J&T Sangat Tidak Profesional, Paket Tertahan dan Return Tanpa Konfirmasi

Perusahaan ekspedisi J&T, khususnya yang beroperasi di wilayah kabupaten Merangin, provinsi Jambi, sangat jauh dari kata profesional. Bahkan tidak berlebihan, jika konsumen menilai pihak J&T ini tidak bertanggung jawab sebagai perusahaan ekspedisi pengiriman.

Bagaimana tidak, khusus untuk kiriman ke wilayah kecamatan Jangkat dan sekitarnya, sering sekali paket tertahan berhari-hari di kota Bangko, yang notabene berjarak 4 hingga lima jam perjalanan dari kecamatan jangkat. Tidak hanya tertahan beberapa hari, setelah habis masa estimasi pengiriman, tidak jarang pula paket dikembalikan (return) secara sepihak oleh pihak J&T.

Pengalaman ini beberapa kali saya rasakan sendiri. Yang mana saya sedang sangat membutuhkan paket saya, sementara saya tidak diberi pilihan ekspedisi lain selain J&T. Setelah saya menunggu berhari-hari, bahkan sudah melewati estimasi, tiba-saya dapati laporan bahwa barang saya sudah dikembalikan ke penjual (return). Padahal sebelumnya saya sama sekali tidak mendapatkan konfirmasi dari pihak J&T ini.

Pada kesempatan lain, saya juga bingung melihat laporan paket saya, dengan nomor resi: JP9420030830, yang sudah berada di kota Bangko (Hub terakhir menuju alamat saya, seharusnya tinggal diantar kurir). Keberadaan paket saya di HUB terakhir ini, terpantau tidak ada pergerakan sama sekali, hingga mencapai 4 hari, bahkan sudah memasuki estimasi pengiriman terakhir.

Ketika saya berusaha mendapatkan info dari pihak J&T, saya hanya mendapatkan alasan yang menurut saya sangat lucu dan semakin memperlihatkan ketidakprofesionalan mereka. Sebab mereka berdalih tidak ada kurir yang mengantar ke daerah saya, yakni kecamatan Jangkat, kabupaten Merangin, provinsi Jambi.

Sebagai catatan, kondisi ini sudah sering dikeluhkan konsumen, sejak berbulan-bulan. Bukan hanya saya, tapi semua konsumen di wilayah Jangkat, sangat sering mengeluhkan kondisi ini.

Atas kondisi ini, saran saya jika J&T memang tidak mampu mengadakan kurir untuk wilayah Jangkat dan sekitarnya, lebih baik profesional menutup rute ke wilayah tersebut, jangan memaksakan untuk tetap membuka rute, tapi sering kali mengecewakan. Terima kasih.

Zurmen Hafendi
Kab. Merangin, Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “J&T Sangat Tidak Profesional, Paket Tertahan dan Return Tanpa Konfirmasi

  • 5 April 2023 - (12:41 WIB)
    Permalink

    Sebagian Jambi dan Lampung masuk Zona Red Line danger J&T,,
    jadi kalo transaksi online jgn bayar COD jamin 90% gagal

    • 5 April 2023 - (13:58 WIB)
      Permalink

      Ini bukan COD bos, maka nya di baca yg teliti sampe selesai,, buat di daerah saya, mereka memang tidak ada kurir, tapi tetap maksa buka rute, jadi sistem aplikasi otomatis milih jasa pengiriman pake si J&T ini.

      • 1 Mei 2023 - (19:28 WIB)
        Permalink

        Ya nyari kurir nya pasti susah jarak tmpuh nya aja k jangkat 4 jam…motor kurir kebakar yg saya liat d berita.coba aja bapak yg jadi kurir yg k jangkat atau bapak buka mitra d jangkat mungkin gak begitu.

  • 10 April 2023 - (22:13 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami barang retur, di klik lacak tertulis produk sudah sampai ke pembeli. Saya konfirmasi ke JNT by wa katanya juga sama. Sampai sekarang 2 bulan gak dikembalikan dan sudah dinyatakan selesai. Ben wetenge oknum mbledos mangan barang yg tidak saya terima. Kalo memang harus ambil di JNT yg mana pasti saya ambil lha gak ada wa dan pesan konfirmasi ke saya.

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

J&T Sangat Tidak Profesional, Paket Tertahan dan Return Tanpa Konf…

oleh ZURMEN dibaca dalam: 1 menit
5