Masalah Pencairan Dana PermataQR Merchant yang Ditahan oleh PermataBank

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen yang mengizinkan saya menulis keluhan saya di sini. Saya Panca Sri Sejati, pengguna aplikasi PermataQR Merchant. Pada tanggal 2 Maret 2023, di PermataQR saya ada transaksi sebesar Rp33.019.204, tetapi yang masuk di rekening saya cuma Rp2.500.000, sisanya tertahan sekitar Rp30.519.204.

Karena waktu itu hari Kamis, saya tunggu sampai Jumat tanggal 3 Maret 2023, tetapi belum kunjung cair juga. Berhubung hari Sabtu dan Minggu libur, saya tunggu lagi sampai hari Senin 6 Maret 2023. Namun belum cair juga. Kemudian saya telepon CS PermataBank dan disuruh menunggu 2 hari, sampai estimasi Rabu 8 Maret 2023.

Karena sampai tiba waktunya belum kunjung cair juga, saya telepon lagi ke PermataBank dan dibuatkan laporan oleh CS-nya dan disuruh menunggu, nanti akan dikonfirmasi balik lewat telepon dari pihak terkait/pihak QRIS-nya. Benar, sorenya ditelepon, tetapi ketika saya mau angkat sudah keburu dimatikan. Waktu itu saya tunggu teleponnya lagi, tapi tidak kunjung ditelepon lagi. Ya sudah, malamnya saya telepon lagi CS PermataBank. Jawabannya disuruh menunggu, soalnya laporannya estimasi sampai tanggal 9 Maret 2023. Saya tunggu, tetapi gak ada telepon lagi.

Setelah tanggal 9 Maret 2023, saya sering telepon PermataBank dan laporan lewat email juga. Di email jawabannya disuruh menunggu sampai estimasi 16 Maret 2023. Namun tanggal 15 Maret 2023, saya mendapati SMS, bahwa laporan saya yang lewat email diselesaikan gara-gara telepon saya tidak aktif. Padahal setiap waktu nomor saya aktif terus dan sisa laporan saya yang pertama.

Kemudian tanggal 14 Maret 2023, saya ditelepon CS PermataBank mengkonfirmasi katanya bakalan ada kunjungan. Namun tidak menjelaskan kapan mau dikunjungi. Setelah itu saya tunggu, tapi gak ada yang datang. Tanggal 16 Maret 2023 saya telepon lagi CS PermataBank, CS bilang laporan saya baru dalam peninjauan investigasi, disuruh menunggu maksimal tanggal 24 Maret 2023. Saat tiba harinya, sama sekali tidak ada telepon lagi atau kejelasan mau dikunjungi kapan.

Kemudian saya telepon lagi CS PermataBank tanggal 29 Maret 2023 dan jawabannya tetap sama, disuruh menunggu sampai estimasi 6 April 2023. Setelah itu saya tidak telepon lagi dan saya memutuskan membuat surat untuk PermataBank melalui Media Konsumen, supaya saya dapat kejelasan kapan saya mau dikunjungi dan cepat menyelesaikan masalah dana saya. Soalnya uang yang ditahan itu uang modal saya.

PermataQR Merchant ini saya buat untuk transaksi barang elektronik, terutama jualan hp dan pembayarannya dicicil lewat GoPay oleh konter hp langganan saya. Baru kali ini saya dicicil lewat pembayaran QRIS, biasanya langsung lewat rekening. Yang membuat saya kecewa, dana saya malah ditahan oleh PermataBank. Jadi jualan saya sementara gak sebanyak sebelumnya, gara-gara modal saya ditahan. Di sini saya tidak punya konter, saya jualan online di Facebook , Tokopedia, sesekali saya langsung lewat offline.

Untuk ke depannya, dengan kejadian ini saya harap pihak PermataBank untuk memperbaiki layanan PermataQR merchant-nya, dalam hal mengalami masalah oleh nasabahnya . Semoga bisa diambil pembelajarannya untuk penjual/nasabah lainnya, supaya lebih berhati-hati menggunakan QRIS PermataQR Merchant, agar tidak mengalami kendala yang serupa seperti saya. Saya dengan harap dengan adanya surat publikasi/keluhan saya ini, PermataBank lebih cepat menanggapi masalah yang dialami nasabahnya.

Panca Sri Sejati
Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai PermataQR Merchant:
[Total:9    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan PermataBank atas Surat Bapak Panca

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Bapak Panca Sri Sejati, berjudul “Masalah Pencairan Dana PermataQR Merchant yang Ditahan oleh...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Masalah Pencairan Dana PermataQR Merchant yang Ditahan oleh PermataBank

  • 6 April 2023 - (12:48 WIB)
    Permalink

    dicurigai karena ada transaksi 1jutaan sebanyak 30x ?
    semoga cepat ada penyelesaian dari permata

    4
    21
    • 6 April 2023 - (13:24 WIB)
      Permalink

      Transaksi mencurigakan , waktu yg saling berdekatan hitungan menit.
      Asli ini ada uang gak wajar transaksinya

      3
      8
  • 6 April 2023 - (13:53 WIB)
    Permalink

    sampai skrg masih belum kelar padahal sudah beberapa post disini ?

    anda tempuh aja langkah hukum, somasi bank permata kalau anda merasa benar.

    3
    8
    • 6 April 2023 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Pembayaran gopay semua mas , Tidak pernah gestun / pembayaran gopaylater / semacamnya

  • 6 April 2023 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Sepertinya sistem permata membaca ini transaksi memcurigakan, dg rentang waktu yg begitu berdekatan, padahal kalo ya bayar gopay bisa dipindahin dulu ke rekening baru tinggal transfer ke rek Permata ME nya…

  • 7 April 2023 - (05:01 WIB)
    Permalink

    semoga gak bakalan baik, biar ilang tuh duit hasil curang main PROMO CASHBACK gopay QRIS.. kita awam saja sudah tau kalo itu transaksi gak wajar. mampuss lu kesbek gak seberapa duit ditahan 🙂

  • 8 April 2023 - (04:06 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkwk….Permata ini udah sering masuk MK dengan masalah nahan saldo transaksi QRIS yang terindikasi FRAUD, Sudah jelas TS kasih SS transaksi Gopay nya waktunya berdekatan dalam beberapa menit, otomatis sistem mendekeksi ada FRAUD.
    Yang udah udah kalau begini prosesnya berbulan bulan dan harus membuktikan itu bukan fraud, tpi untuk org awam seperti kita² liat begitu aja udah jelas ada udang dibalik batu.
    ya x org ngicil HP dlm beberapa menit dengan nominal yang sama dilakukan berkali kali cuma beda dibelakangnya.
    ingett….sistem perbangkan lebih pinter deteksi FRAUD

  • 8 April 2023 - (09:40 WIB)
    Permalink

    Kalo boleh nebak sepertinya ini pemain cashback gopay 1% kalo di total bisa jutaan dengan beli voucher gopay yang hanya under 50k ? pemain sih soalnya modal per scan 1jt

    • 8 April 2023 - (15:51 WIB)
      Permalink

      YES setuju.
      coba spill akun gopay nya kalo berani.
      pasti itu manfaatin promo cashback 1% QRis gojek.
      mudah2an ga balik tuh uang karena fraud

  • 9 April 2023 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

  • 2 Juni 2023 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami masalah ini tercatat tgl 31 Mei 2023, ketika saya disarankan oleh marketing Qris untuk top up minimal 50rb, mungkin maksudnya supaya qris saya aktif atau supaya refferalnya cair😀, saya coba top up 5 juta lewat qris BCA, namun setelah saya cek belum masuk ke rekening permata saya, lalu saya hubungi bagian yg mendaftarkan qris saya, tunggu katanya jam 3 sore bisa masuk. Saya sengaja mencatat sisa saldo saya sampai mutasi saya sebelum saldo yg 5 juta masuk. Saya sengaja saldo saya kurangkan 5 juta dari total saldo 50juta. Setelah jam 3 saya cek mutasi ternyata ada mutasi “penambahan” dari Kreditur Penampungan sebesar 5 juta, namun setelah saya cek dari mutasi justru uang cuma bertambah 2.500.000 aja, jadi dimutasi ada uang tertulis masuk 5.000.000 namun kenyataannya cuma 2.500.000. Lalu saya cari cari mutasi keluar yg 2.5jt sama sekali gak ada catatannya. Lalu saya berpikir kalau toh ada mutasi masuk 5 jt, seharusnya uang bertambahnya 5 juta, bukan 2,5juta?
    Kok bisa ya, kemana catatan mutasi 2,5 jutanya? Lalu saya penasaran hubungi marketing qris, dan saya komplen mengapa uang saya gak ada 2,5juta? Padahal ada mutasi masuk 5 jt. Jawabannya: Kalau uang qris yg masuk diatas 3 juta, masuknya bertahap katanya, tunggu jam 9 malam, ditunggu belum masuk juga. Yg jadi saya bertanya tanya mengapa uang yg masuk ke mutasi 5 juta cuma bertambah 2,5jt? Mengapa kalo uang yg masuknya sebagian, dicatat dimutasi masuknya 5 juta?,bukan 2,5juta? Kemana uang yang 2,5juta dicatat?, jika saya tidak menanyakan masalah kekurangan ini, apa ada garansi sisa uang masuk ke saldo? Logikanya kalo dipembukuan bertambah 5 juta, seharusnya sisa saldo sesuai dengan penambahan saldo itu sendiri, ini tidak! Mohon dijelaskan!! Mengapa sejak awal team marketing qris tidak menjelaskan ini kalo memang ada peraturan seperti ini? Sampai hari ini 2 juni 2023 jam 10:12wib uang yg 2,5 juta belum juga masuk. Mohon penjelasan yg sejelas jelasnya tentang transaksi via qris permata biar saya dan pembaca gak ragu ragu lagi tentang qris permata ini.
    Mohon ditanggapi!
    Wasallam

 Apa Komentar Anda mengenai PermataQR Merchant?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Masalah Pencairan Dana PermataQR Merchant yang Ditahan oleh PermataBan…

oleh Panca Sri Sejati dibaca dalam: 2 menit
18