Kecewa dengan Layanan SiCepat dan Tokopedia

Terima kasih atas diterbitkannya keluhan saya. Singkat cerita, tanggal 12 Desember 2022, saya membeli barang dari Tokopedia. Pada tanggal tersebut saya checkout dan membayar lebih dari 1 toko. Semua barang sudah saya terima dengan baik kecuali handle kunci pintu. Pengiriman menggunakan SiCepat, nomor resi: 003112959747.

Saya beli lumayan banyak dan sebelumnya saya tanya ke tokonya apakah ada pengiriman instan. Namun pihak toko hanya menyediakan jasa paket ekspedisi saja. Saya berharap barang cepat, sampai apalagi sesama wilayah Jakarta, pikir saya 1 minggu bisa sampailah. Biasanya ekspedisi sebelah pasti sampai maksimal 1 minggu.

Barang sudah di-pickup tanggal 13 Desember 2022, 2 hari setelahnya saya cek paket sudah sampai mana, tapi belum ada perubahan. Saya mencoba untuk komplain ke Tokopedia, tapi karena masih dalam estimasi, jadi tidak bisa. Sampai tanggal 19 harusnya tanggal tersebut barang sampai, tapi nyatanya barang tidak ada perubahan posisi.

Saya sudah coba komplain ke Tokopedia, hanya disuruh tunggu, masih dalam investigasi. Saya pun sudah telepon CS SiCepat tanggal 20 dan 21, jawaban mereka akan dicek dengan pihak terkait.

Jujur saja ini bukan pertama kalinya, sebelumnya juga gitu, barang tersasar hingga Lampung. Saya tunggu 15 hari lebih, baru barang cancel dan dana kembali. Kalau tahu gratis ongkir dari Tokopedia ini menggunakan SiCepat, mending saya pilih yang berbayar saja. Hanya karena diskon ongkir Rp5 ribu, saya dibuat pusing. Belum lagi telepon ke CS SiCepat menghabiskan banyak biaya.

Tolong sekali pihak SiCepat ataupun Tokopedia, paket saya secepatnya update ada di mana. Kalau gak bisa antar, saya bisa pickup sendiri. Paket saya ini hari Minggu saya mau dibawa ke luar kota. Tolong kerja sama dengan ekspedisi yang terpercaya, supaya tidak selalu mengecewakan pelanggan.

Wieki Faruski Cindiana
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Wieki Faruski

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Wieki Faruski Cindiana dengan judul “Kecewa dengan Layanan SiCepat dan Tokopedia” pada tanggal 25...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Kecewa dengan Layanan SiCepat dan Tokopedia

  • 25 Desember 2022 - (18:22 WIB)
    Permalink

    Sicepot lagi bermasalah, barang saya aj hilang Bu. Barang Segede pompa bisa hilang, Pepet terus aj Tokopedia. Biar dia telepon pihak sicepot untuk mengajukan klaim, karena kalau pihak ekspedisi sicepot engga ada batas waktu nunggu” sakarep dewek. Udah pasti hilang atau kadang pihak sicepot nunggu banyak paket yang searah dulu baru dikirim. Saran Buat tokped saya pelanggan setia juga lebih baik si Cepot hilagin aj dari layanan ekspedisi di tokped. Karena kebanyakan barang yang kirim melalui sicepot, kalau engga hilang ya mandeg kaga nyampe”. Kalau engga ubah aj layanan gratis ongkirnya pake ekspedisi lain.

    8
    1
    • 25 Desember 2022 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Mana mau tokopedia ganti kurir gratis ongkir, yg mau di ajak kerja sama cuma expedisi baru si copot dan anter ngaja, expedisi lain pasti tokopedia nya tomboknya lebih banyak, sekarang aja tokopedia minta 2.500 untuk gratis ongkirnya, sekarang aja di setting si copot dan nganter ngaja jakarta-semarang jadi 22.500 masa lebih murah J&T cuma 15.000 tapi selalu tepat waktu, si cepot di anggurin di gudang nunggu barengan arah ke alamat penerima.

      • 25 Desember 2022 - (19:29 WIB)
        Permalink

        Engga juga pak tergantung pemilik tokonya, kalau dia ngadain si Cepot pasti auto sicepot yang terpilih. Lagian pak jangan terlalu terpacu sama gratis ongkir tokped, gratis ongkir tokped itu maksimal 5000 ribu walaupun bilangnya 20 atau 30 ribu potongannya. Karena hampir semua ekspedisi menerapkan harga segitu. Yang bener” gratis ongkir itu kalau instant pake gojek. Saya aj lebih baik pakai voucher cashback daripada gratis ongkir. Contohnya kalau pake voucher gratis ongkir 70 ribu, saya suruh bayar 65 ribu. Potongan berarti cuma 5000 ribu, kalau pakai cashback contohnya harga pengiriman 70 ribu pake voucher cashback 40 ribu dan dengan ekspedisi yang sama. Gratis ongkir dari tokped itu selalu pakai ekspedisi termurah yang ada di app.

    • 25 Desember 2022 - (18:58 WIB)
      Permalink

      Lo aja kali, gua pake sicepat gak pernah ada masalah tu. Lagian itu kan perusahaan sistem Frenchies bisa jadi cabang nya yg bermasalah. Karena barang dagangan gua juga pernah stuck di cabang daerah Jaksel, sekali gua cek di google maps memang rating nya jelek. Tapi selebihnya gak pernah ada masalah. Soalnya gua juga jualan online jasa kirim yg gua aktifin malahan cuma sicepat dan gak pernah ada komplain.

      8
      8
      • 25 Desember 2022 - (19:49 WIB)
        Permalink

        Cek Facebook, sampe 1400 orang komplain, memang. Si Cepot kalau masih 1 wilayah contoh Jakbar ke Jakbar, Jakut ke Jakbar. Memang cepat, tapi kalau udah keluar wilayah/daerah. Pasti mandek, kalau engga mandek hilang. Namun engga menutup kemungkinan, bisa hilang juga barang/lama dalam wilayah juga. Intinya itu sebenarnya, kualitas pengirimannya itu di tingkatkan. Apalagi kualitas customer servicenya dan sistemnya harus sangat” di tingkatkan. Karena lambatnya respon cs, tidak jelasnya batas maksimal tunggu investigasinya.

        • 25 Desember 2022 - (19:52 WIB)
          Permalink

          Maklum di penjual online yang dapat komisi dari si cepot, ya pasti beda lah sama yang di alami pembeli?

          • 26 Desember 2022 - (02:07 WIB)
            Permalink

            Komisi ndasmu???. Sdh dikasih gratis ongkir masih banyak bacot. Lagian kalo barang gak nyampe dananya masih bisa balik. Kayak baru pertama kali belanja online aja???

        • 26 Desember 2022 - (10:21 WIB)
          Permalink

          lah gw, dr jkt timur dikirim ke Jakarta timur juga, kagak jln jalan brg gw dr gudang s cepat udah 5 hari loh

  • 25 Desember 2022 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Status terakhir tgl 13 Desember masih pick up, tidak bergerak sama sekali sampai sekarang. Berarti kurir pick up yang menghilangkan paket karena belum diinput di kantor si cepat. Berarti masalah utamanya ada di kurir pick up.

  • 25 Desember 2022 - (18:46 WIB)
    Permalink

    Si cepat memang burik di aplikasi toko online apapun, barang sudah nyampai di gudang terakhir selalu 3 hari baru di kirim ke alamat penerima…

    • 25 Desember 2022 - (19:01 WIB)
      Permalink

      Cabang daerah lua aja yg burik. Gua yg setiap hari pake sicepat gak pernah ada masalah ???

      • 25 Desember 2022 - (19:05 WIB)
        Permalink

        Mau cabang mau bukan, tetep yg punya ya si cepot bukan punya kantor pos, tetep yang burik namanya tetep si cepot tidak berubah.

        • 26 Desember 2022 - (02:03 WIB)
          Permalink

          Lu baru pertama kali belanja online kali ya???. Kalo mau barang tepat waktu ya modal dikit waktu pake yg reguler. Sdh dikasih gratis masih banyak bacot. Dasar netizen wakanda ???

  • 25 Desember 2022 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah sy klaim barang belum sampai, setelah batas waktu belum ada kabar akhirnya dana kembali. Setelah itu barang sampai. Jadi dapat gratis

  • 25 Desember 2022 - (19:31 WIB)
    Permalink

    Saya ga pernah punya masalah sama sicepat dan anteraja, cuma anteraja udah saya blacklist gara2 kurir ga pick up 2x, selebihnya aman terus

  • 25 Desember 2022 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Bener banget bang, tetap yang jadi tanggung jawab besarnya ya si Cepot. Seharusnya di benahi kantor atau gudang” transit yang bermasalah. Kalau pengiriman telat 1 atau 2 hari sih wajar mungkin menunggu barang lain yang searah, untuk mengurangi biaya operasional, tetapi kenyataannya kadang telatnya sampe seminggu bahkan lebih.

    • 25 Desember 2022 - (20:13 WIB)
      Permalink

      Lah iya kan pakai si cepot tulisan nya si cepot, mau di daerah siapa pun namanya kan tetep si cepot masa harus bilang yg burik JNE, ya lucu.

  • 25 Desember 2022 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah..,.gw ga pernah ada masalah sama kiriman si cepat selalu nyampe terus! Ga lewat estimasi

  • 25 Desember 2022 - (20:21 WIB)
    Permalink

    di jne ada kasus barang lama sampai, di si cepat ada kasus barang lama sampai, di kantor pos jg ada kasus barang lama sampai, semua ekspedisi punya kasus barang lama sampai. gw pernah di jnt barang lama sampai, pernah jg di jnt barang cepat sampai. sebenarnya untung untungan barang yg di kirim cepat sampai atau lama sampai. mau pakai ekspedisi apapun gak terlalu berpengaruh.

    • 25 Desember 2022 - (21:14 WIB)
      Permalink

      Maaf selama aku pakai kurir si cepat di tokopedia aman2 aja mulai dari celana panjang sampai headset bluetooth aman saja malah lebih cepat dari kurir lainnya contoh dari jakarta ke banyuwangi dari 19 agustus 2022 dari jakarta barat dan sampai ke banyuwangi kota pada tanggal 22 agustus 2022 barang yang saya beli headset bluetooth TWS G35 V5.3 screen display pakai si cepat reguler package (bebas ongkir(dipotong 20000 dari total ongkir 26000)) itu datang aman tanpa lecet ataupun rusak sedikutpun dan mungkin permasalahan anda terletak kepada si kurir yang pick up coba datangi aja cabang pengirim atau anda datangi cabang dikota anda untuk minta no telepon yang bisa dihubungi dicabang kota asal pengirim biasanya kan mereka punya kontak antar cabang dan coba cek pakai apl si cepat ada itu foto kurirnya yang pick up atau anda juga bisa tu complain ke cabang penerima tentang masalah atau kendala pengiriman bisanya juga dibantu sama cabang penerima

  • 25 Desember 2022 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Memang benar, namun beda kecepatan penanganan barangnya. Contoh anter aja 3 hari investigasi, kalau belum ketemu sampai waktu yang di tentukan. Langsung ada pengembalian dana. Kalau sicepot engga ada batas waktunya, suruh nunggu 2 hari kalau belum ada kabar suruh hubungi lagi dan setelah di hubungi. Suruh nunggu lagi dan lagi.

  • 26 Desember 2022 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah sama kasusnya, barang saya cek katanya hilang oleh pihak penjual yang sebelumnya sudah saya suruh untul nyelidiki barang saya , kata sicepat belum dikirim masih di gudang tapi setelah berminggu-minggu tidak kunjung dikirim , saya cek di aplikasi Tokopedia juga tetap tidak berubah

  • 26 Desember 2022 - (21:32 WIB)
    Permalink

    Buat TS, kalau memang lbh milih bayar daripada gratis tp pakai sicepat, bs kok dilihat dulu ekspedisinya, pada halaman pembayaran klik total pembayaran, detail transaksi akan muncul, dr item, alamat, harga, pengiriman, jd bs tau itu dikirimnya dgn ekspedisi apa. Kalau kurang puas bs diganti aja dgn pilihan pengiriman berbayar.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Layanan SiCepat dan Tokopedia

oleh Wieki faruski Cindiana dibaca dalam: 1 menit
29