Surat Pembaca

Kecewa dengan Sistem Jual Beli di Tokopedia, Dana Dikembalikan ke Pembeli Tapi Barang Tidak Kembali

Pada tanggal 18 Januari 2023, saya melalukan penjualan barang “Samsung Earbuds second like new” di Tokopedia. Pembeli dengan nama akun: Shere Angelia telah melakukan pembayaran. Setelah satu minggu, barang tidak kunjung sampai ke pembeli. Saya sudah bolak balik ke JNE selaku pihak pengiriman, tapi pihak JNE belum ada memberi kepastian. Pembeli pun tidak mau aktif langsung menjemput barang di JNE setempat.

Pada tanggal 27 Januari 2023, barang saya dinyatakan hilang di pengiriman. Saya sudah melakukan klaim asuransi, tapi tiba-tiba besoknya barang sampai ke pembeli. Lalu pembeli ini mengklaim barang saya replika. Saya sudah bilang sama pihak Tokopedia dan pembeli untuk mengecek serial number sebelum menuduh. Ternyata pihak Tokopedia lebih memihak pembeli.

Sekarang dana pembeli telah di-refund dan barang saya tidak kembali. Saya ditipu pembeli dan Tokopedia, saya tidak terima! Sampai sekarang Tokopedia cuma bilang pembeli tidak bisa dihubungi. Padahal saya sudah lama jual barang di Tokopedia lancar-lancar saja. Ketemu pembeli yang penipu malah didukung sama Tokopedia.

Tolong pihak Tokopedia kembalikan barang saya atau senilai harga penjualan saya.

Rudi Syukri
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Lihatlah para buzzer Tokopedia sedang membela Tokopedia, coba deh perhatikan kalau postingan masalah Shopee langsung salahkan Shopee dulu.

  • Sebenernya pembeli bilang, penjual bilang.. udah biasa kasus kayak gini.. mau bilang replika juga sah sah aja, msh haknya.. masalahnya duit dikembalikan tokopedia dan barang ga dikembalikan pembeli.. penjual cuma bisa pasrah ini masalahnya menurut ane mah.. harusnya klo duit balik karena barangnya replika harusnya barang balik dl br duit balik

    • Itulah kesalahan seller... kok gak masuk Resolusi, kan udah ada tempatnya dan udah disarankan oleh CS untuk ikut nimbrung (aktif). Ajukan semua sanggahan atas komplain dari buyer...
      Dari sisi Seller lain yang komen disini, Posisi TS bisa keliatan jelas, teriak2 di tempat yang salah... teriak2 dengan buyer melalui chat, mengeluh ke CS melalui chat... Seharusnya teriaklah sekencang-kencangnya di pusat resolusi... itu tempat memang disediakan untuk adu argumentasi dan pembuktian dari keduabelah pihak.
      Seperti itulah cara kerja sistem komplain di Tokopedia.. buyer komplain dan tidak ada tanggapan dari Seller sampai batas waktu maksimal, sistem otomatis menyetujui komplain buyer dan dana dikembalikan.

      • Pengalaman di pusat resolusi seandainya pengembalian barang dan dana disetujui:
        Klo pembeli disetujui dananya dikembalikan maka akan ada tulisan kayak gini
        "Pengembalian dana disetujui, silahkan kirim kembali barang yang bermasalah kepada penjual, kepada penjual silahkan memasukkan alamat kirim kembali kepada pembeli, apabila sampai tgl bla bla tdk ada konfirmasi maka dana dikembalikan otomatis tanpa pengembalian barang, silahkan cek brg retur setelah diterima lalu konfirmasi disini apabila sudah sesuai apabila 2x24jam tdk ada konfirmasi maka dana dikembalikan otomatis oleh sistem" apakah TS menerima pesan seperti ini?

        • Ya itu juga yang mengundang seller2 lain berkomentar dengan menjelaskan cara komplain. Dari screenshot TS, tidak ada satupun gambar yang menunjukkan bahwa TS ikut aktif di Resolusi. Tapi..... dari chat TS dengan CS tokped, terlihat bahwa masalah transaksi sudah masuk resolusi dan seller disarankan ikut aktif..
          Jadi, ada kemungkinan TS tidak merespon komplain.. jadilah 2x24 jam itu terjadi .. :) :)

          • Yaa.. kalo seller menerima tulisan kayak gini dan ga ditanggapi 2x24 jam mah wassalam sih memang barangnya.. hha

          • @Yubi Hehehe tks sdh respon tanggapan saya di atas ditujukan utk @Arifin Ah. Tp gpp. Suka duka jualan online. Buat pelajaran berharga aja kedepan.

        • TS & tokopedia jg ga nongol2 di MK beri klarifikasi.
          Bpk baca lagi CHAT yg teliti? Seller MAU UANG bukan barang di retur.

          Tgl 27 Jan pkl 21.46 Di chat, ts nulis .. " tolong tokopedia saya ga terima kalo di kembalikan..."

          Tgl 28 Jan. Pkl 9.15 pagi ts nulis ..."kecuali ada solusi kembalikan dana 650 saya"...

          Tgl 29 dan tgl 30 ga ada tindakan?

          Tokopedia sdh beri solusi hingga tenggat waktu tgl 31 jan harus input alamat pengriminan balik. TS ADA INPUT ALAMAT GA? kalau ada maka barang pasti kembali bapak.

          Ketika pembeli request pengembalian dana kan ada tahapan nya jg kalo di respon penjual. Kalo ga di respon? Stlh 2 hari Pusat resolusi di tutup. Case closed.

          Judul nya "Kecewa dengan Sistem Jual Beli di Tokopedia, Dana Dikembalikan ke Pembeli Tapi Barang Tidak Kembali"

          Kontradiktif banget dgn yg di ucapkan TS di chat.

          • @henryh: iya ya.. Keluhan ini termasuk keluhan aneh (tapi Tidak Bin Ajaib)
            Kemungkinan:
            1. TS baru buka lapak di Tokped, mungkin khusus jual barang second ini.
            Jadi belum tahu mekanisme sistem Tokped saat tiba2 dikomplain pembeli. Kacau cara handle komplain pembelinya...

            2. TS seller berpengalaman. Ada komplain dari pembeli soal keaslian barangnya.
            Seller bingung karena nggak bisa buktiin. Kemungkinan ini, seller nya orang baik tapi kelupaan persiapin bukti barang saat mau kirim (keaslian barang, dsb).
            Seller pengalaman bisa lupa juga kan... maklum manusia... :)

            3. Nah point ini yang jahat... TS emang ngirim barang "fake".
            Saat dikomplain nggak berani kasi bukti di Resolusi (lha emang fake...)
            Skenarionya, angkat kasusnya ke sosmed sambil kasi ancaman ke Tokped (di screenshot terlihat ancaman itu).
            Dengan harapan, Tokped ketar-ketir akan nama baiknya dan akan memberikan kompensasi pengembalian Dana, supaya dapet duit dari tipu2...
            Tapi... TS lupa kalo pembaca MK ini banyak seller Tokped yang udah tingkat Suhu... kecuali saya yang Newbie.
            Para agan2 Seller ini, kritis kalo soal sistem Tokped, karena biasanya mereka tipe seller bersih kinclong gak tipu2... tidak jarang mereka disebut sebagai Buzzer Tokped oleh komentator lain yang gak paham...

            Anyway busyway.... saya beranggapan TS ada di kemungkinan point 1... semoga... :)

      • Iya bener, mau si TS bener, kalo ga nanggepin pusat resolusi yah dianggap ga kooperatif, apalagi sampe ga kasih alamat pengembalian emang mau kirim kemana ? buyer auto menang ini ?

  • Sabar ya kak, insyaallah ada rejeki lebih besar menggantikan diambil 'maling'
    Saya pernah diposisi kaka tp di market sh0p33 aduh, kurang lebih sama lah, sy jual produk virtual, dibilang nya ga nyampe, padahal aslinya dah sampe.
    Hilang melayang 8 juta kak, sy up, sy bikin bep dan teror direktur shop33 indo smpe ke ig pribadinya, alhasil dibantu ganti separuhnya. Entah ada oknum di dalam sh0p33 nya atau gmn smpe seceroboh itu meloloskan penipu.
    Dan sejak sy itu, sy ga mau belanja di market itu lg, staf nya bodo aja menurut sy, main lolosin penipunya.
    Eh ada berita bgini di tokped juga, jd ky trauma bgt belanja di marketplace...??‍♀️
    Hati2 kak, banyak orang lapar.
    Lebih jeli dan berhati hati lagi. Semoga ada solusi dr pihak tokped nya...amiin

  • makanya kalau disuruh input alamat pengembalian barang, tinggal input ajah, jgn di abaikan sambil berharap dana buyer mengendap lama ditokped

    sistem Tokopedia ada batasan waktu.
    semakin anda slow respon dipusat resolusi anda dinyatakan kalah...

    chat pribadi ke CS sama ke Buyer itu gk guna disistem tokped