Hilangnya Saldo DANA Premium terkait Transaksi yang Tidak Pernah Saya Lakukan di Lazada

Nama saya Mariyan Suheru, selaku pengguna akun DANA Premium, dengan nomor akun 0822*****6210. Saya ingin menyampaikan keluhan kepada pihak DANA, perihal saldo DANA saya yang tiba-tiba hilang. Total kerugian senilai Rp2.418.435, untuk pembayaran LAZADA pada tanggal 07 Januari 2023 hingga 12 Januari 2023.

Total ada 7 transaksi yang tanpa sepengetahuan saya selaku pengguna DANA. Sehingga membuat saya kehilangan saldo DANA saya pribadi.

Sebelum saya membuat artikel ini, sebelumnya saya sudah menyampaikan keluhan saya pertama kali pada tanggal 16 Januari 2023. melalui email customer care DANA dengan Id Tiket: 23197519, tetapi tidak ada tanggapan. Karena tidak ada tanggapan, saya kemudian melakukan telepon customer care DANA, kemudian dibalas di email saya dengan nomor request: 23490086.

Namun dalam hal ini tanggapan akhir dari pihak DANA hanya “terdapat aktivitas binding akun DANA dengan LAZADA pada tanggal 04 September 2022“, tanpa ada kejelasan pengembalian saldo yang terpakai pada transaksi tersebut. Padahal di akun LAZADA saya pribadi tidak ada aktivitas transaksi sama sekali.

Oleh sebab itu, saya juga sebelumnya sudah melakukan konfirmasi ke pihak LAZADA, bahwa transaksi yang terjadi memang bukan terjadi di akun saya pribadi tetapi di akun orang lain yang saya tidak ketahui siapa orangnya. Akun tersebut sudah dilakukan pembekuan oleh Pihak LAZADA.

Dalam hal ini artinya keamanan DANA sudah lalai, dikarenakan saya tidak pernah membagikan OTP dan PIN kepada pihak mana pun. Namun bagaimana mungkin ada transaksi yang terjadi bahkan bukan di akun LAZADA saya pribadi? Padahal saya hanya melakukan bind DANA ke akun LAZADA saya pribadi saja, tidak pernah ke akun lainnya.

Kemudian saya juga sebelumnya sudah membuat surat laporan kehilangan di kepolisian. Berkat surat laporan kepolisian yang saya lampirkan kepada pihak LAZADA, mereka melakukan konfirmasi bahwa transaksi yang terjadi merupakan barang fisik dan statusnya sudah diterima oleh pelaku transaksi ilegal. Namun dalam hal ini pihak LAZADA tidak dapat memberikan data pribadi, seperti alamat pengiriman dan Nomor HP dikarenakan perlindungan konsumen.

Seharusnya pihak DANA dapat bekerja sama dengan pihak LAZADA untuk menangkap pelaku. Pihak DANA seharusnya mengembalikan saldo saya yang hilang, dikarenakan pihak dana memberikan jaminan uang kembali jika terjadi penyalahgunaan akun atau kendala transaksi di “Dana Protection”. Berikut saya lampirkan screenshot jaminan dari dana yang terlampir 100% aman dan terpercaya.

Saya berharap pihak DANA bisa segera mengembalikan saldo DANA saya senilai Rp2.418.435 tersebut, akibat dari transaksi ilegal tanpa sepengetahuan dan tanpa instruksi dari saya sebagai pemilik akun DANA yang sah. Apalagi sesuai yang pihak dana janjikan bahwa keamanan DANA terjamin dan terpercaya seperti yang disebutkan dalam “Dana Protection”. Terima kasih.

Mariyan Suheru
Lampung Selatan, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Keamanan Akun DANA:
[Total:31    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

59 komentar untuk “Hilangnya Saldo DANA Premium terkait Transaksi yang Tidak Pernah Saya Lakukan di Lazada

  • 25 Februari 2023 - (09:11 WIB)
    Permalink

    MAAF DANA TIDAK BISA MENGEMBALIKAN UANG YANG HILANG UNTUK KELALAIAN YANG DISENGAJA DAN TIDAK DISENGAJA, RESIKO DITANGGUNG KONSUMEN SENDIRI

    3
    13
    • 25 Februari 2023 - (16:14 WIB)
      Permalink

      waduh kalau gitu caranya kenapa dikasih embel embel jaminan 100% dana aman dan terpercaya ya gan.

    • 26 Februari 2023 - (16:51 WIB)
      Permalink

      Bila sudah begini semua main lempar tg jawab baik Dana maupun market place.
      Penyelesaian bisa nunggu lama.
      Saya sarankan jangan simpan uang terlalu besar Di aplikasi Dana atau gopay dsb.
      Semoga Cepat Ada penyelesaian Dan uang dokembalikan Amiin

      • 27 Februari 2023 - (12:18 WIB)
        Permalink

        amiinn, makasih gan atas doa baiknya. saya harap selain saldo dana saya di kembalikan, saya juga berharap agar pihak dana dan lazada bekerjasama untuk dapat menangkap pelaku tersebut supaya nantinya tidak ada korban seperti yang saya alami, terlebih status transaksi tersebut adalah barang fisik dan telah dikirim ke alamat si pelaku dan statusnya sudah diterima.

  • 25 Februari 2023 - (12:58 WIB)
    Permalink

    Rada aneh sih. Pengurasan saldo dana di lakukan berhari-hari tanpa di ketahui..?

    Padahal klo si pencuri biasanya akan menghabiskan di hari itu juga. Ini sampai 4 hari

    • 25 Februari 2023 - (17:36 WIB)
      Permalink

      enggak aneh mba, karena memang posisi saya pribadi enggak ngecek saldo dana selama terjadi itu transaksi ilegal, biasanya saya sebelumnya simpan dana di dana aman aman saja bahkan saya pengguna dana dari tahun 2019 dan dari dulu tidak pernah ada kejadian kebobolan begini, dan bahkan sudah saya perjelas diatas bahwasannya saya tidak pernah berbagi pin , otp dan juga tidak pernah klik link sembarangan. makanya pas saya cek dana saya kaget langsung menghubungi pihak dana bahkan seperti yang saya ceritakan diatas saya sudah melaporkan kasus ini kepada pihak berwajib dan juga sudah dikonfirmasi oleh pihak lazada bahwa transaksi berupa barang fisik dan sudah diterima oleh oknum tersebut, seharusnya pihak dana dapat bekerja sama dengan pihak lazada untuk mengusut tuntas kasus ini dan juga memberikan refund sesuai janji dana terhadap perlindungan konsumen seperti yang saya lampirkan diatas

      • 26 Februari 2023 - (07:46 WIB)
        Permalink

        Memang klu ada transaksi,emang gak ada notifikasinya klu gak pernah ngecek dana kak,setau saya setiap transaksi pasti ada notifikasi,saya pakai dana aman2 sajašŸ™

        • 26 Februari 2023 - (08:52 WIB)
          Permalink

          masalahnya pas kejadian saya memang tidak buka aplikasi dana milik saya, dan biasanya saldo dana saya yang saya simpan selalu aman aman saja, makanya saya juga heran padahal saya pengguna aplikasi dana sejak tahun 2019 tapi baru pertama kali kejadian seperti ini.

    • 25 Februari 2023 - (13:09 WIB)
      Permalink

      Emang transaksi di lazada tidak perlu konfirmasi pin lagi. Tapi untuk menyambungkan akun dana ke lazada butuh kode otp dan pin

    • 25 Februari 2023 - (16:18 WIB)
      Permalink

      masalahnya transaksinya tidak terjadi di akun saya pribadi bosku , dan sudah di konfirmasi oleh pihak lazada terjadi di akun lain,nah masalahnya disini kalau memang terjadi di akun lazada saya pribadi artinya saya lalai menjaga akun sedangkan ini terjadi bahkan di akun yang tidak saya ketahui. dan juga perlu saya perjelas bahwa saya tidak pernah berbagi pin dan otp atau klik link sembarangan.

    • 25 Februari 2023 - (17:40 WIB)
      Permalink

      saya paham sekali di lazada ga pake pin, tetapi masalahnya transaksi ini tidak terjadi di akun lazada saya pribadi, tetapi terjadi di akun lazada yang saya tidak ketahui dan dari pihak lazada akun tersebut untuk saat ini udh dilakukan penanganan pembekuan akun. nah masalahnya disini sudah jelas kenapa bisa akun dana bisa tertaut ke akun lazada lain tetapi saya selama ini tidak pernah membagikan otp, pin maupun melakukan klik sembarangan, kemudian anehnya lagi memangnya bisa 1 akun dana bisa terkait lebih dari 1 akun lazada ini aneh sekali.

    • 25 Februari 2023 - (17:45 WIB)
      Permalink

      saya paham lazada transaksi ga pakai pin, tetapi seperti yang saya jelaskan diatas transaksi yang terjadi bukan di akun lazada saya pribadi tetapi di akun lazada lain yang tidak saya ketahui. bahkan seperti yang anda tahu untuk menyambungkan akun dana ke lazada perlu otp dan pin terlebih dahulu , nah masalahnya saya sama sekali tidak pernah membagikan kedua hal tersebut bahkan tidak pernah melakukan klik link sembarangan. dan yang aneh lagi memangnya sistem keamanan dana bagaimana ya, masa 1 akun dana bisa terhubung lebih dari 1 akun lazada aneh sekali

    • 25 Februari 2023 - (18:36 WIB)
      Permalink

      semoga bukan cuma slogan aja ya gan, saya harap slogan tersebut benar – benar terbukti bukan hanya sebatas slogan yang tidak ada realisasinya.

      • 25 Februari 2023 - (21:33 WIB)
        Permalink

        lazada membekukan akun pencuri, lazada menutupi alamat pencuri dengan alasan menjaga customer,.perlu dicurigai tuh lazada,jgn” tuh akun admin lazada nya. maling ditutupi alasan yg konyol tuh lazada,.

        2
        1
        • 26 Februari 2023 - (06:17 WIB)
          Permalink

          nah untuk ini saya gatau juga gan soalnya setelah saya lampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian hanya diberikan info barang apa saja yg dibeli dan statusnya menurut mereka sudah sampai dan diterima. untuk alamat dan no hp mereka gabisa kasih karena perlindungan data konsumen

      • 27 Februari 2023 - (12:22 WIB)
        Permalink

        sebelumnya aman – aman saja gan, saya pengguna dana dari tahun 2019 tapi baru kali ini kejadian saldo hilang seperti ini.

  • 25 Februari 2023 - (13:00 WIB)
    Permalink

    Terlacak buat transaksi apa om?!

    Emg notifikasi di hp tidak di aktiva kan.,

    Memang ngeri ngeri sedap pembayaran Lazada via dana soalnya dia tidak ada konfirmasi bgitu klik pembayaran lgsung proses tampa perlu memasukan PIN

    • 25 Februari 2023 - (16:20 WIB)
      Permalink

      dari 7 transaksi yang terjadi 6 diantaranya sudah dikonfirmasi oleh lazada barang barang berikut :
      1. Tanggal 11 Januari 2023 sebesar Rp 161500 dengan nomor order 1045035953639441 melakukan pemesanan untuk produk TaffLED Senter LED Long Range Zoom XHP70.2 90000 Lumens -HS313
      2. Tanggal 10 Januari 2023 sebesar Rp 81388 order 1035702893939441 dengan produk Tripod HITAM 3120 handphone hp u holder Kaki Stabilizer 1 Meter (2 Item)
      3. Tanggal 8 Januari 2023 sebesar 37500 dengan order 1034173096639441 untuk produk model baru bukan abal2! PATUNG RUAK RUAK JONTROT PEMIKAT BURUNG KAREO jontrot ruak jontrot kareo padi
      4. Tanggal 8 Januari 2023 sebesar Rp 236500 untuk order 1043090522739441 melakukan pemesanan Peredam Neo GoriIla OD 42
      5. Tanggal 7 Januari 2023 sebesar Rp 1138000 order 1042204168439441, 1042204169039441 dan 1042204168639441 dengan produk JARING KAIN CAMO/JARING NYANGGONG/JARING REALTREE XTRA, Senar Pancing Duraking Oceanic mononylon 300 M – Single Spool (14 item) dan Skotlet camoflase stiker camo Realtree xtra green ukuran 50x50cm (3 item)
      6. Tanggal 7 Januari 2023 sebesar Rp 583000 untuk order 1033079881439441 Adapter Regulator Drat G1/2 Ke G1/2 Plus Mano dan Regulator Paintball Taiwan Disk Spring German

  • 25 Februari 2023 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Bahkan tanggal 9 si pencuri berhenti melakukan transaksi dan melanjutkan lagi di tanggal 10 dan 11..šŸ¤”šŸ¤”šŸ¤”

    • 25 Februari 2023 - (17:49 WIB)
      Permalink

      sudah saya jelaskan dikomen sebelumnya mba bahwa memang selama transaksi ilegal terjadi memang saya sedang tidak membuka akun dana, biasanya saya simpan di dana saldo tersebut aman, karena saya pengguna dana sudah lama dan baru kali ini terjadi begini

  • 25 Februari 2023 - (14:20 WIB)
    Permalink

    Sama seperti yg saya alami…ada kemungkinan hp anda kena hack atau anda klik suatu link

    • 25 Februari 2023 - (16:22 WIB)
      Permalink

      hp saya tidak kena hack om dan saya tidak pernah klik link sembarangan ataupun berbagi otp maupun pin,bahkan seperti yang saya jelaskan diatas transaksinya juga terjadi di akun lazada lain bukan di lazada saya pribadi ,ini sangat aneh sekali untuk sistem keamanan dana.

      • 26 Februari 2023 - (03:41 WIB)
        Permalink

        Apa anda tau bedanya hp kena hack atau tidak? Apakah anda berkompeten untuk memastikan bahwa hp anda gx terkena segala macam jenis hack ,, dan chipset hp apa yg anda pakai? Lalu pahamkah anda dengan jenis malware yg bisa ada di sebuah aplikasi ,, dan msih banyak cara untuk menyusup ke hp anda ,, otomatis segala pasword dan data anda akan di ambil alih oleh hacker tersebut ,, pahami dulu arti hacker di era digital yg makin banyak cara maupun trick untuk dia memasang umpan ,, saran saya pribadi reset ulang hp anda ,, lalu ganti dana anda dan pastikan hidupkan lokasi disaat aplikasi digunakan saja ,, selalu matikan fitur lokasi untuk mencegah hp anda terkena hack

        • 26 Februari 2023 - (07:05 WIB)
          Permalink

          saya paham dalam era teknologi digital ini banyak malware yang bertebaran dimana mana. walaupun saya pastinya tidak paham 100% tetapi saya paham sekali cara melindungi akun terutama e wallet ,bank dan lainnya karena di hp sayapun tidak hanya ada e wallet dana tetapi ovo gopay link aja itu juga ada dan keadaan semua wallet tersebut memiliki saldo di dalamny dan aman aman saja hanya dana saja yang bermasalah, bahkan ane pengguna dana dari 2019 baru kali ini kena problem seperti ini dan anehnya ini tidak terjadi di akun lazada saya pribadi tetapi di akun lazada lain yang saya tidak ketahui . anehnya lagi memangnya 1 akun dan bisa terkait lebih dari 1 akun lazada kan ini perlu di pertanyakan bagaimana bisa pelaku mengakitkan akun dana ke lazada milik dia padahal saya tidak pernah berbagi pin, otp maupun klik link sembarangan.
          dan juga tidak semua malware bisa sembarangan masuk ke hp kita kecuali kita menginstal aplikasi yang aneh aneh atau mengandung malware dan saya pastikan disini saya tidak melakukannya karena saya paham akan hal itu.

    • 25 Februari 2023 - (16:23 WIB)
      Permalink

      sama sekali tidak pernah , makanya saya juga heran mengapa ini bisa terjadi om, bahkan yang lebih anehnya transaksinya terjadi bisa di akun lazada lain yang saya tidak ketahui sama sekali, jadi bukan terjadi di akun lazada saya pribadi, bahkan untuk saat ini akun tersebut oleh pihak lazada sudah dibekukan

  • 25 Februari 2023 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Semoga Allah ganti dengan yang lebih banyak dan lebih baik

    Saran saja :
    Save your data!

    Sebisa mungkin buat transaksi menggunakan pin, top atau sidik jari, jangan pake yang instan payment karena resiko nya adalah jika akun dompet mu kena hack maka akan mudah digunakan.
    Semoga urusan nya segera selesai dan mendapat kabar baik.

    • 25 Februari 2023 - (16:26 WIB)
      Permalink

      aamiin, makasih doanya bosku semoga doa baiknya berbalik ke situ ya.
      Untuk keamanan yang disediakan dana sudah jelas saya terapkan bahkan pin dan otp tidak pernah saya bagikan kepada siapapun bahkan saya tidak pernah klik link tidak jelas, makanya saya sangat heran sekali mengapa bisa di bobol dan juga lebih parahnya terjadi bukan di akun lazada saya pribadi tetapi di akun lazada lain yang tidak saya ketahui.

  • 25 Februari 2023 - (15:25 WIB)
    Permalink

    SUDAH BERUNGLANG KALI JANGAN SIMPAN UANG DI DANA . KARENA RENTAN BGT ORANG SPAM LOGIN DENGAN NO HP KTA BISA KE BLOCK AKUN KITA.. DAN SUSAH BGT BUKA NYA BLOCK NYA.

    • 25 Februari 2023 - (16:27 WIB)
      Permalink

      waduh ngeri juga ya ane selama pakai dana baru ini kejadian tidak mengenakan, next setelah kejadian ini mungkin agak was was simpen di dana

  • 25 Februari 2023 - (16:53 WIB)
    Permalink

    Kacau juga sistem keamanannya kalau bisa sampai terjadi transaksi di akun lazada lain tapi pernahnya nge bind di akun lazada pribadi , kawal terus ampe di refund ama pihak dana.

    • 25 Februari 2023 - (17:14 WIB)
      Permalink

      Nah makanya ane juga bingung gan kok bisa gitu , kalau memang transaksinya di akun lazada saya pribadi mah sudah jelas kelalaian saya tetapi ini kan bukan terjadi di akun lazada saya pribadi tetapi di akun lazada lain yang bahkan enggak saya tau.
      Makasih gan pengawalannnya moga secepatnya di refund ama dana

  • 25 Februari 2023 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Semoga cepet di balikin om ama pihak dana, ane juga sebagai pengguna dana makin was was denger postingan ini apalagi nominalnya gede itu, kalau ane yang jadi om udh susah tidur pasti.

    • 25 Februari 2023 - (17:15 WIB)
      Permalink

      semoga aja om cepet dapat respon dari pihak dana, bukan hanya susah tidur aja om tapi nafsu makan juga ikut berkurang hehe.

  • 25 Februari 2023 - (17:09 WIB)
    Permalink

    slogan doang itu gan jaminan uang kembali dan 100% aman dan terpercaya soal refund mah ruwet kayaknya,

  • 25 Februari 2023 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Coba buka aplikasi DANA -> klik Saya di Pojok kanan bawah -> coba pencet Akun Tertaut.

    Lalu coba cek di sana, ada Lazada tidak? Jika ada ya.. itu derita loe. Jika tidak ada ya aneh. Kecuali anda menghapusnya. Jujur-jujuran aja sih.

    • 26 Februari 2023 - (06:13 WIB)
      Permalink

      untuk saat ini akun dana keadaan dibekukan dikarenakan kemarinnya dilakukan investigasi dari pihak dana jadi tidak bisa melakukan cek sekarang,
      untuk kaitkan akun dana ke lazada memang seperti yang saya bilang diatas bahwa saya memang mengaitkan akun dana tetapi hanya ke akun lazada saya pribadi, sedangkan yang anehnya disini transaksi di lazada terjadi di akun lain yang bahkan saya tidak ketahui , dan hal ini sudah di konfirmasi oleh pihak lazada bahwa pembeliannya juga berupa barang fisik dan statusnya sudah di terima oleh pelaku, seharusnya dana dapat bekerjasama dengan lazada menangani kasus ini.
      makanya saya bilang ini sebuah keanehan , kecuali transaksi tersebut terjadi di akun lazada saya pribadi wajar saya yang lalai sedangkan ini tidak.
      dan juga saya tidak pernah berbagi otp,pin atau klik link sembarangan.
      untuk kasus ini juga bahkan sudah saya laporkan kepada pihak berwajib

  • 25 Februari 2023 - (20:46 WIB)
    Permalink

    “dikarenakan perlindungan konsumen”? Hahah, perlindungan kriminal itu sih. Btw, klo liat d kolom comment bbrp tahun ini d media manapun, baik media ini ato media keluhan mana pun, skrg org2 mncerminkan sikap “blame the victim”.

    • 26 Februari 2023 - (06:27 WIB)
      Permalink

      nah iya menurut pihak lazada itu udh ketentuan lazada katanya , padahal saya itu sudah saya lampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian tetapi data yang dikasih hanya detail barang doang tanpa alamat dan no hp, kalau mau data lengkap harus ngurus sampe ke surat keterangan penyelidikan dan itupun sulit dapat karena lokasi ane jauh kalau harus ke polda.
      padahal menurut ane pribadi sih udh jelas itu di lampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian harusnya pihak lazada harus bekerja sama oleh pihak dana untuk bertindak apalagi sudah jelas barang fisik dan diterima di alamat oknum tersebut , tetapi dari pihak lazada sendiri hanya membekukan akun oknum tersebut dan dari pihak dana juga seperti lepas tanggung jawab

  • 26 Februari 2023 - (00:16 WIB)
    Permalink

    Kalau gini sepertinya harus lapor polisi. Karena untuk meminta data pribadi pengguna harus ada surat resmi dari pihak kepolisian. Saran saya, penulis harus membuat laporan ke pihak kepolisian biar bisa dilacak siapa pemilik akun yg pake

    • 26 Februari 2023 - (06:55 WIB)
      Permalink

      saya sudah buat surat laporan kehilangan dari kepolisian tetapi data yang dibuka hanya detail pembelian barang aja tidak dibuka untuk detail alamat dan no hp karena itu ketentuan dari lazada, tetapi balasan mereka minta lagi surat keterangan penyelidikan dimana itu jauh dari tempat saya berada. bahkan dari pihak lazada pun hanya melakukan tindakan pembekuan akun saja tidak ada tindakan menangkap pelaku yang jelas jelas menerima barang tersebut. jadi di sisi lain juga pihak lazada lepas tanggung jawab atas perlindungan konsumen , dan disisi lain seperti melindungi data pelaku yang jelas jelas melakukan tindakan melanggar aturan.

  • 26 Februari 2023 - (14:44 WIB)
    Permalink

    padahal gampang itu rumah pelaku kan sudah jelas dimana , tinggal tangkap aja sama pihak lazada atau dana

    • 26 Februari 2023 - (15:34 WIB)
      Permalink

      iya bener banget, supaya ada efek jera bagi pelaku dan kejadian serupa tidak terjadi kepada orang lain.

  • 26 Februari 2023 - (14:59 WIB)
    Permalink

    kebangetan sih kalau sampai enggak di refund ama dana , apalagi sudah sampai buat laporan kehilangan dari kepolisian.

    • 26 Februari 2023 - (15:36 WIB)
      Permalink

      iya gan, coba kita tunggu aja kelanjutanya dari pihak dana apakah akan bertanggung jawab melakukan refund saldo saya.

    • 6 Maret 2023 - (07:32 WIB)
      Permalink

      terima kasih atas pengawalanya gan. saya harap juga saldo saya segera di kembalikan pihak dana.

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Akun DANA?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Hilangnya Saldo DANA Premium terkait Transaksi yang Tidak Pernah Saya ā€¦

oleh Mariyan dibaca dalam: 2 menit
59