Surat Pembaca

Kartu ATM BRI Tertelan, Saldo Raib

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera.

Saya memposting keluhan ini, karena tidak tahu lagi cara yang efektif agar saldo saya kembali.

Kronologinya, pada tanggal 16 Januari 2023, saya bermaksud mengambil uang di ATM BRI Benteng Betawi, Tangerang/depan Hotel D’prima. Tidak ada yang janggal dari ATM itu, kartu pun saya masukkan. Namun tidak muncul instruksi selanjutnya sebagaimana lazimnya. Saya tekan cancel, tetapi saja tidak ada respons. Lalu saya coba masukkan PIN, tetapi tidak ada respons juga.

Saya tunggu sekian lama, dengan harapan kartu saya keluar. Akhirnya saya berinisiatif datang ke kantor cabang BRI yang berada tidak jauh dari situ. Alangkah kagetnya saya ketika muncul SMS notifikasi BRI.

Padahal sewaktu di ATM saya tidak menginput nominal. Satpam menganjurkan saya untuk telepon CS, tapi saya memilih datang langsung ke CS BRI keesokan harinya karena toh saldo saya sudah kosong tertarik semua. Singkat kata, CS pun meminta saya menunggu 20 hari kerja dan membuatkan surat laporan.

Alangkah kagetnya saya ketika kemarin dapat SMS notifikasi:

Logika sederhananya, bila kartu ATM tertelan berarti mesin ATM itu tidak beres, bagaimana mungkin transaksi bisa normal atau sukses???

Saya pun kembali komplain ke CS BRI Poris Tangerang pada hari ini, 1 Feb 2023. CS malah menyarankan saya mengecek CCTV di lokasi ATM berada (?) Setahu saya itu tidak sembarangan. CS pun melampirkan surat-surat dan kata-surat yang bagi saya teramat rumit.

Menurut saya bila mengikuti saran CS, cek CCTV, dsb. Akan memakan waktu dan biaya yang lumayan dan maaf bila saya merasa bakal seperti bola ping pong yang dilempar ke sana kemari. Apakah prosedur yang dilakukan CS itu sudah benar? Toh, di awal-awal CS sudah menyatakan bahwa itu adalah kesalahan sistem.

Saya berharap pihak BRI bisa mengembalikan uang tersebut, yang bagi saya cukup lumayan besar. Nalar saya sebagai orang awam, bila kartu ATM tertelan berarti mesin itu bermasalah kan?? Lalu bagaimana mungkin transaksi dinyatakan sukses atau normal?? Sementara saya sama sekali tidak mengetik nominal yang tersebut.

Sudi kiranya para pembaca Media Konsumen memberikan saya saran yang efektif untuk menyelesaikan masalah saya ini dan pihak yang terkait (BRI) dapat membantu menyelesaikan ini. Terima kasih.

Susi Lusiana
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Susi Lusiana

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan turut prihatin atas kejadian yang Ibu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Harusnya kalo kartu ATM tertelan langsung telpn call center buat blokir kartu ATM. Seharusnya itu pengetahuan umum kan? kenapa tau ada kendala ky gt malah nyepelein. Toh juga belum cek CCTV udah ke media konsumen saya pikir itu kurang bijak. Lain kali hati2 buk jangan suka nyepelein hal finansial kayak gt.

      • Pasti kena modus orang baik hati mau nolongin/modus gnjal atm ini....uda bnyk di video2 beredar.....

        • Kejadian itu persis kayak yang saya alami bu, kurang lebih 18jt malah saldo di ATM saya hilang dan sudah laporan ke BRI UNIT PUSAT CABANG sampe jkt dan terakhir saya laporan ke BI sama OJK hasilnya tetap kayak bola ping pong di ombang ambingkan.

      • Saya prnh sprti itu dan lgsg hubungi CS nekat modal pulsa 5 rb biar bs diblokir itu ATM,itupun pulsa hbis blm smpt 1 menit putus pembicaraannya ?, tp lgsg ditlp balik kok sama CS nya (kalo ga slh saldo kita lgsg terpotong automatis 10rb) dan prmasalahan selesai

      • suami saya hari sabtu kemarin juga kartu atmnya tertelan, posisi belum memasukkan pin ditungguin ½jam sama suami saya ga keluar" juga itu kartunya, langsung lapor satpam dan satpam bank nyaranin buat diurus lg di hari senin, dan td siang suami saya urus ke bank cabang solusi nya cetak kartu baru, setelah cetak kartu baru mau ambil uang ternyata saldo KOSONG, raib 3jt pdhl saat kartu tertelan suami saya blm memasukkan pin atm, ada yg bisa bantu ga gimana solusinya? rencana nya bsk mau ke kantor pusat, tapi apa bisa saldo suami saya dikembalikan? uang segitu uang yg banyak bagi saya dan keluarga

    • Telpon cs BRI memerlukan pulsa yg tidak sedikit klo dari postingan ganjal aj masa ATM tertelan bisa ke debet

      • Selalu saja BRI,dan setiap keluhan gk pernah ada solusi yg melegakan.tidak ada tindakan.saldo sy juga pernah di bobol 2.300.000.saat sy dtg ke kantor cbg,membuat laporan dan permohonan untuk memblokir nmr rek yg bobol uang sy,tpi jwban bikin kecewA,katanya tidak bisa blokir tanpa prmintaan yg punya rekening

      • Klau modus ganjal atm udh pasti kena, apalagi ts sempat input pin, y benar cs nya cek cctv biar ketauan, stelah ys keluar mesin atm siapa yg transaksi dan ambil uang tsb.

    • Kata kata seharusnya atau seandainya itu ga berguna sama sekali... Mana tau mba ini akan begini kejadiannya.. Dan kejadian nya pun menurut saya cepet bgt.
      Harusnya BRI segera kembalikan uang mba ini, ga masuk akal klo atm ilang, mgkn human error, tp klo tertelan dan uangnya ilang, kira kira siapa yg bs bikin begini?.. Bagi org yg sangat butuh uang ini berarti skli. Kasian, sdh tertimpa musibah, malah disalahin..
      Buat pelajaran aja, klo ambil uang di atm, cari atm yg ada satpamnya, atau ke atm kantor bank nya langsung logika nya lebih aman.

      • Masuk akal klo mmg langsung diambil pelaku ketika mbaknya meninggalkan atm. Klo langsung dibayarkan bank, bisa2 dikemudian hari modusnya pura2 atm tertelan, trs komplotannya ambil uang trs klaim ke bank uangnya hilang.. mbo ya berpikir jauh lah

  • Biasanya yg begini modusnya suka ada yg nyaranin masukin PIN pas ATM ketelen tau-taunya kartu ATMnya dituker, makanya bisa ada transaksi. Lebih baik cek aja CCTVnya nder, kalo yakin benar mah, jadi punya bukti yg Valid..

  • paling bener habis ketelen tetep berdiri didepan atm nya dan langsung blokir kartunya baru ke kantor cabang

    ya transaksi tersebut normal dan saldo mungkin gak akan kembali

    lain waktu semoga kita semua lebih hati2 dan jangan panik untuk apa yang harus dilakukan pertama kali kalau atm ketelen mesin

    • kalau atm BRI ketelan mesin , bukanya langsung terblokir otomatis oleh system ya
      pengalaman dulu ketika atm ketelan mesin status atm otomatis keblokir.

  • Waktu ambil atm pasti ada seseorang di belakang yg mantau. Dan mulut atm telah diganjal sesuatu jd sbenarnya keluar hanya terganjal. Harusnya tungguin aja disitu sampai atm tertelan otomatis stlah beberapa waktu. Itu harusnya uang kembali karna ada pembobolan dengan pengganjalan mesin. Biasanya bank cek cctvnya

  • ATM Anda bukan tertelan, tp ada yg mengganjal kalau kejadiannya seperti itu.
    Setelah anda keluar dr ATM, pelaku dengan leluasa menggasak isi saldo anda.

    Perjuangkan aja ke bank, walau sepertinya memang sulit.
    Saran pentingnya, ganti bank aja .. not recommended bank ini.

  • Kenapa harus cek cctv karna hasil pengecekan BRI uang berhasil diambil, utk menyangah itu butuh bukti cctv gak ada pilihan lain

  • Kalau dugaan saya sih itu ATM sudah diganjal skimmer, kartu tertelan alat itu, dan PIN sudah di-capture, ya sudah bablas dah itu duit. Hari gini lebih aman tarik tunai cardless, kalau BRI pakai BRIMO bisa. Masalahnya kebanyakan nasabah apalagi di pedesaan masih mengandalkan kartu ATM dan belum tentu punya smartphone. Serba salah sih, punya kartu ATM rawan penipuan, nggak punya juga kalau mau ambil duit susah.

    • Bener tu,,salahnya lagi,penulis kemudian masukkan no pin,,pdhl andai ga dimasukin no pin kayaknya duit nya bakal selamat

  • Saran saja nih Bu, klo bisa pake internet banking/mbanking untk mencegah klo misalnya kartu ATM tertelan bisa lgsg blokir via internet banking/mbanking, apalagi klo misalnya tidak ada pulsa utk menelpon ke call center, stlh blokir tinggal ke kantor cabang agar bisa dibantu untk dibuatkan kartu ATM yg baru. semoga masalahnya cepat selesai ya, Bu

    • Masalah klasik seperti ini aja kebobolan, apalagi disuruh pake m-banking, tambah parah nanti. Ya... Yg harus di syukuri itu untungnya saldo hanya ratusan ribu, meskipun itu nominal besar bagi penulis.
      Semoga masalahnya cepat terselesaikan.

  • pd saat anda memasukan nomor pin itulah sindikat penipu melihatnya via camera yg berada dekat sana. pd saat anda pergi dari atm itu, kartu nya diambil dan disikat deh. Perhatian buat semuanya, pd saat memasukan pin, tolong ditutupin pk tangan, jgn kira tak ada siapa2 lalu tak menutup tangan. ingat, kamera ada dimana2 yg bs mengintip anda