Masalah Penawaran dan Penolakan Kartu Kredit BNI

Pada tanggal 3 Maret 2023, saya dapat telepon dari nomor +622150102246 pada pukul 12:08 WITA. Intinya dia menawarkan kartu kredit BNI untuk pelanggan terpilih. Petugas tersebut juga menanyakan, apakah saya bersedia untuk menerima tawaran tersebut secara gratis, untuk pelanggan terpilih sebagai bentuk layanan BNI.

Saya sampaikan waktu itu perlu waktu berpikir. Kemudian petugas itu meminta saya untuk bersedia ditelepon kembali dan saya bersedia. Pada pukul 13:56 WITA, petugas itu menelepon saya kembali dan menanyakan lagi apakah saya menerima tawaran kartu kredit BNI tersebut, dan saya jawab saya bersedia. Kemudian petugas juga menanyakan nomor KTP, KK, juga nomor NPWP untuk verifikasi data. Sudah saya kasih semua dan saya disuruh menunggu untuk dikirim kartu kredit saya ke alamat saya.

Pada tanggal 13 Maret 2023, saya coba telepon call center BNI untuk menanyakan tawaran kartu kredit BNI tersebut. Kemudian dijelaskan bahwa pengajuan kartu kredit atas nama saya tidak disetujui.

Yang saya tanyakan, saya tidak pernah mengajukan kartu kredit, tetapi saya ditelepon oleh BNI kartu kredit ditawari sebagai pelanggan yang terpilih, mengapa call center BNI menjelaskan bahwa pengajuan saya tidak diterima atau ditolak? Kalau memang tidak masuk kriteria, seharusnya pihak BNI tidak menawarkan ke saya atas nama pelanggan terpilih. Hal ini sangat menunjukkan ketidakprofesionalan pihak BNI.

Mohon tanggapan dari pihak BNI.

Rakhman Dermawan Setiawan
Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank BNI:
[Total:16    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

45 komentar untuk “Masalah Penawaran dan Penolakan Kartu Kredit BNI

  • 15 Maret 2023 - (09:39 WIB)
    Permalink

    kriteria yg ditawarkan bukan kriteria yg disetujui…dua hal yg berbeda dan dilakukan oleh dua bagian yg berbeda meski satu institusi. Klo Bank menyetujui permohonan kartu kredit utk nasabah yg tdk tmsk kriteria justru Bank telah bertindak tdk profesional

    • 15 Maret 2023 - (16:13 WIB)
      Permalink

      Ya elah yg spt ini lagi msk MK.. yg pertama telp anda itu marketing kk BNI bhs alusnya nasabah terpilih padahal anda tetap statusnya mengajukan kk BNI dan tetap diverifikasi oleh analis BNI mana ada istilah nasabah terpilih otomatis lgs dpt KK BNI kecuali anda nasabah BNI emerald yg Saldonya Minimal 1M di BNI baru itu anda msk kategori nasabah terpilih beneran dan pasti disetujui pengajuan KKnya..

  • 15 Maret 2023 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Yang nawarin ==>> Marketing.
    Yang memutuskan ==>> Analis.

    Jangan baperlah kalau ditolak.

    Ayo coba lagi, dengan catatan yah jangan baper lagi.

    13
    1
    • 15 Maret 2023 - (09:56 WIB)
      Permalink

      Setuju dgn ini.
      beda bagiannya antara marketing dgn analis.
      analis menilai penulis berpotensi utk gagal bayar / kredit macet, makanya ditolak.
      saran sy biar gampang diterima: lampirkan slip gaji, atau kartu kredit dari bank lain. biasanya akan lebih mudah diapproved.

      • 15 Maret 2023 - (14:29 WIB)
        Permalink

        itu bukan tidak keprofesionalan Bank BNI , semua bank sama pak,2 divisi yg pertama sales cc yg kedua tim analisis. jadi anda jangan baper yg telp anda duluan itu biasanya tim marketing cc biasa melihat trx rek anda bagus ,anda mengiyakan aplikasi dan ttd sampai me bag tim analisis data anda ditolak biasanya bermasalah di slik dan berisiko jadi anda gak usah baper menurut saya kalo ada penawaran seperti itu tolak saja.

        • 16 Maret 2023 - (09:03 WIB)
          Permalink

          Gausah pake kartu kredit lah.. akan menyulitkan anda sendiri dikemudian hari.
          beli brg cash saja jika memang sudah ada uangnya. kalau belum cukup ya bersabar nabung lg.
          lagian semua CC kan bunga nya tinggi.
          hidup anda lebih tenang kok tanpa itu semua.

          1
          1
          • 16 Maret 2023 - (22:28 WIB)
            Permalink

            Sepertinya itu penipuan, pak. Coba bapak check no tersebut di aplikasi get contact. Banyak laporan penipuan ditujukan atas nomor tersebut. Jangan sembarang memberikan data, apalagi sampai memberikan 3 digit kartu belakang. Saya pernah secara sadar memberikan 3 digit nomor belakang. Dan begitu panggilan selesai, saya buru buru melaporkan ke call center bank terkait untuk segera melaporkan pemblokiran

      • 15 Maret 2023 - (18:01 WIB)
        Permalink

        Baper kale , sales itu kejar target , analis melihat kondisi keuangan konsumen , walaupun rek nya bagus tetep aja analis nanti yang menilai anda layak apa tidak menggunakan cc , mungkin analis nya menganggap anda ada kemungkinan gagal bayar dikemudian hari atau resiko lain nya yang merugikan bank

  • 15 Maret 2023 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Harus nya pihak marketing kordinasi dulu dengan pihak analis baru menawarkan atas nama pelanggan terpilih,saya tidak pernah mengajukan lain hal saya ajukan permohonan lucu kalau ditolak kalau mau tolak permohonan ya tolak saja yg mengajukan..tentu lah birokrasi BNI nya tidak profesional.

    20
    • 15 Maret 2023 - (10:33 WIB)
      Permalink

      Ya gak bs gt pak, analis menilai dari data2 yg masuk waktu kita apply cc, sementara marketing biasanya asal comot nomor yg dia dapat ntah dari mana., penting mencapai target aplikasi kartu kredit, jd istilahnya dia udh melakukan pekerjaannya yaitu mengajak org utk apply, dia mana peduli itu disetujui apa nggak.

    • 15 Maret 2023 - (10:49 WIB)
      Permalink

      gimana koordinasinya bagian marketing dg bagian analis?? bagian marketing tdk punya data yg lengkap dr nasabah yg akan mereka tawarkan, modalnya cuman nomor telepon nasabah sama pinter ngomong, bujuk rayu

    • 16 Maret 2023 - (11:31 WIB)
      Permalink

      Bapakkkk.. sekian banyak susah menjelaskan dengan detail aturan mainnya kenapa anda masih ngeyel dengan pemahaman dangkal milik anda.. ada syarat dan ketentuan.

  • 15 Maret 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Bisa nulis d media konsumen tapi minim literasi kartu kredit…ntar diterima limit kecil nulis d mk..minta naik limit d tolak nulis d mk..

    • 15 Maret 2023 - (11:44 WIB)
      Permalink

      Saya bisa menangkap maksud ts. Mgkn maksud ts, karena di bilang sebagai pelanggan terpilih, maka sudah dianggap lolos proses analis sehingga dipilih.

  • 15 Maret 2023 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Terimakasih atas semua komentar nya setau saya, saya memuat dimedia konsumen bukan di dunia marketing jd mhn maaf sebesar nya buat pihak pelaku marketing,jd pandang lah sudut pandang sbgai konsumen.bg saya orang awam simple ada kalau adapengajuan jawab nya diterima atau di tolak..tp kalau ditawarkan atas nama pelanggan terpilih tentu logis saya berfikir lucu kalau ada penolakan karna saya tidak pernah sekalipun mengajukan,,mungkin sdh biasa di dunia marketing tp maaf saya hanya sebagai konsumen merasa pihak BNI apa pun itu nama nya adalah tdk profesional.

    3
    9
    • 15 Maret 2023 - (12:32 WIB)
      Permalink

      ga apa2 pak ditolak. sy jg pernah ditolak wkt apply cc bank mega. tp seiring berjalannya waktu, sy sangat mensyukurinya karena cc bank mega paling byk masalah, mulai dr susahnya menghapus annual fee, penutupan kartu yg dipersulit, promo yg kurang menarik lagi. intinya jangan baper, biarkan saja begitu. kalo memang masih mau cc, bank lain aja msh byk.

    • 15 Maret 2023 - (16:17 WIB)
      Permalink

      Syukuri aja pak nggak usah pakai KK BNI lbh tentram dan damai hidup tanpa KK jauh dari hutang dan potensi di kejar2 DC klw amit2 sampai macet suatu saat krn musibah atau ekonomi lagi down..

    • 15 Maret 2023 - (20:35 WIB)
      Permalink

      Pelajaran juga utk bank2 penerbit kartu kredit agar dlm menawarkan kpd ‘nasabah terpilih’ dijelaskan juga bhw tetap ada tahapan proses yg hrs dipenuhi sblm kartu kredit diterbitkan. Ini penting krn calon nasabah sdh dimintakan data2 pribadi spt KTP, KK, keterangan penghasilan dll yg blm tentu akan diberikan si ‘nasabah terpilih’ ini bila ybs tahu dari awal bhw proses pengajuan kartu kreditnya adalah proses aplikasi normal yg hrs melalui analis kredit segala dan tidak otomatis disetujui

      • 16 Maret 2023 - (11:38 WIB)
        Permalink

        Kalo BCA bakal dijelasin detail.. petugas BCA bakal sampaikan bahwa jika status pengajuannya di ACC nanti kartu akan dikirimkan kealamat nasabah yg sekarang..
        Emang paling bagus BCA sih

    • 16 Maret 2023 - (11:35 WIB)
      Permalink

      Maaf sebelumnya juga jika komentar kami kurang sopan.. semangat pak jangan terikat kartu kredit kalo kita penghasilannya kecil.. nanti kita yg susah

  • 15 Maret 2023 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Saya pernah ditawari.. dan saya menyetujui..namun saat suruh konfirmasi NIK saya tidak melanjutkan..karena sudah masuk data pribadi, takut disalahgunakan.. lanjut beda hari saya menolak secara halus..jika mau buat saya akan ke kantor langsung..tidak akan lewat telfon..
    Setelah itu hampir setiap hari ada telfon penawaran CC BNI teruus, saya blokir beda nomor telfon, terus menerus hingga saat ini.. sudah berjalan 2 tahun..

    • 16 Maret 2023 - (05:52 WIB)
      Permalink

      Yg ini bener. Gampang jg ini org ksh data pribadi, spt KK & KTP. Di kelurahan aja gue kadang ngeri sm petugasnya apa bs itu jagain dokumen, apalagi dgn institusi yg orientasi profit. Apalagi UU perlindungan data di negara ini sgt lemah, dr regulasinya sampai implementasinya. Contohnya banyak nomor perdana dijual tanpa harus registrasi.. wkwkw

  • 15 Maret 2023 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Intinya harus di tolak dari awal,jgn pikir2 dulu baru bersedia,namanya juga sales marketing,klu emang kita udah di tolak,kan berarti bagus,kita jd gak jadi ngutang,saya sering di telpon sales kayak gitu,cuma langsung saya tolak,takut suatu saat gak mampu bayar,mending tanpa hutang hidup damaišŸ¤Ÿ

  • 15 Maret 2023 - (13:08 WIB)
    Permalink

    kekecewaan yang dirasakan… ayo BNI tawarkan solusi dan segera setujui kartu kreditnya.. jangan suka PHP orang……

    1
    1
  • 15 Maret 2023 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Hahahahahahahhaahhaha , ucucucucu , baper karena wanita XXXXX, Baper karena CC ditolak OH YESSS

    1
    1
  • 15 Maret 2023 - (13:32 WIB)
    Permalink

    marketing itu ada target, dan gak peduli anda mau di acc apa tidak, yg penting sudah mendapatkan bukti persetujuan dan dia udah target nyari korban

    anda mau acc apa tidak bukan urusan dia lagi, sebab dengan target dia tercapai udah ada bonus tersendiri, kalopun nasabahnya di acc ya bonusnya nambah šŸ™‚

  • 15 Maret 2023 - (13:54 WIB)
    Permalink

    Msh ga sadar diri ts..klo ts nasabah prioritas bni emerald yg ada saldo tabungan ember..baru dinamakan nasabah terpilih..

  • 15 Maret 2023 - (13:57 WIB)
    Permalink

    ya ampun pak, ngebet bener buat punya kartu kredit.padahal penawaran yg disampaikan itu bukan berarti otomatis akan lsg disetujui

  • 15 Maret 2023 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Mhn maaf temen2 marketing kalau tersinggung ya saya doain semoga jualan nya tetap laku..aamiin

  • 15 Maret 2023 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Bersyukurlah kalau ditolak, Anda bebas dari jerat hutang. Jangan mudah tergiur segala macam tawaran. Hari gini sales kartu kredit dan pinjaman itu cari nasabah nggak peduli dia qualified secara finansial atau tidak, karena kejar target komisi.

  • 15 Maret 2023 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Bukan jaman kartu kredit lagi..Nggak usah kecewa kalau nggak disetujui. KK hanya bikin rugi.

    • 16 Maret 2023 - (11:03 WIB)
      Permalink

      Terlepas dari topik tulisan ini. Saya pengguna kartu kredit & syukurnya malah bisa mengembangkan bisnis, terbang gratis ke berbagai negara dan bisa beli rumah modal dari kartu kredit. Untung atau tidaknya penggunaan kartu kredit balik lagi ke individu masing2. Mau dipakai konsumtif, atau mau dipakai untuk tujuan produktif dgn memanfaatkan fasilitas dari kartu kredit.

      Jangan digeneralisir. Kalau yg bapak maksud bukan jamannya kartu kredit, apakah maksudnya jamannya pinjol?
      Pinjol jauh lebih merugikan dan saya ragu bisa menguntungkan dan sefleksibel penggunaannya seperti kartu kredit.

  • 15 Maret 2023 - (21:38 WIB)
    Permalink

    Perusahaan perbankan BNI kan punya divisi macam2. Marketing adalah pion paling depan dia mencari nasabah berdasarkan database menurut kriteria yg diberikan. Stlah dapat prospek lalu dilempar ke dapur analis disitu baru di analisa kelayakannya berdasarkan kriteria yg berbeda dengan kriteria matketing. Kan mreka jg gak saling kenal dan jg gak bisa saling berhubungan. Kalau saling berhubungan misal ada permainan itu bisa merugikan perusahaan misal terjadi kredit macet. Begitu kira2

  • 16 Maret 2023 - (00:11 WIB)
    Permalink

    Yang menawarkan adalah pihak marketing.
    Yang menilai dan menganalisa adalah pihak analis.

    Ini sudah lumrah dan sering terjadi. Karena mau ditawari atau tidak semua itu sifatnya pengajuan.

    • 16 Maret 2023 - (07:07 WIB)
      Permalink

      mungkin bisa di ibaratkan seperti mobil,marketing adalah gas sedangkan analis adalah rem….

      • 16 Maret 2023 - (07:09 WIB)
        Permalink

        Betul…. Keduanya bekerja dalam tim walaupun tidak searah. Yang satu menjaring nasabah. Yang lainnya memilah-milih nasabah. Kalau analis sembarang acc nasabah bisa bahaya karena berisiko kredit macet. Makanya lebih berat kerja analis ketimbang marketing. Risikonya pun lebih tinggi.

  • 16 Maret 2023 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Hahha dia Baper CC nya di Tolak .šŸ¤£
    Klo saya malah kebalik.. Udah saya bilang ga bakalan di Approve.. pada ga percaya tuh marketing..

  • 16 Maret 2023 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Dibegoin pake bahasa halus marketing malah protes di mk. Anda itu berarti tipikal yg gampang dibodohi sama sales. Cuma karena anda dibilang nasabah terpilih,anda langsung percaya kalo anda apply bakal langsung acc. Yg nentuin itu analis,bukan marketing. Kalo mau pasti disetujui kerjasama sama analisnya, itu juga kalo dikasih sama marketingnya

    • 16 Maret 2023 - (18:33 WIB)
      Permalink

      Ternyata msh ada yg baperan sama rayuan marketing/sales ya….
      Ternyata ada yg msh polos ga bs membeda2kan antara siapa yg menawarkan dgn siapa yg berwenang memutuskan

  • 16 Maret 2023 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Berbahagialah kalo di tolak, artinya Anda tidak ngasih makan Debt Collector gaya premanisme

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BNI?

Ada 45 komentar sampai saat ini..

Masalah Penawaran dan Penolakan Kartu Kredit BNI

oleh Rahman dibaca dalam: 1 menit
45