Tokopedia Terlalu Bertele-tele dalam Pengembalian Dana Hasil Klaim Asuransi

Saya Benny. Langsung saja tanpa basa basi, di sini saya ingin menyampaikan keluhan terkait kinerja CS Tokopedia, yang terkesan amat sangat bertele-tele dalam penerusan dana klaim asuransi atas pesanan dengan nomor: INV/20240307/MPL/3779610656.

Kronologinya:

  1. Pada tanggal 7 Maret 2024, saya melakukan pembelian barang.
  2. Tanggal 28 Maret 2024, karena sudah teramat lama barang tidak kunjung datang, akhirnya saya lakukan komplain pesanan.
  3. Tanggal 3 April 2024, penjual telah melakukan investigasi ke pihak kurir dan sudah disimpulkan barang hilang dalam pengiriman. Hari itu juga juga penjual melakukan upload berkas untuk proses klaim asuransi pergantian dana untuk pembeli
  4. Tanggal 9 April 2024, klaim disetujui dan CS atau Admin Tokopedia yang bertugas, dan menginformasikan dana akan dikembalikan ke saldo saya (pembeli) dalam 2x24jam kerja atau maksimal 15 April 2024 (screenshot terlampir).
  5. Tanggal 15 April 2024, saya protes di menu bantuan untuk live chat dengan CS. Namun CS hanya berkata mohon ditunggu. Oke di sini saya memaklumi, mungkin mundur 1-2 hari karena terhalang libur lebaran.
  6. Hingga saat ini dana tidak kunjung masuk.

Segitu leletnya kah kinerja Tokopedia dalam hal pergantian dana?? Apakah tidak konyol sudah sebulan lebih sejak saya melakukan pembayaran atas order tersebut dan saya belum menerima kembali uang saya? Bahkan CS hanya berkata penerusan dana dari pihak asuransi masih dalam proses.

Dalam hati saya berkata segitu ribetnya kah birokrasi Tokopedia yang terkenal sebagai marketplace terbesar di Indonesia? Kalau dari pihak asuransi sudah setuju pergantian dana, apa susahnya pihak Tokopedia “nalangi” dulu nominal uang yang diganti oleh pihak asuransi? Segitu gak mau ruginya kah, sampai-sampai kepuasan pelanggan dikesampingkan hanya karena dana riil belum benar-benar cair diberikan oleh pihak asuransi ke Tokopedia?

Benny Suryawijaya
Sukoharjo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Tokopedia Terlalu Bertele-tele dalam Pengembalian Dana Hasil Klaim Asuransi

  • 22 April 2024 - (22:49 WIB)
    Permalink

    SDM Tokopedia itu memang rendah sekali, saya perna mengalami kejadian yg menyedihkan, pesan barang ditokopedia, expedisinya ID Express, tiada kabar tiada angin, menelvon tidak, wa tidak, tiba tiba barang dikembalikan oleh kurir dengan alasan “pelanggan tidak ditempat”..
    Saya komplain ketokopedia, tapi lebih percaya kurir daripada saya, akhirnya dana saya dikembalikan, namun ongkirnya tidak balik, dengan alasan kesalahan ada pada saya… Sungguh mengerikan dan miris melihat penanganan yg dilakukan cs Tokopedia..
    Saya tidak mau perpanjang, saya iklaskan, tapi Tokopedia saya hukum dengan tidak belanja di platform tersebut lagi, serta mengajak teman saudara, kerabat, agar berfikir 2 kali untuk belanja ditokopedia, jangan sampai mengalami kejadian yg saya alami…

    • 23 April 2024 - (05:40 WIB)
      Permalink

      Benar kak SDM di tokopedia sudah tidak seperti dulu. Saya juga baru mengalaminya ada buyer komplain barang tidak sesuai katanya dan di acc sepihak sama tokopedia. Pdhl bukti-bukti sudah jelas bahwa buyer yg salah tp saya tetap kalah dan dianggap melakukan kecurangan. Benar-benar kecewa berat dengan kinerja admin tokopedia!

  • 8 Mei 2024 - (12:45 WIB)
    Permalink

    ini bukan hal baru kak sejak tahun 2022 saya juga mengalami hal sama, sbg konsumen hanya bisa bersabar,

    klo saya pengalaman klaim asuransi gangguan internet, kadang cepat kadang lama, bisa diatas 1 bulan, tp dibayarkan, nominalnya kecil gak sampai 400k, tp prosesnya yang rumit dan memakan waktu banyak, dan info yang diberikan kurang detail, sebagai pihak penengah seharusnya tokopedia lebih professional lagi,

    sbg konsumen tetap suarakan ini ke berbagai media, dan jangan lupa informasinya yang detail kronologinya, menghindari blunder

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Terlalu Bertele-tele dalam Pengembalian Dana Hasil Klaim Asu…

oleh Benny dibaca dalam: 1 menit
3