Refund Dana MBtrip Tak Kunjung Dibayarkan Meski Sudah Ada Surat Pernyataan Refund

Belakangan ini nama tour travel MBTRIP mendadak terkenal, tapi bukan karena hal yang baik melainkan karena permasalahan-permasalahannya yang muncul. Mulai dari reschedule trip, tidak jadi diberangkatkan, sampai refund dana yang tidak kunjung dibayarkan. Saya adalah salah satu konsumen MBTRIP, yang sampai saat ini refund dana yang saya ajukan belum dibayar.

Saya membeli trip 3 negara (Singapura, Malaysia dan Thailand) untuk keberangkatan bulan September 2022 dan sudah melakukan pelunasan pada bulan Juli 2022. Pada akhir Agustus 2022 saya sakit dan harus menjalani operasi besar. Dengan jarak keberangkatan trip yang terlalu dekat, akhirnya saya membatalkan trip tersebut.

Awalnya saya meminta reschedule trip, tapi ternyata dokter menganjurkan saya untuk menjalani terapi pengobatan selama kurang lebih 1 tahun. Oleh karena itu saya mengajukan refund dana ke pihak MBTRIP dan mereka mengiyakan, dengan ketentuan dana dipotong DP 1 juta dan saya pun menyetujuinya.

Pertengahan November, saya tanyakan ke pihak MBTRIP dan direspons oleh staf bernama Yunita. Staf tersebut menginfokan bahwa deadline surat pernyataan refund saya adalah tanggal 30 November 2022, tapi saya baru menerima surat pernyataan refund tanggal 12 Desember 2022 yang ditandatangani oleh Sdri. Yesi Restu selaku pemilik MBTRIP. Surat pernyataan tersebut bermeterai dan menerangkan bahwa pihak MBTRIP akan mengembalikan uang saya paling lambat tanggal 5 Januari 2022.

Pada tanggal 3 Januari 2023, saya menanyakan kembali apakah refund dana akan ter-pending mengingat pihak MBTRIP libur dari tanggal 3 Januari sampai dengan 9 Januari 2023. Pihak MBTRIP menjawab tidak akan ada pending refund dana.

Tanggal 5 Januari 2023 dari pagi, siang, sore, malam sampai berganti hari ke tanggal 6 Januari 2023 tidak ada dana masuk dari MBTRIP.

Setiap hari saya tanyakan kapan refund dana akan ditransfer, tapi berhari-hari pula chat saya diabaikan. Lalu pas tanggal 9 Januari 2023, saya mendapat chat bahwa ada keterlambatan pembayaran karena menunggu pengembalian dana oleh pihak partner MBTRIP. Beberapa kali chat diabaikan sampai berhari-hari, sampai seminggu baru dibalas, Lagi-lagi minta maaf belum bisa mengembalikan dana.

Sampai pada tanggal 15 Januari 2023, saya berkonsultasi dengan law firm dan pada tanggal 16 Januari 2023 pihak law firm melayangkan surat somasi dan memberi waktu sampai dengan tanggal 23 Januari 2023 untuk segera menyelesaikan proses refund dana saya. Namun sampai surat ini ditayangkan, pihak MBTRIP belum juga mengembalikan uang saya.

Pertanyaan saya untuk pihak MBTRIP, kenapa trip tetap berjalan walaupun reschedule, tetapi untuk yang refund dananya tidak dibayarkan juga sampai melewati batas waktu di surat pernyataan bermeterai? Apakah lebih penting yang trip supaya bisa membuat video/reels seolah MBTRIP tidak punya masalah dengan konsumennya? Sedangkan untuk refund dana tidak penting karena tidak bisa dibuat video/reels untuk memikat konsumen baru?

Puji Rahayu
Samarinda, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai MBTRIP:
[Total:17    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Refund Dana MBtrip Tak Kunjung Dibayarkan Meski Sudah Ada Surat Pernyataan Refund

  • 26 Januari 2023 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Sepertinya sih perusahaan lagi bokek, bu.
    Alias ga punya duit buat bayar refund.

    Mungkin nunggu pembayaran konsumen yg lain masuk dulu, baru dibayarkan refundnya.

  • 26 Januari 2023 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Saya adalah salah satu yang senasib senga kk juga.
    Sy dulu di janjikan brangkat bulan september menuju ke Turki untuk 2 orang,kemudian DP sy sudah masuk 10jt lalu ternyata wisata ke negara Korea baru dibuka dibulan juli 2022 akhirnya sy pindah destinasi dari Turki ke Korea karena sy sudah pernah ke Turki,dan kata admin pindah negara DP dipotong 50% jadilah sy dipotong DP nya 5jt. Sy pindah trip ke korea di tgl 18-23 oktober karena mau merayakan ulang tahun sy di tgl 21 oktober.
    Lalu pada bulan September sy sudah melakukan pelunasan trip untuk 2 orang tapi pihak mbtrip tidak menghubungi saya mengenai pembuatan visa. Jadi memang harus saya yg tanya2 dan rajin chat spam menanyakan pembuatan visa. Sampai akhirnya admin visa menghubungi sy dan sy mengumpulkan berkas di bulan September.

    Dan ternyata kebrangkatan pun di reschedule. Yang tadinya sy ambil trip korea karna sy ultah pun akhirnya sy pasrah yg penting sy brangkat aja deh. Eh ternyata reschedule pun g cukup sekali tp sampai 3 kali dan visa sy belum diajukan sm mereka yg akhirnya visa tidak di approve dua2nya,sy dan suami.
    Sy akhirnya meminta untuk refund di bulan November 2022. Itu pun sy harus koar2 di Instagram mereka karna chat wa sama sekali tidak dibalas,sampai saya ke kantornya yg di Bandung. Barulah sy dapet surat refund,tapi potongan DP sy yg 50% itu tidak dikembalikan. Saya tidak masalah DP hilang asal memang jadi berangkat eh ternyata tidak brangkat harusnya mereka mengembalikan DP sy karena sy tidak mendapat apapun dr mereka. Uang visa dan asuransi untuk kita berdua pun sudah rugi hampir 5jt. Saya minta bukti asuransi yg per orang nya 850rb dikali 2 orang,mereka sudah janji akan mengirimkan buktinya ke rumah tapi tidak dikasih sampai skarang. Pikir saya,kok tidak brangkat sy harus bayar uang asuransi. Travel macam apa ini?

    Saya dijanjikan refund tgl 3 januari 2023 dan 12 januari 2023. Dan sampai detik ini belum ada dana masuk sama sekali ke rekening saya dari mereka. Sy sudah ke kantornya dan ke rumahnya kemaren tapi tidak ada orang,tidak ada yg menemui saya termasuk admin apalagi pimpinanya yg bernama YESI RESTU.

    Chat pun dibalas seminggu sekali atau 5 hari sekali dan jawabanya pun selalu menunggu dan menunggu. Padahal sudah ada tertera deadline nya di tgl tersebut dan di tanda tangani oleh pimpinan YESI RESTU diatas materai tapi sampai skarang mereka tidak ada i’tikad baik untuk me refund dana saya.

    Saya tidak tau harus bagaimana agar hak saya dikembalikan oleh mbtrip,karena dedline refund pun sudah sangat terlewati.

  • 26 Januari 2023 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Saya juga senasib. Perjuangan sampe bandung buat minta iktikad baik tdk ada bahkan sudah melibatkan kepolisian. Tapi hasil nihil. Dari cara halus sampe barbar nihil. The point nya dia gk ada uang lagi cm punya aset ortunya tapi ortunya ya diem aja. Ya mau gimana lagi kita ini.. hanya menjadi kumpulan org di zolimi.

  • 26 Januari 2023 - (10:06 WIB)
    Permalink

    saya juga salah satu korban MB Trip ini.
    Dari awal yang harusnya berangkat tanggal 5 januari tiba tiba h-5 dikabarin kalau harus reschedule karena overseat. Ini udah mencurigakan karena kok ada ya travel mau berangkat ke luar negeri tapi blm issued tiket juga sampe h-5. Karena kendala cuti jadi kami minta refund saja. Uang yang sudah kami bayar lunas sejak 1 Desember 2022 sejumlah Rp. 94.500.000 dijanjikan refund di tanggal 20 dan 31 januari 2023 dengan dikasih surat pernyataan bermaterai yg di ttd oleh owner YESI RESTU. Kami sekeluarga tanggal 24 januari 2023 udah samperin ke kantornya dan ketemu admin Yunita, dijanjiin akan dibalikin tanggal 25 januari 2023 jam 15.00. kami tunggu di kantor mereka sampai nginep dan ngga muncul juga itu adminnya dan sampe saat ini tidak ada balasan lagi dari admin serta uang saya belum dikembalikan sama mereka. ngga ada itikad baik sama sekali bahkan untuk ngehubungin ngasih tau. saya udah capek ngadepin ini travel.

  • 26 Januari 2023 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Saya pun korban dari travel ini juga.
    Setelah 3 kali reschedule trip Turki yang harusnya diberangkatkan tgl 12-20 Oktober 2022 dan dijanjikan akan refund full pada tgl 17 Januari 2023 ternyata pihak travel lagi-lagi INGKAR JANJI.Bahkan sampai sudah lewat due date dana refund tetap tidak masuk di rekening saya.Saya tagih lewat chat wa pun seringkali tidak dibalas.Kalaupun dibalas jawaban dari admin selalu sama,berbelit-belit.Padahal kebijakan refund juga pihak travel sendiri yang menawarkan.Nama travelnya saja yang Islami “MUSLIM BACKPACKER TRIP disingkat MBTRIP” tapi adab dan etika bisnisnya haram.

    • 26 Januari 2023 - (19:46 WIB)
      Permalink

      Saya korban ketidakjelasan MBTRIP juga untuk Trip Aqso-Jordan-Mesir yang dijanjikan didaftarkan ke partner MBTRIP untuk 9-21 maret 2023, tapi sejak 12 Januari 2023 chat tidak dibalas lagi oleh Yunita, Renata, Hadi (suami Yesi), bahkan Yesi pun sepertinya sudah ganti nomer Hp. Padahal saya sudah bayar lunas sejak 2022.

      Awalnya saya berencana ikut trip d bulan Juni 2022, namun karena info mepet dari admin MBTrip saya tidak punya cukup waktu untuk perpanjang paspor (soal ini memang sebagian salah saya karena tidak urus paspor dari jauh2 hari, namun dari admin juga tidak ada info jauh2 hari untuk persiapan visa). Lalu kemudian karena saya tidak jadi ikut Juni 2022, admin yunita menawarkan saya ikut trip September 2022, namun gak jadi karena alasan pax gak cukup dan dia bilang mau coba alihkan jadwal di Desember 2022, itupun gak ada kabar lanjutan sampai akhirnya infonya diundur dengan alasan yg gak jelas kenapa. Trus dia nawarin ikut konsorsium dengan partnernya di Februari 2023, tapi gak jelas juga karena akhirnya Hadi dan Yunita info kalo partner mereka gak kasi kabar soal urus visa. Trus sejak 27 Desember 2022 hingga saat ini, Yunita dan Hadi gak ada chat saya lagi kasi kejelasan.

      Kemudian sampai saya lihat nomer admin baru Renata di IG MbTrip saya coba hubungi dan dengan respon yang lama juga tanggal 11 Januari 2023 admin Renata bilang mau daftarkan saya di konsorsium trip partner mereka d 9-21 maret 2023 yang katanya paxnya sudah 23 org dan pasti berangkat. Dan sampai detik ini tidak ada lagi info apapun dari Admin Renata/ Rere atau Admin Yunita/Indah atau Hadi. Padahal saya coba setiap hari kirim pesan whatsapp menanyakan ke mereka.

      Kalau memang amanah didaftarkan trip Maret 2023, pastinya sudah ada sibuk2 urus administrasi visa dan info lanjutan lainnya.

      Saya bukan baru pertama ikut MBTrip, tapi sudah 2x pernah ikut trip, namun baru kali ini komunikasi ke loyal customer seburuk ini. Di 2 trip sebelumnya admin akan tetap merespon selambatnya 2 hari, lha ini hampir 2 minggu menghilang blas gak menghargai customer. Gimana mau besar nama baik MBTRip kalau memberikan pengalaman buruk ke customer kalian?!

      Saya ingin hak saya jelas, inginnya memang MBTrip amanah, malu atuh sama singkatan agamis nama trip ini, bukan agama yg salah tapi personaliti kalian yang menzalimi customer seperti ini. Dengan kalian bikin resah dan curiga, itu kalian yg zalim, kami bayar pakai uang halal dengan kerja keras, tujuan kami ingin liburan menyenangkan diri malah kalian PHPin.

      Coba ya ibu2 admin dan ibu yesi dan pak hadi direspon wa para customer termasuk saya yg sudah LUNAS ini, hak kami itu. Semoga masih punya hati nurani yang baik ya pak bu, jangan sibuk menghilang, hati2 banyak didoakan orang yang terzalimi nanti jadi makbul doanya

  • 26 Januari 2023 - (12:55 WIB)
    Permalink

    Apakah anda pernah ke kantor MBTRIP? Jika anda pesan travel secara online, diduga anda telah menjadi korban penipuan agen travel abal-abal.

    • 26 Januari 2023 - (13:33 WIB)
      Permalink

      Sudah banyak yg datang ke kantor Mbtrip, dan mereka ketemu sama staff nya yg bernama Yunita dan Renata alias Rere, alamat kantor nya ada di 2 tempat.

  • 26 Januari 2023 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Saya dan teman saya juga jadi korban ketidakpastian mbtrip. Trip umroh + turki, h-5 tiba2 diinfo gagal berangkat, alasan pax kurang karena ada yang gak bisa cuti. Padahal orang kalo umroh pasti udah persiapan cuti dari jauh hari. Dan anehnya saya dapat kenalan orang yang sama jadwalnya dengan saya dan trip sama, dia sudah dimintai paspor asli untuk dikirim, sedangkan saya dan teman saya tidak dimintai paspor asli sampe akhirnya diinfokan kalo trip batal. Kami ajukan refund tapi tidak ada tanggapan sampai sekarang, chat juga ga dibalas2. Mbtrip sudah mempermainkan niat orang untuk ibadah. Semoga karma nyusul owner dengan cepat, karena sudah merugikan banyak pihak.

  • 27 Januari 2023 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Saya juga bernasib sama, korban PHP refund dana MB Trip. Sudah lelah lahir bathin di PHP dan dipermainkan oleh tim MB Trip. Tolong ya Sdri. YESI RESTU, anda yang membuat dan menandatangani surat pernyataan diatas materai untuk mengembalikan uang saya sesuai dengan isi surat yang anda buat untuk pengembalian pertama tanggal 25 Januari 2023 dan pengembalian ke dua tanggal 6 Februari 2023 kenapa anda tidak mematuhi isi surat yang anda buat sendiri. Dan hebatnya lagi di wa tidak ada respon, ada ya orang seperti anda yang senang mempersulit orang lain, memakan duit haram dan zholim. Tolong tepati isi surat pernyataan anda, kembalikan uang kami yang sudah mengendap di Rek anda selama hampir 3 tahun ini. Tolong amanah, JANGAN JADI ORANG PENIPU, HIDUP ANDA TIDAK AKAN SELAMAT DUNIA AKHIRAT, SEGERA KEMBALIKAN DANA KAMI SESUAI DENGAN PERNYATAAN YANG ANDA BUAT SENDIRI,.

  • 27 Januari 2023 - (15:32 WIB)
    Permalink

    *ATTENTION*

    Untuk korban2 MBTRIP.ID/ PT.Yerisus global travelindo
    Apabila ingin membuat LP(Laporan Polisi)
    Bisa datang ke *Dit Reskrimum Polda Jabar*
    sudah ada yg melapor kesana atasnama *Udyahitani secundaputeri*
    infokan saja bahwa termasuk korbannya MBTRIP, sampaikan kalo mendukung laporan sebelumnya atas nama Udyahitani Secundaputeri, bawa berkas bukti* semuanya seperti:
    – brosur perjalanan mb trip
    – invoice
    – bukti transfer
    – surat reschedule
    – surat pernyataan refund
    – bukti chat dll nya yg dibutuhkan untuk mendukung

    Agar bisa mendukung laporan2 yg sudah ada dan bisa segera ditindaklanjuti

    Apabila korban dari luar wilayah hukum polda jabar informasinya tetap bisa melapor kesana sbg saksi korban dengan menginduk Laporan Polisi an tsb (berlaku untuk seluruh korban dari mana saja)

    Tambahan informasi untuk korban2 yg lain diluar jabar yg berhalangan kesana bisa juga laporan ke Dit Reskrimum Polda masing2 wilayah hukumnya ,sampaikan bahwa sudah ada laporan korban di Polda Jabar an udyahitani secundaputeri ,nanti akan ditindaklanjuti oleh polda bisa dijadikan satu di polda jabar atau dialihkan ke bareskrim.

    Berlaku untuk kerugian berapapun yang mau lapor jadi saksi korban,
    Semangat!!

  • 27 Januari 2023 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Whaw.. udah masuk berkas ke polda jabar sih gak main2..
    Bisa jadi kasusnya sama dengan First Travel.

  • 28 Januari 2023 - (15:31 WIB)
    Permalink

    Ade saya baru DP untuk umroh ramadhan 27 maret (adakah yang sama?)
    Sedih sekali setelah DP banyak koment yg reschedule, dan ga jadi brangkat
    Setelah cek tidak ada ijin kemenag dll
    Sementara sampai kemarin masih di tagih untuk pembayaran selanjutnya dengan admin yunita
    Apakah ade saya termasuk korban?karena mereka tetap open trip dalam beragam masalah di perusahaanya
    Saya juga kontak dengan salah satu agent mbtrip yg saya dapat dari komen salah satu tour leader mbtrip , dan dia seorang agent, dan masalahnya sama
    Para agent sudah lama tidak bisa kontek yessi dan suami, hilang begitu saja
    Ade saya Cita2 mau umroh nabung dari gaji bulanan guru hononer selama 3th , sedih dan kesel bgt jadinya

    • 28 Januari 2023 - (16:59 WIB)
      Permalink

      Bohong kalau agent sama TL bilang g ada contact sama si Yesi atau si Hadi mba, semua tuh sekongkol saling melindungi si yesi dan hadi, ada juga tl ngaku nya udh di pecat eh dia bawa rombongan ke Turki.
      Serba salah sih mba di bayarkan lunas nanti kena kasus reschedule, ga di bayar lunas nanti minta refund juga g di bayar.

      • 28 Januari 2023 - (20:22 WIB)
        Permalink

        Iya jadi ikut bingung, mau ibadah malah dbikin waswas, masa iya waswas sampe bener2 brangkat

 Apa Komentar Anda mengenai MBTRIP?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Refund Dana MBtrip Tak Kunjung Dibayarkan Meski Sudah Ada Surat Pernya…

oleh Antique Puji Rahayu dibaca dalam: 2 menit
15