Permintaan Pengembalian Dana yang Sudah Disetorkan Karena Unit Apartemen Meikarta Keadaan Masih Tanah, Walau Sudah Lewat 3 Tahun dari Tanggal Hand Over (P3U)

Dear Customer Service Meikarta (Lippo Grup) dan Nobu Bank,

Melalui surat terbuka ini, berhubung pihak Meikarta masih tetap tidak melakukan kewajiban membangun apartemen saya (per 10 Januari 2023 masih tanah), di mana sesuai P3U Hand Over di 31 Desember 2019.
Maka per hari ini ,10 Januari 2023, Saya (Rosalina Gosal) mengajukan “Pembatalan Pembelian” apartemen dan meminta pengembalian dana yang telah disetor, sbb:

  • No P3U: 001880/PPU_MSU/09/2017
  • Nama Pemilik Unit: Rosalina Gosal
  • Blok: 65005
  • Tower: T-2
  • Unit: 08a1
  • Waktu Hand Over: 31 Desember 2019
  • Jenis Pembayaran: KPA
  • Bank KPA: Nobu Bank
  • Cicilan per bulan: Rp 2.117.636,-
  • Total uang yang dikeluarkan: Rp 39.775.110,- (dengan perincian DP dan Booking Fee = Rp 11.748.668,- ;
  • Provisi, adm dan asuransi Jiwa = Rp 4.732.446,- ; dan Cicilan 11X = Rp 23.293.996,-).
  • Alasan pembatalan: tidak ada pembangunan di blok 65005, kondisi MASIH TANAH.

Mengacu pada Peraturan Menteri Nomor 11/PRT/M/2019 pasal 7 ayat 2 dan pasal 9 ayat 1,2,3,5,dan 6; Karena pihak Meikarta dan Nobu Bank tidak melaksanakan kewajiban membangun, maka saya meminta pengembalian dana yang telah saya setor sebesar Rp 39.775.110,-.

Saya minta pihak Meikarta dan bank Nobu tidak mempersulit dan segera mengembalikan uang saya, karena saya sangat butuh uang itu. Terima kasih.

Hormat saya,

Rosalina Gosal
Kabupaten Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:84    Rata-Rata: 4.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Permintaan Pengembalian Dana yang Sudah Disetorkan Karena Unit Apartemen Meikarta Keadaan Masih Tanah, Walau Sudah Lewat 3 Tahun dari Tanggal Hand Over (P3U)

  • 11 Januari 2023 - (18:08 WIB)
    Permalink

    Gila, 3 tahun lebih kondisi masih tanah.
    sebenernya Lippo niat ga sih bikin ini apartemen?
    Dulu promosi jor2an

    22
    • 11 Januari 2023 - (19:22 WIB)
      Permalink

      Iya ka, saya hanya ingin pengembalian dana atas unit saya, karena sudah lewat 3 tahun dari tanggal HO dan masih tanah sampai detik ini.

      12
    • 11 Januari 2023 - (22:35 WIB)
      Permalink

      Harus ada class action, tapi ya tetap susah juga karena pemilik group Lippo ada backingan di pemerintahan.

      16
      1
    • 12 Januari 2023 - (05:04 WIB)
      Permalink

      Iya ka, saya menunggu itikad baik dari PT MSU (Lippo Grup) untuk memberikan jawaban di forum ini dan mengembalikan semua uang saya, karena unit saya per hari ini masih tanah.

    • 15 Januari 2023 - (10:47 WIB)
      Permalink

      Percuma, nggak bakalan dibalikin plg banter ditukar ke unit yg udh ready, itu pun mungkin hrs nambah uang, kedepannya jgn percaya lagi ama lippo group krn mereka sdh terbukti ingkar janji dgn proyek meikarta nya, jgn jadikan property apalagi apartment sebagai investasi belilah jika butuh buat tinggal dan unit udh ready, krn sejatinya investasi di property itu hanya akan menguntungkan developernya saja klw pembeli malah dpt harga mahal krn harganya udh digoreng, ada juga tuh yg developer jargonnya beli sekarang bsk harga naik.. krn hal tsblah harga property jd naik gila2an yg ujung2nya menyulitkan org2 yg benar butuh property buat mereka tinggali..sementara org2 kaya beli property buat investasi mereka secara tdk lgs sdh membuat bubble harga property..dlm kasus meikarta ini developer tdk bisa membangun sesuai janji krn mereka gagal menjual unit apartment tsb sesuai target yg ujung2nya mereka tdk punya cukup uang utk membangunnya jd ya macet nggak dibangun2, setelah macet siapa yg msh percaya dan mau beli unit di meikarta lagi? Tdk ada kan? so klw mau invest belilah saham2 perusahan yg bagus yg bisa ksh cuan dari capital gain dan devidennya.. jgn dari property.

  • 11 Januari 2023 - (21:17 WIB)
    Permalink

    lg viral bgt ini meikarta di berita2
    banyak yg kena juga jd korbannya.
    mungkin bisa bersatu dan ajukan gugatan.

    mudah2an cepet selesai.

    12
  • 11 Januari 2023 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Klo ada MOU perjanjian kapan akan di bangun setelah HO bisa gak ya klo bikin laporan polisi

  • 11 Januari 2023 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah berurusan dengan lippo dan nonu lagi.
    Saya setelah melihat beritanya yang Viral sudah langsung berikrar untuk gak akan pernah lagi pakai produk atau jasa mereka.

    14
  • 12 Januari 2023 - (06:28 WIB)
    Permalink

    Baiklah
    Saya akan memblacklist semua produk dari lippo group dan nobu beserta turunannya, termasuk ovo dan lainnya

    13
    • 12 Januari 2023 - (08:15 WIB)
      Permalink

      Aku ingin ke mei karta, iklanyaa masih tergiang giang…..tapi perizinan maen tabrak saja , ingat dulu di bekasi utara, saya mau ambil perumahan belum jadi masih tanah, Masukin Booking fee 1 juta, 2 tahun jadi, tapi perasaan ga enak, akhirnya ga jadi, tapi teman saya masukin data dan Booking, sy liat juga banyak yg naro ,ga taunya sampe sekarang masih jadi rawa2, itu tahun 2013 an

      9
      1
    • 12 Januari 2023 - (17:32 WIB)
      Permalink

      Rasanya sulit uang mba mau di kembalikan oleh lippo grup mereka perusahaan punya beckingan org2 kuat

  • 12 Januari 2023 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Samaa sy juga bayar cash dr 2017 janji ho 2019, yg ada d relokasi aja daaannn smp skrg juga blm ada unitnya. Setiap ditanya sll lg iya sbntar lagi akhir tahun berlalu, smp detik ini juga ga ada unitnya.

    • 12 Januari 2023 - (10:49 WIB)
      Permalink

      Iya sama ka, unit saya masih tanah. Artikel saya ini baru kemarin terbit tapi sampai detik ini belom ada itikad baik dari Lippo Grup untuk mengembalikan uang saya yang masuk ke meikarta. Yang saya dapat dari investasi saya di Meikarta (Grup Lippo) setelah menunggu 5 tahun sejak DP, hanya dapat dokumen yang saya sudah share disini dan unit yang masih tanah.

  • 12 Januari 2023 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Urusan beli bangunan property dalam bentuk apapun, jgn pernah cuma beli Tanah kosong..cuma “gambar”, “iklan”, dan “angin surga Sales”. Kalau sudah begini, ampun deh ..

    Kasus begini adalah fenomena gunung es, banyak sekali korbannya terutama pelakunya developer-developer bawah s/d menengah. Meikarta ramai karena Developer besar dengan jumlah fantastis (ratusan Triliun)

    PAstikan baru dibeli setelah ada bbrp orang yg sudah menempati bangunan meskipun Developer besar (apalagi developer yang ngga jelas)..sehingga bisa mendengar langsung kondisi secara jujur dr orang yg sudah menempati.

    7
    1
  • 12 Januari 2023 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Bangun unit rmh aja di tanah yg kosong itu, kan ada hak ibu disitu, klo dilarang yah sruh balikin uang ibu,

  • 13 Januari 2023 - (03:01 WIB)
    Permalink

    Ini pasti karna kurang peminat apartmentnya jadi gak jadi di buat takut merugi, gak mencapai target jadi ya gitu di tahan terus” gak di buat sampe bener” ngetem terus gak jalan” sampe penumpang pada penuh dulu mau itu Ampe puluhan tahun 😂

  • 13 Januari 2023 - (04:41 WIB)
    Permalink

    Ibu Rosalina, dibawa dlm doa semua masalah ini. Kembali atau tdk dana ibu, jgn terlalu dipikirkan sebab kesehatan ibu lbh bernilai dr semuanya. Jgn sampai gara2 kasus ini, energi ibu habis, perhatian ke keluarga berkurang, & stress bertambah, ibu jd ruginya berkali lipat. Memang terkadang dlm perjalanan hidup kita dibiarkan Tuhan mengalami sesuatu yg tdk pernah kita bayangkan, dirugikan pihak2 yg justru jauh lebih berada dr pd kita. Jgn marah & kecewa ibu. Jdkan semua sebagai pelajaran berharga & ibu share disini adalah sebuah keputusan yg sangat baik agar kami jg bisa belajar dr pengalaman ibu. Pelaku kejahatan ini tdk akan menang ibu, apalagi mrk tdk memiliki etikad baik sama sekali. Mereka tdk kembalikan hak ibu, mrk justru yg akan rugi berkali lipat pd waktunya nanti. Mungkin apa yg terjadi dgn proyek besar mrk skrang adalah buah dr kejahatan mrk dimasa lalu, dan skrang mrk membuat kejahatan baru kembali, akibatnya akan lbh besar lg, bukan hanya kerugian materi yg akan mrk alami, kesehatan mrk pun akan rontok krn mrk sdh memakan dana banyak pihak tanpa pertanggungjawaban dihadapan Tuhan. Doa ibu & yg lain pasti didengar & Tuhan akan kabulkan tepat pd waktuNya. Jd ikuti waktuNya saja ibu, Tuhan pasti akan kembalikan semua mungkin dlm wujud lain krn tdk akan ada org lain yg bisa mengambil atau memakan hak kita klu memang sdh waktunya utk kita miliki atau nikmati. Amin.

  • 13 Januari 2023 - (08:09 WIB)
    Permalink

    Kalo rakyat gagal bayar.. dikerja kejar… Ada denda bunga penalti dan sejuta alasan karena kita SALAH…
    Kalo perusahaan yang WANPRESTASI kira kira gmn ya? Apakah berbunga jd harus serahkan 2 apartemen? 3? Ga mungkin kayaknya ya..
    Jd inget slogan ini.. “Bawa aku pergi dari sini, aku ingin pindah ke meikarta”
    Tp sebenernya saya ga pernah tertarik membeli sesuatu yg bangunannya blm ada, karena sama aja beli janji, selalu beli yg brgnya terlihat dan jelas.. memang harga akan lebih mahal.. semoga ini jd pembelajaran bagi konsumen semua

  • 14 Januari 2023 - (06:59 WIB)
    Permalink

    Bu..sama bu saya malah beli cash dari 2017 harusnya Desember 2019 sdh serah terima…sampai sekarang boro2 ada bangunannnya bu…tanah kosong doang sama ada beberapa bangunan mangkrak..

    Apalagi yang kompensasi ga ada sesuai closul dihentikan dgn berbagai alasan…enak banget meikarta kita bayar telat kita didenda giliran mrk telat boro2 bayar uang kompensasi..pantes aja anteng ga dibangun..

    Pinter banget ambil uang konsumen sama2 janji muluk mereka dulu..masa kita suruh pindah relokasi unit yg sdh jadi di distrik 1 tapi harga sekarang kita harus bayar lagi sisanya..
    Ngapain beli cape2 dulu ngantri berhari2 ujungnya beli sekarang harga sekarang,mending uang kita pakai dulu klu tahu gitu mah…
    Bisnis lippo di meikarta LICIK,MENZOLIMI pembeli..itu milik konglomerat Mochtar Riady harusnya kemaren sama luhut panjaitan tutup telinga,mata kali ya atas kondisi nasib kita…dulu ngapain janji2 saat peresmian meikarta..BOHONG SEMUA..!!

 Apa Komentar Anda?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Permintaan Pengembalian Dana yang Sudah Disetorkan Karena Unit Apartem…

oleh Rosalina dibaca dalam: 1 menit
24