Pelunasan Pinjaman Lebih Awal Malah Makin Besar Biayanya di BRI

Saya sudah hampir 4 tahun memiliki pinjaman rekening koran di BRI, dengan pinjaman awal/tenor Rp350 juta dan bunga 13% per tahun dari pemakaian. Nomor pinjaman: 058201000633152, yang setiap tahun selalu diperpanjang masa pinjamannya. Menginjak tahun ke-3, limitnya saya minta turunkan menjadi Rp300 juta dan bunga turun menjadi 12%/tahun dari pemakaian. Selama ini rapor saya bagus, tidak pernah satu kali pun terlambat bayar.

Setelah 44 bulan, sisa pinjaman saya Rp234 juta dan saya mau melakukan pelunasan lebih awal. Di sini saya mulai kecewa dengan pelayanan BRI sebagai bank besar. Pertama, untuk pelunasan saja oleh petugas dari BRI disuruh tunggu hingga 2 minggu, alasannya sudah prosedur/aturan. Dari 2 minggu ini saya sudah rugi waktu dan uang, karena bunga terus berjalan (dihitung per hari).

Di akhir penyelesaian, kami harus bayar:

  • Rp234.000.000 (sisa pinjaman)
  • Rp1.609.687 (bunga berjalan)
  • Rp10.500.000 (denda 3,5% dari plafon karena pelunasan lebih awal)

Saya tentu agak keberatan dengan denda 3,5% dari plafon (Rp10,5 juta), bukan dari sisa pinjaman. Itu mungkin sudah dijelaskan waktu awal akad, tapi kami tidak tahu/sudah lupa.

Total pelunasan yang harus saya bayar: Rp246.109.687. Yang membuat saya kecewa, kenapa kami melunasi lebih awal biayanya jadi lebih besar dari pada kami harus menunggu 4 bulan lagi hingga masa kontrak pinjaman berakhir?

Jika kami tidak melakukan pembayaran sama sekali hingga 4 bulan ke depan, total pelunasan hanya berkisar Rp244 juta. Masih lebih murah Rp2,6 juta. Jika tanpa penalti pelunasan lebih awal, kami cukup membayar Rp235.609.687.

Semua itu sudah selesai, hutang saya sudah lunas di BRI. Namun melalui Media Konsumen ini, saya berharap BRI mau mengembalikan sebagian dari penalti pelunasan tersebut. Terima kasih.

Achmad Minan Bayu Aji
Probolinggo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Achmad Minan

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

30 komentar untuk “Pelunasan Pinjaman Lebih Awal Malah Makin Besar Biayanya di BRI

  • 14 April 2023 - (14:08 WIB)
    Permalink

    Memang seperti itu Pak perhitungannya, pakai rumus pembayaran suku bunga anuitas. Jadi yang dibayar cicilan² awal itu lebih besar bunganya, pokoknya cuma terbayar sedikit.
    Saya juga ada lagi jalan di BRI, kurang 5 bulan. Waktu awal pinjam sudah tahu soalnya diperingatkan sama sales Bank Jatim yang tidak jadi saya pergunakan ?

    10
    1
    • 17 April 2023 - (00:06 WIB)
      Permalink

      Fasilitas yg Di pake bedah Ama bapak.. yg di pake itu fasilitas kredit rekening koran.. tapi MMG iya sih ad penaltynya kalo pelunasan blm jatuh tempo yg tertera di Akad kredit

    • 14 Juli 2023 - (12:20 WIB)
      Permalink

      Aku baru bgt nih mau cerita
      Jd aku mau pelunasan dgn sisa pokok 114.200.000 nah saya dlu perjanjian pinalty 3x bunga klo mau pelunasan.. Nah pas skrg mau pelunasan malah ganti lagi pinalty 3x angsuran yaitu 17.777.000 gila gak tuhhhh

  • 14 April 2023 - (14:10 WIB)
    Permalink

    wah iya ya pak, tapi setau saya pasti ada pinalty kalo pelunasan di awal, dan harusnya bisa di negosiasi yaa

    4
    2
  • 14 April 2023 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Mau dikit sharing nih mas misal kita punya pinjaman mau dilunasin lebih awal memang kena penalti ya, jadi kena bunga berjalan sekalian bayar sisa pokoknya, dan buat pengalaman ke depan kalo ada pinjaman lagi ngikut instruksi dari mantrinya termasuk pelunasannya

  • 14 April 2023 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Ya memang sperti itu pak. Kalau oelunasan pinjaman lebih awal ada biaya penalty. Karna bank sdh ada perhitungan sendiri. Karna kalau anda bayar dulu itu ada uang mengendap di bank atau entah apalah. Kira2 sperti itu. Jd kalau tinggal 4 bln ya sabar aja

  • 14 April 2023 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Permasalahan sudah selesai. Pihak bank telah kerumah. Terimakasih

    • 14 April 2023 - (19:57 WIB)
      Permalink

      Bank BRI merespon laporan tersebut dengan mengunjungi saya dan menjelaskan mengenai permasalahan yang saya alami. Penjelasan yang diberikan oleh BRI sudah cukup, sehingga saya dapat menerima hal tersebut.

      Saya Achmad Minan Bayu Aji
      Pajarakan Kulon, Probolinggo

  • 14 April 2023 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Memang BRI seperti itu… kalau mau dilunasin cepat kena denda / penalti.. beda dengan finance atau leasing, jika pinjaman di bayar cepat, justru mendapat potongan besar jika sisa angsuran masih di atas 12x

    • 15 April 2023 - (06:03 WIB)
      Permalink

      Semua bank bgitu klo kita pelunasan awal. Mungkin tergantung kredit jenis apa? Sya dulu KPR rumah, pelunasan sebelum 24 bulan cicilan kena finalty. cuma yg ini lama ya..sampe 4 tahun

      2
      1
  • 14 April 2023 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Yah bagus lah masalah sudah beres dengan bri, tapi memang seperti itu prosedur baik dengan bank swasta,bumn,atau pun finance kendaraan, jika melunasi lbh awal akan kena penalty.

  • 15 April 2023 - (03:57 WIB)
    Permalink

    Bukan hanya BRI sih, hampir semua bank dan leasing begitu peraturannya. Kena pinalty / denda untuk pelunasan lebih awal.
    Kemarin saya di Mandiri juga gitu niatnya mau lunasin di Awal, saya ambil tenor 3 tahun, mau melunasi setelah 1.5 tahun, lumayan dendanya, dan akhirnya uang yang buat pelunasan itu aku taruh di rekeninng auto debit, memang kita rugi admin bulanan, tapi itu lebih ringan daripada dendanya.

    • 16 April 2023 - (10:32 WIB)
      Permalink

      Bener banget tuh, ibu sy ambil pinjaman kupedes 50jt tenor 3thn bayar angsuran sdh 1,5thn sisa pokok 35jt mau dilunasi malah disuruh bayar 58jt utk pelunasan ? gila

  • 15 April 2023 - (05:49 WIB)
    Permalink

    Ahh sudahlah mau perkreditan atau pinjol apapun sekarang sama saja,uang keterlambatan saja dimakan tapi pelayanan ditutup dan makin buruk debitur pukul rata semoga rakyat Indonesia tidak berhutang lagi di semua perkreditan bank atau pinjol mana pun aamiin

    6
    1
  • 15 April 2023 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Betul kata Bang Aldi.
    Mulai saat ini, kasih tahu semua yang Kalian kenal untuk tidak Hutang ke Bank atau Leasing, atau sejenisnya.
    Sejatinya orang Hutang pasti akan bayar, namun disana masih aja ada masalah terkait Aturan-aturan yang melilit berdampak pembengkakan Dana kita.
    Masa pandemi cukup jadikan pembelajaran, ketika kita mau bayar lebih baik dikenai bunga, gagal bayar dianggap sampah disajikan DC Lapangan berperilaku preman, berdasarkan pengalaman org lain di media sosial.

    Dari sekian banyak Lembaga Keuangan, sepertinya hanya Citibank dalam menjalankan prosesnya sangat ramah tidak kasar dalam ucapan sampai selesai.
    Info dari rekan yg terlilit hutang sebelum masa pandemi ya (kondisi normal), di telponin DC citibank, ngobrol2 dapat keringanan, cicilan ringan dijalani setelah diskon bunga, bulanan semampunya miminal, masih berjalan ditawari pelunasan diskon lagi, langsung di lunasi.
    Yang paling Ganas yg dialami rekan bermasalah hutang ke Lembaga Keuangan Plat Merah, nagih kasar, kirim DC Lapangan yg tidak sopan.
    Nah, kejadian tsb diatas mungkin hanya sebagian kecil saja yg dialami Debitur.

    Yuk, mulai saat ini hindari hutang jangan tergiur di iming2 i hal menarik.
    Karena sekalipun di awal kalian mampu, ketika masalah akan dianggap sama seperti yang tidak mampu bayar sama sekali.

    Demikian Informasinya

  • 15 April 2023 - (18:51 WIB)
    Permalink

    Saran saya, jauhi kredit Bank/ Leasing/ Finance, karena anda pasti akan mengalami kerugian besar, yang untung itu cuma Bank

  • 15 April 2023 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Saya ajukan KPR d BRI dg tenor 10 tahun, waktu akad d kasih tw klo pelunasan stelah 2 tahun kredit berjalan, tidak kena finalty, stelah 3 tahun sy pelunasan, emang g ada finalty,
    Atau emang beda akad pinjaman sama KPR? Entah lah..

    • 16 April 2023 - (01:08 WIB)
      Permalink

      Kakak sy sudah Pelunasan hampir 2tahun yg lalu tp kenapa namanya msh Merah atau BlackList didua Bank BUMN(bank Mandiri dan BRI).
      Sedangkan skrng kami butuh perkreditan sulit.
      Mohon kebijakannya dari kedua bank tersebut

  • 16 April 2023 - (03:57 WIB)
    Permalink

    ya klo mo nego harusnya di awal klo dah d bayar ya ga bisa keluar lagi dana nya…cuma semua bank juga klo pelunasan d muka ya bakal ada penalty

  • 17 April 2023 - (12:58 WIB)
    Permalink

    Semua pinjaman Bank memang seperti itu kalau mau dilunasi beresiko membayar lebih dari cicilan yang sudah ada. Makanya kalau ditawari pinjaman Bank harus benar2 dipikirkan karena bahasa penawarannya sangat manis tapi tidak seperti yang kita harapkan jika ingin di lunasi sekaligus.

  • 19 April 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Kalo jenis pinjaman bpk Rekening koran…bpk tdk perlu buru2 melunasi..jika bpk ada uang lebih masuk kan saja pak ke rek tersebut…nanti kalau saldo bpk biru juga gak perlu bayar bunga…sampai pd saat jatuh tempo bpk tdk perlu perpanjang lagi.

  • 21 Juni 2023 - (13:16 WIB)
    Permalink

    aneh aja sih menurut saya aturan spt itu dan saya juga sudah tanya2 kalau di BCA tidak ada sistem denda penalti pelunasan awal seperti itu (brarti tidak semua bank sistemnya gitu), ini di BRI masak kita ada itikad baik mau nutup ngelunasin hutang lhaa kok malah dipentungi didenda penalti yang cukup besar, apalagi mengingat hubungan sudah 4tahun dengan raport yang baik.
    Hal ini bagi saya bagaikan jebakan batman krn pasti diluar prediksi kebanyakan org, dimana orang mau nutup hutang kok malah didenda. Membuat kita mesti pikir2 ulang kalau mau ambil kredit di BRI.
    Mudah2an bisa viral kasus2 spt ini supaya byk orang tau diawal jika sistemnya spt itu, krn kasihan jika banyak orang akhirnya terkena “jebakan batman” ini tanpa tau atau terpikir sebelumnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredit Bank BRI?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Pelunasan Pinjaman Lebih Awal Malah Makin Besar Biayanya di BRI

oleh PROTON Electronik dibaca dalam: 1 menit
30