Tidak Bisa Menyalin Data dari HP ke Flashdisk

Mungkin ada yang sedikit bingung dengan judul yang saya beri, jadi sebelum membaca perlu diketahui dahulu perangkat yang saya gunakan adalah HP Realme GT Neo2 yang saya beli sekitar 1 tahun lalu lebih. Tepatnya HP sudah saya operasikan pada 16 Desember 2021 dan perangkat diterima dengan kondisi aman tidak ada kerusakan.

Berikut bukti pembelian di Shopee.

Kendala mulai saya sadari sejak 6 bulan perangkat saya gunakan tapi saya pikir penyebabnya adalah Flashdisk OTG (FD OTG) jadi saya tidak terlalu memikirkannya. Tapi setelah 1 tahun berlalu saya coba menyalin lagi dengan FD OTG yang lain ternyata hal serupa masih terjadi. Sampai-sampai saya menggunakan 3 FD OTG yang berbeda tetapi hasilnya nihil dan tetap sama saja file yang saya coba salin tetap rusak.

Tapi saya coba menyalin file yang sama ke 3 FD OTG yang sama pula ke HP lain file baik-baik saja tidak ada kerusakan sedikitpun.

Berbagai macam cara sudah dicoba untuk mengatasi masalah tersebut tidak ada satupun cara yang berhasil, jadi saya asumsikan bahwa HP saya yang bermasalah mungkin software/firmware di HP-nya ada yang rusak.

Saya putuskan untuk reset pabrik dengan beranggapan bahwa masalah tersebut akan selesai, ternyata tidak ada perubahan sama sekali dan file tetap rusak.

Bagi yang bertanya “kenapa tidak coba salin lewat Laptop/PC?” Sudah saya coba tidak terdapat kendala apapun, lalu “Kenapa tidak salin data lewat Laptop/PC saja?” Jawabannya simple saya tidak punya Laptop/PC dan waktu itu saya coba salin lewat Laptop kantor andai pun saya punya tetap saja tidak menyelesaikan masalah saya.

Mungkin ada yang berpikir kenapa masalah sepele begini perlu membuat surat di Media Konsumen. Benar masalah ini memang sepele saja menurut saya tapi karena masalah sepele ini membuat kegiatan saya terhambat, saya perlu melakukan copy data dari perangkat satu kemudian saya copy lagi ke perangkat tujuan, buang-buang waktu dan tidak efisien.

Di tempat saya tidak ada Service Center Realme waktu itu dan baru buka sekitar 3 minggu yang lalu per hari ini saya membuat surat (12/02/23). Saya coba datangi SC Realme mereka menyarankan untuk update firmware “katanya” mungkin masalahnya di situ. Saya turuti saja walaupun saya sudah dapat update official langsung dari HP sebelumnya.

Sudah update firmware dari SC Realme-nya langsung dan iya, benar tebakan kalian masalahnya tidak terselesaikan. Saya tanya lagi “Apa ada kemungkinan masalah hardware?” jawabnya “Ada, tapi kemungkinan kecil tapi bisa jadi” Itupun dia tidak yakin apa bisa menyelesaikan masalah dan harga hardware-nya mahal, bisa buat beli 1 HP baru.

Mungkin ada yang bisa memberi saran, masukkan atau ada yang mengalami hal serupa dengan saya bisa berbagi pengalaman di kolom komentar karena SC Realme sendiri saja tidak tahu masalahnya apa.

KESIMPULAN

Masalah yang saya alami sebenarnya sudah saya sadari 6 bulan sejak HP saya gunakan tapi saya beranggapan kalau Flashdisk saya yang rusak jadi saya tidak terlalu menghiraukannya tapi benar-benar baru saya sadari 1 tahun lebih setelah HP saya pakai yang mana garansi sudah tidak berlaku lagi.

Masalah seperti ini bukan masalah yang saya inginkan sejak awal. Berbagai macam cara saya coba untuk mengatasinya tapi tidak ada satupun yang berhasil bahkan SC Realme juga gak tahu apa-apa. Jadi apa yang harus saya lakukan?

Mohon bantuannya Service Center Realme menyelesaikan masalah saya. Terima kasih.

Muhammad Mas’ud
Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Tidak Bisa Menyalin Data dari HP ke Flashdisk

oleh Yandi dibaca dalam: 2 menit
51