Belanja di Erafone Sunter Mall, Limit Tertahan Akibat 2 Kali Gesek, Sudah 3 Bulan Belum Ada Penyelesaian

Yth. Erafone,

Perkenalkan saya Rijman saya salah satu customer setia dari Erafone.

Pada tanggal 23 Desember 2022 lalu saya melakukan pembelian gawai dengan menggunakan metode pembayaran Kartu Kredit Mandiri pembayaran 1 buah unit HP merek Vivo Y02 sebesar 1 juta rupiah dengan skema transaksi cicilan 6x dan 500 ribu dengan skema pembayaran debit BCA (split payment).

Berikut kronologi secara detail:

Pada hari itu penggesekan kartu dilakukan dua kali, yang menyebabkan bank menahan limit sebesar 2 juta rupiah yang di kemudian hari hanya 1 transaksi yang ditagihkan dan sudah berjalan hingga saat ini. Namun, transaksi pertama sebesar 1 juta rupiah sebagaimana yang disebutkan pada email statusnya adalah gagal. Tapi dari sisi Erafone tidak mengonfirmasi ke pihak bank untuk pembatalan transaksi tersebut sehingga limit 1 juta tersebut masih ditahan oleh bank.

Saya selaku pemilik kartu sudah berupaya mengikuti arahan untuk melakukan pembuatan surat sanggahan, namun surat itu hanya berlaku untuk case transaksi PENAGIHAN DOUBLE. Sedangkan case saya adalah dari 2x penggesekan kartu dengan nominal masing-masing 1 juta (skema CICILAN 6x) hanya 1 transaksi yang ditagihkan, dan 1 transaksi TIDAK dibatalkan namun pula TIDAK ditagihkan Erafone.

Mohon kiranya pihak Erafon mampu untuk menyelesaikan case ini karena dari pihak bank menunggu penagihan/pembatalan dari transaksi yang gagal tersebut. Saya sudah melakukan komplain ke toko Erafone Sunter Mall tapi tidak ada feedback. Saya sudah meminta ke tim kasir Erafone Sunter Mall untuk melakukan konfirmasi ke merchant EDC untuk mengonfirmasi bahwa terjadi transaksi gagal tetapi limit tertahan, sehingga Bank Mandiri bisa mengembalikan limit kredit saya. Tetapi tim Eraphone Sunter Mall tidak mau mengonfirmasi ke merchant EDC mengenai transaksi gagal dan limit tertahan.

Saya sudah melakukan telepon ke Bank Mandiri baik lewat email dan telepon untuk mengembalikan limit saya. Berdasarkan pengalaman saya berbelanja dengan mengunakan kartu kredit, jika terjadi case seperti ini tim kasir toko akan mengonfirmasi limit gantung ke merchant EDC.

Saya sangat kecewa dengan handling komplain dari staff Erafone di Sunter Mall yang cenderung lepas tangan sehingga limit saya tertahan lebih dari 3 bulan. Bahkan ketika saya kirimkan pesan lewat WA kepada pihak toko Erafone, pihak toko Erafone Sunter Mall hanya melihat saja tanpa membalas pesan saya.

Tim Erajaya mohon dibantu untuk case ini dikarenakan saya sudah kirimkan keluhan saya ke pihak toko tetapi tidak ada fedback penyelesaian.

Dear untuk pembaca, apakah ada case yang sama, limit ditahan bank karena kasir toko tidak konfirmasi ke pihak EDC?

Terima kasih.

Regards,

Rijman
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Belanja di Erafone Sunter Mall, Limit Tertahan Akibat 2 Kali Gesek, Sudah 3 Bulan Belum Ada Penyelesaian

  • 6 Maret 2023 - (06:53 WIB)
    Permalink

    Yg trx dobel yg mana ? Yg satu juta kan transaksi dan yg bawahnya seratus ribuan itu transaksi yg sudah dikonversi menjadi cicilan ..nanti tinggal nunggu reversal 1 jt-an itu maksimal tggl cetak

    • 6 Maret 2023 - (17:13 WIB)
      Permalink

      Saya pengirim surat dari keluhan ini, saya sudah menunggu 3 bulan, saya sudah melakukan transaksi sanggahan ke bank, tetapi bank tetap tidak mau mengembalikan limit saya, dikarenakan erapone sunter mall tidak konfirmasi ke merchant edc mengenai transaksi gagal tapi limit tertahan, saya sudah konfimrmasi bebrapa kali tetapi tidak ada tanggapan dari toko erafone untuk melakukan konformasi ke merchant edc

        • 9 Maret 2023 - (09:14 WIB)
          Permalink

          Bukan nya skema cicilan memang seperti itu? Jadi 1 nominal tagihan full dan satu nominal cicilan, tapi kalau dijumlahkan, nominal full tidak dihitung di total tagihan, kalau dihitung total tagihan ya wajib komplain.

  • 7 Maret 2023 - (12:55 WIB)
    Permalink

    saya agak kurang mudeng ini.
    disitu kan gesek pakai 2 kartu ya, berartikan gesek 2x? apa maksudnya gesek pakai kartu mandiri yang 1jt itu 2x gesek? tapi di screenshoot tidak masuk itu keterangan gesek 2x nya? hanya 1 saja yaitu 1jt itu, nah perkara dia belum tertagih itu karena dia terkonversi menjadi cicilan 6x itu kan?
    kalau limit yang ga balik lagi, itu memang normal kan? kalau kita punya limit 10jt, lalu ada belanja 1jt, walaupun dikonversi menjadi cicilan 0%, tetapi limit kita ajah ditahan menjadi hanya 9jt saja sampai cicilan tsb lunas, ada juga yang memberlakukan pengembalian limit sesuai balance sisa cicilannya.
    kalau memang mau tutup, lebih baik ke bank bersangkutan, dicoba dilunasi dahulu semua cicilannya, admin fee nya dsb.
    untuk sekarang yang bisa dilakukan, minta pemblokiran saja dahulu. supaya kartunya tidak bisa digunakan selain melunasi sisa cicilan itu yang tinggal 3x lagi.

    semoga lekas selesai

    • 8 Maret 2023 - (04:57 WIB)
      Permalink

      Kalau dari yg saya baca gini, semisal limitnya 10jt. Kan 2x gesek, terpotong 1jt. Cicilan 6x. Harusnya kan limit sisa 9jt. Tapi ini sisa 8jt saja.
      Setelah di cek, transaksi 2x gesek itu masuk ke2nya.
      Hanya saja yg 1 tertahan. Tidak tertagih dan tidak di batalkan. Jadi posisinya menggantung.
      Nah dari pihak bank, suruh pihak kasir untk meneruskan atau membatalkan transaksi.
      Dimana jika transaksinya 2x bisa di berikan surat sanggahan.
      Dan bila di batalkan, maka limit nya kembali menjadi 9jt.
      Jadi Ts nya maunya ini tuh di selesaikan, baik itu batal atau berhasil. Bukan di gantung begitu saja smpe 3 bulan gk slsai2.

  • 8 Maret 2023 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Apa alasan sampai di gesek 2x . Kalau kamu menggunakan skema pembayaran split payment berarti harga HP itu 1 juta 5 ratus. 1 jutanya diambil dari Kartu kredit dan 5 ratusnya dari kartu debit BCA pertanyaannya apakah limit KK kamu tidak cukup 1 juta 5 ratus? Bagaimana bisa terdebet 2 x kalau limit kamu hanya tersisa 1 juta.. Seandainya jika limit kamu cukup 1 juta lima ratus kamu gak mungkin pakai Kartu debit lagi untuk mencukupkan

 Apa Komentar Anda?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Belanja di Erafone Sunter Mall, Limit Tertahan Akibat 2 Kali Gesek, Su…

oleh sifa dibaca dalam: 2 menit
9