Tertipu Orang, Semoga Bank BCA Dapat Membantu dalam Pengembalian Uang Saya

Pada tanggal 22 Februari 2023, saya tertipu. Ceritanya, saya melihat di Facebook marketplace ada orang yang mengaku sebagai Gunawan dan istrinya Ernanda Aprita, menawarkan hp dengan harga agak murah. Setelah saya chat, dia minta dilanjut di WA. Setelah saya tanya, katanya bonus istrinya kerja di toko hp besar di Indonesia, saya diminta datang ambil hp tersebut. Saya mulai percaya, setelah saya datang ke toko tersebut, langsung sales-nya membawakan hp sesuai dengan yang diiklankan membuat lebih percaya.

Saya katakan saya akan mengambil hp tersebut. Penipunya mengatakan bayar dan bukti diserahkan, baru hp bisa dibawa, lalu saya dikasih nomor rekening BRI atas nama istrinya. Saya minta rekening BCA dan dikasih rekening BCA 7815608411 atas nama Muhammad Isro.

Kesalahan saya, harusnya saya tanya sales-nya apakah kenal dengan nama Ernanda itu sebelum transfer. Namun saya melakukan transfer sebelum bertanya ke sales-nya. Setelah itu bukti transfer saya kirim dan saya tanya ke sales-nya nama istrinya itu, ternyata dia tidak kenal. Di sana saya mulai curiga dan berusaha hubungi nomor WhatsApp 081351774288, tapi ternyata nomor saya sudah diblokir.

Seketika itu saya sadar dan saya langsung telepon Halo BCA. Seperti biasa Halo BCA menanyakan pertanyaan normatif dan saya diminta membuat surat pernyataan, surat permintaan blokir, bukti transfer dan KTP sambil menunggu laporan polisi.

Setelah saya buatkan semua, saya berharap BCA dapat membekukan nomor rekening penerima transfer BCA 7815608411 atas nama Muhammad Isro dan rekening BCA lanjutan lainnya dari rekening pertama uang hasil kejahatan itu untuk tindakan preventif, sambil menunggu saya memberikan laporan polisi. Pihak Halo BCA hanya mengatakan akan dilanjutkan ke tim terkait, tanpa saya tahu bagaimana progresnya dan saya disuruh tunggu sampai tanggal 3 Maret 2023.

Setelah saya serahkan bukti transfernya ke Halo BCA dan menanyakan bagaimana perkembangan kasus saya, dengan nomor laporan: 2053559770, dijawab sama seperti sebelumnya akan diserahkan ke tim terkait dan diminta tunggu sampai tanggal 3 Maret 2023.

Dalam hal ini saya minta bantuan pihak BCA, agar segera tanggap dan bertindak pemblokiran dulu lalu pemilik rekening penerima transfer, dihubungi lalu teleconference dengan saya. Sehingga pihak Bank BCA dapat mengetahui dengan jelas, apakah saya mengada-ada atau memang benar terjadi penipuan.

Kalau memang terjadi penipuan, maka saya berharap uang saya dapat dikembalikan oleh pihak BCA. Sampai saat ini surat saya buat, saya belum mendapatkan kabar sama sekali tindakan tim Bank BCA. Saya jadi stres, yang mana saya juga memerlukan uang tersebut untuk pengobatan. Dalam hal ini saya ingin mencari tambahan uang pengobatan, malah gak jelas statusnya.

Saya mohon dan berharap pihak BCA dapat segera mengambil keputusan, agar uang saya dapat diselamatkan dari penipu tersebut. Terima kasih dan salam hormat kepada Bank BCA.

Herman Sugianto
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:132    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Herman Sugianto

Menanggapi keluhan Bapak Herman Sugianto Gondokusumo di Suara Pembaca Media Konsumen tanggal 28 Februari 2023 dengan judul ā€œTertipu Orang, Semoga...
Baca Selengkapnya

139 komentar untuk “Tertipu Orang, Semoga Bank BCA Dapat Membantu dalam Pengembalian Uang Saya

  • 28 Februari 2023 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Ikut prihatin pak…lagi banyak penipuan dengan berbagai modus
    Untuk kedepannya harus lebih berhati-hati mawas diri

    27
    • 28 Februari 2023 - (22:27 WIB)
      Permalink

      Saya hampir kena tipu modus seperti ini
      Kebetulan sy yg punya barang
      Dan untungnya pembeli tanya dulu ke sy sebelum transfer rekening yg di wa oleh penipu. Spontan sy bilang jangan transfer itu bukan rekening sy. Hati2 penipuan kalo gak percaya coba video call pasti gak mau banyak alasan.

      Dan pas sy lacak ternyata posisi penipunya ada di rutan kelas 2 Magetan.
      Alias di dalam penjara.
      Dan liat di channel Mr.beart mantan napi yg pernah menipu di dalam penjara

      15
      2
      • 1 Maret 2023 - (08:06 WIB)
        Permalink

        Gimana caranya bisa lacak ya kak? Kok bisa sampai tahu posisi di rutan. Krn saya jg mau ngelacak penipu yg lain nya

      • 2 Maret 2023 - (12:06 WIB)
        Permalink

        Iya, biasanya orang ngeliat iklan di situs jual beli, lalu menghubungi orang yg menjual, minta foto dan segala macem. Saya jual motor langsung ada penipu yg wa saya nanya foto2 dan STNK. Dan itu dia pakai buat nipu orang. Agak susah kalau jelasin lewat tulisan.wkwk

        • 3 Maret 2023 - (05:13 WIB)
          Permalink

          Ini gimana sih.. Udah ke tokonya.. Udah dikasih liat HPnya sama sales nya.. Harusnya bayar trus ambil HPnya donk..

          • 7 Maret 2023 - (07:03 WIB)
            Permalink

            Jadu korban disuruh transfer uang dulu dan bisa ambil hpnya ke Toko yg di rujuk. Nah ketika sampai disana dan menanyakan tipe HP yg dimau tentu saja ada(kan toko HPšŸ˜…) dan kemungkinan penipu tau toko ini menyediakan sistem pembayaran online dan ambil di toko.

    • 1 Maret 2023 - (04:58 WIB)
      Permalink

      Modus penipuan ini sebenarnya sudah agak lama terjadi di transaksi jual beli mobil… Ternyata merambat juga ke jual beli elektronik… Semoga ini menjadi pembelajaran bagi kita semua… Untuk tetap hati hati dan waspada

      Saya doakan uangnya bisa kembali…Aamiin

      • 4 Maret 2023 - (10:37 WIB)
        Permalink

        Saya pernah begini juga, tapi diposisi saya, saya tidak dirugikan dalam materi hanya saya rugi waktu untuk berurusan dgn orng yg tertipunya.

  • 28 Februari 2023 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Turut perihatin ya pak, sebenarnya kalau kejadian seperti ini bank tidak bisa asal blokir, itu penipu juga udah langsung cairin uangnya setelah masuk,kejadian penipuan seperti ini sudah banyak pak, makanya kita harus lebih berhati,

    terakhir bapak bilang butuh uang buat pengobatan, tetapi kenapa bapak tergiur untuk beli Iphone, disitu saya masih bingung pak.

    107
    2
    • 28 Februari 2023 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Iya pak karena ada selisih saya manfaatkan untuk mendapat sedikit keuntungan agar bisa menambah budget pengobatan, semua ini karena keserakahan saya pak

      16
      8
    • 28 Februari 2023 - (15:38 WIB)
      Permalink

      Ikut Prihatin atas Penipuan yang menimpa Bapa..ikhlaskan saja..yang jelas Walaupun lapor Bank dan sudah mengirimkan buktiĀ² dan berkas laporan Polisi..Bank hanya sebatas memediasi Bapa dengan penerima Transfer..itupun kalo rekening penerima masih aktif dan no telp bisa di hubungi..biasanya penipu hanya menggunakan rekening 1 kali.. ketika berhasil menipu dan dana sudah di pindahkan Penipu justru lebih cepat minta rekeningnya di Blokir ke BCA dengan berbagai alasan..laporan Bapa diterima BCA hanya saja BCA tidak menjanjikan Pengembalian Dana..dan Proses nya lama tapi tidak selesaiĀ² dengan alasan masih di tindak lanjuti Tim Terkait..saran saya ikhlaskan saja dan lapang dada sambil belajar dari kejadian yang menimpa Bapa dari pada terus berharap pada BCA bisa membantu pengembalian uang Bapa..karena itu bukan kesalahan BCA tapi dianggap kelalaian Bapa…

      13
      • 2 Maret 2023 - (07:45 WIB)
        Permalink

        @Natasha yg kocak ente, yg minta ganti siapa ???
        Baca yg bener jngn bisanya nyela…
        “Minta BCA bantu dana kembali bukan minta ganti” šŸ¤¦šŸ¼ā€ā™‚ļø

        • 2 Maret 2023 - (08:04 WIB)
          Permalink

          Betul pak bima terkadang manusia suka membaca terlalu cepat sehingga salah mengartikan kalimat, saya minta bantuan pihak bank bukan menuntut pihak bank, terima kasih pak bima atas ketelitiannya, salam sehat selalu sekeluarga pak bima

        • 2 Maret 2023 - (10:21 WIB)
          Permalink

          Kalau memang terjadi penipuan, maka saya berharap uang saya dapat dikembalikan oleh pihak BCA. Sampai saat ini surat saya buat, saya belum mendapatkan kabar sama sekali tindakan tim Bank BCA.

          Disini tertulis apa???

        • 2 Maret 2023 - (10:21 WIB)
          Permalink

          Kalau memang terjadi penipuan, maka saya berharap uang saya dapat dikembalikan oleh pihak BCA. Sampai saat ini surat saya buat, saya belum mendapatkan kabar sama sekali tindakan tim Bank BCA.

          Disini tertulis apa???

          1
          1
    • 2 Maret 2023 - (05:57 WIB)
      Permalink

      Harus semakin waspada krn modus ini biasanya slalu dpakai jual beli mobil online. Infonya pelaku org dlm pnjara. Jadi harus lebih brhati-hati jgn cpt trgiur dgn hrga lebih murah.

    • 1 Maret 2023 - (10:03 WIB)
      Permalink

      Meramabah ke elektronik para penipu itu.. Dulu mobil sekarang elektronik.. Duh makin parah.. BCA lagi aduh.. Saya pernah Ketipu temen sendiri beberapa tahun yg lalu sekitar 2018 ..ratusan juta ..beberapa bulan lalu saya ke BCA karena Laporan Polisi gak jalan saya ke BCA menanyakan apakah no rek pelaku masih aktif dan apakah masih melakukan transaksi?diSitu Pihak bank aja tidak mau kasih tau Lokasi terakhir tranksaksi pelaku padahal masih melakukan tranksaksi berdalil aturan.. Lah aturan ya aturan tapi Sisi kemanusiaan nya harusnya dipake jga kalian pegawai BCA… Dari Semenjak itu saya malas pake BCA

      1
      10
      • 1 Maret 2023 - (11:02 WIB)
        Permalink

        Iya pak alasan privasi, kalau tidak ada laporan polisi mungkin kita mengada2 dan ditutupi alasan privasi nasabah tp kalu ada laporan polisi berarti nasabah itu sdh tidak perlu dilindungi pihak bank, tahun 2021 saya pernah kena 700rb dan pihak halo bca sangat2 memperhatikan nasabah yg jadi korban dgn memberitahukan saat itu jg rekening pelaku diblokir dan ditunggu laporan polisi secepatnya dan apabila tidak diberikan laporanbtersebut maka akan dibuka kembali blokirnya, saat ini pihak halobca menjawab dengan normatif yang kita sebagai korban jg tidak tahu perkembangannya kasus kita sampai saya mrnghubungi beberapa kali juga tidak tahu kelanjutannya, setelah saya tulis di media konsumen baru pihak halobca menghubungi saya dan menjelaskan masih di tim investigasi dan disuruh tunggu sampai maksimal tgl 3 maret.
        Semoga pihak bank mau membantu nasabah yg menjadi korban dan saya berharap pihak halobca bisa kembali melayani nasabah seperti tahun 2021 spy korban yg juga nasabah berasa aman dan nyaman dan tetap menjadi nasabah setia

        1
        1
        • 2 Maret 2023 - (14:04 WIB)
          Permalink

          Saya kok kurang mengerti ya. Padahal sdh ke Toko ketemu salesnya. Salesnya pun tahu kalau mau ambil barang yg di maksud. Harusnya ada komunikasi sebelumnya.

          • 2 Maret 2023 - (14:07 WIB)
            Permalink

            Saya mulai percaya, setelah saya datang ke toko tersebut, langsung sales-nya membawakan hp sesuai dengan yang diiklankan membuat lebih percaya. Kalimat ini yg saya maksud.

      • 1 Maret 2023 - (23:36 WIB)
        Permalink

        aturan ya aturan mana bisa pegawai seenak jidat buka data nasabah tanpa ada dokumen resmi kepolisian terkait kasus penipuan begini, penipunya juga bisa lapor terkait pelanggaran perlindungan data konsumen ke pihak BCA. Makanya kalo ada syarat dan ketentuan dalam perjanjian dibaca baik-baik.

    • 1 Maret 2023 - (14:43 WIB)
      Permalink

      Dulu kan seringnya d jual beli mobil,itu kan jg mobil orang,sy sering liat video nua di youtub,ada channel yg buka modus2 spt ini

  • 28 Februari 2023 - (10:34 WIB)
    Permalink

    uang bapak nggk bakal balik sih. begitu bapak transfer pelaku pasti langsung tarik/pindahkan dana tersebut.

    • 28 Februari 2023 - (13:12 WIB)
      Permalink

      Setuju uang nya dk bakal balek. Suami pernah ditipu jg. Pelaku mengaku kawan, tp no hp baru. kebetulan nama nya sama. Menawarkan hp lelang. Suami kena tipu kurleb 9 jt. Sy sdh lapor ke cekrekening@kominfo.go.id dgn melampirkan bukti transfer, ss wa, srt lap polisi. Minta norek pelaku diblokir. Sampai skrg sdh 2 thn berlalu. Ga ada uang sy kembali. Ikhlas kan saja akhir nya

      1
      1
      • 28 Februari 2023 - (15:20 WIB)
        Permalink

        Turut prihatin juga dengan keadaan ibu, semoga dapat ganti berlipat2 dan penipu nya mendapatkan sesuai dengan kelakuannya bu, amin

        1
        1
  • 28 Februari 2023 - (10:34 WIB)
    Permalink

    100% ga bakal kembali..walupun pelaku ketangkap..liatlah kasus2 d teve..binomo Dan lain2..uangny pasti suka d pakai pelaku

    • 28 Februari 2023 - (10:43 WIB)
      Permalink

      Harus nya pihak bca bisa menelusuri dan langsung bertindak blokir rekening tujuan lain krn saya lapor halo bca seketika

      3
      2
      • 28 Februari 2023 - (10:48 WIB)
        Permalink

        Lapor bca seketika..yakin d blokir..aparat hukum aja mao blokir ga bisa Lisan harus ada surat2 permintaan.. orang salah transfer aja bank ga bisa main blokir

        2
        1
        • 28 Februari 2023 - (11:01 WIB)
          Permalink

          Iya surat permintaan sudah langsung saya kirim termasuk laporan polisi nya via email dan yang asli sudah dikirimkan ke bank bca pembuka rekening, semoga harapan saya pihak bca bisa melihat yang benar dan yang salah siapa dan membantu saya dalam hal transfer tersebut

          1
          2
          • 1 Maret 2023 - (14:35 WIB)
            Permalink

            Gk akan bisa pak , percuma…udah susah kalo begitu

        • 2 Maret 2023 - (06:10 WIB)
          Permalink

          Sipenipu pasti punya BCA mobile, anda tf sukses, notif masuk ke peniu,
          ya langsung dipindahin dananya. Andai lapor pun dan rek diblokir, rek nya SDH nol. Mau gmn lagi. Apalagi prosedurtf SDH sesuai

      • 28 Februari 2023 - (16:44 WIB)
        Permalink

        Bank g bisa asal blokir bg, klau blokir rekening itu harus ada perintah dr pihak berwajib, misal kepolisian, pengadilan, dll. Trur prihatin utk kasusnya

        1
        1
        • 1 Maret 2023 - (23:11 WIB)
          Permalink

          Betul nasabah ga bisa melaporkan rekening penipu untuk diblokir langsung oleh bank. Harus ada surat menyurat dari instansi seperti kepolisian dan kejaksaan.

          Itupun proses ga cepat. Lebih cepat penipu memindahkan uangnya. Apalagi kalau uang sudah digunakan atau ditarik. Bank ga bisa ganti karena kelalaian nasabah.

      • 28 Februari 2023 - (23:25 WIB)
        Permalink

        Mmang hrs..apapun alasanny dri sisi sbg customer wsjib mmbntu nasabahnya..gak tau alasan BCA …apa ngeles lagi..šŸ˜›

      • 2 Maret 2023 - (10:28 WIB)
        Permalink

        Gak baca verita penipuan2 yg bgtu byk. Kayak BRI ya. Semua jg lapor minta blokir. Ada gak yg di blokir. Wkwkwk. Uda lapor polisi pun gak ada kembali uang nya

  • 28 Februari 2023 - (10:40 WIB)
    Permalink

    sebenarnya dari awal sudah curiga, kl mau jual hp bonusan ya jangan di tempat dia bekerja.
    tanya saja dia pulang jam brp. transaksinya diluar jam bekerja. pokoknya ada barang ada duit. sekarang penipuan makin kreatif, ada aja bikin org percaya

    3
    1
    • 28 Februari 2023 - (10:45 WIB)
      Permalink

      Khilaf krn sifat manusiawi yaitu serakah, saya berharap pihak bca bisa melakukan tindakakn preventif dan uang yg ditransfer ke rekening lain juga dapat diblokir dgn adanya surat laporan polisi

      2
      4
  • 28 Februari 2023 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Wah modus ini sempat rame di mobil bekas. Sekarang maen di hape. Memang harus jeli kalo mau beli barang bekas, jangan ragu buat nanya dari A-Z.

  • 28 Februari 2023 - (11:22 WIB)
    Permalink

    konsep jual beli yg paling jelas & otentik adalah “ada barang ada uang” kecuali transaksi di pihak ketiga terpercaya seperti marketplace ijo atau oren, itupun kadang kadang masih bisa tertipu/fraud kalo lg lengah… semoga cepat selesai

    • 28 Februari 2023 - (11:56 WIB)
      Permalink

      Kejadiannya sama seperti saya ka.udh lpor polisi bolak balik .kekntor bca juga udah.tpi trnyata semua sia sia.modus ini bukan hp sj.mobil,motor dllšŸ„¹

    • 28 Februari 2023 - (19:15 WIB)
      Permalink

      Ikut prihatin pak..lain kali berhati hati lagi.penipu2 jaman sekarang sdh gak takut dosa lagi dari pada keluarga nya gak makan..

  • 28 Februari 2023 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Transaksi offlen tp harus tranfer dulu itu sdh janggal, mending COD sekalian cek barang sesuai baru bayar

  • 28 Februari 2023 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Budayakan baca dan dimengerti dengan baik dan jelas, tidak ada nada menyudutkan pihak bca sama sekali, hanya berharap pihak bca bisa membantu saya secepatnya

    4
    2
    • 28 Februari 2023 - (11:56 WIB)
      Permalink

      Ada prosedur dan ketentuan yang berlaku pak, tidak asal pengembalian dana. Karena murni ada kesalahan dari bapak. Dari pihak bank biasanya dibantu mediasi sebatas rekening kalau misalkan bapak ingin pengembalian dana. Serahkan ke polisi, jalur hukum.

    • 28 Februari 2023 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Gini apara,apara sdh transfer d tmpt knp hp tdk lngsng d ambil ??katanya hp sdh d tunjukin oleh “penjual”

      • 28 Februari 2023 - (14:58 WIB)
        Permalink

        Baca yg teliti. Itu memang di depan toko tp dimanfaatkan seakan akan hape yg ditunjukin penjaga toko adalah dimiliki orang yg diujung telpon. Padahal bukan jd sih penjaga toko bingung katanya ud transfer tp transfer ke mana aps dicek kagak jelas. Jd dia transaksi berhubungan dengan orang yg di telpon

    • 28 Februari 2023 - (16:06 WIB)
      Permalink

      PELAKU: TERIMAKASIH BANG UANG CUMA-CUMA 25JT ALHAMDULILLAH BISA MAKAN KENYANG 1TAHUN DAN HAPPYĀ²

    • 1 Maret 2023 - (11:50 WIB)
      Permalink

      Yg pst uang anda tdk akan kembali krn uang sdh di debet saat itu jg. Dan pihak bank hanya bs blokir aja. Yg sabar dan ikhlas ya pak meskipun berat.

      Buat anda P.Gunawan selamat ya anda telah berhasil mendapatkan uang cuma2 sebesar 25jt dng mudah. Di manfaatkan dng baik pak uangnya,semoga bs memenuhi ke utuhan anda&keluarga anda. Tuhan pst akan menghukum anda&para penipu2 lainnya suatu saat nanti tinggal tunggu waktu nya aja.

      Semoga P.Gunawan dan penipu lainnya membaca mediakonsumen ini. Salam dari saya,calon korban yg mau anda tipu tp tdk berhasil wkwkwk

  • 28 Februari 2023 - (12:01 WIB)
    Permalink

    …Kalau memang terjadi penipuan, maka saya berharap uang saya dapat dikembalikan oleh pihak BCA…

    Gak salah nih?
    Berharap boleh, tp realitanya pihak bank tidak akan mengembalikan karena 100% bukan kesalahan mereka, fix kesalahan anda

  • 28 Februari 2023 - (12:05 WIB)
    Permalink

    Itu harapan pihak bca secepatnya melakukan tindakan preventif dan si penerima hasil kejahatan bisa di teleconference kan dengan saya untuk menilai siapa yg benar dan yg salah, setelah itu uang saya bisa di transfer kembali baru rekekning dapat dibuka kembali

    • 28 Februari 2023 - (23:44 WIB)
      Permalink

      Kadang suka lucu kalo baca curhatan ky anda ini. Ngomongnya uangnya untuk pengobatan, tp malah tuk beli hp. Seandainya itu transaksi bnr dan anda dpt hp nya, uang yg anda pake tuk beli hp anda minta ganti sama siapa?

      4
      1
  • 28 Februari 2023 - (12:06 WIB)
    Permalink

    Pertama saya turut prihatin,
    Kedua saya aga bingung, diakhir bapak bilang butuh dana untuk pengobatan, tp bapak malah belanja hp, mungkin maksudnya bapak beli hp karena dianggap harganya lebih murah dan mau dijual lagi?? Bukannya harga iphone 14promax memang 25jutaan ya??jadi ga ada selisihnya dong pak(koreksi jika saya salah).
    Kalau Transaksi ada uang cash begitu, di erafon biasanya si hp ud dipersiapkan oleh sales, mau unit yg mana warna apa,baru diarahkan bayar, (event ini bapak transaksi diluar toko ya).
    Btw bca ga bisa langsung blokir dana direkening orang setau saya, sampai bca menerima surat2 syarat pemblokiran rekening orang, dan saat surat2 itu bpk berikan ke bca,kemungkinan terbesar dana sudah ditarik oleh si penerima dana.
    Semoga masalahnya cepat selesai dan diganti rejeki lain jika benar tertipu dan dana nya untuk berobat. Sementara pakai bpjs dulu aja, jangan ditunda berobatnya.

    • 28 Februari 2023 - (12:31 WIB)
      Permalink

      penulis beli 25jutaan tp dapetnya 2.
      trus bisa jual lg, dapet chuan, bukannya untung malah buntung

      1
      1
      • 28 Februari 2023 - (12:44 WIB)
        Permalink

        Oh sy ga jeli bacanya, krn kebanyakan, jd 25jt dpt 2unit hp iphone promax 14. Lah lebih ga masuk akal lagi, siapa yg mau kasi setengah harga begitu sangat tidak mungkin dan fix menjurus penipuan, harusnya dari awal ts tidak usah percaya.
        Orang dapat hadiah HP aja (baru) dari dooprize acara kantor misalnya, ga akan dijual setengah harga, paling dikurangin 300-500rb, klo harga 25jt, paling dijual 24jt, itu juga dikurangin 1jt, pasti ada yg beli cepet laku.
        Banyak kejadian dikantor sy dpt dooprize, dijual lagi ya tidak setengah harga.

      • 28 Februari 2023 - (22:56 WIB)
        Permalink

        Sedih dengarnya. Sebenarnya pelaku bisa ditangkap kalo polisi emang mau kerja. Buka rekening bank kan ada syarat syaratnya yaitu identitas KTP. Berarti bisa didatangi sesuai alamat rekening si penipu. Walau si penipu sudah blokir rekeningnya tapi data data kan masih ada di bank terkait. Karena selama ini para penipu gak ditangkap makanya banyak sekali penipuan dengan modus transfer duluan terus kabur.

        7
        1
  • 28 Februari 2023 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Usut terus aja pak.. dg modal laporan kepolisian, terutama rekening penerima, kan bank pasti py datanya, bila perlu datangi rumahnya,

  • 28 Februari 2023 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Iyaa kayaknya modus nya sama mirip dg mobil bekas, seolah2 penjualnya tau pembelinya udah menghubungi dan mau liat barangnya.. Padahal antara penjual gk ada hubungannya sm penipu tuh.. Indonesia koq banyak bgt y orang2 kyak gini.. Penipuan gk brenti2 apalagi yg modus transfer ini malah susah dilacak..

    • 28 Februari 2023 - (12:35 WIB)
      Permalink

      sebenarnya ini termasuk penipuan yg sederhana. ga terlalu menjelimet.
      ada penipuan yg lebih rumit, seperti triangle scamming / penipuan segitiga.
      jd A sbg buyer mau beli ke B sbg seller. Tanya no rek nya B dong.
      Pd saat yg bersamaan, A berpura2 jd seller menawarkan barangnya ke C, si A kasi nomor rek B ke C, nah bukti bayar nya dikasih ke B.
      B gatau apa2 dong, dia liat duit udah masuk, yowis barang diserahkan.
      tau2 B rek nya diblokir.
      Ini baru rumit.

      • 28 Februari 2023 - (12:59 WIB)
        Permalink

        ini jg kyknya model triangel scamming jg gan
        klo menurut sy bgini modus nya, si PENIPU survey ke toko hp cari tau nama sales dll, trus janji mau ada yg liat nnti entah bilang adik atau siapanya dan bakal beli brg itu pkoknya dibikin skenario, trus PENIPU komunikasi ke KORBAN dgn bawa identitas sales toko hp td untuk bisa meyakinkan skenarionya, si KORBAN dateng ke toko hp sesuai arahan PENIPU, sales jg polos aja ikutin skenario PENIPU, seolah2 real KORBAN lsg trf ke PENIPU tanpa konfirmasi ke sales, ya untung nya TS udh menyadari kesalahan nya karena keserakahan dunia jd udh gelap mata tanpa cari tau lebih lanjut lg…semoga ada titik terang deh buat TS nya

        • 28 Februari 2023 - (13:29 WIB)
          Permalink

          iya triangle scam jg, tp bs diminimalisir dgn prinsip “ada barang ada uang”, sederhana, tp bs kena juga ya

  • 28 Februari 2023 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Model penipuan segitiga.
    Dulu metode gini cuma dipake untuk ketemuan di suatu tempat aja.
    Sekarang maen nya udah melibatkan toko HP ya gila.

    Turut prihatin. Semoga segera ketemu jalan keluar.
    Terima kasih sudah share disini pak.
    Jadi lebih waspada

    • 1 Maret 2023 - (06:49 WIB)
      Permalink

      Klo dia sempat dtg ke toko, bs cek cctv siapa yg ngaku2 sebagai pak gunawan tadi, bs tanya ke salesnya yg melayani sblumnya. Iya itu klo ada cctvnya.

  • 28 Februari 2023 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin smoga cepat mendapat tanggapan dari BCA dan uang yang segera kebali saran saya lebih berhati-hati klau masalah jual beli online, jgn tergiur barang murah.

  • 28 Februari 2023 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya sy turut prihatin atas kejadian yg bpk alami,tp setau sy,pihak bank tdk segmpang itu memblokir 1 rek,klpun bs butuh proses panjang,yg dimana si pelaku sdh menarik dananya.makanya dijaman skrg ini,kita yg kudu 1000x waspada atas segala hal

    • 28 Februari 2023 - (14:24 WIB)
      Permalink

      mau cuan dari 2 bh iphone 14 seharga 25jt, kan lumayan untungnya kalau dijual lagi, jadi mumpung duit blm dibelanjakan buat pengobatan.

  • 28 Februari 2023 - (14:20 WIB)
    Permalink

    biasanya gak balik pak. soalnya bapak secara sadar transfer ke orangnya. bukan orangnya membobol rekening bapak. semoga ada jalan ya pak.

  • 28 Februari 2023 - (15:03 WIB)
    Permalink

    jika sudah serahkan bukti transfer, surat laporan kepolisian, dan jelaskan kronologinya, bank biasanya akan membekukan sementara rek penerima. kemudian bank akan menghubungi pemilik rekening via terlepon sesuai dengan data yang disimpan bank. jika berhasil dihubungi bank akan melakukan mediasi antara yg mentransfer dgn yang menerima. jika yg menerima tidak bisa dihubungi,, rekening berserta datanya akan dibekukan permanen.. kemudian bank bisa menyarankan ke korban untuk melanjutkan ke polisi. bank akan menyerahkan semua data pelaku kepolisi jika diminta apabila anda melanjutkan ke proses hukum, bank gak menjamin uang anda bisa kembali, karena mungkin sudah diambil pelaku. yang penting usahakan rek pelaku dibekukan / diblokir permanent. karena semua data akan masuk black list, coba cek saja rekening pelaku di atm dengan dgn cara masuk menu transfer, jika rekening pelaku masih bisa untuk menerima transfer , artinya rekening pelaku belum di bekukan bank,
    foto saja layar atm kemudian viralkan. biasanya setelah viral baru bank panik dan langsung bekukan rekening teersebut.

    semoga kedepan jadi pelajaran, disaat nafsu berkuasa atas keinginan..disitu manusia bisa bertindak diluar logika.

    10
    • 28 Februari 2023 - (15:09 WIB)
      Permalink

      Benar pak semoga pihak bank bca dapat membantu saya, saya khawatir pada saat saya laporkan ke halobca itu mereka lambat respons sehingga dana tersebut sdh lenyap kemana2, pada saat itu saya telpon halo bca 3x untuk meyakinkan blokir sementara dan saya saat itu juga ke polsek untuk membuat LP agar pihak bca lebih yakin bahwa ini penipuan, terima kasih pencerahannya pak, manusia tidak luput dari khilaf dan serakah

      • 28 Februari 2023 - (15:27 WIB)
        Permalink

        Turut prihatin ya pak smga mslhnya cpat terselesaikan, klo mash rejeki Insya Allah akan kmbali…
        Untuk kedepannya lbh berhti hati aplg sama org yg bru dikenal, kdang kita aja yg pnya tmn deket msh ditipu aplg sama org yg bru dkenal.

    • 28 Februari 2023 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Nunggu semua proses ini selesai udh pasti dana sudah dipindahkan oleh pelaku. Jadi gak bisa juga salahkan BCA. Meskipun penulis seketika lapor pas kejadian tapi kan minta laporan polisi dll butuh waktu. sedangkan pelaku pasti trima uang langsung dipindahkan. masa ya iya di anggurin duid hasil nipu šŸ˜€

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 139 komentar sampai saat ini..

Tertipu Orang, Semoga Bank BCA Dapat Membantu dalam Pengembalian Uang ā€¦

oleh Herman dibaca dalam: 2 menit
139