Pengembalian Dana Uang Muka KPR PT. Riscon Victory Tidak Jelas

Saya adalah pemohon KPR PT Riscon Victory, yang mengajukan di perumahan Puncak Bukit Wangi Lamongan, Jawa Timur. Sebelumnya saya percaya untuk mengajukan KPR, karena proses yang dijanjikan di sana akan lancar dan bila mengajukan cancel dana, akan langsung dikembalikan dengan pemotongan admin.

Namun saat proses selama 4 bulan, sejak Juli 2022 hingga November 2022, tidak ada kejelasan kapan unit akan dibangun, dan saya mengajukan cancel pada bulan Desember 2022. Saya meminta pengembalian dana atas uang muka (DP) yang saya transfer ke pihak developer.

Namun katanya harus menunggu kaveling saya laku ke orang lain dahulu. Berikut terlampir bukti transfer yang saya lakukan sebagai DP. Jika saat awal permohonan ada informasi begini, saya tidak akan melakukan permohonan di developer PT. Riscon Victory. Pertanyaan saya dijawab oleh perwakilan kepala melalui chat.

Hingga sekarang belum ada kejelasan atas pengembalian dana tersebut. Saya konfirmasi, bahwa dana tersebut adalah hak saya, bukan hak developer PT. Riscon Victory. Saya sebagai pemohon seharusnya tidak menemukan kendala yang saya alami, karena di awal tidak ada penjelasan di atas. Saya melakukan cancel, karena banyak faktor yang tidak masuk akal dari marketing yang melayani saya.

Sebelumnya saya disuruh untuk transfer ke nomor rekening pribadi a.n. Pak Heri, tetapi itu tidak saya lakukan untuk mencegah hal yang tidak saya inginkan, dan saya transfer ke rekening perusahaan. Informasi dari marketing, proses refund dana tidak sampai 1 bulan, maksimal hanya 2 minggu. Namun saat ini saya sudah menunggu 1 bulan.

Mohon bantuan kepada PT Riscon Victory, karena saya tidak dapat menemukan solusi dari perwakilan kepala yang ditempatkan di Lamongan. Terima kasih.

Pranata Sughandy
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Pengembalian Dana Uang Muka KPR PT. Riscon Victory Tidak Jelas

  • 17 Februari 2023 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Itu sih fix …memang pembangunan proyeknya menunggu uang masuk ..dikumpulkan dulu, bangunnya ya nyicil nyicil proyeknya.

    Masuk sebesar sekian dulu, dibangun sekian dulu….kl masih kurang yah berenti dulu sampai ada uang masuk dr pembayaran pembeli lagi..begitu seterusnya. Artinya memang modal pas-pas-an pihak developernya.

    Saat anda batal dan minta duit DP kembali, oleh developer sudah terlanjur dipakai duitnya..Makanya anda disuruh nunggu dulu sampai unit yg anda beli ada yg beli.

    Bukan saya menakut-nakuti ya pak…sudah harus bersiap dengan segala kemungkinan buruk deh kl sudah berhadapan dengan developer. Lain kali jangan membeli property dalam bentuk tanah. Semoga beres

    • 18 Februari 2023 - (15:14 WIB)
      Permalink

      Berarti apakah PT Riscon Victory ini masih develop skala kecil pak/bu, sehingga mengorbankan client dan menawarkan janji-janji diawal yang manis.
      Saya dulu terkena janji 4 bulan unit ready dan DP kembali setelah submit system cancel selesai.
      Tetapi semua tidak realisasi, sehingga saya mendapat kerugian harus ngontrak rumah lebih lama dan terpotong karena admin cancel.
      Saat saya datang kekantor dari marketing dan kepalanya tidak sinkron antara keduanya, ada yang bicara A dan bicara B.
      Jadi membingungkan client dan terkesan tidak profesional PT. Riscon Victory.
      Saat diminta tanggung jawab pun menyalahkan client kenapa termakan oleh marketingnya dan harus minta tanggung jawab ke marketing yang sudah dipecatnya.
      Kan lucu pak/bu..

  • 17 Februari 2023 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Bginilah jadinya klo devloper diperbolehkan menjual unit dng modal brosur, sementara unitnya belum ada samasekali…repotnya klo unit laku semua mereka pasti bangun tpi klo dibawah 50% bgmna?

  • 18 Februari 2023 - (02:09 WIB)
    Permalink

    Developer skrg gitu. Jual brosur dan tanah kosong dulu tapi customer udah wajib nyicil dan bayar. Teringat kondisi m*ik*rta yang juga mangkrak.

  • 18 Februari 2023 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Untuk masalah ini, barusan pukul 18.47 hari ini
    Saya telah diinfokan pihak dari develop ada transaksi DP yang sudah dikembalikan.

    Dan telah dikembalikan 100% tanpa potongan sama sekali dari PT. Riscon Victory.

    Terima kasih

    • 20 Februari 2023 - (02:08 WIB)
      Permalink

      MANTAPPPPPP!!!!! memang ajaib bener Media Konsumen ini menyelesaikan masalah secepat kilat????

      Kedepannya semoga dapet KPR yang jelas dan integrated bu

  • 24 Februari 2023 - (09:39 WIB)
    Permalink

    Developer memang begitu. Bukan cuma developer kecil/skapa ecek2 alias pas2an.. Contoh meikarta yg dibekingi lippo group.. Ternyata memble juga lippo group itu kan? Lebih baik beli rumah/apartemen yg sdh jadi.. Lebih mahal tp begitu bayar unitnya ada siap pakai, sertifikat lgs proses. Beres..

 Apa Komentar Anda mengenai PT. Riscon Victory?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana Uang Muka KPR PT. Riscon Victory Tidak Jelas

oleh Pranata dibaca dalam: 1 menit
13