Bank BNI Sembarangan Menyetujui Penarikan Premi Asuransi

Saya ingin melakukan pengaduan berkaitan dengan perlindungan konsumen. Subjek yang saya adukan, Bank BNI dan BNI Life Insurance.

Kronologi kejadian:

Pada tanggal 13 April 2023, saya menerima telepon nomor tidak dikenal yang mengatasnamakan BNI Life Insurance. Saya menyimpulkan bahwa pihak penelepon adalah penipu, karena nomor telepon bukan nomor telepon resmi BNI (1500046). Sebagaimana anjuran yang sering disampaikan oleh pihak BNI, untuk tidak menanggapi telefon selain telepon resmi BNI.

Pada telepon tersebut, pihak penelpon menawarkan asuransi BNI Life Insurance, meminta konfirmasi biodata, dan meminta persetujuan pendaftaran BNI Life Insurance.

Karena mengandaikan bahwa penelepon adalah penipu, saya sengaja memberikan biodata yang salah. Ada beberapa data sudah dimiliki oleh pihak penelepon, seperti nama dan alamat. Di akhir telepon pihak penelepon meminta persetujuan pendaftaran dan saya-pun mengatakan setuju.

Pada tanggal 18 April 2023, saya menerima pesan WhatsApp dari BNI Life Insurance (Akun WhatsApp terverifikasi) yang berisi informasi penarikan premi sebesar Rp 2.268.000. Kemudian saya langsung cek mutasi rekening pada Mobile Banking BNI, dan mendapati pemotongan premi telah benar-benar dilakukan sehari sebelumnya (17 April 2023).

Pesan Notifikasi WhatsApp Penarikan Premi Asuransi BNI Life Insurance
Pesan Notifikasi WhatsApp Penarikan Premi Asuransi BNI Life Insurance

Karena saya merasa tidak berniat mengikuti asuransi ini, saya langsung menelepon pihak BNI Life Insurance di nomor 1500045. Pada telepon tersebut, pihak BNI Life Insurance memberikan solusi pembatalan asuransi dengan beberapa persyaratan seperti KTP, KK dan formulir pengunduran diri, dikirimkan ke alamat kantor BNI Life Insurance.

Sebagai konsumen Bank BNI saya merasa dirugikan oleh pihak Bank BNI yang tidak memberikan perlindungan terhadap tabungan saya. Dalam hal ini, pihak BNI dengan secara serampangan menyetujui pembayaran Premi BNI Life Insurance tanpa ada persetujuan dari saya.

Pihak Bank BNI tetap menerima/mengesahkan proses pendaftaran BNI Life Insurance saya tanpa melakukan kroscek kepada saya, dan tanpa memperdulikan kesalahan biodata yang saya berikan kepada pihak BNI Life Insurance.

Selain itu, sebagai konsumen saya juga merasa dirugikan oleh pihak BNI Life Insurance karena tidak ada kemudahan proses pembatalan dan penarikan kembali Premi asuransi sebagaimana mudahnya proses pendaftaran asuransi yang dilakukan oleh pihak BNI Life Insurance.

Saya memiliki rekaman telepon lengkap oleh pihak BNI Life Insurance dan siap untuk menyertakannya sebagai bukti. Saya juga telah mengadukan kasus ini kepada Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN).

Imam M. Natsir
Tulungagung, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan BNI Life Atas Surat Bapak Imam Muhsin Natsir

Yth Bp. Imam Muhsin Natsir, Sehubungan dengan pemberitaan Bapak di mediakonsumen.com pada tanggal 21 April 2023, dapat kami sampaikan bahwa...
Baca Selengkapnya

62 komentar untuk “Bank BNI Sembarangan Menyetujui Penarikan Premi Asuransi

  • 19 April 2023 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Semua berawal dari kata “setuju”!!!harusnya kalo sudah ga mau menanggapi telpon dari asuransi langsung berkata tolak aja dengan tegas
    Jangan pernah bermain main dengan telpon dari agen asuransi
    Karena pada dasarnya asuransi dari bank memiliki data identitas calon nasabahnya jadi dia telpon hanya untuk konfirmasi dan mencari kelengahan calon nasabahnya untuk berkata “setuju” jadi walaupun mengatakan data yg salah tapi situ mengatakan kata “setuju” jadi dianggap mau mengikuti program asuransi itu

    34
    4
    • 21 April 2023 - (08:03 WIB)
      Permalink

      Sekarang kalau mau dibatalin kudu lampirkan KTP, dan data di polis ga sesuai sm KTP, ya ga bs dibatalin deh…..
      Ini yg namanya nyari penyakit sendiri, saya mah ditawarin apapun selalu jawabnya nggak, ga tertarik, ga butuh, ga perlu…. BUKANNYA MALAH DI “IYA” KAN……
      Kalau dah gini nulis surat di MK seolah² jadi korban? Ya ini hasil perbuatan anda, jgn lah merasa anda jadi korban…..

      1
      2
    • 28 April 2023 - (06:15 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah, berkat media konsumen pihak BNI Life Insurance sudah menghubungi saya kembali dan melakukan proses pembatalan via telepon. Pada hari ini 28 April 2023 saya telah menerima pengembalian premi sebesar Rp 2.268.000. Terimakasih Media Konsumen. Untuk teman-teman yang mengalami kasus seperti saya, saya menyarankan untuk tidak berhenti melawan apabila merasa dilanggar hak-hak nya sebagai konsumen. Karena pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab itu memang memanfaatkan sikap pasrah kita sebagai konsumen untuk mendapatkan keuntungan.

      • 14 Agustus 2023 - (19:57 WIB)
        Permalink

        Bang..saya dari medan..saya juga lagi mengalami sperti.abg..untuk.saat ini udah hampir sebulan ..uang saya belum di kembalikan juga bg..kemaren saya sudah laporkan ke BNi pusat di kota medan..kemudian mereka udah nelpon ke bni asuransi jakrtaa..katanya uang di kembalikan..cek secara berkala
        Tapi uang saya belum masuk 2 bg
        Kayak mana cara nya biar uang saya balik bg..bantu dulu bg..saya seorang.petani di bawah gunung sinabung bg

  • 19 April 2023 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Di akhir telepon pihak penelepon meminta persetujuan pendaftaran dan saya-pun mengatakan setuju.

    kena deh!!

    17
    1
      • 21 April 2023 - (15:48 WIB)
        Permalink

        Logikanya kamu sudah tau itu penipu tapi kamu iya2 saja? Yg salah siapa? Introspeksi dulu. dr foto premi 2jtaan itu berarti asuransi dgn pertanggungan besar, ya sudah terima saja proses refund yg akan makan waktu dan ribet, karna main2 dengan api. Kalau tidak di kembalikan baru anda bisa tuntut bni nya, karna ada aturan 90 hari masa mempelajari polis sejak polis diterima.

    • 20 April 2023 - (01:05 WIB)
      Permalink

      Saran aja. Pasang atau Install aplikasi Truecaller, Get Contact biar penelepon yang nggak dikenal otomatis ketahuan/ke blokir.

      3
      2
      • 20 April 2023 - (06:50 WIB)
        Permalink

        Jangan kebanyakan bicara, org pintar lbh sedikit bicara, jgn asuransi, kartu kredit yg dikasih pinjaman 60 juta dgn suku bunga 0 % aj gw ga percaya, lihat pengeluaran kartu kredit saya, selain buat belanja bulanan, tdk ada yg lain, sampai situ cukup putus dan terimaakasih

        3
        2
          • 21 April 2023 - (08:56 WIB)
            Permalink

            Saya juga tertipu 8jt dari BNI life atas dasar petugas yang menyamakan dengan tapenas . Saya biasa ikut tabungan tapenas ternyata sama petugas di daftarkan di BNI life, tidak ada konfirmasi TTD polis secara digital ataupun secara fisik . Setelah saya minta pemberhentian petugas ketakutan saya minta berhenti akhirnya cekcok dan saya samperin ke cabang ternyata petugas trsbt sudah resign . Dan berkas asli polis saya yang asli di bawa oleh petugas dan ternyata yg TTD in polis di awal si petugas nya sendiri karena saya tidak merasa TTD apapun .ini btw saya kejadian bukan lewat penawaran via telp, udah laporan ke pusat tetep aja gak balik uang nya dan surat ke 2 minta penambahan waktu selama 40 hari karna masih dalam proses . Dan sampe detik ini pun dari pihak BNI life gak ada hubungi saya lagi pdhal udh lewat dr 40hari bahkan berbulan2

  • 19 April 2023 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Saya Ada rekaman telepon..
    Kronologi sendiri uda ngaku setuju..
    Pengen main2 ..eh kena sendiri

    10
    1
  • 19 April 2023 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Sama persis dengan telpon dari BCA Cigna life , maksa terus sudah dikasi tahu tidak mau telp lagi , sudah di jawab tidak mau main maksa , ngomong biarkan kamu melindungi anda pak dengan nada paksa , jawab aja **** gitu lho. Biar mereka tahu duit bukan gampang di cari main paksa terus ****** katanya punya agama

    2
    2
  • 19 April 2023 - (22:13 WIB)
    Permalink

    Intinya yg mereka butuhkan hanya kata ” SETUJU ” dan itu sudah anda lakukan,jangan biasakan bermain2 dgn MARKETING.karena dari sekian banyak omong yg disampai tujuannya hanya mendapatkan persetujuan anda.dan percakapan itu sudah terekam,anda mau mengelak seperti apapun PERCUMA.

    5
    1
    • 20 April 2023 - (04:01 WIB)
      Permalink

      Klo kita buku rekening d bank, emang pernyataan, “bersedia kah data ny d berikan pada pihak k 3?” Main centang aj, maklum orang Indonesia sangat malas membaca, jadi pihak bank g bisa d salah kan memberi data pada pihak k3 atau asuransi, kesalahan k 2 anda mengucap kan kt “setuju”,dan sudah terekam, tidak penting apa kata kata sebelum ny,
      Ajukan aj pembatalan polis tpi jangan terlalu berharap uang yg sudah di debit bisa kembai

      3
      2
  • 19 April 2023 - (23:15 WIB)
    Permalink

    Iya knp bisa segampang itu mendebet rekening nasabah,dan marketing tidak meminta foto copy data nasabah, sedangkan klo pengajuan pembatalan kenapa mesti ribet, kirim KK,KTP, ini itulah,. Udah gitu langsung debet rekening nasabah… parahnya lagi pada saatnya claim asuransi juga lebih ribet…

    4
    1
    • 20 April 2023 - (01:00 WIB)
      Permalink

      Daftar asuransi memang dipermudah (keluarnya yang susah) apalagi kalau pihak asuransinya secara langsung ataupun tidak langsung sudah bekerja sama dengan Bank.

      2
      1
      • 20 April 2023 - (19:10 WIB)
        Permalink

        Lucunya anda mas..
        Niatnya mau ngerjain BNI, ternyata itu adalah telepon resmi BNI.
        Kena dah wkwkwkw…

        2
        1
  • 19 April 2023 - (23:20 WIB)
    Permalink

    Namanya marketing ga harus pakai nomor resmi saja pak, marketing pakai nomor sesuka mereka, walaupun bapak pakai data palsu tapi tetap data asli mereka sudah punya mereka hanya butuh kata “SETUJU” dari bapak. Next jika ada penawaran langsung tolak aja, jangan main2 dengan kata “SETUJU”

    4
    1
  • 20 April 2023 - (00:54 WIB)
    Permalink

    Itu telemarketing dari pihak asuransi yang memang kerjasama dengan pihak bank makanya punya data nasabah potensial untuk gabung/didaftarkan ke Asuransi (bukan penipuan).
    Semua percakapan telepon sudah pasti direkam dan mereka (telemarketing) hanya butuh pernyataan/kata 2x ” Ya atau Setuju ” dari anda, yang otomatis berarti anda setuju untuk mendaftar ke asuransi tersebut.
    Kalau data 2x pribadi yang lain hanya formalitas karena by system sudah terisi sesuai data nasabah yang ada di bank tersebut.
    Semoga masalahnya cepat terselesaikan.

  • 20 April 2023 - (01:17 WIB)
    Permalink

    Karena anda udah setuju ya udah… yang udah di debit ga bakalan balik. Terus kalo saldo anda masih mencukupi buat debit bulan berikutnya pasti bakalan tetep di debit. Supaya ga ke debit…. satu satunya jalan kosongin rek BNI nya sebelum telat dan pindah bank ??

    5
    1
  • 20 April 2023 - (01:28 WIB)
    Permalink

    Kenapa dilandenin dan kasih data2 dan bilang setuju.. anda hrsnya bilang maaf sy tdk berminat klw msh didesak lagi bilang aja maaf sy sedang sibuk dan sy tdk berminat utk joint.. lalu lgs tutup telpnya.. salah juga krn anda bilang setuju.. tp yg namanya asuransi ada masa free look 14 hari masih bisa dibatalkan koq..

    6
    1
  • 20 April 2023 - (03:42 WIB)
    Permalink

    Hindari kata iya, benar dan setuju saat menghadapi telemarketing gunakan kata maaf saya sibuk dan tidak tertarik.

    2
    1
  • 20 April 2023 - (04:54 WIB)
    Permalink

    Kejar saja terus Pak sampai dana dikembalikan, klo belum sampai 14 hari kerja harusnya bisa dibatalkan.

    2
    1
  • 20 April 2023 - (05:09 WIB)
    Permalink

    Turut sangat prihatin atas kejadian yang penulis alami, semoga masalahnya secepatnya selesai.

    Dan terima kasih buat penulis sudah berbagi pengalaman, jadikan semua ini sebuah pelajaran.

    Buat kita semua.

    Bahwa uang lebih baik di investasikan buat usaha, daripada di timbun di Bank

    • 20 April 2023 - (06:39 WIB)
      Permalink

      Seminggu yang lalu saya juga dapat telpon dari agen asuransi bank swasta bicaranya memang menjebak dan memojokkan kita seolah-olah kita telah setuju dari awal tapi saya potong dan tegas bilang tidak berminat asuransi dalam bentuk apapun terus telepon diputus?

  • 20 April 2023 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Telpon tawaran asu_ransi mah jgn bilang setuju ato di “iya” in, alamat jalan tuh autodebet, rempong ngapusnya mblo kalo dah jalan.

    1
    1
  • 20 April 2023 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Mas nya “main api” dengan mengatakan SETUJU, kok malah bilang BNI yg merugikan dan serampangan, lucu Mas nya ?

    Belajar lebih bijak Mas, walaupun misal telpon itu benar niatnya menipu/penipuan, ya Mas nya tetep WAJIB jaga identitas diri dong ???

    1
    1
  • 20 April 2023 - (10:04 WIB)
    Permalink

    Kalau udah jawab iya atau setuju maka dipastikan akan terdaftar otomatis. Harusnya abaikan saja.

  • 20 April 2023 - (10:25 WIB)
    Permalink

    Ada masa pembatalan polis 14 hari kerja sejak terbit. Jadi kalau semisal keberatan bisa ajukan pembatalan. Tapi saldo yang udah terdebet gak bisa lagi dikembalikan.

    1
    1
    • 13 September 2023 - (16:19 WIB)
      Permalink

      bagaimana cara nya ya, saya td siang di telpon dan bodohnya bilang setuju karna tidak tau sebelum nya masalah beginian, gimana cara pembatalannya ya

      terima kasih

  • 20 April 2023 - (10:35 WIB)
    Permalink

    Ya udah tarik aja uang di banknya, buat rekening baru yg sudah tertarik,ikhlasin aja, karna di tele marketing mrk sdh pegang data kita, kalo kita menyetujui, ya approve

    • 20 April 2023 - (10:42 WIB)
      Permalink

      Jangan pernah mau diajak ngobrol sama agen BNI , klo ada telp bilang aja lagi sibuk dan ga tertarik penawaran apapun … Klo diladenin selain akan terus telepon mereka juga akan terus berusaha sampai anda bilang “setuju”

 Apa Komentar Anda?

Ada 62 komentar sampai saat ini..

Bank BNI Sembarangan Menyetujui Penarikan Premi Asuransi

oleh Imam Natsir dibaca dalam: 1 menit
62