. Klo blm ada dana nya buat bayar … Galbay kan saja ga usah direspon DC2 itu , minta bantuan temen sekantor aja klo ada yg telp ke kantor bilang aja udah resign …. Jgn pernah respon DC

    13
    3
  • 22 Desember 2022 - (06:03 WIB)
    Permalink

    TS nya emang gak ada niatan baik utang dh berbulan2 gak dibayar 15 November 2021 sekarang dah akhir tahun 2022 mau ganti tahun ke 2023, wajar dikejar DC, dan siap2 resign dh klu bnran di-PHK kantor nya toh ibuk nya gak ada niat baik dr awal pinjam bunga rendah gak mau bayar sampai sudah bunga nya bengkak,

    5
    16
  • 22 Desember 2022 - (06:05 WIB)
    Permalink

    TS nya mau cari simpatik dr warga MK tp ts nya gak nyadar utang sudah berbulan2 gak dibayar, ini namanya sich niat ngutang gak niat bayar hemn…. Mau simpati eh kirain baru pinjem beberapa hari sudah ditagih pas liat ss indodananya hutang sudah lama dr 15 November 2021 lho ….

    7
    18
    • 11 Januari 2023 - (09:06 WIB)
      Permalink

      Halo DC sial, hidupmu sangat sial DC.
      Gak punya kerja, ambil jalan pintas jadi DC nakal.

      Sama seperti org yg butuh uang, tapi di pancing2 buat ngutang. pas galbay DCnya maju.

      Disinilah pertemuan kalian. 11 – 12

      Buat penyedia pinjaman, Ingat semua usaha punya resiko.

  • 22 Desember 2022 - (06:28 WIB)
    Permalink

    Mau itu telat atw gak,, yg penting itikad baik nya!!! DC emang menagih itu gak ada tata krama,, mending laporin aja ke OJK, POLRI melalui email,, sertakan nmr tlpnya,, biar di blokir!!!

    10
    6
    • 25 Desember 2022 - (01:33 WIB)
      Permalink

      Cm itikad baik yg penting? Sdh mau setahun yg mana itikad baiknya?
      Ngakak baca komen anda.
      Smart dikitlah

  • 22 Desember 2022 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Nominal 2,1 itu kalo bayar tepat waktu, karena nunggak sampe sekarang ya bengkak jd 3 jt. Bunga berbunga, anggep aja minjem ama rentenir.

    3
    1
  • 22 Desember 2022 - (07:44 WIB)
    Permalink

    Waduh.. Baik banget yah Indodana.. kok boleh 10 bulan nunggak.. Serius baru tau.. Pinjol sih 1 hari telat aja pasti udah rame kan…

    1
    8
    • 22 Desember 2022 - (09:26 WIB)
      Permalink

      Ibu TS,tidak beritikad komitmen dg klausul sejak awal utk membayar cicilan nya, apalagi sdh lewat tempo 10 bln,ini pinjol resmi,memakai DC pihak ke 3,mungkin kebangetan,hilang sabar nya..ikut prihatin bu..buat pembelajaran.
      Jual yang ada utk membayar,hutang bos dulu dgn potong gaji bu,setelah itu jangan berurusan dg pinjol lg ..
      Intinya nabung, sesuai kan hidup dg pendapatan,rencana keuangan yg baik,utk kebutuhan yg utama..

      2
      2
  • 22 Desember 2022 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Pinjol legal belakangnya pinjol ilegal kebanyakan saya pernah kerja di pinjol.. 1 pinjol legal 7 pinjol ilegal.. mangkanya bunganya besar data pinjaman di split jadi 2

    8
    1
  • 22 Desember 2022 - (11:16 WIB)
    Permalink

    saya sendiri galbay di indodana dah setahunan, sampai skrg masih diteror entah oleh pihak ke.3 atau indodananya sendiri, dan mereka melakukan penelusuran medsos juga

    saya sudah feeling sejak lama makanya semua medsos sy privat dan data gak bs dilihat atau diambil

    tadinya sih gak niat galbay, cuma minjem 5jt 6 bulan kok dicairkannya 3jt 3 bulan

    mereka melakukan pencairan sepihak diluar kesepakatan dg saya sebagai peminjam, dan saya gak mau bayar.. kalo memang pinjaman sy pd waktu itu gak disetujui harusnya langsung tolak, salah sendiri melakukan keputusan sepihak merubah jumlah dan tenor

    mana bunganya hampir 100% sendiri dr pokok jika dihitung dg admin, potongan, dll

    14
    2
    • 24 Desember 2022 - (07:48 WIB)
      Permalink

      Sama, saya sudah 2 tahun diteror terus ke kantor, sekarang saya resign dan usaha kecil2an, bodo amat pinjol.. Sekarang saya hidup damai gak pernah mau urusan pinjol lagi
      Terkutuklah DC

  • 22 Desember 2022 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Udah Galbay kan saja selamanya…itu ada asuransinya kok.. gak bayar gak apa-apa… kalau gak terima silahkan ajukan ke Pengadilan Perdata… selesai… Lebih enak lagi.. Ibu Bilang Ke rekan kerja saya sudah Keluar dari kerjaan.. supaya mereka sudah gak menghubungi lagi .. Emang Terkenal Kejam Indodana itu… Resiko terbesar Bos Tahu Anda Bisa Di PHK. sebab dianggap Mengganggu Aktifitas Perusahaan ..

    10
    1
  • 22 Desember 2022 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Lapor polisi..harus bap harus datangkan saksi..siap2 aja waktu habis buat itu..Dan polisi juga ga bisa nahan debt kolektor klo gada pidana..paling d mediasi dulu Sama polisi..

  • 22 Desember 2022 - (13:00 WIB)
    Permalink

    masih pada mau hubungan ma pinjol
    pada ga ada kapoknya
    kalau kepepet hindari pinjol mending jual aset
    karena hubungan mapinjol menyelesaikan masalah dengan masalah

  • 22 Desember 2022 - (13:26 WIB)
    Permalink

    sepertinya penulis ganti nomor hp, masa iya indodana baru nagih sekarang2 ini? padahal tagihan sudah mau 1 tahun jatuh tempo.

 Apa Komentar Anda mengenai INDODANA?

Ada 101 komentar sampai saat ini..

Penagihan ke Telepon Kantor oleh DC Pihak Ketiga, Membuat Saya Teranca…

oleh Leti dibaca dalam: 1 menit
101