Surat Pembaca

Hilangnya Saldo DANA Premium terkait Transaksi yang Tidak Pernah Saya Lakukan di Lazada

Nama saya Mariyan Suheru, selaku pengguna akun DANA Premium, dengan nomor akun 0822*****6210. Saya ingin menyampaikan keluhan kepada pihak DANA, perihal saldo DANA saya yang tiba-tiba hilang. Total kerugian senilai Rp2.418.435, untuk pembayaran LAZADA pada tanggal 07 Januari 2023 hingga 12 Januari 2023.

Total ada 7 transaksi yang tanpa sepengetahuan saya selaku pengguna DANA. Sehingga membuat saya kehilangan saldo DANA saya pribadi.

Sebelum saya membuat artikel ini, sebelumnya saya sudah menyampaikan keluhan saya pertama kali pada tanggal 16 Januari 2023. melalui email customer care DANA dengan Id Tiket: 23197519, tetapi tidak ada tanggapan. Karena tidak ada tanggapan, saya kemudian melakukan telepon customer care DANA, kemudian dibalas di email saya dengan nomor request: 23490086.

Namun dalam hal ini tanggapan akhir dari pihak DANA hanya “terdapat aktivitas binding akun DANA dengan LAZADA pada tanggal 04 September 2022“, tanpa ada kejelasan pengembalian saldo yang terpakai pada transaksi tersebut. Padahal di akun LAZADA saya pribadi tidak ada aktivitas transaksi sama sekali.

Oleh sebab itu, saya juga sebelumnya sudah melakukan konfirmasi ke pihak LAZADA, bahwa transaksi yang terjadi memang bukan terjadi di akun saya pribadi tetapi di akun orang lain yang saya tidak ketahui siapa orangnya. Akun tersebut sudah dilakukan pembekuan oleh Pihak LAZADA.

Dalam hal ini artinya keamanan DANA sudah lalai, dikarenakan saya tidak pernah membagikan OTP dan PIN kepada pihak mana pun. Namun bagaimana mungkin ada transaksi yang terjadi bahkan bukan di akun LAZADA saya pribadi? Padahal saya hanya melakukan bind DANA ke akun LAZADA saya pribadi saja, tidak pernah ke akun lainnya.

Kemudian saya juga sebelumnya sudah membuat surat laporan kehilangan di kepolisian. Berkat surat laporan kepolisian yang saya lampirkan kepada pihak LAZADA, mereka melakukan konfirmasi bahwa transaksi yang terjadi merupakan barang fisik dan statusnya sudah diterima oleh pelaku transaksi ilegal. Namun dalam hal ini pihak LAZADA tidak dapat memberikan data pribadi, seperti alamat pengiriman dan Nomor HP dikarenakan perlindungan konsumen.

Seharusnya pihak DANA dapat bekerja sama dengan pihak LAZADA untuk menangkap pelaku. Pihak DANA seharusnya mengembalikan saldo saya yang hilang, dikarenakan pihak dana memberikan jaminan uang kembali jika terjadi penyalahgunaan akun atau kendala transaksi di “Dana Protection”. Berikut saya lampirkan screenshot jaminan dari dana yang terlampir 100% aman dan terpercaya.

Saya berharap pihak DANA bisa segera mengembalikan saldo DANA saya senilai Rp2.418.435 tersebut, akibat dari transaksi ilegal tanpa sepengetahuan dan tanpa instruksi dari saya sebagai pemilik akun DANA yang sah. Apalagi sesuai yang pihak dana janjikan bahwa keamanan DANA terjamin dan terpercaya seperti yang disebutkan dalam “Dana Protection”. Terima kasih.

Mariyan Suheru
Lampung Selatan, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Mariyan

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Bapak Mariyan di Media Konsumen, “Hilangnya Saldo DANA Premium terkait...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kacau juga sistem keamanannya kalau bisa sampai terjadi transaksi di akun lazada lain tapi pernahnya nge bind di akun lazada pribadi , kawal terus ampe di refund ama pihak dana.

    • Nah makanya ane juga bingung gan kok bisa gitu , kalau memang transaksinya di akun lazada saya pribadi mah sudah jelas kelalaian saya tetapi ini kan bukan terjadi di akun lazada saya pribadi tetapi di akun lazada lain yang bahkan enggak saya tau.
      Makasih gan pengawalannnya moga secepatnya di refund ama dana

  • Semoga cepet di balikin om ama pihak dana, ane juga sebagai pengguna dana makin was was denger postingan ini apalagi nominalnya gede itu, kalau ane yang jadi om udh susah tidur pasti.

    • semoga aja om cepet dapat respon dari pihak dana, bukan hanya susah tidur aja om tapi nafsu makan juga ikut berkurang hehe.

  • slogan doang itu gan jaminan uang kembali dan 100% aman dan terpercaya soal refund mah ruwet kayaknya,

  • Coba buka aplikasi DANA -> klik Saya di Pojok kanan bawah -> coba pencet Akun Tertaut.

    Lalu coba cek di sana, ada Lazada tidak? Jika ada ya.. itu derita loe. Jika tidak ada ya aneh. Kecuali anda menghapusnya. Jujur-jujuran aja sih.

    • untuk saat ini akun dana keadaan dibekukan dikarenakan kemarinnya dilakukan investigasi dari pihak dana jadi tidak bisa melakukan cek sekarang,
      untuk kaitkan akun dana ke lazada memang seperti yang saya bilang diatas bahwa saya memang mengaitkan akun dana tetapi hanya ke akun lazada saya pribadi, sedangkan yang anehnya disini transaksi di lazada terjadi di akun lain yang bahkan saya tidak ketahui , dan hal ini sudah di konfirmasi oleh pihak lazada bahwa pembeliannya juga berupa barang fisik dan statusnya sudah di terima oleh pelaku, seharusnya dana dapat bekerjasama dengan lazada menangani kasus ini.
      makanya saya bilang ini sebuah keanehan , kecuali transaksi tersebut terjadi di akun lazada saya pribadi wajar saya yang lalai sedangkan ini tidak.
      dan juga saya tidak pernah berbagi otp,pin atau klik link sembarangan.
      untuk kasus ini juga bahkan sudah saya laporkan kepada pihak berwajib

  • "dikarenakan perlindungan konsumen"? Hahah, perlindungan kriminal itu sih. Btw, klo liat d kolom comment bbrp tahun ini d media manapun, baik media ini ato media keluhan mana pun, skrg org2 mncerminkan sikap "blame the victim".

    • nah iya menurut pihak lazada itu udh ketentuan lazada katanya , padahal saya itu sudah saya lampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian tetapi data yang dikasih hanya detail barang doang tanpa alamat dan no hp, kalau mau data lengkap harus ngurus sampe ke surat keterangan penyelidikan dan itupun sulit dapat karena lokasi ane jauh kalau harus ke polda.
      padahal menurut ane pribadi sih udh jelas itu di lampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian harusnya pihak lazada harus bekerja sama oleh pihak dana untuk bertindak apalagi sudah jelas barang fisik dan diterima di alamat oknum tersebut , tetapi dari pihak lazada sendiri hanya membekukan akun oknum tersebut dan dari pihak dana juga seperti lepas tanggung jawab

  • Kalau gini sepertinya harus lapor polisi. Karena untuk meminta data pribadi pengguna harus ada surat resmi dari pihak kepolisian. Saran saya, penulis harus membuat laporan ke pihak kepolisian biar bisa dilacak siapa pemilik akun yg pake

    • saya sudah buat surat laporan kehilangan dari kepolisian tetapi data yang dibuka hanya detail pembelian barang aja tidak dibuka untuk detail alamat dan no hp karena itu ketentuan dari lazada, tetapi balasan mereka minta lagi surat keterangan penyelidikan dimana itu jauh dari tempat saya berada. bahkan dari pihak lazada pun hanya melakukan tindakan pembekuan akun saja tidak ada tindakan menangkap pelaku yang jelas jelas menerima barang tersebut. jadi di sisi lain juga pihak lazada lepas tanggung jawab atas perlindungan konsumen , dan disisi lain seperti melindungi data pelaku yang jelas jelas melakukan tindakan melanggar aturan.

  • padahal gampang itu rumah pelaku kan sudah jelas dimana , tinggal tangkap aja sama pihak lazada atau dana

    • iya bener banget, supaya ada efek jera bagi pelaku dan kejadian serupa tidak terjadi kepada orang lain.

    • 07-04-2024 sya mengalami kehilangan saldo 1.296.875 di APK DANA padahal sya tdk perna mengkaitkan DANA ke lazada dan total transaksi ada 4 tanpa sepengetahuan saya selaku pengguna DANA sehingga membuat saya kehilangan saldo DANA saya pribadi,mohon untuk lebih menjaga ke amanan APK DANA

  • kebangetan sih kalau sampai enggak di refund ama dana , apalagi sudah sampai buat laporan kehilangan dari kepolisian.

    • iya gan, coba kita tunggu aja kelanjutanya dari pihak dana apakah akan bertanggung jawab melakukan refund saldo saya.