Susahnya Mengurus eSIM Indosat

Izin kepada Media Konsumen dan rekan-rekan sesama konsumen. Saya ingin menceritakan pengalaman tidak memuaskan saya dalam proses migrasi nomor Indosat saya ke eSIM.

Perkenalkan, saya Sodiek, pelanggan Indosat dengan nomor 085619752** (domisili Bogor), yang melakukan migrasi dari nano SIM ke eSIM pada tanggal 13 Februari 2023. Proses migrasi berjalan aman dan lancar dan dilayani dengan baik.

Selang 4 hari setelahnya, saya berganti device yang mengharuskan saya untuk mencetak barcode eSIM lagi agar kartu saya dapat berfungsi kembali. Sebelumnya saya dapat info dari CS Indosat, menurut CS pencetakan kartu dapat dilakukan di mana saja tanpa harus ke Jakarta (domisili saya kebetulan di Bogor). Info itu diperkuat pula dengan informasi via twitter tentang info yang sama.

Namun setelah Saya ke Gerai Indosat Bogor Pajajaran, masih belum bisa dilakukan pencetakan dan harus ke 6 gerai yang ada di Jakarta. Cukup merepotkan ya jadi customer Indosat, harus bolak balik dan mendapatkan info yang gak valid.

Hari Minggu 19 Februari 2023, saya ke gerai Ambassador untuk melakukan pencetakan. Alangkah terkejutnya ternyata pas sampai sana, permintaan saya tidak dapat diproses dengan alasan sistem sedang maintenance dari hari Kamis 23 Februari dan masih belum terselesaikan. Sekelas Indosat masa maintenance sampai berhari-hari, sudah gembar-gembor eSIM Indosat, tapi nyatanya masih belum siap.

Saya sebagai konsumen merasa sangat kecewa, karena sudah membuang banyak waktu, tenaga, pulsa dan bolak-balik Bogor – Jakarta dengan status yang masih menggantung, Parahnya lagi, nomor saya yang notabene merupakan nomor kantor tidak bisa dihubungi dan digunakan sampai saat ini. Perusahaan sebesar Indosat Ooredoo Hutchison terkesan sangat memaksakan untuk merilis eSIM dan tidak profesional, karena sistem yang belum siap serta informasi CS yang berubah-ubah.

Sampai saya menulis surat/artikel ini, saya masih menunggu kembali hasil laporan saya yang menanyakan kejelasan perbedaan informasi yang saya dapatkan dari banyak CS Indosat terkait migrasi nomor Indosat saya ke eSIM. Sangat mengecewakan.

Sodiek Imam Prasetyo
Kota Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai eSIM Indosat:
[Total:12    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Susahnya Mengurus eSIM Indosat

  • 22 Februari 2023 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Untuk penyelesaian sementara dari case diatas, sudah dilakukan semalam. Pihak indosat sementara memberikan fisik sim (bukan e-sim) agar nomor dapat dipergunakan normal, namun demikian e-sim masih belum muncul barcodenya.

    • 22 Februari 2023 - (08:11 WIB)
      Permalink

      Lah esim indosat emang belom siap keleus, masih coba2 itu. Baru smartfren yg esim ready, jarang ada keluhan.

      • 22 Februari 2023 - (08:34 WIB)
        Permalink

        Info dari CS twitter sudah bisa di semua gerai tadinya. Makanya mikir kalau e-sim udah siap dan minim trouble

  • 22 Februari 2023 - (08:08 WIB)
    Permalink

    Hati-hati, Gerai Indosat Ambassador sangat bobrok pelayanannya, beberapa pelanggan termasuk saya sendiri pernah punya pengalaman buruk diminta bayar kartu pasca bayar ketika mengurus penggantian kartu SIM (kabarnya ini merata di seluruh gerai karena kejar target penjualan, termasuk Pajajaran Bogor tempat dulu saya menukar kartu 4G yang waktu itu masih gratis). Mungkin bisa dicoba di pusat sekalian di Jakarta, kalau sekelas gerai mah khawatir kita diperas dengan suruh bayar. Kalau eSIM memang belum pernah pakai sih saya, cuma jadi males ke Indosat dengan kejadian-kejadian tersebut.

    • 22 Februari 2023 - (08:36 WIB)
      Permalink

      di keluhan Media Konsumen banyak yang mengeluhkan seperti ini Mas, hehe.
      so far kemarin sih dilayani bagus sama CS ambasador mba nadya, tapi emang munkin kendalanya di pusat, tapi yg heran udah seminggu kok ngga beres beres troublenya. Saya yang terlanjur migrasi, jadinya bingung karena ngga bisa dipake nomornya.

  • 22 Februari 2023 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Sabtu kemarin 18 Feb 23 saya ke Gerai Indosat Kokas. Dilayani oleh CS counter 1, saya info kalau saya mau migrasi ke esim. Dicek nomornya dan diinfokan memang nomor saya sudah bisa, kemudian diminta KTP dan diminta ttd di form kertas gitu. Pas sudah ttd ternyata CSnya bilang nanti akan di email atau WA untuk barcodenya karena saat ini sedang ada problem. Namun sd saat ini 22 Feb 23 tidak ada kabar lagi dari Indosat. Wkwkwkwkkk.

    • 22 Februari 2023 - (11:14 WIB)
      Permalink

      Nah haha iya mas, masih belum bisa sampai sekarang. entah kapan normal sistemnya.

  • 22 Februari 2023 - (11:23 WIB)
    Permalink

    Terima kasih infonya, baik dari yang sudah dijelaskan di surat pembaca maupun dari komentar. Kesimpulan sementara Indosat memang belum siap implementasi eSIM. Untuk pengguna Indosat yang ingin migrasi ke eSIM, sabarlah mimpi anda masih panjang. šŸ˜

  • 22 Februari 2023 - (11:23 WIB)
    Permalink

    E-sim indosat apa bisa buat telp atau terima telp gk? Soalnya pengalaman pake E-sim Smartfren gk bs melakukan telpon / terima telp, hanya internet & sms aja. Itu juga jaringan LTE aja di iPhone 13.

  • 22 Februari 2023 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Sama.minggu kmrn chat cs dari aplikasi im3 infonya Esim bisa ganti di semua gerai indosat.termasuk di surabaya..setelaj jauh2 ke gerai indosat plaza narina surabaya..Ternyata Belum bisa di itu…CS resmi loh bisa kasih info menyesatkan šŸ˜€šŸ˜€šŸ˜€

  • 23 Februari 2023 - (11:20 WIB)
    Permalink

    Terima kasih kepada Media Konsumen dan Indosat yang telah menjembatani dan menyelesaikan kendala yang Saya alami. Kartu Saya sudah termigrasi dengan baik dan sudah dapat berfungsi normal per 22 Februari 2023. Case closed. Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai eSIM Indosat?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Susahnya Mengurus eSIM Indosat

oleh Sodiek Imam Prasetyo dibaca dalam: 1 menit
12